Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

pasangan muda :) H alo! Masih di suasana tahun baru nih guys . Aroma liburan juga masih berasa ya kan? Penginnya liburannya diperpanja...

pasangan muda :)

Halo! Masih di suasana tahun baru nih guys. Aroma liburan juga masih berasa ya kan? Penginnya liburannya diperpanjang haha! Masih pengin leyeh-leyeh, malas-malasan di kamar hotel, berenang, ngemall, kulineran, puas banget pastinya. Kalau ngikutin keinginan terus bakal bisa tekor ya. Apalagi kalau sampai menguras tabungan, jangan sampai kebablasan ya.

Biasanya kalau liburan keluarga, para orang tua lebih pintar ngatur budget liburan. Beda dengan pasangan yang masih baru menikah seperti saya ^eh. Bagi pasangan yang baru menikah beberapa diantaranya masih senang menikmati honeymoon. Penginnya liburan terus berduaan. Nggak masalah sih, saya juga bawaannya pengin honeymoon terus kok, hehe! Yang penting pintar-pintar saja mengatur keuangan jangan sampai tabungan dan kredit jadi kebobolan. Biar habis honeymoon nggak pusing mikirin bayar hutang. So, meskipun pasangan muda baru menikah, kita harus pintar mengelola keuangan. Nah, kali ini saya pengin share tips mengelola keuangan buat pasangan muda. Berikut tips mengatur keuangan bagi pasangan muda:


Mengatur Belanja Bulanan


Menjadi pasangan muda mengatur belanja bulanan mungkin masih kewalahan ya, soalnya biasanya pengeluaran bulanan untuk diri sendiri dan semaunya gue. Setelah berumah tangga mengatur belanja bulanan ungkin agak kewalahan. Solusinya bisa dengan membaginya dalam amplop. Misal pengeluaran makan dan belanja harian berapa jumlahnya kemudian masukkan kedalam amplop sebanyak 30 amplop sesuai jumlah hari dalam sebulan. Misal pengeluaran untuk makan sehari 100rb maka masukkan kedalam 30 amplop tersebut masing-masing 100rb. Dan ini rutin dilakukan setiap bulannya.

Membayar Tagihan

Setelah menerima gaji bulanan sebaiknya langsung sisihkan untuk membayar hutang atau tagihan. Karena membayar hutang itu wajib, biar hidup lebih tenang. Jangan pernah menunda-nunda membayar tagihan karena risikonya bisa menjadi semakin banyak yang harus dibayarkan atau jadi double.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit ibarat dua sisi mata uang. Kalau bijak menggunakannya maka kartu kredit benar-benar menjadi solusi keuangan, tapi kalau tidak bijak menggunakannya justru jadi bumerang yang menambah hutang. Sebaiknya jangan gunakan kartu kredit sampai batas limit, misal limit kartu kredit yang diberikan bank 8 juta, gunakan kartu kredit maksimal 5 juta, ini untuk mencegah terjadinya over limit.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang dibutuhkan saat kita dalam risiko kehidupan darurat. Darurat disini bukan cuma tiba-tiba terjadi kecelakaan atau kematian, tapi semua risiko kehidupan. Dana darurat diperlukan karena terkadang kita nggak punya dana khusus untuk keadaan darurat. Misal tiba-tiba perusahaan tempat kita kerja bangkrut dan kita tidak memiliki pekerjaan, untuk sementara bisa memakai dana darurat untuk biaya hidup sehari-hari. Atau tiba-tiba terjadi musibah dan kita perlu uang saat itu juga, dana darurat bisa kita gunakan. Setelahnya barulah kita mengandalkan asuransi. Dana darurat idealnya 6 kali jumlah pengeluaran bulanan rumah tangga, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya anggota keluarga dana darurat jumlahnya akan bertambah.



