Indonesia Tangkal Kolesterol

K olesterol sangat penting bagi kesehatan kita, tetapi jika terlalu banyak bisa berbahaya. Setiap...

Kolesterol sangat penting bagi kesehatan kita, tetapi jika terlalu banyak bisa berbahaya. Setiap satu dari dua orang dewasa menderita kolesterol tinggi. Kenaikan kadar kolesterol dapat terjadi pada setiap orang di semua rentang usia tanpa terkecuali, baik muda atau tua, rajin berolah raga maupun tidak. Untuk mengetahui kadar kolesterol yang kita miliki tinggi atau tidak, kita harus rutin memeriksakan diri ke dokter atau melalui ahli kesehatan lainnya. Kolesterol sebenarnya diproduksi oleh tubuh tetapi juga dapat diambil dari makanan. Bentuknya seperti lemak dan dapat larut dalam lemak namun tidak bercampur dengan darah, yang merupakan air. Itu sebabnya kolesterol dibawa oleh darah melalui aliran darah dengan lipoprotein yang disebut HDL (High Desity Lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol baik dan LDL (Low Densisty Lipoprotein) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat. Kolesterol tinggi berbahaya buat kita karena salah satu faktor pemicu jantung. Kalau terlalu banyak LDL di darah akan menyebabkan penumpukan plak di dinding pembuluh darah arteri. Kondisi ini dalam medis dikenal dengan atherosclerosis, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung juga stroke.

Menurunkun kadar kolesterol tinggi mulai dari sekarang dapat membantu kita terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang membahayakan di kemudian hari dalam hidup kita. Sabtu 30 April 2016 saya mengikuti acara Indonesia TANGKAL Kolesterol Bareng Nutrive Benecol. Nutrive Benecol sebagai salah satu produk yang telah teruji membantu menurunkan kolesterol ini ikut serta mengkampanyekan Ayo Indonesia Tangkal Kolesterol bekerjasama dengan klik dokter. Acara yang sangat informatif ini menghadirkan dr. Vito Damay dalam talkshow interactive, dr. Penihedi P dalam live smart cooking show, dan Chatalia Olivianty yang mengajarkan aksi senam B-Fit. Selain itu, para peserta juga memeriksakan kolesterol secara gratis di booth yang sudah disediakan.
dr. Penihedi P kali ini mengajarkan peserta cara memasak yang baik dan benar, serta makanan sehat yang sebaiknya dibuat sendiri di rumah agar lebih terjaga kebersihannya. Memasak makanan sebagai lauk di rumah tidak melulu harus dengan menggoreng atau menggunakan banyak minyak, tapi kita juga bisa melakukkannya dengan cara mengukus. Konsep mengukus agar lebih enak sebaiknya tetap tambahkan bumbu dapur, sama seperti kita memasak dengan cara menumis. dr. Peni juga menjelaskan mengenai kadar lemak, ternyata kadar lemak pada kambing lebih tinggi dari pada kadar lemak yang ada pada daging sapi. Kemudian mengenai cara memasak menggunakan santan, santan yang dimasukkan sejak awal memasak misalnya kita memasak gulai kemudian santannya kita ikut masukkan dari awal, ternyata ini cara masak yang salah, karena justru nutrisi yang dibutuhkan malah hilang dan yang banyak malah lemak jenuh nya. Santan sebaiknya dimasukkan diakhir saat masakan hampir matang. Wah, saya juga baru tau nih! Makanan yang enak sebenarnya adalah seberapa besar makanan tersebut memberikan rasa alami.
Berikutnya acara dilanjutkan dengan senam B-Fit yang dipandu oleh Chatalia Olivianty. Menurut mbak Oliv, terkadang karena aktivitas yang cukup padat di kantor ataupun di rumah membuat kita jarang berolah raga. Padahal olah raga itu nggak harus dilakukan di luar ruangan tetapi kitajuga bisa melakukannya didalam ruangan, misal pada saat di kantor atau di rumah. Aksi senam yang diajarkan mbak Oliv ini namanya B-Fit. Jadi meskipun sibuk kita juga bisa berolah raga agar tetap fit dan tehindar dari masalah-masalah kesehatan seperti kolesterol, jantung atau stroke. Para peserta diajarkan mbak Oliv nih senam yang mudah dan murah tapi tetap membuat keringat bercucuran. Senam B-Fit ini kalau dilakukan secara teratur 3-5 kali dalam seminggu bisa juga untuk mengendalikan kolesterol.

