Memahami Manfaat Asuransi dan Investasi

H i  friends!  Nggak terasa ya sudah di pertengahan September. Beberapa bulan lagi 2018 akan berlalu, dan akhir tahun siap-siap liburan ...


Hfriends! Nggak terasa ya sudah di pertengahan September. Beberapa bulan lagi 2018 akan berlalu, dan akhir tahun siap-siap liburan lagi hihi. Kalau saya bakal merenungi perjalanan tahun ini, apakah resolusi yang sudah saya buat list nya di awal tahun sudah tercapai. Termasuk yang menjadi highlight resolusi di tahun ini yakni kesehatan dan keuangan. Nggak berani merencanakan liburan ke luar negeri dulu tahun ini masih luar kota dan dalam kota saja. Yups, mengingat budget yang terbatas dan masih memprioritaskan kebutuhan lain. Kan hidup harus ada prioritas, jadi itu yang saya tanamkan sampai sekarang. Meski perlahan tapi saya yakin kalau sudah diniatkan pasti dikasih lebih. 

Ngomongin resolusi kesehatan dan keuangan, di tulisan saya sebelumnya Belajar Dari Pengalaman Agar Nggak Menyesal Kemudian saya jadi benar-benar disiplin dalam mengelola keuangan. Setiap bulan penghasilan yang didapat sudah saya pisah-pisahkan, buat kebutuhan rumah tangga, asuransi kesehatan, tabungan, dan dana darurat. Setelah semua dibayarkan kalau masih ada sisa baru deh buat yang lain, tapi meski begitu tetap aja penginnya irit. Bukan karena pelit sama diri sendiri, tapi mikirnya kalau ditabung beberapa tahun kedepan kan lumayan hehe. Selain sudah punya asuransi kesehatan, jadi punya investasi juga. Betapa tenangnya hidup kalau sudah punya keduanya. Selama menjalani hidup jadi sudah punya jaminan.  Yuk kita bahas apa pentingnya asuransi dan investasi. 


Manfaat Asuransi 

Salah satu kebiasaan suami yang benar-benar sudah hilang sekarang adalah merokok. Selain untuk alasan kesehatan juga karena muncul kesadaran dari diri sendiri kalau merokok buang-buang uang. Sejak empat tahun lalu suami nggak merokok lagi dan uangnya ditabung harian senilai harga rokok. Lumayan buat nambahin bayar asuransi kesehatan kami berdua dan sisanya buat ditabung, nabungnya juga di celengan kayak waktu kecil dulu. 

Asuransi itu wajib. Udah ngerasain betapa repotnya sewaktu sakit nggak punya asuransi. By the way apa sih sebenarnya arti asuransi? Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 14 September 2018 saya mengikuti workshop bersama Prudential Indonesia. Seperti biasanya saya senang sekali kalau ikutan workshop apalagi yang berhubungan dengan keuangan. Selain dapat ilmu untuk diri sendiri, saya pun dengan senang hati berbagi lewat tulisan. 

Kamelia Muhamad, AVO PR dan External Communication Prudential

Menurut Himawan Purnama, AVP Head of Product Development Prudential Indonesia asuransi adalah perjanjian dua belah pihak dimana satu pihak wajib membayar iuran sedangkan pihak yang satunya wajib memberikan jaminan. Asuransi itu sebenarnya prinsip arisan. Secara garis besar asuransi dibagi menjadi asuransi umum dan asuransi jiwa. Makanya kedua asuransi ini asosiasinya beda.  Asuransi jiwa sendiri dibagi menjadi dua, yakni asuransi tradisional dan asuransi unit link. Nah, sekarang ini kan lagi banyak orang yang membahas unitlink. Kebetulan sekali saya dapat pencerahan dari mas Himawan soal asuransi jiwa unit link. 

Asuransi jiwa unit link merupakan asuransi dimana kita selain mendapatkan manfaat proteksi tapi juga mendapatkan manfaat investasi di dalamnya. Konsep dasar asuransi jiwa unit link adalah perusahaan bertindak sebagai pengelola/penanggung. Dalam asuransi jiwa unit link premi yang kita bayarkan kemudian akan menjadi unit. Kemudian harga dari unit yang terbentuk tersebut akan mengikuti kinerja dari investasi yang dipilih. Kelebihan dari asuransi jiwa unit link salah satunya adalah asuransi ini sangat fleksibel. Selain punya banyak asuransi tambahan, pada asuransi unit link nasabah bisa melakukan single top up kapan saja untuk mengisi kantong unit. Nasabah juga bisa melihat semua transaksi dan laporan setiap tahun. Intinya di asuransi unitlink ini kantong unit yang kita miliki jangan sampai kosong. Karena dari kantong tadi pengelola akan mengambil uang nasabah untuk proteksi. 

