IWIC ke 10 Change the World

I WIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang secara konsisten ...

IWIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang secara konsisten dan pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo. Tujuan dari program ini adalah untuk merangsang minat generasi muda Indonesia di dunia digital. IWIC pertama kali dihadirkan  pada tahun 2006 dan pada saat itu peserta yang ikut berjumlah 100 orang. Deva Rachman selaku Head of Corporate Communications Group of Indosat Ooredoo menjelaskan awalnya Indosat menghadirkan IWIC latar belakangnya karena Indosat melihat bahwa teknologi di Indonesia adalah masa depan. Indonesia kaya akan natural resources tapi kalau kita tidak punya teknologi atau generasi muda yang kreatif pasti lama kelamaan akan habis. Kemudia Indosat melihat full of talent dari generasi muda kita yang di bidang kreativitas terutama teknologi masih sangat sedikit, padahal kebutuhan untuk itu sangat tinggi. Dengan alasan inilah Indosat membuat kompetisi dimana Indosat mencoba menstimulasi generasi-generasi muda, dimana generasai muda harus diberikan lahan dan tempat untuk mencari ide-ide kreatif dan juga berkumpul diantara mereka sendiri, apa ide yang paling cocok untuk dikembangkan untuk Indonesia di masa yang akan datang.

Deva Rachman - talkshow IWIC ke 10
Awalnya memang peserta tidak begitu banyak, apalagi tahun 2006 orang-orang pada belum mengerti dan belum melek teknologi, pada saat itu kita hanya menggunakan sms ataupun voice saja. Meskipun peserta masih sedikit Indosat tetap konsisten menjalan program IWIC ini selama 10 tahun. Indosat berkolaborasi dengan ekosistem yang ada dan dibantu oleh rekan-rekan media, nggak mungkin menjalankan program ini sendiri. Tahun 2005 antusiasme peserta IWIC naiknya lebih kurang 30 kali lipat, ini ditandai dengan jumlah peserta yang registrasi sebanyak 3000 orang. Sebelumnya kategori peserta adalah mahasiswa saja, di IWIC ke-10 ini menghadirkan berbagai kategori yang dapat diikuti, salah satunya Special Category for Women & Girls, ini seiring dengan komitmen Indosat Ooredoo untuk terus mendukung pemberdayaan perempuan melalui program women connected to mobile internet, jumlah kaum perempuan dan anak perempuan yang terlibat dalam teknologi masih sedikit . Terdapat juga Disabled Category, Indosat Ooredoo menghadirkan dunia digital bagi semua, tidak terkecuali masyarakat yang berkebutuhan khusus. Selain itu ada juga Kids, Teens, University Student and Public, serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia.

Alexander Rusli
Presiden Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli pada acara launching IWIC ke 10 di Gedung Indosat Ooredoo di jalan Medan Merdeka Barat, 21 April kemarin mengatakan bahwa komitmen Indosat Ooredoo menjadi operator telekomunikasi terdepan di Indonesia dan banyak membawa manfaat bagi masyarakat. Selain itu melalui IWIC Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia menjadi lebih baik. Selain IWIC, Indosat Ooredoo juga memiliki rangkaian program yang mendukung startup Indonesia yakni Ideabox, inkubator bisnis untuk startup  siap memasarkan produknya melalui program mentoring dan juga pendanaan dari SB-ISAT Fund senilai USD 50 juta yang terbuka untuk disuntikkan ke startup lokal yang memiliki prospek bisnis yang tepat. 

IWIC ke 10 mengambil tema Change The World karena banyaknya aplikasi mobile yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia maupun dunia. Melalui ajang IWIC10 diharapkan talenta digital Indonesia bisa sejajar dengan pemain internasional dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing  di kancah internasional. 

You Might Also Like

5 komentar

  1. semoga semakin luas lagi jangkauannya ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Acara begini memang bagus ya mba. Semoga konsisten dan makin berkembang cakupannya..

    BalasHapus
  3. Acara begini memang bagus ya mba. Semoga konsisten dan makin berkembang cakupannya..

    BalasHapus