Mempersiapkan Makanan Sehat Saat Traveling

D i era yang serba teknologi tinggi ini siapa pun dituntut untuk selalu fit. Untuk mendukung segala aktivitas tubuh harus tetap sehat d...


Di era yang serba teknologi tinggi ini siapa pun dituntut untuk selalu fit. Untuk mendukung segala aktivitas tubuh harus tetap sehat dan berstamina. Oleh karena itu asupan yang sehat dan bergizi sangat mendukung agar energi yang dihasilkan juga positif. Asupan yang sehat dan bergizi tentu saja salah satunya berasal dari makanan sehat. Nggak cuma di rumah saja mengonsumsi makanan sehat, dimana pun kita berada harus sebisa mungkin selalu mengonsumsi makanan sehat even lagi traveling.

Kadang kalau sedang traveling pola makan jadi berubah begitu pula dengan jadwal makan. Ini sering terjadi pada saya. Kalau traveling ke luar kota jangan kan pola dan jadwal makan terkadang selera makan pun berubah, lidah sering sulit beradaptasi dengan makanan baru. Yang ada sepulang dari traveling badan malah drop. Ya, karena itu tadi saya tipe orang yang picky eater saat traveling.

Untungnya sekarang ada solusi biar selama traveling tetap bisa konsumsi makanan kesukaan yang sehat. Karena Cosmos mengeluarkan produk terbarunya yakni Mini Portable Digital Rice Cooker CRJ 1031. Happy banget pastinya begitu tau ada produk ini, karena kalau saya melakukan traveling lagi kan bisa dibawa, tinggal beli bahan masakan yang mudah didapat dan cepat dimasak. Namanya juga traveling tetap harus praktis ya kan. 

Beruntung banget saya bisa ikutan Cosmos Blogger Gathering tanggal 29 Agustus 2018 lalu di Seroeni Resto Pondok Indah Mall, Jakarta. Saya jadi tau ada produk baru Cosmos juga bagaimana kemudahan yang diberikan. Apalagi saat event dihadirkan pula narasumber yang ahli soal gizi dan makanan sehat, juga demo masak menggunakan Cosmos Mini Portable Digital Rice Cooker CRJ 1031, komplit banget pokoknya.


Tentang Cosmos

Siapa yang nggak tau Cosmos, semua orang pasti tau. Merk elektronik rumah tangga Indonesia, yang telah memberi kemudahan kepada konsumennya dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Sampai saat ini Cosmos memegang teguh komitmennya dengan mengeluarkan produk-produk berstandar tinggi dan teknologi dan kualitas.  Cosmos berada dibawah naungan PT. Star Cosmos, produk-produk yang dirancang dan diproduksi selalu menjadi inovator dan pelopor dalam industri produk perlengkapan rumah tangga, sehingga selalu dicintai oleh konsumen Indonesia hingga kini.

PT. Star Cosmos didirikan oleh Bapak Ir. Alam Surjaputra dan perkembangannya dalam industri alat-alat rumah tangga terus mengalami kemajuan. Ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih seperti Indonesia Good Design dan Top Brand Awards sejak tahun 2003 hingga tahun 2017 kemarin. Cosmos juga menjadi produsen kipas angin pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikat dari Standar Nasional Indonesia (SNI). Produk Cosmos telah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai produk yang memiliki kualitas dan standar keselamatan yang tinggi.


Travel Hack With Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

Adi Jaya, Group Manager Cosmos menjelaskan tentang the big secret dari Cosmos. Cosmos sudah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 42 tahun. Lama banget ya, bayangin dari saya kecil sudah ada Cosmos. Dan sampai sekarang Cosmos selalu berinovasi menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat keluarga Indonesia.

Adi Jaya
Salah satunya dengan menghadirkan produk Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031, rice cooker yang cocok dibawa saat traveling. Mini Digital Rice Cooker dengan kapasitas 0,3 liter ini juga multifungsi 4in1 yaitu memasak cepat, memasak nasi, memasak mie instant, dan menghangatkan. Selain itu ada tempat penyimpanan kabel di bagian bawah rice cooker jadi nggak berantakan dan kalau dibawa-bawa jadi lebih rapi, praktis dan aman. Watt nya juga rendah moms, hanya membutuhkan daya 180 watt, irit banget kan!


credit: Unicorn Adcom



Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini desainnya cantik banget, cantik dan kekinian sesuai dengan gaya hidup emak-emak zaman now  apalagi moms millenial yang suka bepergian. Pancinya anti lengket, dilengkapi dengan sendok nasi, pengukus serba guna dan gelas takar. Gelas takarnya berbeda dengan gelas takar pada umumnya, jadi kalau mau masak nasi pakai mini rice cooker ini harus pakai gelas takar bawaannya.  Keunggulan rice cooker mini ini mudah dalam pemakaian karena sudah digital jadi tinggal klik. Panci terbuat dari stainless steel, dengan lapisan harmond (anti gores), dan anti lengket (non stick). 

