[Ngopi] Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Tiket.com

S abtu, 13 Februari kemarin saya dan beberapa blogger menghadiri event Ngobrol Penuh Inspirasi (N...

Ngobrol Penuh Inspirasi
Sabtu, 13 Februari kemarin saya dan beberapa blogger menghadiri event Ngobrol Penuh Inspirasi (NGOPI) Bareng Tiket.com yang diadakan di Hongkong Cafe, Thamrin Jakarta. Acara ini dihadiri lebih kurang 50 blogger dengan latar belakang blog yang berbeda, seru pastinya karena bisa kumpul bersama teman-teman blogger dan kenalan baru, jadi nambah networking. Saya merasa senang mendapatkan kesempatan mengikuti acara ini karena sharing session kali ini karena selain temanya sangat menarik yaitu "Hasilkan Uang Lewat Blogmu!" juga saya ingin mengetahui lebih jauh mengenai Tiket.com. Sudah bisa dibayangkan dari hobi ngeblog bisa menghasilkan uang, ibarat kerja ada gajinya begitulah perumpamaannya. Wah, siapa yang nggak mau, semua blogger pasti nggak akan melewatkan kesempatan ini. Apa hubungannya dengan Tiket.com yah? Pertanyaan ini yang pertama kali muncul dari benak saya. Penasaran kan?

Tiba di lokasi tepat pukul 11.30 kita semua para blogger melakukan proses registrasi kemudian lunch terlebih dahulu. Acara dimulai sekitar jam 12.00 dipandu oleh moderator canti Nuniek Tirta. Mbak Nuniek ini juga seorang blogger loh, dia juga seorang inisiator startup lokal. Jangan ditanya sudah berapa lama mbak Nuniek berkecimpung di dunia blogging, sudah sejak tahun 2002 katanya. Tentu saja sudah banyak brand yang bekerjasama dengan mbak Nuniek. Moderatornya saja sudah menginspirasi saya ingin mengikuti jejaknya, belum lagi dengan pembicara lain ya.


tiket.com
Wall of Fame 
Pembicara pertama ada Gaery Undarsa selaku Co Founder & Chief Communication Officer Tiket.com. Mas Gaery kembali ke Indonesia sejak tahun 2011 dimana sebelumnya beliau sempat stay di Kanada karena menyelesaikan pendidikan disana. Kepulangannya karena kerinduan dan kecintaan kepada Indonesia. Mas Gaery menjelaskan banyak starup lokal yang sebenarnya bukan buatan anak negeri, berbeda dengan Tiket.com yang merupakan salah satu startup buatan anak negeri.  Tiket.com didirikan sejak tahun 2011, memiliki 3 kantor di kota besar Indonesia yakni Jakarta, Jogjakarta dan Bali. Sekarang Tiket.com sudah memiliki 250 karyawan juga mempunyai Customer Service yang online selama 24 jam setiap harinya. Tahun 2015 kemarin Tiket.com menunjukkan perkembangan usaha yang signifikan dimana dalam per harinya mampu menjual 11 ribu tiket. Ada peningkatan penjualan sekitar 300 persen dari tahun sebelumnya. Wah ini angka yang fantastis menurut saya, karena memiliki kantor penjualan tiket belum tentu bisa menjual sebanyak itu dalam hitungan hari. Kurang dari 4 tahun Tiket.com sudah mendapatkan prestasi sebagai penjual tiket online no 1 di Indonesia. 


Gaery Undarsa, Co Founder & Chief Communication Officer Tiket.com
Selanjutnya pembicara kedua ada Mak Indah Juli, yups kita memanggilnya dengan Mak karena beliau adalah Co Founder Kumpulan Emak Blogger. Disini Mak Juli membahas mengenai How to Brand Your Blog? Ngeblog ya Ngeblog kata Mak Juli, selebihnya apapun yang kita dapatkan dari ngeblog itu adalah bonus. Kenapa blog? Karena blog itu lebih panjang untuk menulis, lebih ekspresif dan lebih menunjukkan karakter personal kita. Bagaimana caranya agar blog kita dilirik oleh brand dan banyak dikunjungi orang? Yang paling penting harus jadi diri sendiri, blog kita harus mempunyai ciri khas dan juga identitas. Dalam menulis blog pakai gaya bahasa yang enak dibaca sebagaimana diri kita dalam keseharian lebih mengalir dan jangan copy paste tulisan orang lain. Kalau kita pernah memperoleh prestasi dalam ngeblog ditulis saja misal di bagian About Me. Content is King semakin original image blog dan semakin kreatif kita mengelola konten blog maka akan dikenal pula kita.

