Tunaiku Solusi Mengatasi Masalah Keuangan

Tunaiku Solusi Mengatasi Masalah Keuangan  G uys , selama setahun pandemi bagaimana kabar finansial kalian? Biasa aja, mulai goyang atau bah...

Pinjaman Online
Tunaiku Solusi Mengatasi Masalah Keuangan 

Guys, selama setahun pandemi bagaimana kabar finansial kalian? Biasa aja, mulai goyang atau bahkan remuk? Sepengamatan saya melihat teman-teman terdekat ada yang remuk banget sampai jual aset, ada yang biasa-biasa aja, dan ada yang justru keadaan keuangan ya semakin naik grafiknya. Ya, dampak dari pandemi membuat kita up and down. Tapi percayalah dengan begini jadi banyak hikmah dan pelajaran hidup yang kita dapat.

Bicara keuangan, saya suka nanya ke diri sendiri sebenarnya kondisi keuangan keluarga kecil saya saat ini sudah sehat apa belum ya? Karena terkadang saya masih galau memisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Misalnya niat ke pusat belanja mau cari apa yang dibeli apa, haha! Kalian pernah gitu kan? Sebenarnya yang perlu dibeli apa tapi kok jadi pengin ini dan itu. Nah, ini yang dinamakan galau. Mengkhawatirkan sih kalau di usia segini saya masih belum bisa mengontrol kesehatan keuangan, apakah keuangan saya sakit atau baik-baik saja. 

Bijak Merencanakan Keuangan

Webinar Bijak Merencanakan Keuangan Bersama Amar Bank
Sabtu, 20 Maret 2021 saya bersama teman-teman dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) diajak #NgopiBarengBangAmar dalam webinar "Bijak Merencanakan Keuangan" yang diadakan oleh Amar Bank, dengan menghadirkan nara sumber Aidil Akbar Madjid, Perencana Keuangan dan Ghaida Nuris Tsara, Coordinator Referal Program Tunaiku Amar Bank. Adapun tujuan dari diadakannya webinar ini untuk memberikan informasi dan menambah wawasan masyarakat tentang perencanaan keuangan dan bagaimana solusi mengelola keuangan dengan bijak. 

Saya suka sekali kalau ada undangan seminar atau webinar atau apapun itu yang berkaitan dengan kesehatan, baik itu kesehatan fisik, kesehatan mental, maupun kesehatan keuangan. Karena bagi saya kesehatan fisik, mental, dan finansial saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Kalau fisik saya sakit bisa mempengaruhi mental dan finansial, kalau finansial saya sakit maka fisik dan mental saya juga bakal sakit, begitu juga kalau mental saya sakit. Jadi sebisa mungkin semuanya harus seimbang kesehatannya.

Di atas saya ada menuliskan kekhawatiran saya kesehatan keuangan. Karena sampai saat ini sulis sekali rasanya benar-benar membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau sekadar keinginan. Menurut Bang Aidil Akbar di acara  kemarin kalau kita terus mengikuti keinginan bisa jadi yang sakit gengsinya, huhu! Mendengar ini saya sontak jadi malu sendiri, jangan-jangan hidup saya cuma mengejar gengsi. Tidaaak.!! Jangan sampai begitu ya. Saya langsung memperingatkan diri saya sendiri, untuk sadar diri dan tau diri bahwa kedepannya hidup masih misteri. Nggak akan ada yang tau apa yang bakal terjadi, jadi harus prepare.

Aidil Akbar Madjid, Financial Planner

Urusan transaksi keuangan memang paling sering dilakukan oleh para wanita. Menurut Bang Aidil sebagai perempuan kita harus pintar mengelola keuangan. Kita nggak tau apa yang akan terjadi di depan, untuk itu manajemen keuangan  diperlukan untuk mengatur gaya hidup. 

Dalam paparannya Bang Aidil berulang kali mengingatkan bahwa menabung itu penting. Ya, lagi-lagi kita nggak tau apa yang akan terjadi satu jam kedepan, besok, lusa, atau kedepannya nanti. Sebisa mungkin kita punya tabungan, dan kalau sudah bisa menabung baru deh dilanjutkan dengan investasi.  Makanya Financial Check Up penting sekali dilakukan, gunanya untuk mengukur dan mengetahui kondisi kesehatan keuangan kita. 

Cek kesehatan keuangan

Yang paling penting dalam mengecek kesehatan keuangan pertama kali dilakukan adalah kroscek bagaimana dengan hutang-hutang kita. Karena hutang sendiri ada hutang baik dan hutang buruk. Hutang baik contohnya investasi, cicilan rumah, dana pendidikan, dll. Sedangkan hutang buruk contohnya kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, dana tunai, dan yang sedang trend saat ini pinjaman online. 

