Satu Polis Bisa Untuk Proteksi Satu Keluarga, Hanya dengan Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga

D i tengah pandemi seperti saat ini, orang-orang yang sudah melek literasi keuangan nggak bakal merasakan keterpurukan dalam hal financial. ...

Di tengah pandemi seperti saat ini, orang-orang yang sudah melek literasi keuangan nggak bakal merasakan keterpurukan dalam hal financial. Karena selain memiliki dana darurat mereka juga memiliki asuransi jiwa, maupun asuransi kesehatan untuk melindungi keluarga. Istilah lainnya nggak bakal grusa-grusu dan mengeluh stres dengan kondisi ekonomi. Bayangkan disaat ekonomi lagi terpuruk kemudian anggota keluarga ada yang sakit sementara kita nggak punya asuransi. Ini bukan untuk menakut-nakuti tetapi yang namanya sakit nggak bisa kita hindari kalau sudah menghampiri. Biaya berobat terasa mahal kalau duit lagi nggak ada, belum lagi beberapa Rumah Sakit juga menaikkan tarif untuk pengobatan tertentu sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Saat-saat seperti ini terkadang kita baru menyadari betapa pentingnya asuransi dan manfaat perlindungan dari asuransi .


Dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri menghadapi segala cobaan atau musibah. "Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah" (QS Al-Taghaabun [64] 11).


Setiap orang harus memiliki impian untuk perencanaan di masa depan. Perlu disadari, satu detik dari sekarang pun sudah masa depan dan kita nggak akan tau apa yang akan terjadi. Tetapi yang namanya perencanaan harus kita susun sejak dini, termasuk memiliki asuransi. Berasuransi berarti menyiapkan proteksi untuk diri sendiri dan keluarga untuk kemungkinan terjadinya risiko di masa depan yang tak terduga. "Amit-amit ya jangan sampai deh". Begitu jawaban setiap orang kalau kita bahas musibah yang tak diduga datangnya. Tapi harus dipersiapkan kalau musibah menghampiri.


Ngomongin asuransi, teman-teman mungkin sudah tau kalau banyak produk asuransi. Baik itu asuransi konvensional atau yang berbasis syariah. Saat ini produk asuransi syariah semakin diminati. Masyarakat Indonesia khususnya, mulai banyak yang membutuhkan produk syariah untuk mendukung hijrah mereka atau Sharia Way. Bagi sebagian orang Sharia Way juga menjadi pilihan gaya hidup kekinian yang tetap mengikuti jalur syariah, termasuk memilih Asuransi Syariah sebagai proteksi untuk keluarga.


Prinsip Asuransi Syariah 

Asuransi dengan prinsip Syariah adalah usaha saling tolong-menolong dan melindungi antara para peserta melalui pembentukan dana yang disebut dana Tabarru' yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu. Dana ini bermanfaat untuk meringankan beban peserta yang sedang mengalami musibah. 


Prinsip syariah ini dapat saya deskripsikan seperti perencanaan tour atau traveling. Dalam perjalanan liburan kita tinggal pilih mau bepergian sendiri atau bareng teman-teman. Tapi sebelumnya kita harus tau risiko bepergian sendiri dengan pergi bersama teman. Disaat kita memilih tour bareng teman-teman berarti kita harus mempercayakan menyerahkan rencana perjalanan kepada seorang tour leader. Kalau pergi bareng-bareng itu enaknya kita memiliki itinerary yang jelas rute perjalanannya dan biayanya juga transparan. Setiap peserta membayar biaya traveling dalam nilai dan jumlah yang sama. Nah, yang namanya perjalanan kita nggak bakal tau perjalanan akan lancar sesuai rencana atau ada hambatan, misal bus mogok. Kalau pergi bareng masih mending kita bisa tolong-menolong bahu-membahu mendorong dan memperbaiki bus karena tujuannya sama-sama ingin sampai pada destinasi yang diinginkan. 


Seperti ituah gambaran prinsip syariah. Saling tolong-menolong, transparan, dan adil. Mengikuti asuransi syariah sama seperti masuk ke komunitas tolong-menolong, dimana komunitas ini adalah universal alias lintas agama.


