Belajar SEO Bareng Doroii

B agi saya belajar nggak pandang usia, selagi masih punya keinginan untuk belajar dan ada kesempatan memperoleh informasi sebanyak-banya...


Bagi saya belajar nggak pandang usia, selagi masih punya keinginan untuk belajar dan ada kesempatan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya kenapa nggak dimanfaatkan. Apalagi saat ini saya lagi aktif-aktifnya ngeblog, apa saja kegiatan yang berhubungan dengan dunia blogging pasti saya ikuti. Baik itu workshop menulis, belajar analitik, belajar fotografi, dsb. Termasuk pada saat tim Medialogy bekerjasama dengan Bank Mandiri mengadakan workshop SEO bareng Rendi Doroii yang biasa disapa Doroii, saya langsung daftar untuk ikutan. Acara ini diadakan di Mandiri Inkubator Bisnis, Kebayoran baru Jakarta Selatan pada tanggal 7 Agustus 2018 lalu.

Sebelum sesi SEO dimulai, Maristella Triharyanti Assistant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri memberikan sambutannya, dan dilanjutkan dengan paparan dari Fushiko Binar Ardani, Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri mengenai produk Bank Mandiri yaitu Mandiri Online.

Maristella Triharyanti


Layanan Mandiri Online

Saya sudah menjadi nasabah Bank Mandiri sejak 18 tahun yang lalu. Mulai dari transaksi pakai ATM, internet banking dengan token, sms banking, juga mobile banking. Nah, sekarang ini Bank Mandiri punya layanan Mandiri Online yang baru saja diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Aplikasi mobile yang sebelumnya ada di Play Store dan App Store sudah tidak bisa diakses lagi karena layanannya sudah ditutup, sejak lahirnya Mandiri Online.

Dalam paparannya Fushico mengatakan kalau layanan Mandiri Online sebenarnya adalah pengembangan dari Mandiri Internet banking dan SMS Banking, dimana tampilannya sudah lengkap ddengan menggunakan satu user id dan satu password. Tampilannya juga dilengkapi dengan mobile approval

Fushico Binar Ardani
Banyak kelebihan dan kemudahan yang didapatkan nasabah dengan layanan Mandiri Online. Seperti dalam hal keamanan bertransaksi, otentifikasi pada Mandiri Online selain menggunakan pasword juga menggunakan MPIN. Kemudian buka rekening Mandiri pun sekarang bisa melalui Mandiri Online, baik itu untuk perorangan (pemilik rekening tabungan dan giro rupiah juga valas) dan untuk badan (pemilik rekening tabungan bisnis perorangan). 

Mandiri Online memiliki lima fitur, diantaranya Info Kartu kredit, Top Up e-money, Top Up Pulsa, Online Shopping (transfer), dan Bill Payment. Semenjak ada Mandiri Online memang nggak perlu repot lagi top up e-money, karena kalau kita punya smartphone yang memiliki fitur NFC kita bisa top up dan up date saldo e-money. Nggak cuma itu, kemudahan lainnya dengan fitur Mandiri Online kita juga bisa top up GoPay, juga MTix. Bagi nasabah yang memiliki kartu kredit, ngecek tagihan kartu kredit secara detail juga bisa dilakukan melalui Mandiri Online jadi kita bisa mengontrol dan memanage penggunaan kartu kredit. Pokoknya sejak ada Mandiri Online transaksi apapun jadi lebih mudah.


Tip SEO ala Doroii

Tampil pada laman pertama Google tidak mudah, tapi tidak susah juga kok! Begitulah pembuka workshop SEO siang itu. Biasanya kreatif dalam menggunakan SEO pada tulisan harus pintar-pintar atau fokus pada keyword. Tempatkan keyword pada judul artikel, kemudian usahakan ganti url/slug dengan keyword nggak perlu terlalu panjang, tempatkan juga keyword pada heading

Pernah dengar istilah naked domain? Nah, naked domain itu pencarian website tanpa menggunakan www. Selama ini kalau mencari alamat website kita selalu menggunakan lengkap dengan www seperti www.tutyqueen.com. Padahal secara teknis penggunaan www nggak ada untungnya juga dari sisi SEO karena penggunaan www dianggap standar. Eh, berarti web saya nggak termasuk standar dong ya, coba deh klik tutyqueen.com, hehe. Hayoo, kata mas Doroii website berusia tua biasanya saat perubahan menjadi naked domain berpotensi salah direktori loh!

Doroii
Stop Word. Hindari penggunaan frasa yang sifatnya umum dan tidak terlalu berarti sebagai focus keyword. Misalnya penggunaan kata Ada, Dia, Tentang, Juga, dll.

Periksa Suggestion Yoast. Saya baru kali ini dengar istilah Yoast, ternyata ini plug in yang ada di wordpress. Bagi pengguna wordpress mas Doroii menyarankan untuk memasang plug in ini karena lebih user friendly. Yoast ini juga bisa mereview kalimat dari konten yang kita tulis termasuk jika ada masalah antara fokus keyword dan konten.

Yang terakhir adalah SEO Offsite. Mas Doroii menganjurkan agar kita bekerjasama dengan website lain dengan cara mengkoneksikan link artikel blog kita dengan 2-3 website terpercaya. Misalnya nih coba deh sekali-kali tulis konten di Wikipedia kemudian pada bagian bawah letakkan permalink blog kita, hehe ilmu baru! Nahteori udah tinggal prakteknya nih.
By the way kalau teman-teman nasabah Mandiri dan punya pengalaman menggunakan layanan Mandiri Online sekalian deh ikutan lomba blog berhadiah belasan juta rupiah yang diadakan oleh Bank Mandiri. Sekalian praktek jurus SEO yang sudah diajarkan mas Doroii. Info lombanya bisa dicek di bit.ly/lombaseomandiri 





You Might Also Like

0 comments