Solo Traveling? Siapa Takut

"P ergi sendirian? Nggak ada kawan? Nanti kalau ada apa-apa di jalan gimana?", begitulah respon orang tua saya sewaktu say...


asuransi perjalanan


"Pergi sendirian? Nggak ada kawan? Nanti kalau ada apa-apa di jalan gimana?", begitulah respon orang tua saya sewaktu saya belum menikah. Wajar memang kalau orang tua khawatir, orang tua mana pun pasti khawatir kalau anak gadisnya pergi sendirian. Apalagi lokasi yang dituju belum pernah dikunjungi sama sekali. Iya sih, zaman saya solo traveling yang namanya maps belum ada, yang namanya aplikasi apapun belum ada, handphone juga belum ada internetnya. Gimana orang tua nggak khawatir ya kan? Yang ada di benak orang tua saat itu takut anaknya nggak bisa dilacak keberadaannya, kalau kesasar gimana.

Sekarang beda banget, teknologi udah semakin canggih. Bepergian kemanapun kita bisa share location ke teman atau keluarga, bisa video call juga ke ortu biar nggak khawatir lagi kalau udah sampai di tujuan. Traveling sendirian dulu memang dianggap nekad sama sebagian teman juga saudara. Bagi saya sih solo traveling me time banget dan jadi semakin mandiri. Selama kita sudah prepare semuanya sebaik mungkin saya yakin kalau solo traveling jadi aman dan nyaman. Oh ya, saya mau share tips solo traveling ala saya:

Siapkan Tiket Return

Tiket keberangkatan dan kepulangan sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Baik itu tiket pesawat maupun timet bus. Selain untuk menghindari kemungkinan harga tinggi juga biar nggak kehabisan tiket. Kalau low season sih masih bisa diperhitungkan, tapi kalau peak season jangan coba-coba beli tiket dadakan bisa-bisa malah nggak dapat tiket.

Booking Hotel

Saran saya kalau solo traveling sebaiknya cari hotel yang dekat dengan lokasi wisata, minimal nggak jauh-jauh banget. Dan usahakan hotel nya dekat dengan fasilitas umum lain, seperti supermarket atau mall, dekat dengan tempat makan juga. Biasanya beberapa hotel low budget maupun hotel berbintang kalau kita sedikit lebih sabar dan rajin mencarinya melalui aplikasi online, bisa jadi dapat yang lokasinya benar-benar strategis. Lumayan kan.

Menyusun Itinerary

Menyusun itinerary ini tak kalah penting dengan tiket dan hotel. Dengan menyusun itinerary kita jadi tahu lokasi wisata mana saja yang akan kita kunjungi. Selain itu dengan menyusun itinerary nggak banyak waktu terbuang sia-sia. Sayangkan sudah jauh-jauh traveling tapi kita bingung mau kemana. Yang ada malah kayak orang terombang-ambing atau kayak anak hilang hehe. 


Biar nggak terlalu buta banget dengan daerah yang dituju kita bisa baca blog teman-teman yang pernah mengunjungi lokasi yang akan kita tuju sebelumnya.

Cari Teman

Katanya solo traveling, kok cari teman? Cari teman yang saya maksud disini sebelum kita tiba di kota yang kita tuju bisa lho menghubungi teman-teman kita. Siapa tahu ada teman lama yang tinggal di kota tersebut, kan bisa jadi nambah informasi mengenai lokasi wisata lain. Setidaknya jadi ada teman nongkrong juga kan.

Bawa Obat-Obatan

Namanya juga pergi sendiri, kalau tiba-tiba kepala pusing karena kecapean jalan atau perut sakit karena nggak cocok dengan makanannya minimal kita sudah punya stok obat-obatan yang biasanya kita konsumsi kalau lagi sakit.