Beda Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

Asuransi Syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Mungkin teman-teman masih bingung dengan perbedaan asuransi ini. Baiklah saya akan jelaskan perbedaan asuransi syariah dan konvensional. 


Kontrak

Asuransi Syariah: kontrak utama adalah kontrak Tabarru' yaitu sekumpulan orang setuju menghibahkan uang untuk saling bantu dalam menanggung risiko. 

Asuransi Konvensional: kontrak jual beli, dimana tertanggung membayar sejumlah uang kepada penanggung untuk memberi pengganti kepada tertanggung karena suatu kerugian akibat risiko yang dijamin. 


Kepemilikan Dana

Asuransi Syariah: dana yang terkumpul berdasarkan kontrak Tabarru' menjadi milik kolektif peserta. Perusahaan asuransi dikuasakan mengelola dana tersebut dan pengelola berhak mendapatkan upah atau ujrah. 

Asuransi Konvensional: dana yang terkumpul dari premi setiap tertanggung menjadi milik perusahaan. 


Surplus Underwriting

Asuransi Syariah: keseluruhan Surplus Underwriting menjadi hak kolektif peserta dan boleh diperlakukan berdasarkan ketentuan yang disepakati dalam kontrak dengan mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional. 

Asuransi Konvensional: keseluruhan Surplus Underwriting menjadi hak perusahaan. 


Pengelolaan Investasi

Asuransi Syariah: bebas melakukan investasi yang tidak bertentangan dengan Syariah Islam. 

Asuransi Konvensional: bebas melakukan investasi selama dalam batas-batas ketentuan perundang-undangan investasi Indonesia. 


Pengawasan Asuransi

Asuransi Syariah: memerlukan pengawasan OJK dan Dewan Pengawas Syariah untuk memastikan operasional perusahaan dijalankan sesuai prinsip Syariah. 

Asuransi Konvensional: diawasi oleh OJK, tidak memerlukan pengawasan Dewan Pengawas Syariah. 


Dari paparan diatas jelas sekali perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional. Teman-teman yang sudah berkomitmen memilih jalan hidup Sharia Way asuransi syariah bisa jadi pilihan. Salah satu asuransi syariah yang bisa kalian pilih adalah Asuransi Salam Anugerah Keluarga dari Sun Life Indonesia


Asuransi Salam Anugerah Keluarga dan Manfaatnya

Proteksi diri dan keluarga harus jadi prioritas. Karena keluarga adalah sumber kebahagiaan bagi saya. Masa depan keluarga adalah yang utama, untuk itu proteksi yang tepat juga harus jadi pertimbangan. 


By the way sewaktu fitur wakaf tersedia pada produk Asuransi Syariah banyak yang happy termasuk saya. Karena dengan hadirnya fitur tersebut pada Asuransi Syariah siapa saja punya kesempatan untuk berwakaf. Nah, Asuransi Sun Life Indonesia yang sudah menghadirkan beberapa produk Asuransi Syariah dan selalu berkomitmen mendukung warga Indonesia melindungi keluarga secara syariah, saat  menghadirkan Asuransi Salam Anugerah Keluarga dimana satu manfaat dari asuransi ini adalah kita punya kesempatan berwakaf juga. Oke, saya jelasin dulu ya apa itu Asuransi Salam Anugerah Keluarga.


Asuransi Salam Anugerah Keluarga hadir sebagai solusi perencanaan keluarga secara menyeluruh. Hadir dengan santunan asuransi untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak, Asuransi Salam Anugerah Keluarga siap menjawab kebutuhan keluarga di masa kini. Lebih jelasnya akan saya paparkan keunggulan dari asuransi ini.


Keunggulan Asuransi Salam Anugerah Keluarga:

  1. Satu polis asuransi dasar memberikan perlindungan asuransi untuk 4 peserta sekaligus; suami, istri, 2 orang anak
  2. Kontribusi yang terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh
  3. Dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 Peserta
  4. Terdapat 7 asuransi tambahan lainnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan perlindungan
  5. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf




Manfaat dan Fitur Produk

• Manfaat Meninggal Dunia

100% Santunan Asuransi akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat apabila Peserta Kedua 

meninggal dunia di dalam Masa Asuransi. 

