Ayo Naik Bus Nonton Asian Para Games 2018

H olaa..  guys setelah melewati euforia Asian Games 2018, Oktober mendatang kita akan meneruskan semangat Asian Games ke 18 dengan men...



Holaa.. guys setelah melewati euforia Asian Games 2018, Oktober mendatang kita akan meneruskan semangat Asian Games ke 18 dengan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 yang akan digelar pada tanggal 6-13 Oktober 2018. Perhelatan ini akan diadakan di Jakarta, tepatnya di Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo Kemayoran. Penyelenggaraan Asian Para Games sendiri dikelola oleh INAPGOC.

Asian Para Games adalah pesta olah raga penyandang disabilitas tingkat Asia. Ini pertama kalinya loh guys Indonesia menjadi tuan rumah pesta olah raga difabel di tingkat Asia. Indonesia menjadi tuan rumah ketiga Asian para Games yang pertama kali diadakan di Guangzhou Cina pada atahun 2010 dan yang kedua diadakan di Incheon Korea Selatan pada tahun 2014. Pembukaan Asian Para Games akan digelar pada Sabtu, 6 Oktober 2018 pukul 19.00-21.00 WIB dan ditutup dengan upacara penutupan pada 16 Oktober 2018.

Harapan kita semua pasti sama, kita pengin perhelatan Asian Para Games bisa sukses seperti Asian Games 2018. Begitu pula dengan harapan pemerintah, Asian para games bisa sukses mendulang prestasi. Pemerintah berharap bisa meraih 4 sukses, yakni: sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses legacy


Sudah ada 3.886 atlet dari 42 negara yang sudah terdaftar sebagai peserta. Dari jumlah itu, 300 di antaranya adalah atlet dari Indonesia. Ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 568 nomor. Sebagai perbandingan, Asian Games 2018 mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 463 nomor. Banyaknya nomor per tiap cabang olahraga disebabkan karena para games punya nomor berbeda untuk mengklasifikasikan atlet sesuai latar belakang fisiknya. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan adalah: panahan, atletik, badminton, boccia (olah raga khusus penyandang disabilitas) , bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda. 

Wisma para atlet sudah dibuka secara resmi pada tanggal 1 Oktober 2018 dan siap menerima para tamu negara-negara se-Asia. Bahkan, ada satu negara yang akan tiba tanggal 29 September yaitu Bahrain. Wisma para atlet menyediakan 3.500 unit dengan pengaturan dua orang per kamar jika menggunakan kursi roda dan tiga orang per kamar untuk atlet dan ofisial tanpa kursi roda. 

Mengenai venue persiapannya sudah memasuki tahap akhir nih. INAPGOC menyiapkan 19 venue untuk 18 cabang olahraga karena paracycling menggunakan dua venue. Dari seluruh venue yang digunakan, delapan diantaranya di kawasan GBK. Secara keseluruhan venue sudah siap digunakan tetapi perlu penambahan fasilitas terutama untuk pengguna wheelchair.  Antara lain ramp, toilet portable, panggung penonton wheelchair. Persiapan sampai saat ini masih dalam proses pabrikasi karena semuanya nanti bersifat temporer dan setting tidak membutuhkan waktu yang lama. 

INAPGOC bekerjasama dengan Kementrerian Sosial telah merekrut relawan untuk Asian Para Games dan telah dilakukan simulasi pendampingan penyandang disabilitas di lokasi-lokasi penyelenggaraan, sekaligus melakukan penilaian aksesibilitas setiap arena. Kegiatan ini ditujukan agar para peserta memahami dan mempraktikkan cara pendampingan penyandang disabilitas netra, rungu, daksa, grahita, dan mental. Dari simulasi tersebut, para koordinator lebih mampu memahami tantangan, diskriminasi, dan stigmatisasi yang dialami penyandang disabilitas. Ini sangat penting karena kita harus memberikan pelayanan khusus yang optimal bagi para atlet, ofisial, dan penonton Asian Para Games 2018. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu menjadi negara ramah disabilitas dan siap untuk menjadi tuan rumah event-event skala internasional berikutnya. 

Bicara disabilitas memang harus diakui bahwa di negara kita fasilitas untuk penyandang disabilitas belum semaju negara lain seperti Singapura dan Jepang. Dimana penyandang disabilitas mendapatkan fasilitas umum yang mendukung pergerakan mereka. Tapi Indonesia mulai mengarah kesana walaupun banyak yang harus dikerjakan. Nantinya saat Asian Para Games berlangsung, di kawasan GBK para pengunjung dapat memanfaatkan shuttle bus yang berhenti di 8 halte yang ada di setiap venue di dalam GBK. Bus gratis ini beroperasi jam 07.00-21.00, jadi ayo kita manfaatkan transportasi umum. Ayo Naik Bus! Selain itu INAPGOC bekerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DKI menyediakan 35  unit motor roda tiga untuk mengantarkan pengunjung disabilitas yang berkursi roda dari venue ke venue di dalam area GBK.