Asuransi Perjalanan

Siapkan juga asuransi perjalanan saat kita solo traveling. Just in case terjadi sesuatu yang tak diinginkan dan diluar kendali kita. Asuransi perjalanan manfaatnya melindungi perjalanan kita baik sebelum dan selama perjalanan. Asuransi perjalanan happyTrip memiliki keunggulan dalam memberikan perlindungan risiko perjalanan pembatalan perjalanan, perlindungan keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, biaya medis akibat kecelakaan, dll. Lengkapnya mengenai happyTrip teman-teman bisa kunjungi happyOne.id.
Nah, itu dia beberapa tips solo traveling ala saya. Semoga bermanfaat dan bisa jadi masukan buat teman-teman juga ya. #BeTheHappyOne.







You Might Also Like

44 comments

  1. Aku suka banget lho Solo traveling, jadi tau bbrp tempat hasil2 dari nyasar gitu šŸ¤£ habis itu jadi suka diajak temen buat nge guide.

    Sekarang kangen banget solo traveling, tapi harus ditahan2 karena punya bayi.
    Trus asuransi itu penting banget deh, buat jaga2 aja :)

    ReplyDelete
  2. Iya skarang kalau travelling sendiri anggap saja me time ya mba. Hehhe. Dan kayaknya penting nih buatku untuk memeprsiapkan asuransi perjalanan :)

    ReplyDelete
  3. Kalo aku lebih suka traveling bareng teman atau keluarga, kalo solo traveling takut nyasar hahaha. Btw asuransi perjalanan memang perlu ya saat kita melakukan traveling, untuk berjaga-jaga aja kalo ada kejadian tak diinginkan terjadi.

    ReplyDelete
  4. Kalu abener2 solo tripnya aku belum pernah mbak, paling dalam perjalanannya sendiri aku pernah beberapa kali nanti di lokasi tujuan baru deh ketemuan temen-temen. Itu termasuk solo trip gak ya? :)

    ReplyDelete
  5. Yang penting persiapan komplit, Solo Traveling mah fine-fine aja. Terlebih sudah ada asuransi happyOne yang bikin traveling tetep happy (jaga-jaga kalau pas lagi apes).

    ReplyDelete
  6. Nah iyaa.. jarang terfikir yaa mba untuk asuransi perjalanan.. yg dipikirin malah jalan-jalannya aja.. hehe pdahal penting sekali untuk berjaga-jaga. Thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  7. Solo travelig ini salah satu resolusi saya tahun ini Bu. Insyaa Allah semoga terwujud hehe. Aamiin. Dan memang perlu persiapan matang banget karena sendirian dan rencana saya destinasinya LN. Makin wajib atur itinerary agar lancar.

    ReplyDelete
  8. saya kangen solo travelling. tapi saat ini harus tahan dulu karena ada dua krucil yg bakalan ga rela kalau mamanya jalan2 sendiri :)

    btw, kalau sudah punya asuransi (jiwa dan kesehatan), masih perlu ga ya ambil asuransi perjalanan?

    ReplyDelete
  9. Salut nih syaa sama yang berani solo traveling. Pasti persiapannya harus oke banget karena solo tarveler dituntut mandiri

    ReplyDelete
  10. sampai setua ini saya belum berani traveling sendiri, minimal ada anak-anak yang nemenin. Kalau solo traveling sudah ada asuransi jadi aman ya mba pergi sendirian juga.

    ReplyDelete
  11. Jujur aku belum sanggup sering2 solo traveling, kemarin di Medan sendiri aja pas barengan sama jadi narsum asa binngung kliyengan sendiri, asa kehilangan pegangan, tolah toleh ga ada tiang hahaha

    ReplyDelete
  12. Waktu masih kuliah atau awal-awal kerja, ortuku rempong amat kalau aku mau ke Jakarta. Sampe harus ada yang nemenin segala, anter jemput dan sebagainya. Nah sekarang malah dilepas gitu aja hahaha.... Kalau tujuannya ga banyak sih aku santai aja. tapi kalau banyak itinerary dalam satu kota gitu aku belum nyoba

    ReplyDelete
  13. Zaman masih single kalau mau melancong sih tinggal cus pergi aja. Pas izin sama ortu alhamdulilah ga dilarang. Tapi sekarang boro2 bisa solo traveling, bisa mandi atau makan dengan tenang aja sudah alhamdulillah. Secara gitu punya anak balita dan anak bayi yg maunya nemplok mulu sama emaknya hehehe...

