Kenali Tentang Kalkulator Kehamilan yang Harus Wanita Tahu

Kenali Kalkulator Kehamilan  M enanti kehadiran sang buah hati di tengah keluarga merupakan salah satu kebahagiaan yang diinginkan oleh hamp...

Kenali Kalkulator Kehamilan 

Menanti kehadiran sang buah hati di tengah keluarga merupakan salah satu kebahagiaan yang diinginkan oleh hampir setiap pasangan. Oleh karenanya, banyak wanita menggunakan kalkulator kehamilan yang bisa diakses secara online ketika mengandung yang bertujuan untuk mempersiapkan diri jelang persalinan tiba. Lalu, apa sajakah manfaat dari kalkulator kehamilan tersebut?

Mengenal Manfaat Kalkulator Kehamilan

Berikut sederet kegunaan dari kalkulator kehamilan, diantaranya:

1. Mengetahui Berat Janin
Salah satu hal penting yang harus dikontrol keadaannya ketika kita sedang mengandung adalah berat janin. Menghitungnya dari minggu ke minggu juga dapat menjadi patokan berat badan ketika bayi lahir nanti. Sebagai catatan yang perlu Anda ketahui adalah Janin yang memiliki berat lahir sangat kecil atau kurang dari 2,5 Kg akan berpotensi dilahirkan dalam kondisi prematur. Atau biasanya pula bayi dibawah 2.5 Kg tersebut dikategorikan sebagai bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Selain itu, janin dengan berat lahir yang terlalu besar atau lebih dari 4 kilogram dapat berisiko mengalami komplikasi masalah kesehatan tertentu.

2. Memperkirakan Kenaikan Berat Badan
Selain mengetahui berat janin, kalkulator kehamilan juga dapat berguna untuk memperkirakan kenaikan berat badan ibu hamil. Biasanya, wanita akan mengalami kenaikan berat badan 1-2 kg di trimester pertama kehamilan yang kemudian umunya  pertambahan berat badan adalah sekita 0,5 kg. Perlu diketahui bahwa pertambahan berat badan ibu akan dipengaruhi oleh berat janin dalam kandungan dan juga air ketuban serta plasenta yang ada pada rahim.

Manfaat Kalkulator Kehamilan 

3. Memperkirakan Usia Kehamilan
Manfaat kalkulator kehamilan lainnya adalah dapat memperkirakan usia kehamilan. Karena memang tak banyak wanita tahu dan tak menyadari tentang usia kehamilannya saat ini. Caranya adalah dengan menginput HPHT (hari pertama haid terakhir). Sehingga, HPL atau hari perkiraan lahir dapat dihitung dengan menghitung HPHT tersebut, lalu tambahkan satu tahun, tambahkan tujuh hari, dan mundurkan tiga bulan. Umumnya kehamilan seseorang itu sendiri akan berlangsung selama 37-42 minggu, atau rata-rata 280 hari (40 minggu).

Menurut dokter spesialis obgyn, Dr.Amos Grunebaum, MD, beberapa kalkulator kehamilan dapat langsung menghitung usia kehamilan. "Masukkan periode haid terakhir, secara otomatis kalkulator dapat mengetahui usia kehamilan dan waktu kelahiran," seperti itu ujarnya.

4. Memperkirakan Hari Lahir
Meskipun HPL bukan patokan pasti kelahiran bayi, melalui kalkulator kesehatan ini ibu dapat memperkirakan serta mempersiapkan hari lahir buah hatinya. Seorang dokter kandungan, Aaron Steyr, yang dikutip dari What to Expect mengatakan bahwa tanggal perkiraan lahir dapat berubah karena berbagai alasan seiring pertumbuhan dan perkembangan kehamilan. 

Perubahan ini mungkin terjadi ketika siklus haid tidak teratur atau berdasarkan hasil USG pada trimester kedua. Namun, mengetahui perkiraan hari lahir tetaplah penting untuk persiapan ibu hamil dan suami. Mulai dari mempersiapkan segala halnya, termasuk kesiapan fisik dan mental menuju hari persalinan tiba. 

Informasi diatas telah mengungkapkan beberapa manfaat dari kalkulator kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk selalu memperhatikan nutrisi dari asupan yang dikonsumsi. Meski begitu, ibu hamil sebaiknya tetap rutin untuk mengontrol dan memeriksa kondisi rutin ke fasilitas atau dokter yang telah dipilih. Selain itu, untuk memastikan kondisi dan berat janin, ibu dapat menggunakan Ultrasonografi (USG) untuk hasil yang lebih akurat. 

Informasi seputar kehamilan dan kesehatan ibu hamil juga bisa Anda dapatkan dari Halodoc. Aplikasi Halodoc dapat memudahkan Anda untuk mendapat fasilitas seputar kehamilan. Mulai dari konsultasi bersama dokter kandungan hingga membuat appointment melalui aplikasi tersebut. Sehingga bisa sangat membantu dan memudahkan proses kehamilan Anda. Jadi, yuk download Halodoc sekarang juga!





You Might Also Like

1 comments

  1. Ternyata bisa juga ya konsultasi kehamilan dari halodoc. Patut dicoba juga nih. Siapa tau buat program kehamilan juga bisa via chat

    ReplyDelete

Canva Magic Write