Ayo Naik Bus
Sebagai pengunjung kalau sudah disediakan transportasi berupa shuttle bus sebaiknya kita manfaatkan ya guys, untuk mengurangi kemacetan saat event berlangsung. Sudah semestinya kita memberikan dukungan yang sama kepada Asian Para Games. Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games di bidang transportasi merupakan kerjasama antara INASGOC , Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, Kepolisian, PT Jasa Marga, Trans Jakarta dan warga Jakarta juga Palembang yang secara aktif berkontribusi mengurangi kemacetan dengan skema ganjil genap dan mengganti moda transportasi dari kendaraan umum ke transportasi umum. 

Ajang Asian Para Games juga menjadi kesempatan bagi kita untuk lebih ramah kepada penyandang disabilitas mengingat fasilitas umum belum seperti yang diharapkan.. Mungkin selama ini sudah dilaksanakan , tapi kalau ada kesempatan meningkatkannya kenapa tidak kita coba lakukan. Usaha yang bisa kita lakukan adalah Memahami Fasilitas Transportasi dan Lalu Lintas Yang Ramah Untuk Penyandang Disabilitas Asian Para Games 2018.

Setidaknya saat menggunakan angkutan umum dan fasilitas umum, kita memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas, kalau bisa membantu. Sebagai tuan rumah yang baik kita harus memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan. Sebenarnya banyak dari Penyandang Disabilitas adalah individu mandiri yang mampu berkegiatan seperti orang lain, buktinya bisa bertanding di Asian Para Games, tapi apabila kita bisa memberikan kemudahan lebih, bukannya lebih baik?



You Might Also Like

37 comments

  1. semoga sama suksesnya penyelenggaraan ASIAN PARA GAMES ini ya mba ga kalah seru sama AG kemarin..btw aku penasaran sama boccia itu yang gimana?jadi ga sabar nanti acaranya :)
    semoga semua atlet yang bertanding selalu diberikan kesehatan dan berkompetisi secara sehat

    ReplyDelete
  2. Keren, bangga dan bersyukur sekali. Para atlet disabilitas diberikan kesempatan untuk bertanding. Naik. bis? wah dari kemarin saya sudah pingin naik bis itu mbak, cuma penuh terus, kebayang bawa anak anak. Kalau sendirian mah hayu. Setuju banget, kalau sedang di bis dan ada penumpang disabilitas, ya harus memberikan tempat duduk ya.

    ReplyDelete
  3. sejujurnya aku sedih lho asian para games ini ga seheboh asian games.. seneng kalau ada temen temen blogger yang membahas ulasan event tersebut di blog biar temen temen atlet asian para games lebih termotivasi kalau banyak apresiasi

    ReplyDelete
  4. Semoga pelaksanaannya bisa sesukses Asian games kemarin yaa.. sudah nggak sabar pengen nonton.

    ReplyDelete
  5. Di Solo juga udah mulai rame membahas ini. Very proud! Semoga atlet Indonesia banyak yang mendulang emas di Asian para games ini.

    ReplyDelete
  6. Masyaallah jadi pingin ikutan nonton. Pasti hype nya luar biasa ya

    ReplyDelete
  7. kakakku mendampingi anak2 panti asuhan yang menjadi atlet disabilitas semoga mereka nyaman ya selama bertanding

    ReplyDelete
  8. Semoga lancar untuk para Asian Para Games ini ya, semoga tidak terjadi kejadian serupa di Boston. Lancar.. paringi selamet untuk semuanya.

    ReplyDelete
  9. Sukses dan majuuuu terus INDONESIA...aku sudah niatkan nonton dan ikuti niiih mba. Semoga sama meriahnya yaaaa

    ReplyDelete
  10. Semoga acara ini sukses ya mba dan memotivasi mereka" yang terkadang patah semangat dalam hidup.. Nggak sabar mau nonton peetandingan

    ReplyDelete
  11. Bener Mbak, momen Asian Para Games ini bisa jadi ajang untuk tidak main serobot fasilitas bagi penyandang disabilitas ya Mbak...

    ReplyDelete
  12. Di negara kita, fasilitas umum memang masih belum ramah ya untuk penyandang disabilitas, smeoga semakin banyak fasilitas umum untuk mereka, sukses untuk mereka yang akan bertanding

    ReplyDelete
  13. Yeay senang skali jika semakin banyak pihak yang care terhadap teman2 disabilitas.Smoga kegiatan Asian Para Games ini sukses dan lancar ya mba. Salut dengan usaha mereka

    ReplyDelete
  14. salute sama atlet-atlet paragames, semangat mereka luar biasa

    ReplyDelete
  15. Semoga Asian Para Games sukses besar ya. Dan fasilitas buat disabilitas bisa ada di tiap daerah

    ReplyDelete
  16. wah, keren nih dukungan pemerintah DKI, sampai bus aja digratiskan.. acaranya mulai minggu depan ya? wah, semoga lancar semua, dan Indonesia jadi juara. aamiin YRA.