    ReplyDelete
  14. SAya belum berani solo travelling, haha masih butuh temen ngobrol dalam perjalanan soalnya dan saya tuh takutan orangnya

    ReplyDelete
  15. Solo travelling asyik dan fleksibel. Apa lagi kalau persiapan udah oke. Tapi, aku belum berani solo travelling lagi setelah accident. Jadi takut dengan manusia asing. Tapi, kalau ada teman, sih, hayu. Dan, ada teman atau sendiri, traveling pasti butuh persiapan banget, sih.

    ReplyDelete
  16. Kayaknya asyik ya solo travelling, saya pernah waktu masih blm nikah, skrg belum pernah coba lagi pergian sendiri heheh

    ReplyDelete
  17. Keren deh, bisa solo traveling. Kalau saya belum berani, Mbak. Takut ilang atau nyasar hihihi

    ReplyDelete
  18. Aku beberapa kali solo traveling, kadang nekat jadi sebisanya aja. Sekarang kudu direncanain dulu dan kasih persiapan termasuk asuransi

    ReplyDelete
  19. Denger kata SOLO, aku jadi inget lagunya Jennie Blackpink.
    Huaahahha~
    Tapi memang lebih syahdu solo yaa, kak...

    Banyak hikmah yang bisa diresapi...

    ReplyDelete
  20. Solo traveling jadi aman deh ya mba, Mba Tuty. Aku pernah dlu Solo traveling tapi sekarang lebih sering berdua

    ReplyDelete
  21. AKu pernah solo travelling waktu masih kuliah, tapi ya cuma jogja-k=jakarta atau jogja-surabaya sih, belum pernah sampai nyebrang pulau, belum berani hehehe

    ReplyDelete
  22. Enaknya solo travelling kita bisa puas sama diri sendiri, mau ngapain, amakn apa, kemana dulu, enak bangeeet.. tapi gak enaknya, dijalan sepi, gak ada yg diajak cekikikan, gak ada yg dimintain tolong foto, terus harus ekstra siaga :)

    ReplyDelete
  23. Asuransi perjalanan itu penting ya mbak, apalagi ini solo traveling. Kudu persiapannya lebih detil dan kompleks. Uhhh aku belum pernah pergi sendirian sampai jangka waktu lama di luar kota. Paling sendirian aja berangkatnya, nanti ketemu teman di kota tujuan. Itu termasuk solo traveling kah?

    ReplyDelete
  24. Keren Mak, berani solo traveling. Kalo saya kok kayaknya mikir mikir deh mau melakukan itu.

    ReplyDelete
  25. Kalo aku udah biasa dilepasin emak sejak SMP Mbaa. Etapi waktu itu ada temennya sih wekeke. Pas pertama solo traveling juga rada khawatir, tapi setelah itu kemana-mana udah yakin aja, asal sesampenya ditujuan langsung lapor telpon belio :D

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah mak Solo traveling hehe masih takut euyy,, semoga aja lah nanti bisa solo traveling kalau dapat sponsor #ehh hehe.

    ReplyDelete
  27. Aku pun kadang suka Mbak solo traveling. Tapi dulu zaman masih lajang. Dan emamg, kalo bisa persiapan harus udah disiapin semuanya. Soalnya kalo ada apa-apa di jalan, kita kan susah mo minta tolong orang lain apalagi yang nggak dikenal.

    ReplyDelete
  28. Wah kalau utk jalan2 bukan aku banget solo traveling mba..sepi banget sendirian..hahaha...masing2 org memang beda ya...ada asuransi itu penting ya buat jaga2...