Himawan Purnama
Prudential memiliki asuransi jiwa unit link andalan sejak tahun 1999 yakni Prulink Assurance Account (PAA), kemudian pada tahun 2007 hadir Prulink Syariah Assurance Account (PSAA). Kedua asuransi milik Prudential ini memberikan perlindungan kepada nasabah. Tahun 2018 ini Prudential akan meluncurkan produk barunya. Apa ya? Saya juga penasaran. Mudah-mudahan produk yang akan diluncurkan nanti lebih banyak manfaatnya ya untuk nasabah. 



Manfaat Investasi 

Sehabis bahas asuransi, selanjutnya mas Irvan Ferdiawan, AVP Head of Investment Prudential Indonesia membahas secara sederhana mengenai investasi dan manfaatnya. Menurut mas Irvan investasi itu nggak ada yang bagus dan nggak ada yang jelek. Karena kalau ngomongin investasi adalah yang pas buat kita. Investasi nggak susah yang penting kita disiplin. Investasi itu manfaatnya untuk mempercepat tujuan impian kita. Misalnya nih kita cuma punya uang 1 juta tapi pengin punya rumah yang harganya 1 Milyar, nah cara cepatnya untuk mewujudkan impian itu ya dengan investasi.  

Memang bisa investasi mewujudkan impian kita? Bisa, selama kita konsisten. Benar-benar sisihkan uang untuk investasi, salah satunya dengan mengubah gaya hidup. Misal, ngopi dalam sehari ngeluarin duit 50 ribu kalau kebiasaan ini dihilangkan dan ditabung selama 10 tahun bayangkan berapa hasilnya. Hanya dengan ngurangin minum kopi kita bisa investasi.  Belum lagi kalau kita investasikan untuk jangka waktu tertentu, duh masa tua udah tenang banget ya. Ini yang namanya masa tua bahagia, bisa jadi milyuner. Simpel kan? Nggak perlu gede, meski kecil tapi rutin dan disiplin. 

Irvan Ferdiawan
Yang namanya investasi itu kayak orang lari. Pertama kali mau lari rasanya malas banget, tapi begitu kita udah lari kita jadi kecanduan, keringat rasanya enak pokoknya jadi nagih pengen lari terus. Begitu juga investasi. Senang banget kan kalau kita bisa ketagihan investasi. Memang kesannya kita jadi pelit tapi membayangkannya duit yang diinvestasikan ujung-ujungnya jadi gede, siapa yang nggak mau ya kan? Tapi semuanya kembali kepada mindset kita sih. Harus benar-benar matang pertimbangannya. 

Well, balik ke unit link. Investasi memang bisa maju bisa mundur, atau bisa naik bisa turun tergantung iklim perekonomian kita. Dalam unitlink investasi ini tugasnya menjadi pendorong. Saat membuka unitlink nasabah yang menentukan mau investasi jenis apa. Perusahaan hanya menjalani mandat dari nasabah, jadi nasabah jangan sampai salah pilih diawal. Pilih investasi sesuai dengan kebutuhan. Kadang kita suka merasa investasi itu sulit, karena kebutuhan kita banyak, khawatir investasi itu bohong, tapi sayangnya kita belum memulai juga. Intinya sih kembali kepada mindset seperti yang saya sebutkan tadi dan harus dimulai dari diri sendiri.

#PastiDikasihLebih






You Might Also Like

78 comments

  1. sekarang asuransi unit link memang lagi hits ya, karna menawarkan keuntungan ganda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..dapat 2 manfaat sekaligus asuransi dan investasi

      Delete
  2. Aku masih maju mundur nih mau daftar asuransi. Tapi prudential ini udah berdiri lama ya dan sepertinya boleh juga nih dipertimbangkan

    ReplyDelete
  3. Saya belum lama ini beli tanah buat investasi, Mba. Kalo asuransi, karena saya karyawan, jadi pilih asuransi standar macam Jamsostek dan asuransi yang dari perusahaan saja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak..apalagi harga tanah naik terus ya

      Delete
  4. memang aku juga masih dilema mba ikut apa ga asuransi betul sekali analoginya seperti mau lari rasanya kok yah males ruar biasa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..awalnya pasti mikir kok ya sayang uang nya :D

      Delete
  5. aku sudah punya nih mba...malah 2 hehehe, satu investasi satu asuransi dengan bonus fasilitas kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh..mbak mbak terpisah ya asuransi dan investasi, cakep mbak.