Bagaimana Pinjaman Online yang Terpercaya ? 

Pinjaman Online Terpercaya 

T
eman-teman pernah menerima SMS, telfon atau WhatsApp yang berisikan kata-kata kasar untuk menagih hutang peminjam uang melalui pinjaman online? Padahal yang minjam uang siapa yang ditagih dengan kata-kata kasar malah kita. Parahnya lagi si penagih mencantumkan foto si peminjam beserta data-data KTP nya. Intinya mereka ingin mempermakukan si peminjam. Miris banget kan ya melihat cara mereka menagih. Kita mesti berhati-hati dengan pinjaman online. 

Pinjaman online tidak semuanya legal. Kita harus waspada dengan banyaknya pinjaman online ilegal yang lagi marak saat ini. Jangan sampai niat meminjam uang untuk modal usaha kecil-kecilan justru jadi jebakan, karena telat bayar hutang bunganya nggak kira-kira. Terus bagaimana pinjaman online yang baik? 

Menurut Bang Aidil Akbar, hal yang dipertimbangkan ketika memilih pinjaman online antara lain:
  • Terpercaya dan memiliki reputasi
  • Terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan) 
  • Limit relatif besar
  • Cicilan bisa panjang
  • Bunga kompetitif
  • Ada aplikasi (online) di platform (google playstore/iOS) 
Nah, dari poin diatas apakah teman-teman sudah cek dan ricek bagaimana reputasi pinjaman online yang teman-teman pilih? Untuk mengecek reputasinya teman-teman bisa googling atau baca ulasan orang lain yang pernah meminjam di pinjaman online tersebut, begitu juga dengan keberadaannya apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Penting banget untuk mencari tau sebelum terjebak, jangan terburu-buru. Karena salah satu ciri pinjaman online yang baik biasanya memiliki aplikasi (online) seperti Tunaiku.

Tunaiku dan Keunggulannya Dibanding dengan Pinjaman Online Lain

Apa itu Tunaiku? Tunaiku adalah sebuah platform pinjaman digital tanpa agunan dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal.

Banyak masyarakat yang memerlukan modal usaha, memperbaiki rumah, butuh biaya pendidikan anak, dan ingin meminjam uang melalui lembaga keuangan formal atau bank, tapi terbentur dengan syarat dan ketentuan seperti dokumen pendukung atau jaminan yang bisa di agun kan. Untuk itu Tunaiku hadir. Masyarakat tidak perlu mengagumkan sertifikat rumah atau apapun itu. Caranya juga mudah banget, karena era digital kita ditawarkan dengan segala kemudahan. Teman-teman cukup instal aplikasi Tunaiku dan ikuti tahap demi tahap yang harus dilakukan. Yang pasti semua tahapan melalui proses verifikasi. 

Syarat-syarat Meminjam di Tunaiku 

Kenapa Tunaiku? Menurut saya salah satu yang bisa jadi pertimbangan teman-teman kenapa harus meminjam di Tunaiku karena Tunaiku ini langsung berada di bawah institusi keuangan yakni Bank Amar. Jadi reputasinya nggak perlu diragukan lagi.  

Menurut mbak Ghaida, sampai saat ini Tunaiku sudah menyalurkan  dana pinjaman sebesar lebih dari 4,7 triliun untuk membantu kebutuhan produktif. Berikut keunggulan Tunaiku dibanding dengan pinjaman online lain:
  1. Jumlah pinjaman mulai dari Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 20.000.000,-
  2. Tenor nya panjang bisa sampai 20 bulan (mulai dari 6 bulan)
  3. Interest bunga pinjaman 3-4% flat perbulannya
  4. Biaya administrasi Rp 540.000,- sudah dimasukkan ke cicilan bulanan
Beberapa teman yang terjebak dengan pinjaman online dengan bunga yang ngadi-ngadi pinjaman yang diberikan sedikit cuma 2 sampai 3 juta tapi bunga keterlambatannya rentenir banget. Untuk itu kita semua harus waspada dengan pinjaman online. Pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan teman-teman untuk membayar cicilan seoerti Tunaiku yang memberikan tenor sampai 20 bulan sesuai dengan jumlah pinjaman. Semoga kita semakin bijak mengelola keuangan dan bijak memilah dan memilih pinjaman online yang terpercaya. Jika teman-teman memerlukan informasi lain mengenai Tunaiku silahkan kunjungi sosial media Tunaiku ya. 


Instagram: @tunaikucom
Facebook: Tunaikucom
Linkedin: Tunaiku




You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write