Berbagi Cerita di Ngopi Bareng Nova

S enang rasanya ketika mendapatkan kesempatan mengikuti acara Ngopi (Ngobrol Inspirasi) Bar...

Senang rasanya ketika mendapatkan kesempatan mengikuti acara Ngopi (Ngobrol Inspirasi) Bareng Nova. Selain menambah wawasan dan pertemanan juga menambah rasa percaya diri untuk lebih eksis ^eh.  Event Ngobrol Inspirasi Bareng NOVA diadakan pada tanggal 26 Februari 2016, di Birdcage Parc Jakarta. Acara ini menghadirkan dua narasumber yang sudah memiliki banyak pengalaman dibidangnya masing-masing yaitu  Annisa Steviani, blogger kece yang berbagi cerita mengenai “Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar,Why Not?” dan Romy Palar, Redaktur Foto Nova berbagi tips cara “Maksimumkan Blog dengan Foto yang Cantik”. Tentu saja saya tidak mau melewatkan topik penting ini, karena berhubungan dengan hobi saya menulis blog. Keinginan untuk memiliki blog yang bagus, menjadi blogger profesional dan dilirik brand tentu saja menjadi suatu impian. Untuk itu saya harus fokus menyimak setiap tips-tips yang diberikan oleh dua narasumber keren ini.
Robby Leo - MC
Acara dipandu oleh MC kocak Robby Leo yang mempersilahkan Ibu Iis R Soeleman selaku Editor in Chief  Tabloid Nova untuk memberi sambutan kepada para blogger yang sudah hadir. Ibu Iis mengatakan bahwa acara yang diadakan kali ini juga sebagai peringatan Hari Ulang Tahun NOVA yang ke 28. Beliau sangat berterima kasih kepada pembaca setia tabloid NOVA. Tabloid NOVA menjadi besar bukan karena hebat, tapi karena punya pembaca. NOVA menempatkan diri sebagai sahabat perempuan. Yup, karena perempuan itu jantungnya sebuah keluarga kata Ibu Iis. Apa jadinya bila jantungnya tidak berdegup, maka selesailah sudah. Perempuan sangat menomorsatukan keluarga, bagi perempuan keluarga adalah prioritas utama. Perempuan perannya sangat mulia, karena ia mampu menjadi ibu dan istri sekaligus, padahal untuk menjadi ibu dan istri tidak ada sekolahnya. Untuk itu NOVA berbagi informasi kepada para perempuan lewat artikel. Informasi sangat dibutuhkan apalagi yang berhubungan dengan keluarga. Sebagai perempuan menciptakan Happy Home Happy Life harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, perempuan harus mempunyai komunikasi yang baik dengan anak, keluarga, orang tua, juga dengan lingkungan sekitar. NOVA bertekad akan terus memberikan informasi dan tidak akan berhenti, karena NOVA memiliki banyak platform mulai dari media sampai website dan sekarang sudah ada chanel TV. NOVA tidak asal menyebar berita, misal dalam artikel resep masakan, resep itu sebelumnya telah diuji dan nilai gizinya bisa dipertanggungjawabkan. 

Iis R Soeleman - Editor in Chief Tabloid Nova
Ibu Iis juga mengatakan NOVA memilih blogger pada acara Ngopi karena blogger bukan sekadar menulis tapi juga memberikan kontribusi ekonomi. Siapa sangka blogger bisa berkembang pesat? Dari sekadar tulisan mengenai unek-unek, hobi, pengalaman kemudian di share ke sosial media yang akhirnya dibaca dan menginspirasi banyak orang. Karena itu NOVA mengajak para blogger untuk membuat review, baik mengenai fashion, makanan, kesehatan atau parenting. Yang nantinya tulisan para blogger dimuat di tabloid NOVA. Setelah ibu Iis memberi kata sambutan acara dilanjutkan dengan tiup lilin. NOVA telah berusia 28 tahun, dan selama 28 tahun pula NOVA telah menjadi inspirasi bagi para  perempuan Indonesia. Semoga di usia ke 28 ini NOVA tetap menjadi tabloid pilihan perempuan Indonesia . Selamat Ulang Tahun.


Menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan tiup lilin
Annisa Steviani - Cerdas Menjadi Ibu dan Blogger Berbayar, Why Not?

