Memilih Rumah Sebagai Tempat Tinggal Pasangan Muda

H allo! Beberapa waktu lalu saya pernah share artikel mengenai Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda . Nah, kali ini saya mau sh...



Hallo! Beberapa waktu lalu saya pernah share artikel mengenai Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda. Nah, kali ini saya mau share mengenai rumah idaman. Yang namanya pasangan muda yang baru saja menikah sebelum dan setelah menikah pastinya sudah merencanakan untuk memiliki rumah. Impian untuk membina rumah tangga dan menjadi pasangan muda mandiri alias nggak tinggal di PIM (Pondok Indah Mertua) juga pastinya sudah dibicarakan jauh-jauh hari. Sama seperti saya dan suami, meski belum memiliki rumah tapi kami tak ingin sama sekali tinggal di rumah orangtua. Ya, masing-masing pasangan tentu sudah punya pertimbangan dan rencana masing-masing. 

Ngomong-ngomong kalau kita bicara rumah ujung-ujungnya nggak sekadar punya rumah dan jadi tempat tinggal. Keinginan lain seperti desain rumah, lokasi, dll, tentu juga harus dipertimbangkan agar nggak menyesal di kemudian hari. Agar nggak menyesal, sebaiknya simak tips berikut yuk!


Siapkan Dana


Sebaiknya siapkan dana terlebih dahulu. Sebaigan orang ada yang nggak tertarik punya rumah dengan jalan menyicil, tapi lebih memilih membeli rumah secara cash. Untuk itu dana harus dipersiapkan. Memiliki tabungan khusus untuk rumah bisa jadi solusi agar nggak mengganggu pengeluaran bulanan. Tabungan khusus untuk rumah ini juga termasuk didalamnya biaya tak terduga untuk rumah nantinya, termasuk biaya perawatan, biaya untuk membuat sumur,dll. Biasanya soal air bersih juga harus dipikirkan, jadi apapun itu pasti butuh biaya.


Sesuaikan Budget 

Menyiapkan dana untuk rumah sebaiknya sesuai budget. Misal kita anggarkan terlebih dahulu berapa kisaran harga rumah yang akan kita beli. Karena kalau terlampau tinggi keinginan yang ada harga rumah naik terus tapi tabungan juga belum mencukupi. Untuk itu budget yang ada saja dimanfaatkan. Karena sebagai pasangan baru menikah kita pun punya keinginan untuk punya rumah impian dengan desain kekinian. Namun jangan sampai memaksakan  diri untuk memiliki rumah sesuai keinginan. Yang perlu diingat untamakan kebutuhan dari pada keinginan. Bijak pada keuangan pasti akan menuntun kebahagiaan kelak ketika sudah tinggal dirumah sendiri. 


Memilih Lokasi Rumah dengan Akses yang Mudah


Memilih lokasi rumah harus benar-benar didiskusikan dengan pasangan. Kalau saya dan suami sih yang paling penting akses masuk dan keluar dari lokasi tempat tinggal mudah. Setidaknya mudah dijangkau dengan transportasi umum. Kalau dapat rumah sesuai budget kemudian lokasinya komplit dengan fasilitas itu namanya rezeki nomplok ya, hehe! 

Memilih Perabotan

Segala hal demi rumah nyaman pasti dilakukan, gonta ganti dekorasi tentu dilakukan untuk membunuh rasa bosan. Bahkan tak jarang agar rumah tampak cantik dan nyaman perabotan pun jadi tambahan. Untuk memilih perabotan sebaiknya diskusikan juga dengan pasangan agar dua-duanya merasa nyaman. Memang sih setiap bagian dalam rumah baik rumah yang besar atau yang kecil pasti butuh sentuhan, rumah yang nyaman, aman, bersih dan membuat rasa betah berlama-lama didalam rumah. 


Perlindungan untuk Rumah


Untuk hal kecil saja yang berkenaan dengan rumah pasti akan mendapat perhatian si pemiliknya. Lalu bagaimana dengan perlindungannya? Sudahkah rumah yang kita tempati mendapat perlindungan yang layak? Perlindungan dari sesuatu yang dapat menimpa rumah kita tanpa kita inginkan. Untuk pilihan perlindungan rumah kita dapat menggunakan asuransi happyHomeyakni produk asuransi kebakaran dari happyOne.id. HappyHome memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). Dengan happyHome tinggal pun jadi lebih nyaman tanoa khawatir, dengan  perlindungan atas risiko kebakaran. 


Tak Perlu Malu Tinggal di Rumah Sewa 

Jangan pernah malu untuk tinggal di kontrakan. Seperti yang saya bahas di atas, dari pada tinggal di rumah orangtua atau mertua ya sebaiknya kita ngontrak. Karena kita sudah menjadi keluarga kecil, dan kita pun harus membangun impian bersama pasangan. Justru tinggal di rumah orang tua dong seharusnya kita merasa malu. Karena sebagai pasangan muda yang baru menikah kita harus merasakan proses hidup menjadi pasangan. Merasakan suka dukanya menjadi seorang istri mau pun suami. Intinya agar kita lebih mandiri. 

Bagaimana pun meski rumah yang kita tempati rumah sewa, tetaplah merasa kalau rumah yang ditempati adalah rumah sendiri agar kita merasa nyaman. Rumah seperti halnya jiwa sipemiliknya akan selalu dijaga dan dirawat sebagaimana pemiliknya memperlakukan rumah nya sendiri.

#BeTheHappyOne




You Might Also Like

1 comments

  1. Terima kasih setelah membaca tulisan Mba jadi kepikir kalau rumah harus benar benar layak di tempati senyaman mungkin terkdang suka terbengkai merawat rumah sendiri.

    ReplyDelete

Canva Magic Write