Kushandari Arfanidewi, Healthy Chef Mom yang punya akun instagram @kelincitertidur melakukan demo masak Nasi Kuning Rempah menggunakan mini rice cooker di event blogger gathering. Moms yang biasa dipanggil Ai ini menjelaskan kalau masak nasi sebaiknya jangan terlalu banyak. Misal untuk makan siang dimasak secukupnya saja, dan ntar untuk malam masak nasi lagi. Karena kalau sudah terlalu lama nasi jadi nggak enak. Oh ya, mini rice cooker ini selain cocok untuk dibawa traveling juga cocok untuk masak MPASI buat bayi tinggal disesuaikan saja.

Kushandari Arfanidewi

Tetap Konsumsi Makanan Sehat Selama Traveling

Menurut Pafitri, SKM. RD, Nutrition Expert banyak yang orang abaikan saat traveling, khususnya dalam hal mengonsumsi makanan. Seharusnya selama traveling kita jangan menurunkan kebiasaan makan sehat seperti yang kita lakukan di rumah. Manfaatnya kita akan tetap relaks dan menikmati traveling sebagaimana mestinya. 

Saat traveling sangat penting memenuhi asupan gizi untuk mempertahankan simpanan glikogen (simpanan karbohidrat di dalam tubuh untuk cadangan energi), mempertahankan hidrasi tubuh, menjaga kebugaran tubuh, mencegah stres selama perjalanan, dan siap untuk beraktivitas.

Pafitri, SKM. RD
Moms, kandungan air dan mineral dalam tubuh sangat penting sekali. Kebiasaan mengonsumsi air harus dipertahankan, yang boleh diturunkan hanyalah lemak. Kandungan air dalam tubuh sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuh termasuk mencegah stres, apalagi saat traveling. Otak kita itu seperti agar-agar yang beku, bayangin kalau otak beku bakal nggak bisa mikir. Kalau otak kurang cairan kita bisa mudah marah, mudah emosi, mudah tersinggung, juga mudah lelah. Jadi jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, tubuh harus selalu bugar, karena kalau kita bugar hormon happy nya akan keluar dengan baik dan tidak mudah stres. So, kita bisa melakukan aktivitas apapun. Malah kita akan semakin kreatif loh, selalu ada saja ide-ide baru yang akan dibuat selama traveling.

Di acara blogger gathering ini mbak Pafitri juga menjelaskan bagaimana strategi sederhana dan efektif dalam menyiapkan makanan sehat selama traveling, apa-apa saja yang perlu dibawa, tip biar tetap bugar selama traveling. dsb. Selama traveling bisa jadi kita mengalami perubahan cuaca yang menyebabkan perjalanan kita terasa melelahkan, bahkan 10-30% sebagian orang bisa mengalami gangguan pencernaan.

Strategi Menyiapkan Makanan Sehat Saat Traveling

Apa yang Dilakukan Sebelum Traveling

Saat akan melakukan traveling baik itu bepergian sendiri untuk keperluan kerja, bisnis, atau liburan keluarga harus mempersiapkan perencanaan, karena perencanaan itu penting. Persiapan traveling akan menentukan sekali kualitas traveling. Apa saja nih yang harus dipersiapkan?

1. Buat keputusan tentang makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama traveling
Renacanakan apa yang akan dimakan selama traveling dan sesuaikan dengan waktu tempuh selama perjalanan. Jangan sampai bahan makanan yang dibawa lekas rusak karena lama di perjalanan.

2. Selama traveling kita juga harus mempertahankan pola hidup
Mungkin terasa sulit ya karena kalau di rumah semua bahan ada tapi kalau traveling belum tentu ada, sementara restoran yang menjual makanan sehat pasti mahal. Sayang banget budget nya hihi! Tetap harus hindari perubahan selama traveling, tetap pertahankan pola hidup sehat.

3. Sebelum traveling tulis apa makanan yang biasa kita makan sehari-hari
Buat list kemudian beli keperluan, apa saja yang bisa dibawa, berapa banyak yang dibawa,  lalu belanja sesuai kebutuhan.