Memiliki Asuransi


Asuransi itu penting banget, berkali-kali saya menuliskan beberapa artikel mengenai manfaat asuransi. Yups, asuransi penting buat berjaga-jaga dari ketidakpastian hidup. Misal, tiba-tiba sakit, kecelakaan dalam perjalanan atau traveling, kebakaran rumah, dll. Intinya dengan berasuransi kita sudah merencanakan masa depan dengan lebih baik, karena mengeluarkan sedikit uang untuk berasuransi setiap bulannya, mencegah pengeluaran lebih banyak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Asuransi banyak pilihannya, bisa memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan atau bisa pilih sekaligus beberapa asuransi seperti asuransi all in one dari happyOne.id yang terdiri dari: happyMe, asuransi kecelakaan diri untuk melindungi diri dari kecelakaan yang mungkin terjadi dimana saja dan kapan saja. happyEdu, asuransi santunan pendidikan yang memberikan jaminan pendidikan anak jika terjadi risiko kecelakaan yang dialami oleh orangtua. happyHome, asuransi kebakaran untuk melindungi rumah dari risiko kebakaran. Dan happyTrip, asuransi perjalanan untuk memastikan perjalanan lebih terjamin. happyOne.id ini lebih banyak pilihan produknya dan bisa diakses dengan OneID saja.
Itu beberapa tips mengatur keuangan untuk kalian pasangan muda, semoga bermanfaat dan semoga tetap konsisten juga mengelola keuangan untuk masa depan keluarga yang lebih baik.


#BeTheHappyOne


You Might Also Like

15 comments

  1. Yang paling susah istiqomah menurut aku tuh nyiapin dana darurat sih.

    Suka tercipta aja alasan untuk gerus tabungan dana darurat. hiks

    ReplyDelete
  2. financial keluarga adalah pe er yang ilmunya belum aku kuasai bahkan setelah 8 tahun menikah hahahahha

    ReplyDelete
  3. Happy one id asuransi termurah yang pernah aku tau mulai beberapa puluh ribu kita udah punya asuransi

    ReplyDelete
  4. Aku nggak pakai amplop, cuma satu hari dijatah sekian ribu kalau belanja harian. Tapi seringnya per-seminggu sekali belanja ya. Happyone ini programnya komplit ya mbk, bisa pilih asuransi ya sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  5. Wah, betul semua ini. Saya dan suami dulu termasuk yang hati-hati banget soal pengeluaran. Sudah hati-hati gitu aja masih aja dana darurat kadang kepake. Heu

    ReplyDelete
  6. Happy one id memang solusi zaman milenial ya, paling tidak mengamankan dari kejadian yang tak terduga.

    ReplyDelete
  7. baca tips ini sambil ngaca, pasangan muda suka banyak cicilan ya? >,<
    merencanakan hari tua di saat tubuh masih fit itu kadang enggak kepikiran lho. Proteksi asuransi perlu disiapkan buat masa depan yang lebih cerah.

    ReplyDelete
  8. Saya jg mau dianggap pasangan muda, terima kasih tipsnya mba. Mungkin tambahan tips, utk CC kalau bulan ini pakai, usahakan bulan depan sudah terbayar.

    ReplyDelete
  9. Dana darurat dan asuransi sangat penting sekali. Dalam mengatur keuangan, dana darurat ga boleh ketinggalan ya.

    ReplyDelete
  10. Aku uda 10 tahun menikah. Masih terhitung pasangan mudah gak nih,hehehe..tips nya manfaat banget nih

    ReplyDelete
  11. Biarpun aku dan suami pasangan lawas, tapi semua tip di atas masih relevan dan kepake banget buat kami. Hahahaha :D. Soal ngatur pengeluaran memang susah-susah gampang, ya. Sesekali masih suka bocor juga.

    ReplyDelete
  12. aku tuh pasangan lawas tapi juga maunya pacaran melulu, anak dititipin... hhahahah

    soal mengatur keuangan, aku tuh masih keteteran. masalah utamanya itu sering banget tergoda sama online shop...hehehe

    ReplyDelete
  13. Yup, betuul, kartu kredit itu dalam keadaan tertentu sangat menguntungkan, tapi memang mesti disiplin jangan over limit dan jangan sampai menunda pembayaran sampai melebihi tanggal jatuh tempo.

    ReplyDelete
  14. asuransi memang penting untuk proteksi ya kak tuti, tapi kita juga harus paham mengenai asuransi tersebut, apa saja yang dicover, dan apa yang terjadi jika kita keluar dari asuransi tersebut

    ReplyDelete
  15. Wahhh 2019 Harus bebas finansial sihhh :D harus harus wueheheh

    ReplyDelete

Canva Magic Write