Annisa, ibu dari seorang anak yang aktif bekerja dan menulis blog ini menjelaskan mengenai blog dan tips menjadi blogger berbayar. Ada beberapa pertanyaan yang muncul pada awal ia ngeblog, pertanyaan itu yakni Kenapa harus ngeblog? dan Kenapa banyak brand yang tertarik untuk beriklan di blog? Annisa sendiri ngeblog awalnya hanya ingin menceritakan mengenai persiapan menikah, apa-apa saja yang dibutuhkan menjelang pernikahan,ia menceritakan pengalamannya sendiri ke dalam blog. Annisa sudah 3 tahun ngeblog, di tahun pertama ngeblog isinya masih berupa curhatan, tapi lama kelamaan ia berfikir sayang banget kalau ngeblog isinya cuma curhatan saja, padahal isi blog nya banyak yang baca dan yang memberikan komentar juga banyak. Ia mulai serius ngeblog pada awal Januari 2015. Benar saja, dibulan pertama serius ngeblog langsung ada brand yang mengajak ia bekerjasama. Brand banyak yang tertarik untuk beriklan di blog karena banyak orang mencari info lewat google dan berakhir di blog. Karena jarang sekali orang mencari informasi dan berakhir di media atau majalah, karena tidak semua media atau majalah menjawab semua apa yang kita cari. Kelebihan dari blog adalah lebih interaktif, apabila pembaca bingung bisa langsung bertanya kepada yang punya blog. Annisa sendiri beberapa kali menerima email dari ibu-ibu yang menanyakan mengenai apa yang ditulis Annisa di blog nya. Annisa sering menulis mengenai Day Care karena ia mempercayakan anaknya di Day Care selama ini. Jadi biasanya banyak yang bertanya cara menitipkan anak di Day Care dan cara memilih Day Care yang baik itu seperti apa.
Annisa Steviani - Blogger 
Sekarang ini orang lebih banyak percaya pada kisah nyata dibanding advertorial di media mainstream . Kalau bagi blogger sendiri, ngeblog itu selain menyalurkan hobi juga untuk berbagi info, kemudian mendapatkan penghasilan tambahan, bagian ini nih yang bikin menggoda yakni penghasilan tambahan. Annisa sendiri mengakui kalau penghasilannya perbulan dari ngeblog bisa melebihi gaji yang diterimanya dari kantor. Wow! saya juga mau. Annisa juga menjelaskan ketika kita sudah memiliki blog selanjutnya apa yang akan kita tulis. Annisa menyarankan blogging lah dari hal kita suka terlebih dahulu, karena kalu kita tidak suka tapi kita tulis itu malah menjadi beban. Misal kita suka beauty dan pingin nulis review produk make up tapi kenyataannya kita tidak suka membeli produk make up, bisa ribet ntar nulisnya. Kemudian tentukan dulu apa yang kita posting. Berikut item-item yang mesti diperhatikan mengenai postingan blog:

  • Tentukan niche blog sesuai passion : Food? Recipe? Fashion? Beauty atau Parenting?
  • Tentukan profil pembaca : siapa yang menjadi sasaran pembaca kita, bahasa apa yang biasa dipakai oleh para pembaca sehari-hari
  • Tidak perlu bisa menulis untuk bisa blogging : nggak perlu bisa nulis untuk ngeblog
Temukan keunikan mu kata Annisa, karena orang akan mencari. Annisa menulis tentang Day Care karena saat ia browsing mengenai Day Care ia tidak menemukan pembahasannya, makanya ia sekarang menulis tentang pengalamannya menitipkan anak di Day Care, bahkan sekarang ada 3 anak yang masuk Day Care ditempat anaknya karena membaca postingan blognya Annisa. Agar suskses blogging, maksimalkan social media. Branding itu penting, buat nama akun yang sama di semua sosial media agar mudah diingat. Rajin share ke sosial media setiap hasil postingan blog kita atau setting dengan auto share. Buat interaksi dengan pembaca di sosial media. Dari ngeblog kita bisa mendapatkan  penghasilan yakni melalui :

  • AdNetwork (Google Adsense atau PPC lainnya)
  • Placement Article
  • Lomba Blog
  • Paid Review

Oh ya menurut Annisa lomba blog itu ajang untuk meng-upgrade diri sendiri, karena para blogger yang ikutan lomba blog bisa melirik blogger lain yang sering menang agar kita punya trik yang lebih lagi untuk bisa menang, selain itu kita otomatis jadi terpacu untuk belajar.  Yuk ahh semangat!

