Mengatasi Kerutan Pada Wajah Agar Tampak Lebih Muda

K erutan dan garis halus yang mulai menghiasi wajah menjadi topik hangat untuk diperbincangkan bagi para wanita di usia cantik. Nggak di...


Kerutan dan garis halus yang mulai menghiasi wajah menjadi topik hangat untuk diperbincangkan bagi para wanita di usia cantik. Nggak di kantor, nggak di group Whatsapp, di sosial media pun topik ini nggak terlewatkan untuk selalu disimak. Bagaimana tidak, wanita dengan rentang usia 35 tahun keatas biasanya mulai banyak keluhan pada kulit wajah, seperti kulit berminyak, mulai muncul bintik dan flek hitam, juga kering dan kusam. Makanya jangan heran kalau kita para wanita udah ngumpul, yang di obrolin salah satunya masalah kulit wajah, dan saling berbagi pengalaman seputar mengatasi kerutan pada wajah

Saya sendiri punya masalah kulit kering, kusam, dan bintik-bintik hitam di wajah. Karena kulit wajah saya cenderung kering, alhasil kerutan halus pun semakin jelas terlihat. Awalnya saya masih nyantai sih saat usia masih 35-an, malah bisa dibilang kurang peduli dengan perawatan muka. Begitu memasuki usia 40 tahun saya mulai panik karena kerutan semakin terlihat jelas. Garis senyum dan kerutan di area mata benar-benar nggak bisa ditutupi. Memang sih penuaan itu pasti dan nggak bisa pungkiri. Tapi setidaknya kalau rajin perawatan sejak remaja, penuaan dini pada kulit wajah nggak terjadi atau bisa dihambat.

So, gimana dong? Kalau ditanya apakah saya menyesal? Pastinya rasa penyesalan itu ada, tapi jangan terlalu fokus menyesali diri, itu pesan ibu saya. Nggak ada kata terlambat, yang penting kulit terus dirawat. Makanya saya mulai rajin mengikuti instagram feed dan vlog nya para beauty influencer dan selebgram biar tahu update-an skincare kekinian. Jadi punya banyak referensi bagaimana mengatasi penuaan dini pada kulit wajah.


Sebenarnya sejak duduk di bangku sekolah menengah saya rajin banget baca artikel kecantikan, diantaranya mengenai bagaimana merawat wajah secara alami. Sampai sekarang pun masih dipraktekkan. Tapi seiring waktu selain dengan cara alami, serum anti penuaan juga sangat diperlukan. Yups, masalah kulit wajah nggak bisa dianggap sepele. Karena kulit wajah yang cantik, sehat dan tampak muda menjadi penunjang penampilan dan membuat rasa percaya diri semakin bertambah.





Cara Alami Mengatasi Penuaan Dini


Konsumsi Air Putih

Air pada dasarnya adalah komponen terbesar dalam tubuh manusia. Makanya kita butuh air dan jangan sampai kekurangan air atau dehidrasi, karena pengaruhnya banyak untuk tubuh, termasuk kukit wajah. Minum air putih yang cukup setiap hari merupakan salah satu solusi mengatasi kulit kering dan kusam.

Konsumsi Makanan Sehat

Karena tipe kulit saya kering, asupan makanan sehat sangat saya butuhkan. Bukankah selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga dibutuhkan? Maka dari itu makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah sayur, buah, telur, ikan, dan kacang-kacangan. 

Konsumsi Susu

Seperti  kita ketahui rutin minum susu manfaatnya nggak cuma untuk kesehatn tubuh, pertumbuhan tulang, dan menambah energi saja, tetapi susu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ini karena kandungan nutrisi yang ada pada susu cukup lengkap. Terutama kandungan asam laktat ada pada susu berguna sekali untuk proses regenerasi kulit sehingga kulit menjadi cerah dan kenyal. 

Olahraga Teratur

Olahrga selain membuat tubuh menjadi lebih rileks juga melancarkan sirkulasi darah. Berolahraga secara rutin juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah. Lumayan kan manfaat olahrga teratur kulit jadi lebih kencang.


Mengatasi Kerutan Wajah dengan Produk Perawatan Kulit

Kerutan pada kulit wajah nggak bisa dielakkan, tapi usaha untuk menunda munculnya kerutan yang lebih banyak harus terus dilakukan. Selain cara alami diatas, saya juga menggunakan beberapa produk andalan yang rutin saya gunakan sehari-hari. Berikut produk-produk andalan saya:

Pure Heals Propolis 90 Ampoule

Pure Heals Propolis 90 Ampoule ini sudah saya pakai sejak empat bulan lalu, dan ini rutin saya pakai setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Karena memiliki kulit wajah yang kering, kulit wajah saya jadi lebih sensitif dan gampang gatal-gatal dan iritasi. Saya memilih Pure Heals Propolis 90 Ampoule ini saat mengunjungi salah satu mall dimana produk asal Korea ini baru saja di launching di Indonesia. 

