Menjadi Blogger Menjalin Networking

M enjadi seorang blogger bukanlah sebuah cita-cita awalnya, ciee  cita-cita hihi!  Iya sih, ngeblog itu awalnya cuma sebagai media yan...


Menjadi seorang blogger bukanlah sebuah cita-cita awalnya, ciee cita-cita hihi! Iya sih, ngeblog itu awalnya cuma sebagai media yang dapat menyalurkan kegiatan menulis saya ketika itu. Menulis apa saja awalnya tanpa pretense apapun. Hanya menulis, dan itu menjadi kesenangan dan kepuasan tersendiri seperti memiliki catatan harian yang bisa dibaca berulang tanpa memikirkan tulisan saya bisa dibaca oleh orang lain.
Lalu seiring berjalan waktu menulis di blog semakin membawa saya kepada pengetahuan dan pengalaman baru yang memberikan banyak sekali manfaat. Apa saja manfaatnya? Pastinya banyak banget. Bayangin saja ketika kali pertama menulis semua dimulai dengan begitu banyak rasa kesenangan sebab seolah tercurah apa saja yang ingin disampaikan. Penuh kehati-hatian dalam memencet tuts keyboard dan imaji kata yang penuh di dalam kepala. Semua mengalir begitu enaknya dan rasanya masih menjadi energi ketika sedang atau ingin mulai menulis di depan laptop ataupun komputer desktop.
Di sinilah bagaimana mempertahankan rasa yang sama seperti saat kali awal menulis dapat terpelihara.Tentunya dengan menghadapi kejenuhan yang muncul dan problem yang berbeda dengan kondisi di sekitar kita. Seringkali lingkungan sekitar kita malah menjadi momok menakutkan yang menjadi penghambat dalam menulis di blog. Yups, mood juga sangat mempengaruhi saat menulis blog.
Manfaat lain selain makin gemar membaca dan belajar untuk menemukan perbendaharaan kata, menyusun kalimat dan memilih diksi ada juga pengalaman lain didapatkan. Seperti mulai mengikuti dan masuk kedalam beberapa komunitas blogger. Di sini saya mulai bertemu dengan banyak orang baru yang dikenal dan menjalin persahabatan melalui social media hingga menjadi sahabat karib di dunia nyata. Ternyata banyak sekali orang-orang yang memiliki passion yang sama di bidang kepenulisan. Yang namanya networking pun semakin bertambah.
Menjadi sering bertukar pengalaman atau berbagi ilmu dan juga hal lain nya yang sangat bermanfaat sekali. Bagi seorang blogger ternyata juga membuka peluang yang sangat besar untuk menjadi entrepreneur. Dengan begitu kesempatan mendapatkan rejeki menjadi sangat terbuka dari sumber jejaring yang kita miliki. Seringnya mendapat undangan acara liputan seperti Blogger Gathering, undangan dari berbagai brand ataupun klien membuat bertambahnya teman, selain teman-teman blogger. Berkenalan dengan klien ataupun pihak pengundang nggak cuma disaat itu saja tapi klien menginginkan hubungan jangka panjang.
kartu nama sebagai blogger yang pengin branding :)
Meski saat ini sosial media menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun branding tetapi pada kenyataannya di lapangan masih membutuhkan sesuatu yang bersifat fisik dan bisa menjadi sesuatu yang dicari oleh orang yang baru saja bertemu dan berbincang dengan kita. Seperti halnya kartu nama, kecil memang bentuknya namun saat ini ternyata masih sangat relevan untuk menjadi sarana meningkatkan engagement sebagai performance seorang blogger di dunia nyata. Manner dan sebentuk kesan yang kita bangun demi meningkatkan engagement menjadi lebih prima rasanya.
Kartu nama nggak cuma berguna untuk branding saja, tapi di suatu event tertentu tak jarang panitia pelaksana acara meminta para blogger untuk memberikan kartu namanya di meja registrasi. Kartu nama selain digunakan untuk sebagai data yang disimpan oleh panitia juga dikumpulkan untuk seru-seruan saat pembagian doorprize. Kartu nama memang banyak gunanya. Kalau lagi traveling pun saat berada di dalam pesawat atau di bus kenalan dengan sesama penumpang selain saling bertukar akun sosial media juga saling bertukar kartu nama. Bagi saya seorang blogger kartu nama yang terpenting bukan sekadar nomor handphone atau alamat email saja, tapi saat kenalan yang kita beri kartu nama melihat desain kartu nama yang kita punya sekaligus melihat alamat blog yang kita punya rasanya senang banget apalagi kalau blog kita dikunjungi, hehe!
Oh ya, lebih seru lagi saat saya berkenalan dengan blogger dari luar negeri. Saya dan teman baru saya tentu tak membahas saling bertukar kartu nama karena sosial media sudah lah cukup untuk kami saling mengenal lebih jauh. Tetapi untuk pertemanan yang lebih berkesan lagi kami saling bertukar kartu pos yang menandakan asal negara kami masing-masing. Seru kan!
Profesi yang saya geluti sebagai blogger saat ini memang membawa kesenangan dan manfaat tersendiri bagi saya, tapi saya yakin profesi apa pun itu selama kita fokus dan menajalani nya dengan senang hati pasti hasilnya memuaskan. 



You Might Also Like

3 comments

  1. Wah.. Asyik ya udah bisa jalan-jalan dan dapat banyak temen baru. Yang awalnya cuma buat diary akhirnya malah jadi hoby.👍👍

    ReplyDelete
  2. Aku baru mulai.. salim kepada sesepuh blogger... hehe

    ReplyDelete
  3. Setuju banget mbak, manfaat blogging bukan cuma untuk menyalurkan hobi dan unek-unek, tapi juga menambah teman dan networking ^^

    ReplyDelete