Karena Sehat Begitu Berharga

M enjadi sehat bukan hanya sekadar keinginan bagi saya tapi sebuah keharusan. Karena tubuh sehat...


Menjadi sehat bukan hanya sekadar keinginan bagi saya tapi sebuah keharusan. Karena tubuh sehat dan bugar adalah faktor utama agar saya bisa beraktivitas dengan baik dan pekerjaan dilakukan dengan lancar. Bayangkan saja kalau kondisi tubuh dalam keadaan tidak sehat, berat sekali rasanya mau melakukan tugas yang seabreg. Kalau mendengar dan membaca tulisan para pakar kesehatan sehat itu sederhana, cukup jaga pola makan, pola tidur, istirahat yang cukup, pilih makanan sehat, jauhi makanan junk food. Sepertinya mudah ya, tapi untuk urusan makanan kenyataannya kadang nggak bisa menahan godaan dari kanan kiri.

Mencegah memang lebih baik dari mengobati. Cuaca yang tidak menentu kerap membuat tubuh rasanya tidak menentu. Sementara tubuh dituntut untuk selalu fit demi kelancaran aktivitas. Kadang kegiatan-kegiatan yang saya ikuti harus menempuh jarak yang lumayan jauh, butuh waktu berjam-jam untuk tiba di lokasi. Dan kadang selama di perjalanan ada saja sumber penyakit, asap kendaraan, asap rokok, penumpang lain yang lagi batuk dan flu, komplit kan. Belum lagi kalau jam makan tiba, harus makan diluar rumah yang belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya. Meski kadang sudah dikuat-kuatin, kalau penyakit sudah datang dan daya tahan tubuh lagi lemah jadilah saya tepar juga. 

Saya termasuk jarang sakit, alhamdulillah ya mudah-mudahan seterusnya sehat. Tapi kalau sudah sakit bisa berhari-hari. Pernah demam tinggi sampai ngigau nggak karuan, yang ada suami jadi bingung kirain karena mimpi nggak taunya begitu dahi saya di pegang panasnya udah tinggi. Untungnya saya dan suami selalu prepare obat, jadi nggak terlalu panik ketika tiba-tiba demam, setidaknya pertolongan pertama lah ya, apalagi kalau malam. Paginya, karena masih demam akhirnya ke dokter dan dokter menyarankan untuk banyak istirahat dan jaga pola makan, yang terpenting lagi banyak konsumsi buah karena buah mengandung anti oksidan yang baik untuk daya tahan tubuh, dan jangan lupa minum air putih yang cukup. Saya ingat betul saran dokter dan berusaha nurut, sambil membayang kan job-job yang menari-nari di atas kepala. Oh God !

Ternyata sehat memang begitu berharga. Selama sakit banyak peluang dan kesempatan yang terlewatkan. Belum lagi biaya yang dikeluarkan. Tentu saja saya nggak mau sakit berlama-lama. Selain konsumsi buah, sayur, pola makan teratur dan istirahat yang cukup seperti anjuran dokter, saya juga mengonsumsi vitamin Theragran-M. Saya konsumsi Theragran-M karena ini adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Selain itu Theragran-M juga vitamin yang mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Jadi selain mempercepat penyembuhan juga mengembalikan daya tahan tubuh, ini yang penting karena biasanya kalau sudah sembuh badan masih terasa lemah, tetap aja belum berani beraktivitas untuk itu perlu banget konsumsi Theragran-M.

Kandungan vitamin dan mineral pada Theragran-M sangat lengkap dan ternyata Theragran-M ini sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun (sejak tahun 1976). Lebih jelasnya lagi berikut komposisi dan kandungan di dalam Theragran-M :

Magnesium yang berperan dalam proses mineralisasi tulang, metabolisme tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. 

Zinc yang merupakan mineral esensial yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka serta membantu regulasi sel tubuh maupun sistem saraf. 

Vitamin A Vitamin A (Retinol) merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh manusia untuk menjaga fungsi normal sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi, serta menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin B1 (Thiamin) berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem saraf. Gejala kekurangan Vit B1 yang paling umum adalah penyakit beri-beri maupun gangguan sistem saraf. Sedangkan gejala keracunan vitamin B1 hampir tidak pernah ditemukan sama sekali.