    ReplyDelete
  29. Lah iya kadang asuransi yang nggak kepikiran :D Makasih ya Mba. Btw aku belum berani solo travelling sampai sekarang. Bukan nggak berani, tapi aku lebih suka sama temen2. Aku paling nggak bisa sendirian soalnya, nanti nggak ada temen ngobrol dan seseruan, hihihi

    ReplyDelete
  30. Keren bangt mba tuty bisa solo traveling. Dulu ak juga pengen tapi sejak nikah impian itu kayak pupus hahahah soalnya suami sama anak pasti mau ngintilin.

    ReplyDelete
  31. Solo traveling belum pernah dan belum bisa juga sih karena anak msh kecil2 he he. Tapi mungkin harus dipertimbangkan jg untuk ga terlalu mengumbar kalau kita sedang pergi sendirian saat posisi masih di jalan. Demi keamanan, cukup share ke keluarga & teman2 dekat aja.

    ReplyDelete
  32. Sebelum nikah sering solo traveling, nggak jauh-jauh sih, tapi ke kota/daerah yang belum didatangi, setelah nikah malah belum pernah solo traveling

    ReplyDelete
  33. Ke mana pun kalo udah ada asuransi sekalipun sendriian ga akan worried yaa mba. Aku palingan kalo solo cuma di perjalanannya aja. Ga berani ke mana mana sendiri.

    ReplyDelete
  34. Aku tuh termasuk penakut mba kalau harus jalan keluar 'kandang'. Maunya ditemenin biar ada yang bantuin klo kenapa2 gitu :)) Tapi kayaknya phobia ini harus segera diatasi. Jadi kalau terpaksanya suatu hari harus bepergian sendiri kan sudah siap gitu yaa..

    ReplyDelete
  35. Kemarin tetangga habis ngebolang ke Solo aku dibawain teh tubruk yang mantab banget harum dan rasanya

    ReplyDelete
  36. Oya, tetanggaku ke solonya traveling sendirian gitu padahal sudah bekeluarga, ternyata asyik juga ya jalan-jalan ngebolang sesekali sendiri. me time setelah lelah mengurus anak, kalau aku kayaknya belum bisa nih ada bayi sama batita hehehe

    ReplyDelete
  37. Yeay, keren bisa solo traveling. Tapi memang perlu ya sesekali. Biar bisa refresh tanpa beban apa pun. Cuma ya itu, kita harus mastiin segalanya sendiri. Termasuk risiko jika ada apa2. Dan happyTrip bisa jadi andalan.

    ReplyDelete
  38. Aku sering bangeeet solo traveling mba.. dan seru lhoo mba..banyak pengalaman baru yg didapat

    ReplyDelete
  39. Aku juga suka solo traveling mba, udah beberapa kali ngalamin dan aku termausk yang sukaa solo traveling hehe memang ada suka dukanya ya ��

    ReplyDelete
  40. Yep bener banget mba, selain hal-hal yang disebutkan asuransi juga penting banget ya mba kalau solo travelling. Tapi aku belum berani solo travelling, masih takut. Anaknya sukanya keroyokan (rame-rame) soalnya :D

    ReplyDelete
  41. Kalau anak anak sudah besar rencana mau solo traveling juga
    Semoga diijinkan suami karena kemana mana juga butuh mahram kalau menurutnya.

    ReplyDelete
  42. Aku jujur mbak klo solo traveling itu panikan apalagi ga bareng suami. Kayak kemarin aja nginep di hotel ga bareng suami eh baju ku ketinggalan di hotel, huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  43. Mba aku kok tapi masih takut yaa solo traveling, soalnya mungkin biasa kemana dianter jadi kalo pergi sendiri agak sepi gitu hidup.

    Tp kayanya skali kali aku harus coba, biar punya pengalaman baru

    ReplyDelete
  44. Solo traveling memang seru selama dipersiapkan dengan matang, salah satunya beli asuransi perjalanan untuk jaga-jaga.

    ReplyDelete