Jaga Hutan, dan Selamatkan Hutan dengan Adopsi Hutan

Hutan di area Cimagpag   "H utan itu apa? Mengapa kita butuh hutan?" Pertanyaan ini meluncur manis dari bibir mungil ponakan pada ...

Hutan di area Cimagpag

 "Hutan itu apa? Mengapa kita butuh hutan?" Pertanyaan ini meluncur manis dari bibir mungil ponakan pada saat kami sedang duduk santai sore itu di teras rumah. Awalnya saya menjelaskan kepada ponakan kalau kita wajib bersyukur karena pepohonan disekeliling rumah nenek (*orangtua saya) hidup subur dan tumbuh besar. Jadi kalau siang hari panas matahari lagi terik-teriknya kita tetap merasa adem karena dilindungi oleh daun-daun pepohonan. Selain itu udara yang kita hirup juga jadi bersih dan segar karena pohon menyerap debu dan polusi udara. Bayangkan bagaimana pentingnya hutan yang berisikan banyak pepohonan di muka bumi untuk keberlangsungan hidup manusia.  Mereka (*para ponakan) menyimak dan berusaha mencerna penjelasan singkat saya.

Apa itu Hutan? 

Hutan adalah suatu kawasan atau area yang luas berisikan pepohonan dalam jumlah banyak juga flora dan fauna lainnya. Pohon-pohon ini sudah hidup lama dalam hitungan tahunan dan ada yang ditumbuhi pohon sejenis ada pula yang beragam. 


Saya saat berkunjung ke hutan dengan pepohonan tinggi dan berusia puluhan tahun yang sejuk dan asri di Taman Simalem Resort


Mengapa Kita Butuh Hutan? 

Sesederhana penjelasan saya ke ponakan saya diatas, betapa bersyukurnya banyak pohon dan tanaman yang tumbuh di sekeliling rumah. Udara disekeliling jadi sejuk, seisi rumah merasa nyaman karena pohon memberi rasa teduh disaat musim panas dan menyerap air saat musim hujan. Selain itu pohon-pohon ini menyerap racun berupa debu dan polusi udara. Bernapas pun menjadi lebih lega. 


Jadi sudah tau kan ya pentingnya hutan? Dalam suatu area yang luas di beberapa bagian Kepulauan Indonesia hutan berperan menjadi paru-paru dunia dan mendinginkan suhu bumi. Keberadaan hutan hampir menutupi tersebar luas di muka bumi, bahkan menutupi sepertiga massa daratan di bumi. Di beberapa benua di dunia hutan memiliki karakter ekosistem yang berbeda. Tak hanya untuk keberlangsungan hidup manusia, tapi juga menjaga bumi. 


Apa Kewajiban Kita Terhadap Hutan? 

Keberadaan hutan harus tetap kita lestarikan demi keberlangsungan hidup yang berkepanjangan bagi makhluk hidup dan species lainnya yang hidup di hutan, seperti binatang liar yang terancam punah dan wajib dilindungi. Hutan penting sekali dijaga apalagi hutan di Indonesia. Manfaat hutan bukan hanya untuk orang Indonesia saja tapi untuk seluruh manusia dan kelestarian bumi. 


Jaga Hutan
Selamatkan Hutan untuk Masa Depan, Demi Kerberlangsungan Hidup Anak Cucu 

Kita wajib jaga hutan. Menjaga hutan berhubungan erat dengan gotong royong, sejatinya harus dilakukan secara bersama-sama. Karena menjaga hutan bukan kewajiban bagi orang-orang yang hidup disekitar hutan dan bertempat tinggal di dalam hutan saja, tapi juga kita semua yang juga merasakan manfaatnya. Itulah perlunya Hari Hutan Indonesia, yakni hari raya bagi pengguna hutan di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 7 Agustus. Tujuannya agar kita ingat, sadar, dan peduli bahwa kita punya hutan yang harus terus dijaga dan dilestarikan. 