Vitamin B2 (Riboflavin) Kekurangan Vitamin B2 berupa sakit tenggorokan, edema pada faring, keilosis, lesi pada sudut bibir, mulut maupun lidah, serta kondisi dermatitis.
vitamin untuk memulihkan kesehatan

Vitamin B3 (Niacinamide) Kondisi kekurangan Vitamin B3 (Niacinamide) yang merupakan ko-substrat/ koenzim pada sejumlah proses metabolisme, ditandai dengan 3D yakni Dermatitis, Dementia dan Diare.

Vitamin B5 (Pantothenate) Gejala utama kekurangan vitamin B5 adalah sindrom kaki terbakar (mati rasa), nyeri berkepanjangan, mood yang tidak stabil, insomnia, anemia, anoreksia, konstipasi, muntah, kontraksi otot dan kulit yang tidak normal (termasuk manifestasi jerawat).

Vitamin B6 (Pyridoxine) Selain memiliki manfaat pada metabolisme tubuh, Vitamin ini juga berperan dalam pengaturan hormone steroid. Kekurangan vitamin B6 ditandai dengan gangguan sistem imunitas tubuh serta kelelahan.

Vitamin B12 (Cyanocobalamin) Vitamin ini bersumber dari susu sapi, keju, daging, telur, serta produk hewani lainnya, sehingga para vegan (penganut pola makan vegetarian) memiliki faktor resiko besar mengalami defisiensi Vitamin B12 yang cenderung menimbulkan anemia dan proses degenerasi spinal

Vitamin C Vitamin C berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C juga membantu pertumbuhan dan pemulihan tubuh.

Vitamin D Fungsi utama dari vitamin ini yaitu untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Vitamin E Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang berperan penting sebagai anti oksidan dari serangan radikal bebas. Vitamin E banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah, minyak biji gandum, minyak kedelai, selada, kacang-kacangan, pisang dan strawberry. Kekurangan Vitamin E ditandai dengan kerusakan pada sistem saraf dan otot.

Zat Besi berperan dalam membawa oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga berperan dalam pembentukan energi didalam sel tubuh serta pembuatan hemoglobin (darah). 

Tembaga berperan dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kardiovaskular, tulang, saraf otot, dan pembuluh darah, serta penyerapan zat besi. Tembaga bersama zat besi membantu sistem pernapasan dan sintesis hemoglobin. Selain itu, Tembaga juga berperan dalam menghasilkan pigmen melanin bagi kulit, rambut dan mata.

Mangan adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan vitamin dan membantu fungsi hati. 

Iodium merupakan komponen penting pada hormon tiroid yang berperan dalam regulasi pertumbuhan serta aktivitas sel Iodium dan bersumber dari rumput laut, hasil laut (ikan, cangkang ikan), daging, susu, telur, cereal, buah serta sayuran.
Lengkap banget kan komposisi dan kandungan Theragran-M. Saya nggak pernah merasakan ada efek samping, yang penting dikonsumsi sesuai anjuran saja, jangan berlebihan juga. Meskipun sekarang sudah pulih yang penting bagi saya bagaimana kedepannya saya lebih peduli pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan dan mengikuti saran dokter. Jangan terlalu ngoyo juga menjalankan aktivitas kalau alarm tubuh sudah menyala alias sudah diingatkan tubuh kalau saya sudah lelah hehe. Ya bagaimanapun sehat itu mahal, makanya sehat itu begitu berharga bagi saya.





You Might Also Like

109 komentar

  1. Pas kemarin aku kena usus buntu, aku baru paham sehat itu mahal banget harganya. Langsung kapok dan maunya makan yang sehat - sehat aja :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini lambung juga sensitif banget kalo salah makan :)

      Hapus
  2. sehat sehat sehat biar bisa selalu beraktifitas ya mbak

    BalasHapus
  3. Aku lagi sakit nih bareng suami, awalnya suami dulu, aku udah minum vitamin tapi gak mempan akhirnya ketularan juga, demam dan pilek berdua.. saling kompres jadinya... sedih...

    BalasHapus
  4. Masih susah nih untuk makan buah.. semoga next bisa lebih banyak maem buahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamih kalah sama babam, babam makan pisangnya banyaaak :D

      Hapus
  5. Theragran-M kandungannya memang lengkap, Mbak. Dan, kalau sakit biasaya suka dikhawatirkan kekurangan asupan vitamin dan mineral. Perlu dikasih asupan suplemen seperti Theragran-M

    BalasHapus
  6. Semoga kita sehat selalu yaaa, Mbak. Sakit itu ngga enak :'(

    BalasHapus
  7. Bertaburan tips sehat dg the ragran M, aku jd pingin beli juga utk jafa kesehatanku.