Serum Anti Penuaan

Puas bertanya-tanya dan konsultasi mengenai jenis kulit saya dianjurkan memakai Pure Heals Propolis 90 Ampoul. Produk ini mengandung 90% ekstrak propolis dimana fungsinya selain melembabkan kulit wajah juga menenangkan, menutrisi, dan memperbaiki kulit serta melindunginya dari pencetus iritasi.


Erha Age Corrector Serum 

Erha Age Corrector Serum sudah saya gunakan sejak tiga bulan lalu. Awalnya pemberian dari teman, saya kira ini produk khusus untuk jenis kulit tertentu saja dan harus dengan pantauan dokter. Karena setau saya Erha cuma klinik kecantikan dimana produk perawatannya nggak dijual bebas. Jadi saya sempat nih menolak pemberian teman saya. Ternyata Erha Age Corrector Serum ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian produk Over the Counter  (OTC) nya Erha. Rangkaian OTC merupakan inovasi baru produk perawatan kulit yang memadukan keahlian dermatologist yang berpengalaman dan pemahaman akan perbedaan kebutuhan masing-masing individu. Rangkain produk OTC ini memberikan perawatan dan perlindungan kulit dan aman dipakai untuk sehari-hari.

Serum Anti Penuaan

Awal pemakaian produk baru biasanya kulit saya bereaksi seperti gatal-gatal dan perih dan kalau sudah begitu saya pasti langsung stop pemakaian. Tapi serum anti penuaan yang satu ini nggak membuat kulit saya bereaksi negatif sama sekali. Bagi saya produk yang saya gunakan harus bikin nyaman di kulit wajah. Makanya Erha Age Corrector Serum ini adalah serum anti aging terbaik saat ini untuk kulit wajah saya.

Kandungan anti oksidan dan anti-wrinkle didalamnya bekerja memperbaiki elastisitas kulit hingga memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar UV matahari. Selain itu Erha Age Corrector Serum juga diperkaya dengan moisturizer dan Betawhite yang membantu melembutkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit. Saya rutin menggunakan serum anti penuaan favorit saya ini setiap pagi dan malam hari. Terlihat banget sih memang hasilnya setelah empat minggu pemakaian, selain kulit jadi lebih lembap, juga menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Karena Erha Age Corrector Serum ini produk OTC, untuk membelinya kita nggak perlu menggunakan resep, jadi bisa dibeli bebas tanpa menggunakan resep dokter. Nah, kalau kehabisan serum anti penuaan cuss langsung beli di Erha Official Ecommerce Store. Jadi beli Erha sekarang mudah, aman, dan harganya juga harga resmi. Banyak exclusive online deals juga lho teman-teman. Jadi bagi teman-teman yang ingin nyobain serum anti penuaan seperti yang saya gunakan teman-teman bisa pakai kode voucher ERHASTOREXTUTYQUEEN senilai 30 ribu pada saat check out. Voucher ini bisa digunakan dengan minimal transaksi total 200 ribu belum termasuk ongkos kirim. Oh ya, voucher ini berlaku hanya untuk 30 pengguna pertama ya. Langsung belanja yuk!


Eight Hour Cream Skin Protectant

Eight Hour Cream Skin Protectant ini termasuk produk yang sering saya bawa-bawa setiap saat dan selalu ada di dalam tas. Produk ini sangat membantu sekali untuk melembapkan kulit kering saya, nggak cuma kulit wajah saja, tapi juga beberapa bagian kulit lain seperti bibir, tangan, siku, lutut, dan kaki. Saya bilang sih ini cream ampuh juga sih untuk mengurangi kerutan di wajah.

Mengatasi Kerutan Pada Wajah

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi kerutan pada wajah ala saya. Baik cara alami maupun penggunakan produk-produk perawatan kulit. Catatan banget nih buat kita para wanita di usia cantik untuk selalu peduli dengan perawatan kulit wajah termasuk maksimalkan penggunaan serum anti penuaan agar kita tampak lebih muda.





You Might Also Like

20 comments

  1. Mba Tuty noted ah iniii... biar fit dan smangat aku klo nanti ngaca ��
    Bibir jg sensitif kering banget. Jadi smua butuh diperhatiin yaa..

    ReplyDelete
  2. Olahraga teratur nya nih yang kurang di saya, malah boleh dikatakan tidak pernah, hehehe.
    Note kosmetiknya biar bisa dibuat contekan ketika merawat wajah.