• Santunan Asuransi sebesar Rp10 juta untuk setiap Peserta Anak (maksimal 2 Peserta Anak) yang meninggal dunia di dalam Masa Asuransi. 


2. Manfaat Investasi akan dibayarkan apabila: 

• Peserta Pertama dan Peserta Kedua telah Meninggal Dunia dan Polis berakhir. 

• Peserta Pertama dan Peserta Kedua masih hidup hingga tanggal berakhirnya Polis. 


3. Manfaat Asuransi Tambahan: 

• Asuransi Kecelakaan* 

• Asuransi Kematian akibat Kecelakaan* 

• Santunan Rawat Inap dan Pembedahan 

• Penyakit Kritis* 

• Sun Medical Platinum Syariah 

• Manfaat Pembebasan Kontribusi akibat Pemegang Polis 

Sakit Kritis/Cacat Total Tetap/Meninggal Dunia*

* Manfaat Asuransi Tambahan yang hanya dapat diperoleh peserta pertama 



4. Fitur Wakaf : 

Wakaf Berkala: Dibayarkan bersamaan dengan pembayaran KAB sebesar maksimal 30% dari KAB. 

Wakaf Manfaat Asuransi: Maksimal sebesar 45% dari Santunan Kematian pada saat Peserta Meninggal Dunia. 

Wakaf Manfaat Investasi: Maksimal 30% dari Nilai Dana Investasi yang terbentuk dan dapat dibayarkan pada saat: 

1. Pemegang Polis melakukan penarikan dana sebagian; atau 

2. Peserta Pertama dan Peserta Kedua telah Meninggal Dunia


Ada 3 Jenis Kontribusi yang dapat Peserta bayarkan pada produk ini, yaitu:

• Kontribusi Asuransi Berkala (KAB) yang dibayarkan sesuai pilihan dengan Frekuensi Pembayaran

Kontribusi yang di pilih. Minimal sebesar Rp9.000.000,00 per tahun.

• Kontribusi Top Up Berkala yang dibayarkan bersamaan dengan Kontribusi Asuransi Berkala.

• Kontribusi Top Up Tunggal yang dapat dibayarkan sewaktu–waktu sesuai keinginan Peserta.

Minimal sebesar Rp1.500.000,00 per Top Up.

Kontribusi yang dibayarkan sudah termasuk komisi dan biaya pemasaran lainnya


Komplit banget keunggulan dan manfaat Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Hanya dengan satu polis sudah bisa melindungi satu keluarga sekaligus bahkan sudah beramal jariyah karena ikutan wakaf, berkah keluarga berkah juga buat penerima manfaat wakaf. Asuransi ini cocok banget nih buat kalian yang ingin memproteksi keluarga dengan menerapkan Sharia Way.


Untuk informasi lebih lengkap kunjungi:

Website: www.sunlife.co.id

Instagram: @sunlife_id

Facebook: Sun Life Indonesia





You Might Also Like

22 comments

  1. Aku senang dengan Asuransi Syariah karena ada prinsip saling tolong-menolong, transparan, dan adil. Ini membuat mengikuti asuransi syariah sama seperti masuk ke komunitas tolong-menolong, dimana komunitas ini adalah universal alias lintas agama. Jadi lebih sreg rasanya. Apalagi polis Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini bisa untuk suami istri dan 2 anak sekaligus. Wah..pas ini!

    ReplyDelete
  2. Asuransi Salam Anuderah Keluarga ini istimewa banget deh. Satu polis bisa digunakan sekaligus 4 orang dalam satu keluarga. Keren! Manfaat dan fiturnya udah lengkap ibarat all in 1, ga mau pindah ke mana2 kayaknya hehehe. Nilai plus-nya lagi bisa beramal jariyah juga. Bisa sampai 40 miliar gitu ya manfaat asuransi kesehatan kelas dunianya. TFS mb Tuty :D

    ReplyDelete
  3. Semoga tercerahkan masyarakat dan diberikan kesadaran akan pentingnya mempunyai asuransi, termasuk rekomended banget Asuransi Salam Anugerah Keluarga.Wow, hanya dengan satu polis udah bisa melindungi satu keluarga sekaligus plusudah beramal jariyah. Keren pisan ini.