    BalasHapus
  8. Harus sehat untuk keluarga & diri sendiri. Sehat harusnya diusahakan sedini mungkin, minum suplemen spt theragran bantu badan fit senantiasa :D

    BalasHapus
  9. Lagi flu berat sekarang, Hiks. Untung ada Theragran-M ini^^

    BalasHapus
  10. Betul Mbak, sehat itu sangat berarti. Kita bakalan susah beraktivitas jika badan kurang sehat. Biasanya gak enak ngapa-ngapain ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencegah lebih dari mengobati ya sebenarnya :)

      Hapus
  11. Betul sehat itu berharga, bahkan mahal harganya, lebih baik menjaga daripada mengobati mba :)

    Sehati-sehat, agar terus bisa berbegi lewat blog :)

    BalasHapus
  12. Iyap, Sehat itu anugerah dan investasi jangka panjang yaa Mak. Smoga senantiasa Sehat yaa Mak, dan menghasilkan tulisan2 yg makin inspiratif :)

    BalasHapus
  13. Aku sejak kepala empat mendekati lima ini gampang sakit kalo nggak waspada dengan alarm tubuh. Dulu sempat rehat dari sosmed, sama sekali nggak ngeblog juga demi istirahat total selama 2 minggu. Sediiih, tapi mesti nurut sih kata dokter. Kesehatan penting banget ya, apalagi kalo sibuk jadi perlu suplemen buat tubuh agar sehat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..saya doakan semoga mbam sehat selalu:)

      Hapus
  14. Bener banget.. menjadi sehat itu begitu berharga ya mba. Dan memang mencegah lebih baik dari mengobati. Untung bangt ya sekarang ada multivitamin yg siap mememuhi kecukupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ira, vitamin yang membantu memulihkan dan mengembalikan daya tahan tubuh

      Hapus
  15. Bener banget.. menjadi sehat itu begitu berharga ya mba. Dan memang mencegah lebih baik dari mengobati. Untung bangt ya sekarang ada multivitamin yg siap mememuhi kecukupan

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah saya juga termasuk jarang sakit, semoga kita selalu sehat ya mbak, biar aktivitas kita selalu lancar :D

    BalasHapus
  17. Sejak suami harus operasi ganglion saya jadi lebih perhatian sama kesehatan tubuh mbak. Sehat itu mahal dan sakit jauh lebih mahal lagi ya.

    BalasHapus
  18. Intinya memang harus bisa mengatur waktu, jangan terlalu diporsir bekerja. Imbangi pola makan dan pola tidur, olahraga rutin ya mak. Minum air putih. Teoriny sih gitu, tapi seringnya suka skip. Paling sering mah olahraga yang ke skip hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maak...dirjku juga jarang olah raga nih hehe

      Hapus
  19. Mba Tuty yang aktivitasnya tinggi, keliling terus, memang butuh tambahan vitamin supaya tetap fit.

    BalasHapus
  20. wah aku mau coba jg. suka lemes badan nih

    BalasHapus
  21. Bakalan jadi referensi suplement vitamin baru nih di keluarga saya :)

    BalasHapus
  22. Alarm tubuh yang sering banget diabaikan adakah NGANTUK.
    Semoga sehat2 terus ya kakak :)))

    BalasHapus
  23. Lengkap banget ya kombinasi multivitamin theragran..aku jg pakai mba

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. Aman mbak Shona.. kemarin aku baca di mana gitu aku lupa. Jadi aman juga buat ibu menyusui..

      Hapus
    2. Sebaoknya konsultasi ke dokter aja dulu mbak Shona :)

      Hapus
    3. Oh gitu ya mbak Rani, syukurlah kalau bisa untuk ibu menyusui, thanks udh bantu jawab ya mbaak :)

      Hapus
  25. kalau kecapekan saya juga mudah sakit.padahal kerja 6 hari seminggu...sptnya sy harus minum vit ini juga

    BalasHapus
  26. aku juga lagi flu neh mak, malesssss banget kalau suruh minum vitamin pas sakit malah ngeluh heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo turis cantik mah kecapean jalan2nya luar negeri terus hehe