Perlu diperhatikan juga mengenai theme blog. Usahakan blog kita mobile responsive biar mudah dibaca lewat mobile dan tidak berantakan karena tampilan blog yang bagus juga menjadi daya tarik bagi pembaca blog kita. Blog yang punya keunikan itu yang harus ditonjolkan, sekali-kali buat judul yang bombastis kata Mak Juli, jangan ikut-ikutan topik yang lagi hangat saja trus ramai-ramai bikin judul yang isi blog nya pada dasarnya sama semua, misal lagi booming LGBT trus semua pada nulis LGBT, sebenarnya nggak apa-apa juga sih ngikutin tren tapi harus tetap tonjolkan keunikan dan harus berani tampil beda jangan sampai sama dengan karakter blog orang lain.


Indah Julianti Sibarani, Co Founder Kumpulan Emak Blogger
Pembahasan ini yang paling ditunggu-tunggu yaitu  Blog Bisa Menghasilkan Uang salah satu nya ber afiliasi dengan Tiket.com. Ternyata ini hubungannya dengan rasa penasaran saya di awal tadi. Kita bisa menjadi partner nya Tiket.com melalui blog kita. Kemudian Google Adsense, Adsense adalah salah satu program yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan tambahan uang dari internet dengan cara memasang iklan Google Adsense di blog milik kita. Isi iklan yang muncul biasanya disesuaikan dengan isi konten blog kita, misal kalau isi blog kita banyak membahas tentang kecantikan maka kemungkinan besar iklan Adsense yang muncul adalah iklan-ikaln tentang kecantikan yang relevan.  Placement adalah artikel yang ditulis oleh pihak ketiga yang menaruh konten di blog, jadi tugas kita hanya mem publish artikel tersebut saja bukan kita yang menulis. Backlink Review adalah link balik yang berasal dari web atau blog orang lain yang mengarah kedalam blog yang kita miliki. Backlink review ini lagi hits di kalangan blogger karena cuma menyisipkan backlink kita mendapatkan komisi, lumayan juga buat jajan. Paid Content bisa berupa Article Review dan Product/Brand Review, sekarang banyak orang mencari jasa blogger untuk mereview artikel yang dimiliki oleh penulis lain juga mereview produk atau brand


Presentase Mak Indah mengenai Job for Blog
Untuk job review ada beberapa tips dan trick yang harus dipahami menurut Mak Indah, Kenali dan pahami job yang diterima apakah sesuai dengan karakter blog dan nurani kita. Brief dan SKK penting untuk mengetahui hak dan kewajiban intinya harus jelas masa kontrak kerjasama, berapa lama waktunya dan bagaimana sistematikanya.Riset/Survey/Keyword ini sangat perlu untuk bahan tulisan kita di blog dan masukkan keyword mudah dicari oleh search engine Share/Bagikan di Sosial Media langkah terakhir setelah posting share tulisan kita di semua sosial media yang kita miliki. Yang perlu diingat blogger itu bukan penjual produk tapi penyampai pesan kata Mak Indah, job review yang disukai brand biasayanya yang pesannya tersampaikan dan ada interaksi dengan pengunjung blog.  Kalau kita mendapat tugas meriview produk tetapi brand yang memberi job tidak mengirimkan contoh produk sebaiknya kita beli sendiri, karena bagaimana kita mau meriview produk kalau kita sendiri tidak menggunakan produk tersebut. Jadi harus ada usaha dari diri sendiri juga tidak melulu mengharapkan produk kiriman dari brand, karena tulisan yang baik adalah yang berdasarkan pengalaman pribadi. Setiap pekerjaan itu selama kita konsisten, akan menghasilkan sesuatu kata Mak Indah Juli. Noted!