    ReplyDelete
  17. Dari para penyandang disabilitas ini kita jadi tahu kalau keterbatasan bukan penghalang utk berprestasi di bidang olahraga yaa

    ReplyDelete
  18. Ga sabar iih pengen nonton ajang Asian Para Games tahun ini..

    ReplyDelete
  19. Andaikan rumahku dekat dengan lokasi venue para games.
    Ku samperin ini event tiap waktu.
    Hehehheehje

    ReplyDelete
  20. Aku dirumah karena ga punya channels tv gak tau tentang para game jika tidak dari teman-teman blogger. Terima kasih Mbak sudah sharing dan anak2ku ku selalu suka naik bus.

    ReplyDelete
  21. Kemarin Asian Games sama sekali nggak ikutan nonton langsung. Semoga kali ini Asian Para Games aku bsia bawa anak2 nonton langsung.

    ReplyDelete
  22. Ternyata skema ganjil genap bisa sukses ya kalo didukung dengan moda transportasi yang ramah bagi semua kalangan, terutama kaum difabel. Dan semoga Asian Para Games yang akan berlangsung bisa sesukses Asian Games. Aku nggak sabar pengen nonton di TV

    ReplyDelete
  23. Semoga atlet2nya semangat utk memberikan yg terbaik ya kak.

    ReplyDelete
  24. Aku gagal fokus sama cewek yang lagi duduk manjah di bangku itu :)))
    Btw semoga ajang Asian Para Games sukses yaa, kek Asian Games kemarin. Amiin :)

    ReplyDelete
  25. Sekarang Alhamdulillah, semakin banyak para difabel yg mandiri. Malah mereka berprestasi jauh melebihi orang normal. Keren deh mereka.

    ReplyDelete
  26. Setuju.
    Penyandang disabilitas ini mandiri banget looh..
    Bahkan mereka gak suka kalau kita pandang iba.

    Subhanallah..

    ReplyDelete
  27. Sayangnya Asian Para Games ini ngga seheboh Asian Games kmrn ya. Smoga sukses Asian Pada Games!

    ReplyDelete
  28. bukan cuma menjadi ramah tapi empati terhadap mereka ya. Wah Indonesia keren juga ya dalam 1 tahun ngadain Asian Games 2 kali semoga semangat para atlet bisa jadi pemicu pemersatu bangsa juga gak ada ribu2

    ReplyDelete
  29. Indonesia luar biasa banget ya, berturut2 menyelenggarakan event besar olah raga. Semoga Asian Paragames ini sesukses Asian Games yg lalu.

    ReplyDelete
  30. Semoga event ini juga sukses mengikuti kesuksesan Asian Games 2018.

    ReplyDelete
  31. Wah, saya nggak nyangka kalau atlet yang terlibat banyak juga ya Mbak.... 3.886 atlet! Senang melihat para atlit paragames ini semangat....

    ReplyDelete
  32. Setuju. Masih susah move on ya dari euforia Asian Games 2018 kemarin.
    Masih terbayang semarak ribuan penari tari Saman itu.

    Bangga jadi Indonesia.

    Semoga Asian para Games 2018 juga bisa lebih baik!

    ReplyDelete
  33. Wah minggu depan ya udah mulai pertandingannya. Moga bisa ajak anak2 nonton minimal salah satu pertandingan cabornya :D

    ReplyDelete
  34. Liat mereka semangatnya luar biasa yah mba, semogaaa fasilitas dan kemeriahan juga se-WAH Asian games yah mba, aminnn

    ReplyDelete
  35. Wuah keren. Semoga sesukses Asian Games kemarin. Baca ini kok mendadak berkaca2 yaaa, aku terharu dan kagum sama mereka yang meski dari segi fisik sedikit beda dgn kita tp ttp semangat n berprestasi

    ReplyDelete
  36. Aku siap nonton! Yang GBK ini shuttle bus di dalam GBK atau keluar juga? Kalau asian games kan pintu masuk ditutup untuk kendaraan lain kecuali official.

    ReplyDelete
  37. Indonesia kereen yaahh.
    Tahun ini Negara kita 2x jadi Tuan rumah pesta akbar seasia yah. Apalagi ya nanti kejutan yg akan dipersembahkan.
    Hikss sayangnya gak bisa menikmati keriuhan itu, gak bisa coba juga naik busnya.

    ReplyDelete

Canva Magic Write