Pentingnya Adopsi Hutan

Adopsi Hutan adalah gerakan gotong royong menjaga hutan yang masih ada, mulai dari pohon tegaknya, hewannya, flora eksotisnya, serta keanekaragaman hayati lain di dalamnya. Melalui adopsi hutan, siapa pun di mana pun bisa terhubung langsung dengan ekosistem hutan beserta para penjaganya. (sumber: harihutan.id)


Adopsi hutan bertujuan menjaga pohon terus terjaga, menjaga ekologi yang terdapat disekitar dan juga masyarakat. Mengapa pohon tegak yang paling utama kita jaga? Karena ancaman dari orang-orang atau sekelompok orang yang melakukan penebangan liar itu ada. Ibarat kita mengadopsi anak tentu tujuannya ingin kita lindungi, kita jaga, kita pelihara agar anak yang kita adopsi tumbuh sehat. Begitu juga dengan adopsi hutan, donasi yang kita kumpul bersama atau secara gotong-royong untuk mengadopsi hutan diberdayakan untuk menjaga dan merawat. Komunitas lingkungan hidup juga diberdayakan untuk melakukan patroli di hutan. Kenapa patroli perlu dilakukan? Ya itu tadi untuk menghindari terjadinya illegal logging dan pembukaan mukiman liar. 


Konsep Adopsi Hutan
Adopsi Hutan dari kita untuk kita

Dengan adopsi hutan menjaga hutan jadi lebih ringan karena kita bersama-sama menyelamatkan hutan dengan mengumpulkan donasi. Jangan pernah menganggap hutan sebagai objek tapi kita adalah satu kesatuan.


Kita patut bangga karena hutan kita adalah hutan juara. Hutan kita memiliki keberagaman hayati terbesar ke-2 dan luas hutan hujan tropis terbesar ke-3 di dunia. Aset inilah yang menjadikan hutan kita juara dan tentunya harus kita jaga.


Adopsi hutan menjadi langkah bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dan keberlangsungan hidup, karena tujuan lainnya dari adopsi hutan agar supply oksigen kita tetap ada. Nah, untuk berpartisipasi adopsi hutan bisa melalui kitabisa.com/harihutanid.


Harapan saya semoga hutan tetap terjaga dan bumi juga tetap lestari. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi. Karena hutan adalah fondasi kehidupan. Hutan Indonesia butuh kita.





You Might Also Like

36 comments

  1. Jika bukan kita, maka siapa lagi yang akan menjaga hutan kita ya.. hutan itu punya banyak manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia, sudah sangat wajib bersama kita rawat, jaga dan melindungan hutan dengan sebaik baiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kita harus bergerak gotong royong untuk menjaga hutan. Adopsi hutan jadi solusi untuk kita turut menjaga hutan.

      Delete
  2. ketika semua orang sadar akan lingkungan dan termasuk menjaga hutan kita, secara langsung kita akan melindungi ekosistem bagi satwa yang meenjadikan hutan adalah rumah mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekaligus manfaat untuk kita semua karena hutan itu paru paru dunia

      Delete
  3. di Korea ada budaya menanam pohon untuk orang yang sudha meninggal mbak, keren ya jadi walaupun mereka termasuk negara yg maju tapi lahan hijaunya tetap ada karena budaya ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren itu budaya nya mbak aku baru tau :)

      Delete
  4. Dengan harapan yg sama jangan sampai hutan punah dan membinasakan anak cucu kita kelak. Menanam pohon selalu saya lakukan, kebetulan lahan di kampung masih cukup luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirumah ortuku juga lahan ya ditanam pohon teh, lumayan adem :)

      Delete
  5. Semoga kita semua makin sadar lingkungan ya kak dan ga ada lagi tuh berita kebakaran hutan. Ga kebayang aja gitu misalnya hutan di Indonesia gundul pasti banyak bencana alam yes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita juga jadi kekurangan O2 kalau hutan sampai gundul

      Delete
  6. Semoga dengan adanya gerakan Adopsi Hutan ini semakin terbentuk kesadaran masayarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian hutan.