Romy Palar - Maksimumkan Blog dengan Foto yang Cantik

Romy Palar, berbagi tips agar tampilan blog lebih maksimal dengan hasil foto yang cantik. Pertama sekali kita harus tahu dulu apa ingin kita tonjolkan dari suatu foto. Misalnya makanan, bagian mana yang ingin kita ulas ditulisan sesuaikan dengan foto yang kita ambil, agar orang mudah memahami. Tiap jenis foto memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya untuk travel fotografi, harus ada niat jika ingin ambil “sunrise”, harus bangun lebih pagi dan menantikan momen tepat untuk mengabadikannya. Secara umum foto dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

  • Food & Product
  • Fashion & Beauty
  • Travel Photography

Romy Palar - Fotografer
Tips jika ingin memotret food & product agar terlihat menarik yang terpenting atur komposisi dengan baik, coba lebih dari satu angle jangan terfokus dari satu angle saja karena kita juga harus sesuaikan dengan banyaknya cahaya di suatu lokasi pemotretan, tambahkan garnish agar hasil foto lebih menarik. Untuk editing foto bisa dilakukan melalui beberapa applikasi yang ada di gadget seperti Pics Art, Snapseed atau melalui photoshop di komputer atau laptop. 

Untuk memotret fashion & beauty yang perlu diperhatikan adalah komposisi, angle dan warna. Usahakan model sejajar dengan fotografer, lokasi harus sesuai tema dan sebisa mungkin pencahayaan yang didapat adalah pencahayaan natural. Pencahayaan natural atau golden hour itu sekitar jam 9 pagi karena saat memotret tidak akan menimbulkan bayangan.


Travel Photograpy, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, kita harus memahami lokasi lebih detil sehingga kita bisa mendapatkan objek foto foto yang diinginkan. Mengenai  lokasi bisa goggling terlebih dahul atau bertanya pada teman yang tinggal di lokasi tersebut agar nantinya sampai di tujuan tidak banyak waktu yang terbuang. Kalau travelling harus ingat dong ya senjata utamanya, kalau mengandalkan smartphone jangan sampai ketinggalan power bank, yang ada saat kita lagi seru-serunya foto, ponsel tiba-tiba lowbat, bakalan nyesal karena  kehilangan momen baik. Mas Romy menyarankan agar selama travelling ambil foto sebanyak mungkin agar nantinya banyak pilihan.

serba - serbi
Banyak banget ilmu yang didapat di acara Ngopi Bareng NOVA , sangat bermanfaat untuk perbaikan konten blog saya. Tidak hanya dapat ilmu dan wawasan, di acara Ngopi ini NOVA juga bagi-bagi hadiah untuk para pesert yang hadir. Hadiah diberikan kepada blogger yang aktif livetweet, selfie instagram dan pembagian doorprice. Dan saya sendiri salah satu pemenang kontes selfie instagram. Yeay! Thanks NOVA .


foto from FB www.tabloidnova.com

foto menang kontes instagram

You Might Also Like

16 komentar

  1. asiiik, bertabur ilmu dan...hadiah! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..alhamdulillah saya kebagian voucher, cihuyy :D

      Hapus
  2. Ngga nahan liat senyum foto terakhirnya xixiixi :) Over all, aku suka banget acaranya, banyak ilmu baru yang didapat ya. Reviewnya lengkap dan foto-fotonya juga bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...maksa banget ya naruh fotonya :D

      Hapus
  3. Padet manfaat banget ya acaranya. Seruu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget mak..malah butuh waktu tambahan haha

      Hapus
  4. Blogger memang sudah mendapat tempat, karena kehadirannya makin dirasa bermanfaat.

    BalasHapus
  5. acaranya seru, ilmunya padet. sayangnya yg foto itu kurang lama ilmunya

    BalasHapus
  6. Ih asik bgt mbaa tuty :) menang kontes foto yaa.. Selamat
    Makasih sharingnya yah mba...ini udah seru trus banyak ilmu yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hihi menang instagram,seru bangett dapet ilmu dari mak anissa juga tips blogging nya. :D

      Hapus
  7. Wah akhirnya aku tahu kenapa bisa menang poto instagram. Potonya ciamik yaa. Hehehe

    BalasHapus
  8. blog ini yang mengantarkan rejeki mengalir,,selamat mak tuty...

    BalasHapus