      Hapus
  27. wajib banget jaga kesehatan nih...apalagi klo banyak aktivitas

    BalasHapus
  28. 'sambil membayangkan job-job yg menari di atas kepala' :D :D
    sama aja sih mbak, saya juga jarang sakit..paling banter flu. Tapi, kalau kena parahnya ya bisa berhari2..*capek*

    BalasHapus
  29. Sehat selalu ya Mbaaaa Tuty :*

    BalasHapus
  30. Setuju mba. Sehat itu berharga banget mba. Semoga selalu sehat kita semua

    BalasHapus
  31. Kesehatan itu mahkota, kalau nggak salah sih begitu kata Baginda Rasulullah SAW. Benar-benar paling berharga setelah iman kali ya. Buat apa kaya raya harta berlimpah ruah kalau kerjaannya keluar-masuk rumah sakit? Nggak banget kan? Makanya selagi sehat disyukuri, kalau pas dikasih ujian ya tinggal konsumsi apa yang bisa membuat badan kembali fit. Dan jangan lupa, olahraga.

    Btw, ditunggu lho reportase Tur Cokelat Bali-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih siaaap mas eko, nungguin foto kamu keluar yaa

      Hapus
  32. Lebih baik memang mencegah daripada mengobati kan mb? Thank artikelnya sangat membantu :)

    BalasHapus
  33. Eh untung yaaa waktu deman tinggi trus ngigau nya ngak nmanggil2 nama mantan pacar dulu hahaha

    BalasHapus
  34. Wahh emang mencegahh lebih baik daripada mengobati mbakk XD
    Banyak juga vitamin penting dsri theregran ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayaknya komplit deh kandungan vitamin dan mineralnya

      Hapus
  35. Asiknya ada berbagai vitamin yang menunjang kesehatan tubuh. Biar nggak gampang sakit ^^

    BalasHapus
  36. Sehat memang mahal harganya mbaa. Moga kita selalu sehat ya mba :). Aamin

    BalasHapus
  37. Theragran-M memang tidak memberi efek samping. Saya juga merasakannya kok. Semoga sehat terus ya.

    BalasHapus
  38. kita harus sehat-sehat selalu ya Mak... biar bisa jalan-jalan seru terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iya maak biar bisa traveling juga

      Hapus
  39. saya juga termasuk jarang sakit yg berat2 mba, paling masuk angin dan pegal2. Tapi pernah sakit sampai 2 minggu, dan saya gak mau lagi ngerasain sakit selama itu. Semoga selalu sehat. Aamiin

    BalasHapus
  40. Karena sehat begitu berharga. Kayanya vitamin ini rekomen banget ya. Btw harganya berapa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 strip isi 4 tablet harganya sekitar 18rb say

      Hapus
  41. Wah luar biasa kandungannya. Saya agak kurang fit kayaknya oke juga rekomendasi multivitaminnya. :) Makasih mba.

    BalasHapus
  42. waaah, penting banget ya mencegah draipada mengobati kalau udah sakit risikonya banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...kalo udah sakit baru deh berasa :)

      Hapus
  43. Wuih, review nya komplit, Mbak ^^

    BalasHapus
  44. bener bgt mbak, pas kita sakit gitu, nikmat sehat jadi terasa banget ya, smg sehat2 teruss

    BalasHapus
  45. Kandungan Theragran-M lengkap banget yaa mba, recommended lah buat kita kita yaa

    BalasHapus
  46. Moga sehat selalu ya Mba. Jangan lupa nyetok Theragran di rumah atau dalam tas. Saya juga konsumsi :)

    BalasHapus
  47. Emang nggak boleh lengah jaga kesehatan sendiri. Kadang selalu menomorduakan diri sendiri tapi jadinya malah nggak baik. Sehat2 selalu mba ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jangan teralu ngoyo juga kalau tubuh udah ngasi sinyal..btw thanks ya mbak

      Hapus
  48. selalu sehat ya mbak tuty biar bisa tetap berprestasi as a blogger :)

    BalasHapus
  49. Betul mba, alarm tubuh klo udah bunyi biasanya kita terasa yaa... Good luck yaa mba :)

    BalasHapus
  50. itu gambar buahnya lucuuu... hehehe...
    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  51. Bener mba, kalau udah sakit baru sadar betapa berharganya kesehatan itu :)

    BalasHapus
  52. Sehat itu memang mahal ya mba. Aset penting banget L)

    BalasHapus