    ReplyDelete
  3. Mak tuty, akupun pake serum anti penuaan erha age corrector serum ini niiih. terluv bangets serumnya yaaaaa.. Semoga aku bisa awet muda selaluuuu.. Hihihi

    ReplyDelete
  4. bener mbaaa. sbnrnya merawat kulit hrs sedini mungkin.aku termasuk yg dipaksa mama utk slalu pake skin care dr sejak smu. yg sesuai umur tentunya. awalnya males2an. tp mama termasuk yg rajin cek apa aku bnr2 pake skin care ato ga. krn memang kalo ga sjk dini pasti wajah jd cepet aging. lama2 aku terbiasa, dan malah jd ga enak kalo skip rutinitas begini. alhamdulillah sih hasilnya lumayan. setidaknya diumur 36, aku msh blm ada kerutan seperti temen2ku yg sebaya :D. yg ptg pokoknya skin care yg dipake bisa cocok ama kebutuhan kulit kita :)

    ReplyDelete
  5. sama mba, saya juga pakai Erha Age corrector serum ga ada efek negatif sama sekali..aman2 aja..semoga makinawet muda ya kiya hehe

    ReplyDelete
  6. Makkk ini tipsnya pas banget buat aku yang lagi cari krim anti aging..perlu banget deh buat bikin kulit ttp kecenggg

    ReplyDelete
  7. Terpesona sama foto cantik berbaju pink itu, cantik banget ih. Emang nggak boleh nunggu tua dan banyak keluhan untuk merawat kulit ya mbak, sedini mungkin sesuai umur

    ReplyDelete
  8. Selama ini saya termasuk tipe yang males2an ngerawat kulit wajah. Syukurlah nemu tulisan ini..jadi tersadarkan. Apalgi belakangan mulai muncul flek2 di wajah..

    ReplyDelete
  9. aku mau coba pake serum anti penuaan tapi takut kalau kulit ga cocok nanti malah iritasi. Ada tipsnya, mbak? apa coba kemasan kecil dulu ya?

    ReplyDelete
  10. Sepertinya aku butuh ini nih, tanda-tanda penuaan mulai kentara di wajahku :(

    ReplyDelete
  11. Lho aku baru tahu ada produk ini
    Kupikir cuma sepatu tas dan sandal aja
    Aku kurang gaul banget ya ternyata

    Mau coba supaya kerutan tua menghilang, hahaha

    ReplyDelete
  12. wahh kebutuhanku nih. hahah... perlu banget untuk merawat kulit biar terbebas dari gejala penuaan dini

    ReplyDelete
  13. Tiga produknya kayany cocok deh buatku. Lha gimana, memang udah masuk 30+ itu nggabisa dipungkiri lagi, pasti urusannya adalah keriput

    ReplyDelete
  14. Yeee nemu solusi ngataai kerutan di blog mba Tuty, asikkk mau aku terapin ah. Jad ini rahasia awet mudanya Mba Tuty. Ernah hihihi dan minum air putoh, makan banyak yang ber vitamin serta olga ya mba

    ReplyDelete
  15. Akhirnya sebentar lagi masuk usia cantik. Oh no..
    Sejak sadar ada tanda-tanda penuaan dini di wajah, lalu pilih skincare yang anti-aging saja. Dan rajin pakai sunscreen biar ngga muncul flek hitam.
    Sekarang mau ngilangin kerutan di sekitar mata, kira-kira ada eyecreme rekomendasi kah ?

    ReplyDelete
  16. Wah harus banyak minum susu dan air putih ya mba

    ReplyDelete
  17. Pantes mbak Tuty always glowing ya, btw aku juga pakai serum Pureheals ini loh. Enakan emang muka begitu dikasi ini.

    ReplyDelete
  18. Semenjak tahu pentingnya perawatan wajah, jadi rajin beli serum juga. Cuman wajah berminyak nih yg jadi masalah ampe sekarang.

    ReplyDelete
  19. Aku udah pake skincare yang untuk usia 40+ nih mba, tapi belum pake yang model age corrector serum gini. Masih mengandalkan pelembab biasa aja. Harus mulai nyobain ya, khususnya untuk yang eye serum nih agar garis2 lembut di sekitar mata tidak begitu tampak.

    ReplyDelete
  20. Akupun sekarang sebisa mungkin memperlambat penuaan dini mba, soalnya kalo udah muncul flek dan kerutan buat ngilanginnya butuh waktu lama & perawatan khusus di klinik. Makanya sekarang keluar rumah kemana pun selalu pake Sunscreen. Untung udah sadar dari sebelum kepala 3, pentingnya produk anti aging.

    ReplyDelete