Wakaf Nggak Melulu Berupa Tanah dan Bangunan, Yuk Berwakaf Melalui Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

B erdasarkan data Charities Aid Foundation (CAF) World Giving 2016 Indonesia termasuk dalam tujuh negara yang paling dermawan di dunia...



Berdasarkan data Charities Aid Foundation (CAF) World Giving 2016 Indonesia termasuk dalam tujuh negara yang paling dermawan di dunia. Bangga banget ya kan, bangsa kita masih memiliki empati yang tinggi. Fakta ini bisa kita lihat juga bagaimana orang Indonesia bergerak cepat kalau lagi ada penggalangan dana. Konsep berbagi dan memberi ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk kita. Berbagi kepada sesama juga diajarkan dalam agama manapun, karena ini merupakan ibadah seperti sedekah dan wakaf.

Bicara wakaf saya langsung ingatnya tanah dan bangunan. Yups, karena beberapa kali pernah baca surat tanahnya kakek saya yang berisi tanah keluarga yang kami punya sudah di wakafkan jadi nggak boleh dijual, begitu juga dengan bangunan. Jadi lebih sering dengar istilah wakaf hanya untuk tanah dan bangunan. Ternyata wakaf nggak melulu berupa tanah dan bangunan.

Dalam mendukung meningkatkan kesejahteraan masyarakat wakaf memiliki potensi yang luar biasa dan bisa memberikan dampak yang signifikan. Badan Wakaf Indonesia memprediksi bahwa potensi wakaf di Indonesia mencapai Rp 180 triliun. Tetapi kenyataannya tahun 2017 dana wakaf baru terhimpun sebesar Rp 400 miliar. Ini terjadi karena pemahaman masyarakat kita terhadap wakaf masih kurang. Masyarakat kita belum terlalu mengerti mengenai fungsi wakaf dan pemanfaatannya untuk kebaikan bersama. 

Elin Waty
Masyarakat selama ini cuma tahu kalau yang namanya wakaf bentuknya wakaf tidak bergerak seperti tanah atau bangunan. Padahal wakaf bentuknya bisa berupa benda bergerak seperti uang. Karena itu Sun Life Financial Indonesia meluncurkan produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dan pada tanggal 6 Agustus 2018 lalu di Pinang Bistro Kebon Sirih, Jakarta Sun Life melakukan penandatanganan kerjasama strategis penyaluran dana wakaf Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan Dompet Dhuafa

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life mengatakan Sun Life Financial Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa yakin bahwa komitmen perusahaan ini terhadap industri asuransi syariah sudah terlihat jelas dan tidak hanya dilakukan dalam jangka waktu satu atau dua tahun saja tetapi sudah dilakukan secara konsisten bertahun-tahun. Sun Life berkomitmen memfasilitasi masyarakat melaksanan ibadah wakaf sekaligus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita akan proteksi dan investasi yang lebih baik. 

Sun Life melakukan pengembangan fasilitas pada produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan tujuan memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti. Dan dalam hal ini Sun Life ingin agar masyarakat Indonesia tidak lagi menunda ibadah wakaf dan merencanakan perencanaan keuangan sekaligus karena sesuai campaign Sun Life #LebihBaik Sekarang. MUI juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa manfaat investasi dan manfaat asuransi pada asuransi jiwa syariah sudah diperbolehkan termasuk fitur wakaf pada asuransi syariah.

Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil
Untuk memastikan bahwa tenaga pemasar Sun Life tidak hanya mengerti wakaf, seluruh tenaga pemasar dengan sertifikat dibekali dengan sertifikat resmi yang dikeluarkan bekerjasama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Tujuannya agar para tenaga pemasar tidak hanya sebagai financial advisor tapi juga disebut sebagai wakaf advisor yang secara aktif membantu mengedukasi masyarakat terkait jenis-jenis wakaf, peruntukannya dan terkait wakaf sebagai solusi permasalahan sosial. Jadi seluruh agen atau tenaga pemasar mendapatkan sertifikasi menjadi wakaf advisor.

Dalam pengelolaan wakaf ini Sun Life bermitra dengan 174 lembaga pengelola aset wakaf terpercaya yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia salah satunya Dompet Dhufa. Saat ini Sun Life bersama Dompet Dhuafa menyalurkan dana wakaf yang terkumpul untuk membangun fasilitas Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur. Lampung dipilih karena  ketersediaan fasilitas kesehatannya kurang tercukupi, ini berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI. Karena itu Sun Life mendukung upaya peningkatasan kualitas masyarakat melalui pengelolaan aset wakaf yang tepat guna dan semoga ini menjadi gerbang kebaikan dan keberkahan. 