Pembicara selanjutnya ada Mas Novasta, beliau adalah Head B2B Tiket.com. Mas Novasta ini sangat berpengalaman dalam bidang sales.  Menurut beliau bisnis online memang lagi marak sekarang ini. Tetapi bisnis offline juga jangan dilirik sebelah mata. Bisnis offline gak akan ada matinya. Karena latar belakang inilah Tiket.com mengkombinasikan penjualan online dan offline. Ada beberapa produk yang dijual di Tiket.com yaitu tiket pesawat, voucher hotel, tiket kereta, car rental juga tiket events & attraction .
Novasta, Head B2B Tiket.com
Mas Novasta disini juga menjelaskan bagaimana bentuk kerjasama antara Tiket.com dan blogger, juga bentuk komisi yang didapatkan apabila kita menjadi partner dan apabila blog kita dipasang widget Tiket.com. Cukup dengan meletakkan search box/kotak pencarian di blog kita, kemudian ada pengunjung yang melakukan pencarian tiket atau voucher hotel selanjutnya apabila terjadi transaki di Tiket.com otomatis kita akan mendapatkan komisi.

Berikut langkah-langkah memasang widget di blog beserta komisi yang didapatkan oleh blogger.
sumber Tiket.com

sumber Tiket.com

sumber Tiket.com

sumber Tiket.com

sumber Tiket.com
Penawaran yang menarik bukan? Mbak Nuniek juga menambahkan kalau selama ini blognya yang dipasangin widget Tiket.com lumayan menghasilkan komisinya. Tanpa disadari ada saja pengunjung yang mencari tiket dan voucher hotel dari blog. Apalagi kalau disaat dia menulis artikel mengenai hotel atau tempat wisata otomatis pengunjung juga tertarik dan langsung mencari lewat widget.  Cuus ah langsung nyobain.

Pembicara terakhir ada Mas Adam nih, beliau akan menceritakan Success Story sebagai Affiliate Partner di Tiket.com. Mas Adam ini awalnya justru sebagai pembeli di Tiket.com sudah kurang lebih 2 tahun berlangganan, karena ada program affiliate partner beliau mencobanya mulai pertengahan tahun 2015 dan akhirnya berhasil. Bahkan yang lebih seru lagi mas Adam memasang widget Tiket.com di website yang dikelolanya dan selama 5 bulan nggak ngecek web ternyata ada saja komisi yang masuk dari Tiket.com melalui transaksi pengunjung. Wah, asyik ya kita nggak perlu repot bantuin booking tiket dan hotel, nggak repot mengurus pembayaran tapi kita malah mendapatkan komisi.
Adam, Affiliate Partner di Tiket.com
Bertansaksi di Tiket.com sangat mudah dan aman, berikut beberapa pilihan pembayaran bertransaksi di Tiket.com.

payment gateway
Memang masih banyak konsumen yang khawatir apabila melakukan pembayaran melalui kartu kredit, karena khawatir dengan adanya pishing yang mengakibatkan kartu kredit kebobolan. Namun Mas Gaery meyakinkan kepada konsumen bahwa sistem pembayaran melalui kartu kredit di Tiket.com itu ada verifikasi visa yang langsung terhubung ke pemilik kartu sesuai nomor telfon yang didaftarkan di bank, jadi kalau nomor telfon, nama pemilik kartu tidak sesuai tentu saja otomatis di reject, jadi lebih secure. Jadi nggak perlu waswas lagi ya.

Informasi lebih lengkap mengenai semua produk atau menjadi partner Tiket.com kunjungi website dan sosial media nya di bawah ini:

Website : www.tiket.com
Twitter  : @tiket
Facebook : Tiket.com
Instagram : tiketcom











You Might Also Like

16 komentar

  1. Wah lengkap banget tulisannya. Thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Sally, terimakasih juga udh berkunjung :-)

      Hapus
  2. wow...bisa ikutan juga nih. tfs mbak

    BalasHapus
  3. Semua blogger bisa ikut pasang widget ya, oke banget ini. Makasih sharingnya mbak, salam kenal dari semarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak Hidayah, selama ada web dan blog siapa saja bisa pasang widget nya mbak :D

      Hapus
  4. Infonya komplit banget mak. Trims ya udah berbagi! ^__^

    BalasHapus
  5. Ok nih informasinya, mba. Keren :). Terima kasih sudah berbagi, mba :)

    BalasHapus
  6. Lengkap mbak infonya. 👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  7. Wow keren, super lengkap tulisannya :)
    Terima kasih sudah datang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Makpuh, masih pengen NGOPI lagi bareng Makpuh :D

      Hapus
  8. Wah makasih catatannya. Tadi sempet diceritain mbak Indah sedikit ttg acara tsb, sekarang jadi bisa membaca penjelasannya.

    BalasHapus