Solusi Mata Kering untuk Si Digital Savvy

Solusi Mata Kering untuk Si Digital Savvy  M ata berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Fungsi utama mata adalah untuk penglihatan...

Solusi Mata Kering
Solusi Mata Kering untuk Si Digital Savvy 

Mata berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Fungsi utama mata adalah untuk penglihatan, yang memungkinkan kita melihat dan mengenali objek, orang, dan lingkungan sekitar kita. Mata juga berkontribusi signifikan terhadap komunikasi non-verbal. Lewat tatapan mata secara tidak langsung kita bisa menyampaikan emosi, niat, dan isyarat. Bahkan di era digital saat ini, saya yang bisa dibilang digital savvy kebanyakan menyerap informasi melalui internet dimana info yang kita serap diproses secara visual, lagi-lagi mata sangat berperan penting. 

Selain peranan indera mata yang saya sebutkan di atas, ada beberapa fungsi mata lainnya. Mata sering dianggap sebagai simbol keindahan dan dihargai karena daya tarik estetikanya. Yups, jangan sepelekan masalah mata. Dengan mata kita dapat menikmati berbagai aktivitas, seperti membaca, menonton film, internetan, dan masih banyak lagi. 

Siapa yang tidak mau ketinggalan perkembangan digital alias selalu ingin digital savvy? Sama nih, saya juga selalu ingin melek digital. Ogah banget kalau sampai nggak mengikuti perkembangan digital. Makanya bisa dibilang keseharian saya lebih banyak menatap layar iPad dan handphone. Ditambah lagi sebagai content creator saya selalu aktif di sosial media dan blog. Dalam sehari saya bisa menghabiskan waktu lebih dari 12 jam menatap layar iPad dan handphone. Trus mata aman? Tentu tidak! Terkadang mata rasanya pegel guys! Bukan badan aja yang pegel-pegel tapi mata juga. Ibarat kata nenek moyang mata kayak diganjal korek api kalau sudah seharian mantengin handphone. Selain mata pegel, mata juga berasa kering. Kalau mata bisa teriak mungkin mata bakal ngibarin bendera putih nyerah dan minta minum saking kekeringan. Emang mata bisa dehidrasi? Bukan dehidrasi lagi tapi kering euy! Rasanya nggak nyaman banget. Saya sampai seminggu nggak kuat lihat cahaya. Sampe kalau ke luar rumah pakai kaca mata hitam, bukan gaya-gayaan tapi memang nggak bisa lihat cahaya. Sakit banget! Mata sepet tapi bukan ngantuk, lelah nggak kuat ngebuka mata. 

Setelah konsultasi dengan dokter via online, dokter menyarankan pakai tetes mata. Ternyata ya guys selama ini kita tuh suka mengabaikan kondisi mata. Kalau mata sudah ngasi sinyal atau merasakan gejala mata kering buruan deh istirahat dan pakai tetes mata. Saya pakai tetes mata Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering yang menjadikan mata saya sempat iritasi. Insto Dry Eyes selalu saya bawa-bawa, tapi bukan berarti dipakai terus-menerus ya. Hanya dipakai kalau mata benar-benar lagi membutuhkan saja. Karena di dalam Insto Dry Eyes yang kemasannya botol berwarna biru ini ada kandungan hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg yang bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata, jadi mata juga harus lembap biar nggak iritasi. 


Apa Saja Gejala Mata Kering? 

Gejala umum mata kering antara lain mata mulai kemerahan, ada sensasi berpasir atau gatal, penglihatan buram atau kabur, sensitif terhadap cahaya, mata terasa pegel, dan ada rasa kering atau terbakar pada mata. Jika gejala seperti ini dirasakan terus-menerus sudah pasti nggak nyaman banget. Makanya perlu pakai Insto Dry Eyes. Tapi kalau nggak berkurang juga wajib konsultasi dengan spesialis mata untuk evaluasi menyeluruh. 

Solusi Mata Kering
Mata buram, sensitif terhadap cahaya, ini merupakan gejala mata kering


Penyebab Mata Kering 

Saya pengen ngingetin terus ke teman-teman jangan sepelekan mata kering. Berdasarkan pengalaman pribadi, saking asiknya dengan pekerjaan menatap layar handphone saya menghiraukan mata yang berasa kering. Saya suka beranggapan paling kalau cuci muka atau kena air wudhu mata juga bakal enakan. Ternyata mata tetap kering. Jujurly saya panik saat itu. Untungnya segera chat dokter dan dikasi solusi mata kering. Saya juga jadi banyak bertanya ke dokter mumpung chat online via aplikasi ke dokternya bayar jadi jangan sia-siakan. Apa saja yang menyebabkan mata kering?   

Jadi mata kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Produksi air mata tidak mencukupi, dimana fungsi air mata sendiri penting untuk menjaga kelembapan mata.

2. Air mata mungkin menguap terlalu cepat atau komposisinya tidak memadai, sehingga menyebabkan kekeringan.

3. Paparan lingkungan yang berangin, berasap, atau kering dapat menyebabkan mata kering.

4. Proses penuaan alami dapat menyebabkan penurunan produksi air mata.

5. Kondisi medis seperti sindrom Sjögren, artritis reumatoid, dan diabetes dapat memengaruhi produksi air mata.

6. Pengaruh konsumsi obat. Beberapa obat, seperti antihistamin, dekongestan, dan antidepresan, dapat menyebabkan efek samping mata kering.

7. Kurang berkedip karena penggunaan layar dalam waktu lama, dapat menyebabkan mata kering.

8. Penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang atau perawatan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan kekeringan dan ketidaknyamanan.

Solusi Mata Kering
Kurang berkedip karena penggunaan layar terlalu lama menjadi salah satu penyebab mata kering

Mata kering kalau dibiarkan dapat menyebabkan beberapa potensi komplikasi dan ketidaknyamanan, termasuk:

1. Kerusakan Kornea. Kekeringan yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada kornea, bagian depan mata yang transparan, sehingga menyebabkan lecet atau bisul.

2. Infeksi Mata. Mata kering dapat membuat mata lebih rentan terhadap infeksi karena kurangnya air mata yang biasanya membantu melindungi terhadap bakteri.

3. Penglihatan Kabur. Mata kering dapat menyebabkan penglihatan kabur secara intermiten atau terus-menerus, sehingga mempengaruhi kualitas penglihatan.

4. Ketidaknyamanan. Kekeringan yang terus-menerus, rasa berpasir, dan sensasi terbakar dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Peradangan. Mata kering dapat menyebabkan peradangan pada konjungtiva (konjungtivitis) atau bagian mata lainnya.

6. Penurunan Kualitas Hidup. Gejala mata kering yang parah dapat memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan, membuat aktivitas seperti membaca, mengemudi, dan menggunakan perangkat digital menjadi tidak nyaman. 


Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika mengalami gejala mata kering karena terlalu lama menatap layar handphone atau laptop sebaiknya berhenti sejenak dan teteskan Insto Dry Eyes. Mengutip dari web nya Insto, Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan. Digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata dan juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.

Solusi Mata Kering
Insto Dry Eyes, solusi mata kering

So, Insto Dry Eyes ini sekarang salah satu item yang wajib dibawa-bawa apalagi kemasannya mungil hanya berukuran 7,5ml. Bagi saya yang digital savvy  meninggalkan aktivitas digital bukan solusi #InstoDryEyes yang justru jadi #SolusiMataKering.



 


You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write