4. Bawa fasilitas/alat masak yang praktis
Bawa alat masak yang praktis, gampang dibawa dan nggak ribet selama dibawa bepergian juga memiliki banyak fungsi. Disini Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 memberikan solusi lho.

2. Bagaimana Mempersiapkannya?

Selalu konsumsi makanan segar. Makanan segar itu penting, jangan pernah selama traveling mindset nya dibentuk harus konsumsi makanan instan. Makanan instan itu sebenarnya tidak healhty, sekali-kali boleh seandainya kepepet atau kondisi darurat yang penting jangan menjadi sebuah kebiasaan.

Menyimpan makanan di wadah-wadah plastik yang kedap udara (BPA Free) dan anti tumpah. Tujuannya agar makanan lebih awet. Kalau kita bawa makanan segar berupa sayuran seperti brokoli, wortel, bisa dicelupkan kedalam minyak zaitun ataupun di kukus. Brokoli dan wortel merupakan sayuran favorit yang dibawa selama traveling. Bisa juga bawa telur yang sudah direbus tapi jangan di kupas, kemudian kentang yang tidak dikupas kulitnya dan dipanggang terlebih dahulu, salad siap pakai. Makanan kering yang bisa dibawa dan disimpan dalam wadah contohnya biskuit rendah kalori, kacang-kacangan, dendeng, abon, rendang, buah-buahan segar seperti pisang, alpukat dan jeruk.

3. Apa yang Dilakukan Selama Traveling untuk Membuat Makanan Sehat Sederhana dan Mudah

Sayur dan buah mengandung vitamin B yang larut dalam air, jadi selama mempersiapkan makanan jangan pernah merendam sayur dan buah tapi cucilah di air yang mengalir. Kemudian makanlah sesuai dengan pola makan yang rutin. Selama traveling kurangi makanan yang banyak mengandung garam, perbanyak cairan, perbanyak buah-buahan segar yang mengandung kalsium, makan harus sering tapi sedikit karena akan masalah di pencernaan lambung jadi nggak nyaman karena lambung kita nggak boleh besar. Prinsipnya makanan sehat itu gizi seimbanglah yang paling baik yang tidak memberikan efek berbahaya jangka panjang.

presentase oleh Pafitri SKM. RD - infografis by Tuty Queen
Mumpung saya mendapatkan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 sepulang acara langsung deh sampai rumah saya eksekusi, haha! Saya nyobain masak Sup Udang Praktis seolah-olah sedang traveling. Beneran nggak pakai lama masaknya, cuma 15 menit Sup Udang sudah matang. Makanya saya beri nama Sup Udang Praktis. Cek videonya ya..


Buat para moms yang pengin punya Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 bisa beli di belanjacosmos.com dengan harga Rp 348.000. Tapi moms bisa pakai kode voucher COSMTUTYQUEENCRJ biar dapat diskon 20% dan berlaku sampai tanggal 16 September 2018 aja ya. Kalau moms mau beli produk Cosmos lainnya dengan diskon bisa pakai kode voucher COSMTUTYQUEEN dan moms dapatkan diskon 15%. 



You Might Also Like

16 comments

  1. Kecil2 cabe rawet nh cosmos ricecooker

    ReplyDelete
  2. Wah enak banget ini sup udang nya. Mau coba buat jugq ah pakai cosmos mini rice cooker :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cobain mbak..bahannya mudah masaknya juga nggak pake lama

      Delete
  3. Penyelamat deh ini mini rice cooker dari cosmos. Udah ngga repot bawa2 termos nasi biar makanan tetep hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, ini malah multi fungsi yaa

      Delete
  4. wiii resepnya mantep banget, cobain ahhhh...

    ReplyDelete
  5. Aduuuh jadi laper aku, Kak. Aku paling suka udang. Besok-besok mau cobak resep Kak Tuty, ah. :))

    ReplyDelete
  6. Beneran asik dan simple banget bawa cosmos mini digital rice cooker ini pas traveling. Aku udah buktiin sendiri. Porsinya pas banget buat keluarga kecil, jadi sekali masak bisa buat sekali makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci..masak terlalu banyak juga khawatir terbuang ya. Ini pas banget porsinya.

      Delete
  7. Aku udah cobain masak pakai ini juga, setelah matang aku bawa jalan jalan deh. Pokoknya seneng banget punya Cosmos ini, praktis dan sehat

    ReplyDelete
  8. Ihhh, mini banget rice cookernya dengan maksimal maanfaat buat memasak. bisa masak nasi sampai soup. pas banget uat aku yang suak travelling.

    ReplyDelete