Selama ini kita paham nggak sih gejala-gejala sakit jantung? dr. Vito Damay menjelaskan, sebenarnya rasa berdebar, sakit di dada bahkan sesak nafas yang timbul tiba-tiba atau mendadak, ini merupakan ciri-ciri gejala sakit jantung. Yang namanya serangan nggak mungkin pakai permisi kata dr. Vito, dan begitulah sakit jantung. Selama ini kita terutama wanita sering dikhawatirkan dengan penyakit kanker yang banyak diderita wanita. Faktanya jumlah wanita yang meninggal karena serangan jantung lebih tinggi dibanding dengan penderita kanker. Kegemukan atau obesitas juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, jantung koroner juga diabetes. Kalau sudah menderita kolesterol tinggi sebaiknya kita teratur meminum obat yang sudah dianjurkan dokter. Terkadang pasien punya kekhawatiran yang berlebihan mengenai efek samping obat. Ada yang khawatir kalau terlalu banyak mengonsumsi obat akan menyebabkan ginjal rusak. Padahal kalau kita mengonsumsi obat justru untuk mencegah rusaknya ginjal, penyakit yang dibiarkan saja juga akan terkena ginjal. Jadi jangan sampai salah mengartikan sebab rusaknya ginjal. Sebaiknya kalau kita kurang faham konsultasikan dengan dokter atau petugas kesehatan.

Kolesterol dikatakan tinggi apabila melewati angka 200mg/dL dari kategori sehat. Karena normalnya apabila kolesterol dikatakan sehat adalah di angka lebih kecil dari 200mg/dL. Saya sangat bersyukur karena pada saat cek kolesterol gratis di acara ini 179mg/dL, tapi meskipun begitu saya harus tetap waspada, karena kemungkinan memiliki kolesterol tinggi bisa saja terjadi kalau tidak menjaga pola makan terutama gaya hidup. Agar kita bisa mengendalikan kolesterol sebaiknya lakukan tips-tips seperti dibawah ini: 

  1.  Berolah raga secara teratur 3-5 kali seminggu, kurang lebih sekitar 30 -50 menit
  2.  Terapkan pola makan yang sehat, dengan menghindari makanan yang mengandung kadar  kolesterol tinggi seperti hati, jeroan, otak sapi, daging kambing, dll
  3.  Lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter
  4.  Konsumsi Nutrive Benecol 2 botol setiap hari (konsumsi setelah makan)
  5.  Untuk kolesterol tinggi, konsumsi Nutrive Benecol lebih dari 2 botol sehari dapat  menurunkan kolesterol jahat lebih cepat.
Nutrive Benecol telah teruji menurunkan kolesterol  hingga 7-10 persen dalam 2-3 minggu, selain itu Nutrive Benecol juga aman dikonsumsi karena berasal dari bahan alami dan sudah mendapat status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari United State FDA (USFDA). Nutrive Benecol adalah pilihan tepat untuk orang yang memeiliki kadar kolesterol tinggi maupun yang memiliki kadar kolesterol normal tetapi ingin melakukan pencegahan, rasanya juga enak dan tersedia dalam bentuk minuman smoothie dengan variasi rasa istimewa.  Tubuh kita memerlukan Plant Stanol untuk menurunkan kolesterol dan ini terdapat pada Nutrive Benecol. Plant Stanol Ester sebetulnya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi sehari-hari, namun jumlah kandungannya amat sedikit dibandingkan dengan  kebutuhan untuk menurunkan kolesterol. 2 botol Nutrive Benecol mengandung 3,4 gr Plant Stanol Ester. Untuk penederita diabetes tidak perlu khawatir karena Nutrive Benecol ini Low GI (GI=52) jadi aman dikonsumsi. Yuk, mulai sekarang kita TANGKAL Kolesterol.

Teratur periksa kolesterol
Awasi asupan dan pola makan
Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
Giat berolah raga gerakan B-Fit
Kendalikan berat badan dan hindari stres
Awasi tekanan darah Anda
Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari


You Might Also Like

2 komentar

  1. Waktu itu harusnya aku ikutan juga acara ini :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi terlewatkan ya mbak event bagusnya :-)

      Hapus