Jadi dengan membeli produk asuransi syariah yang ada fitur wakafnya tidak hanya ikut berwakaf tapi juga mendapatkan investasi dan proteksi baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, MA, Ketua Dewan Pengawas Syariah Sun Life Financial Syariah mengatakan ada tiga jenis wakaf yakni wakaf asuransi, wakaf investasi, dan wakaf bertahap. Kalau ingin berwakaf nggak perlu menunggu punya tanah atau punya bangunan, dengan ikut asuransi syariah dengan fitur wakaf berarti kita sudah bisa berwakaf.

Norman Nugraha
Norman Nugraha, Chief Agency Officer Syariah mengatakan fatwa yang keluar dari DSN-MUI yang memperbolehkan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah berlaku untuk semua perusahaan asuransi, tapi inisiatornya adalah Sun Life Financial Indonesia. Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah peserta asuransi dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investasi dari polisnya. Batasan maksimal ini ada karena fatwa dari DSN-MUI, dimana manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris. 

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memiliki tagline sekaligus keunggulan pasti, kini dan nanti. Pasti, karena tanpa potongan dimana 100% dana wakaf akan langsung disalurkan dengan dukungan pengelola aset wakaf (nazhir) yang terpercaya. Kini, dapat dilakukan sedini mungkin karena dana wakaf yang langsung disalurkan sejak kontribusi pertama diterima oleh Sun Life. Nanti, mebantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia.

penandatanganan kerjasama antara Sun Life dan Dompet Dhuafa


Harapan Sun Life Financial Indonesia produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima bisa mengakomodir kebutuhan keluarga Indonesia untuk jaminan keuangan di masa depan, dan tentunya bisa sekaligus beribadah dari sisi sedekah jariyahnya. Amiin. Untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai manfaat Asuransi Brilliance Maxima Hasanah bisa kunjungi www.sunlife.co.id.






You Might Also Like

24 comments

  1. Waah baru tauuu. Mksh sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  2. Aku minat banget sama produk Asuransi Brillance Hasanah Maxima ini. Selain ini asuransi syariah, tapi kita jadi bisa sekaligus berwakaf. Kapan lagi kan ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, kita jadi punya kesempatan untuk berwakaf

      Delete
  3. Suka sekali dengan program wakaf ini.
    Karena apa yang kita keluarkan akan terus berkembang dan tidak mengurangi atau menghilangkan harta awal yang kita berikan tersebut.

    Sehingga amalannya in syaa Allah jariyyah hingga tiada kelak.
    Barakallahu fiik, mba Tuty..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, banyak jalan untuk ibadah yaa

      Delete
  4. Iya loh, saya pikir wakaf itu cuma bisa dalam bentuk tanah dan bangunan aja.

    Keren nih programnya, dengan beli asuransi syariah yang ada fitur wakafnya bisa sekaligus wakaf juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, jadi selain berasuransi kita bias wakaf juga

      Delete
  5. Wah baru tahu saya ternyata ada cara lain untuk berwakaf ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, keinginan berwakaf bisa diwujudkan melalui Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

      Delete
  6. Iya mbak sy pikir waqaf banyak tanah dan bangunan, ternyata uang juga bs. Dan program Sun Life ini terpercaya untuk sedekah jariyah. Dan sedekah jariyah adalah amalan yg takkan terputus sampai kita dibawah tanah.
    Makasih tulisannya mba Tuty :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga amalan kita nggak terputus ya mbak

      Delete
  7. Wakaf uang memudahkan kita yang ingin berwakaf tetapi belum punya tanah/bangunan. Digabung asuransi jiwa makin lengkap deh.

    ReplyDelete
  8. Keren banget ya sekarang asuransi juga bisa sambil berwakaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, solusi buat nasabah yang ingin berwakaf

      Delete
  9. Semakin banyak cara untuk beramal ya mba. Thanks sharingnya mba

    ReplyDelete
  10. Makin mudah aja kalau mau berwakaf. Beruntung ya hidup di zaman ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...Alhamdulillah ada kesempatan berwakaf

      Delete
  11. Idenya cerdas juga ya, mengembangkan pasar dan peluang yang belum dibayangkan orang lain. Wakaf brilian sunlife.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini nggak pernah terfikirkan kalau wakaf bias dengan uang. Taunya cuma tanah dan bangunan aja ya mbak..Alhamdulillah ada jalan untuk berwakaf.

      Delete
  12. Makin banyak ya cara untuk berwakaf. Jadi nggak perlu bingung lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, tinggal sisihkan dana :)

      Delete