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu ada adopsi hutan. Kupikir gimana cara adopsinya? Ternyata dengan cara berdonasi ya

    ReplyDelete
  8. Gerakan Adopsi Hutan ini keren banget, kita hanya bisa menikmati segarnya dan ademnya hutan saja, tapi kadang lupa gimana caranya mendukung kelestariannya agar sepanjang masa tetep ada, buat masa depan anak, cucu kita kelak.

    Beruntunng ada Adopsi hutan ini, langsung kepoin ke webnyaa kitabisa ahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, kadang kita lupa ya bagaimana peran kita dalam melestarikan hutan

      Delete
  9. Buat kita yang tinggal jauh dari hutan, memang harus dikenalkan tentang manfaat hutan. Karena suka merasa gak peduli. Padahal keberadaan hutan penting banget buat semua manusia

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu ada Gerakan Adopsi Hutan seperti ini. Bener sih hutan Indonesia termasuk paru-paru dunia. Jadi manfaatnya bukan untuk masyarakat kita tapi juga secara global. Semoga makin banyak warga yang mendukung kelestarian hutan di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ada adopsi hutan ini ibarat jalan bagi kita untuk berperan serta dalam menjaga hutan

      Delete
  11. Saya jadi ingat awal tinggal di Kalimantan 2013 silam, ada teman yg komen setengah ngece, "Kalimantan hutan aja y" :D
    Ehm, sedih banget karena masih banyak yg berpikir bahwa hutan sekadar hiasan :( :(
    Semoga dengan gerakan adopsi hutan ini makin banyak masyarakat yg sadar betapa pentingny hutan y, Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal hutan paru-paru dunia. Justru aku pengen banget ke Kalimantan menyusuri sungai Kalimantan yang kiri kanannya hutan

      Delete
  12. Di tempat tinggalku sekarang, dikalimantan banyak sekali hutan, tapi karena kurangnya kesadaran untuk menjaga hutan, jadi banyak hutan yang pohonnya ditebang karena pembebasan lahan untuk batubara
    Musti di sebar luaskan nih artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya adopsi hutan ini ada untuk menjaga hutan, nantinya ada yang patroli agar nggak sembarangan orang-orang menebang hutan secara liar

      Delete
  13. iya loh sedih banget sih liat kondisi hutan kita yang menipis tergerus industri, padahal itu sumber oksigen loh, dan penting untuk keseimbangan ekosistem juga kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak penting banget keberadaan hutan makanya kita harus peduli untuk menjaga dan melestarikan hutan

      Delete
  14. Sekarang siapa pun bisa mudah menjaga hutan dengan adopsi hutan yaa mbak. Gak mesti menjadi aktivis hutan atau lingkungan gitu. Yeayy..semoga lebih banyak yang tahu tentang program baik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, adopsi hutan memberi kemudahan untuk kita bisa berperan serta menjaga hutan

      Delete
  15. Salut sama programnya kita bisa yang bekerjasama dan mengajak seluruh masyarakat untuk mengadopsi hutan.
    Bergerak bersama tentu akan meringankan dan hasilnya lebih terasa.

    Ayo, adopsi hutan.

    ReplyDelete
  16. Suami pernah cerita kalau dia pernah ke hutan kalimantan yang pohonnya gede-gede banget, saking gedenya perlu 3 orang untuk meluk pohon itu, sayang banget kalau sampai hutan-hutan di Indonesia habis oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab, program adopsi hutan harus didukung kita semua nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Aku juga pernah lihat pohon lebih gede dari itu mbak di Taman Simalem adeeeem banget sejuk

      Delete
  17. bagus juga ya istilahnya adopsi hutan untuk menjaga keberlangsungan hutan itu sendiri dan lingkungan. Aku pingin banget punya rumah dikelilingi pohon-pohon besar gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama lid aku juga suka kalau rumah banyak pepohonan

      Delete
  18. setuju banget, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan mulai dari hal2 yang kecil. aku jadi teringat hutan yang pernah aku kunjungi di daerah mojokerto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersama-sama adopsi hutan kita sudah berperan serta menjaga hutan

      Delete