      Delete
  6. Sama Mbak, untuk liburan ke luar negeri saya juga masih skip. Alasannya masih mengusahakan untuk investasi di bidang lain. Ngobrolin Prudential, saya pernah sebagai nasabahnya dan pernah training juga di kantornya, uh lalaaa, masa lalu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...ntar ketemuan aku nanya-nanya ah

      Delete
  7. Asuransi sekarang banyak banget ya mba, bahkan sampai kita bingung mau yang seperti apa karna saking banyaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya jangan salah pilih, pilih sesuai kebutuhan aja chi..

      Delete
  8. Asuransi itu penting gak penting juga sih ya.. Tapi ibaratnya kesehatan, kita lebih baik mencegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting sih mbak menurutku..ya itu tadi 'just in case' tiba-tiba sakit atau tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Amit-amit sih ya mudah-mudahan kita sehat terus.

      Delete
  9. Ngg, tapi kalau unit link ini jujur aku engga deh. milih yang biasa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke kebutuhan sih mbak, dan kenyamanan juga hehe

      Delete
  10. Aduuh aku jd mengenang masa2 jadi agen asuransi Pridential deh nih. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah noe..kapan-kapan mau nanya-nanya ah hihi

      Delete
  11. Prudential aku pribadi tertarik banget sama asuransinya, masih nimbang-nimbang sama suami. Kalau buat investasi memilih terpisah dari asuransi. Namun, apapun produknya, mau unit link, asuransi murni atau investasi murni, memang kembali ke kebutuhan dan juga pemahaman sang pembeli ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, ada yang lebih nyaman terpisah dan adabyang lebih nyaman unitlink tergantung kebutuhan.

      Delete
  12. Saya pernah dirawat karena DBD. Untung ada asuransi. Kebantu banget lah untuk urusan biaya

    ReplyDelete
  13. Belum pernah coba investasi pakai asuransi. Lebih suka cara konvensional. Nabung di celengan. HA? Kampungan banget sayanya ya... Maafinlah Emak yang norak ini. hihihi..

    ReplyDelete
  14. Aku hampir selalu punya asuransi. Tapi kalau investasi belum pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi dalam bentuk lain mungkin ya mbak :)

      Delete
  15. Saat ini asuransi emang sangat penting untuk proteksi pun investasi masa depan juga ya :)

    ReplyDelete
  16. Alhamdulilah ya mbak, sauaminya sudah berhenti meroko. Hikssss, suamiku masih merokok mesti berkurang. semoga kelal bisa berhenti merokok. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget mbak..nggak kuat dengan bau dan asapnyanjuga sih aku.

      Delete
  17. Untuk sekarang, asuransiku masih standar. Entah nanti kalau udah berumahtangga. Beda kasus jadinya

    ReplyDelete
  18. Saya setuju bahwa asuransi dan investasi itu penting apalagi di zaman sekarang ini. Sekarang pun tinggal pilih mau asuransi apa saja ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups..banyak pilihan. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

      Delete
  19. iya yaa memulai untuk investasi itu terasa berat. Begitu tahu hasilnya jadi ketagihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak dimulai nggak tau hasilnya ya mak hehe

      Delete
  20. Aku sudah ikut PAA Prudential sejak Mei 2010.
    Dan sudah beberapa kali juga tarik tunai. Buat jelong-jelong.
    Ikut PAA itu seperti dipaksa menabung dan ga bisa sembarangan ditarik.