    ReplyDelete
  4. Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini solusi buat siapapun yang membutuhkan asuransi syariah yaa mbak. Kerennya lagi karena satu polis, bisa untuk proteksi satu keluarga.

    ReplyDelete
  5. Menariknya Asuransi Salam ini bisa untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak. Saya baru dengar di Salam ini yang bisa seperti ini

    ReplyDelete
  6. Nah iya paling repot deh kalau polisnya banyak gitu ya, karena aku pun di rumah punya polisnya masing-masing. Ini bagus banget ya programnya dengan menggunakan 1 polis untuk 1 keluarga.

    ReplyDelete
  7. Harus diakui, asuransi itu cukup penting untuk sebuah keluarga...Kalau ada asuransi syariah seperti Asuransi Salam, apalagi bisa meng-cover suami, istri, dan anak tentu bisa menjadi pilihan

    ReplyDelete
  8. Di awal2 baca udah bertanya-tanya
    Asuransi Salam keluarga ini produknya siapa...
    Eh baru pas di ujung deh ada jawabannya
    Sunlife sih termasuk perusahaan Asuransi yg sdh cukup lama jg ya di tanah air

    ReplyDelete
  9. Praktis banget ya 1 polis bisa untuk 1 keluarga, bisa sekalian wakaf pula...

    ReplyDelete
  10. Kalau pilih yang sekali setahun bayarnya berarti di tahun keberapa bisa mengajukan polis nih?

    ReplyDelete
  11. Baru denger sih mbak Asuransi Salam Anugerah. Ternyata punyanya Sunlife ya. Memang punya asuransi jaman sekarang itu wajib. Praktis nih programnya 1 polis buat proteksi sekeluarga.

    ReplyDelete
  12. Kalau satu keluarga bisa satu polis, ya enak juga ya. Bisa saling menolong, sesuai dengan prinsip asuransi syariah

    ReplyDelete
  13. Asuransi anti ribet ini mah, 1 polis untuk suami istri dan 2 anak, pas banget buat keluarga kecil saya. Jujur saya tuh gak terlalu paham ttg produk asuransi. Jadi pengin tahu lebih banyak kalau kayak gini mah. Buat jaga2.

    ReplyDelete
  14. Iyah,,mba komplit. Pembayarannya juga macam-macam ya ada bulanan dan per 3 bulan. Perlu dipelajari lebih lanjut nih, Mba.

    ReplyDelete
  15. Jadi tenang ya kalau pakainya asuransi syariah, karena sesuai dengan aturan Islam apalagi satu polis ini banyak fiturnya dan digunakan untuk satu keluarga..pembayarannya juga sesuai kemampuan kita ya jangka waktunya

    ReplyDelete
  16. Mantep nih asuransinya. Jadi makin banyak pilihan buat memilih asuransi yang tepat ya.

    ReplyDelete
  17. Wuih komplet ya ini proteksinya. Bisa buat satu keluarga padahal cuma 1 polis belinya. Nilai plus lainnya, ini produknya syariah. Bikin tenang ya.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau trg asiransi syariah salam keluarga ini mba. Menarik ya satu polis bs buat 1 keluarga. Pas banget buat masa pandemi kek skrg

    ReplyDelete
  19. wah cocok nih.. emang harus sekeluarga sekalian ya bikin asuransinya.. jadi gak pusing lagi... aman dan tenang karena semua terlindungi

    ReplyDelete
  20. Mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi sedari awal yaa..
    Harapannya siih...semoga selalu bahagia dan sehat selalu.

    ReplyDelete
  21. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, begitu juga memiliki asuransi kesehatan sebelum sakit ya. 1 polis untuk ibu ayah dan 2 anak, menarik banget ini konsepnya. Nggak cuma kasih perlindungan buat diri sendiri, melainkan buat seluruh anggota keluarga

    ReplyDelete
  22. Enak ya kalau 1 polis bisa dipakai buat satu keluarga ini. Semoga semuanya tetap sehat ya, mintanya sih gitu ya Mbak :D

    ReplyDelete

Canva Magic Write