Tips Menambah Cuan di Masa Pandemi

D ampak pandemi Covid-19 benar-benar menyentuh seluruh sendi kehidupan. Tak hanya mental, fisik, tapi juga financial. Secara mental tentu sa...

Dampak pandemi Covid-19 benar-benar menyentuh seluruh sendi kehidupan. Tak hanya mental, fisik, tapi juga financial. Secara mental tentu saja menyerang psikologis.

Aktivitas sehari-hari seperti kerja, sekolah, dll, yang biasanya dilakukan rutin secara normal tiba-tiba harus dihadapkan dengan bencana berupa pandemi yang dirasakan semua orang di seluruh dunia. Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mengikuti protokol kesehatan baik itu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), work from home, dan apapun itu yang berkaitan protokol kesehatan. Alhasil kesehatan mental mulai terganggu. Rasa cemas, panik, bosan, kecewa, takut, stres, juga marah mulai dirasakan. Bayangkan saja beraktivitas dalam kehidupan normal menjadi terbalik menjadi tak normal. 


Mental Health
Kembali pada filososfi stoicism sebuah filsafat Yunani kuno yang mengajarkan tentang bagaimana agar kita tetap stoic dalam kehidupan yang dinamis dan penuh kejutan. Pandemi ini mau nggak mau kita tanya lagi diri sendiri "kamu bisa apa, bisa melakukan apa?"


Yang saya paparkan di atas masih dampak kepada mental. Kesehatan mental terganggu akan berdampak pula pada kesehatan fisik. Sementara di tengah pandemi stamina harus tetap terjaga agar tak mudah sakit. Ditambah lagi dampak sakitnya finacial. Tentunya kita wajib bersyukur terutama teman-teman yang masih punya solusi work from home dari kantor tempat teman-teman bekerja. Tidak semua orang mendapatkan keberuntungan yang sama. Banyak teman, saudara, juga kerabat yang harus di rumahkan atau di-PHK. Benar-benar holistik sakitnya. Harus menanggung sakit mental, fisik, dan financial. 


Tapi obat dari semua sakit adalah semangat. Mental, fisik, dan financial, memang saling terkoneksi. Kita nggak boleh berdiam diri, harus ada ide kreatif memulai usaha kecil-kecilan untuk menambah pemasukan. Gimana dong modalnya kalau mau buat usaha atau bisnis kecil-kecilan? Pertanyaan seperti ini pasti muncul kalau kita tak punya modal untuk memulai. 


Di tulisan ini saya akan share tips untuk memulai usaha, yang tentunya ala saya sesuai pengalaman saya pribadi yang juga terdampak pandemi. 

Tips Menambah Cuan

Saat ini meski ditengah pandemi kebutuhan semua orang juga meningkat. Misalnya untuk menerapkan protokol kesehatan kebutuhan akan masker, hand sanitizer, vitamin, sayur, buah, dll. Semua orang pengin sehat. Nah, di sinilah kesempatan kita untuk mencari peluang. 


Memulai Usaha dengan Keahlian atau Hobi yang dimiliki

Coba deh digali-gali lagi kalian punya keahlian atau hobi apa. Menjahit? Teman-teman bisa menjahit masker yang lagi banyak dibutuhkan orang, karena memakai masker sudah menjadi kewajiban. Bisa baking atau bikin kue? Pas banget, saat ini banyak orang di rumah saja nggak bisa beli kue atau makanan kesukaan keluar rumah. Kalian bisa manfaatkan jualan kue online, bisa dimulai dengan menawarkan dagangan kue ke saudara atau teman-teman. Manfaat teknologi digital untuk menjual dagangan, bisa melalui sosial media yang teman-teman miliki atau pun melalui WhatsApp dan Telegram. 


Menjadi Reseller

Kalau teman-teman nggak punya keahlian khusus, bisa loh jadi reseller. Peluang untuk jadi reseller sangat terbuka karena banyak para UKM yang membuka kesempatan untuk itu. Dengan menjadi reseller kita bisa mendapatkan komisi sesuai kesepakatan dengan pemilik usaha. 


Menjadi Admin Sosial Media UKM

Para pelaku usaha saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan produk mereka di sosial media. Karena sosial media merupakan salah satu media promosi yang menjanjikan mengingat sebagian besar masyarakat saat ini pengguna internet dan sering bersosialisasi melalui sosial media. Kalian yang juga hobi bermain sosmed dan bersosialisasi di sosmed bisa mengajukan diri ke para pelaku UKM yang membutuhkan jasa admin untuk mengelola sosial media mereka. 


Tips menambah cuan
Tips Nambah Cuan


Itu tadi tiga tips untuk mencari tambahan penghasilan ditengah pandemi. Saya sendiri sudah memulai usaha kecil-kecilan dari rumah, berkat keahlian yang pernah diajarkan ibu saya. 


Bagi teman-teman yang pengin memulai usaha tapi nggak punya modal sama sekali, kalian bisa mencoba dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank, atau pinjol (pinjaman online). Tapi nggak punya surat berharga yang bisa dijadikan jaminan, gimana dong? Nah, kalau kalian butuh dana cepat kalian bisa mengandalkan pinjaman online seperti Tunaiku.


Tunaiku Pinjaman Online Terbaik

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku ini merupakan salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.


Tunaiku berbeda dengan Fintech dan KTA konvensional. Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah. 

Aplikasi Tunaiku 

Fasilitas tenor yang diberikan oleh Tunaiku juga sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah, berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek. Oh ya, proses pengajuan KTA syaratnya hanya memerlukan KTP dan pengisian formulir. 


Nah, teman-teman yang butuh dana tunai untuk kebutuhan modal usaha tanpa jaminan langsung cair, bisa mencoba untuk meminjam dana melaui aplikasi Tunaiku loh. Selamat memulai usaha dan menambah cuan ya kalian!






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write