    Beda sama menabung biasa.
    Aku malah sering narik ketimbang nabung, bahahahaha...
    Fuih, bangga gitu ^^

    ReplyDelete
  21. Ternyata asuransi aja gak cukup ya harus punya investasi juga

    ReplyDelete
  22. Penting banget ya memahami manfaat asuransi, alhamdulillah saya dan anak-anak sudah beli premi asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..semoga sehat-sehat sekeluarga ya mbak

      Delete
  23. Asuransi unitlink bisa sekalian investasi ya tapi harus dipelajari benar t&c nya biar nanti ga ada komplain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak..nasabah harus teliti dan jeli, agennya oun houn harus menjelaskan secara detail.

      Delete
  24. saya tidak terlalu percaya dengan asuransi.
    tapi makin kesini keberadaan asuransi makin dibutuhkan.
    apalagi asuransi yang disediakan pemerintah seperti BPJS.

    membaca ini bikin saya melirik prudential.
    hehhe

    ReplyDelete
  25. Oh, jadi asuransi unit link itu seperti menabung tapi ngga boleh diambil sewaktu-waktu gitu yaa..

    Saya belum berani ikut asuransi sih, Mbak.. entah ya, bagi saya agak risky aja.. tapi ya mungkin Prudential mah udah terpercaya yaa..kan udah lama juga perusahaan asuransi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saranku kalau belum paham dengan unitlink bisa terpisah aja sih mbak..

      Delete
  26. Wah lumayan nih buat nambah pengetahuan. Terimakasih sdh berbagi ��

    ReplyDelete
  27. Maju mundur pake asuransi, tapi lingkungan sekitar banyak banget review bagus tentang prudential ini, bahkan ada yang bisa bangun rumah karena ambil cash di prrudential.. gimna dak mupenggg cobakk hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu tercapai banget ya impiannya berhasil bangun rumah.

      Delete
  28. Suami saya juga gitu mbak, ikut asuransi.untuk investasi, sebab kita kan ga tau ya, masa depan kita bagaimana, dengan menginvestasikan sebagian harta, insyaAllah ada.pegangan kalau terjadi yang tak terduga.

    ReplyDelete
  29. Asuransi selalu menjadi topik hangat yang kami bicarakan saat berkumpul dengan keluarga besar.
    Pasalnya, kakak dan saya serta Ibu memiliki pendiriannya masing-masing.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing-masing orang punya cara pandang yang berbeda, kembali ke kebutuhan masing-masing sih mbak.

      Delete
  30. Saat ini aku baru punya asuransi pendidikan, Mbak. Tak dipungkiri kekhawatiran untuk biaya pendidikan anakku selalu menghantui. Makanya, mau nggak mau di awal gajian langsung dana untuk asuransi ini selalu nomor satu. Alhamdulillah pas di awal rasanya memang berat. Lama kelamaan ya terbiasa. Bisa karena terbiasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..selain asuransi kesehatan, dana untuk untuk pendidikan anak juga penting ya mbak.

      Delete
  31. asuransi kesehatan perlu ya agar aman dan nyaman menjelang usia tua. Iya sih rezeki ditangan Allah jadi intinya tetap ada investasi ya

    ReplyDelete
  32. menjaga kesehatan itu perlu ya namun pas mengalami perlu inbestasi dengan asuransi ya, keren informasinya Mbk sangat membantu jadi tahu soal asuransi dan investasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak, semoga kita sehat-sehat selalu ya

      Delete
  33. Kemarin kemarin sempet ditawarin bikin asuransi :)

    ReplyDelete
  34. Nah, itulah mba, saya itu ragu kalau soal investasi, namun tak kunjung memulainya sampai sekarang. Dugh... berasa tertampar ya. Hyuk ah mau memotivasi diri agar jadi lebih baik di kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin investasi dalam bentuk lain sudah ada ya mbak hebe

      Delete
  35. Investasi memang harus dipehitungkan ya Mbak, apalagi utk kesehatan.

    Hiks, tp to be honest, saya pernah punya pengalaman gak enak dgn asuransi ini :(

    ReplyDelete
  36. Prudential - kl bisa ngegaet customers bonusnya booo...guede. Keponakan nunda di Prudential full time ampe ditinggalin ktrnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...bunda kecipratan bonusnya nih hehe

      Delete
  37. Baru tau ada asuransi yang menawarkan keuntungan ganda gini. Tapi belum kepikiran buat punya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kembali ke diri masing-masing :)

      Delete
  38. Saya juga sedang belajar investasi Mbak. Tapi sementara ini mencoba di saham dan p2p lending dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...kembali lagi pada kebutuhan dan pilihan mbak

      Delete