Pintaria Dukung Transformasi Pendidikan di Indonesia dengan Program Blended Learning

N ggak ada istilah telat belajar karena umur berapa pun masih bisa belajar. Yups , belajar itu sepanjang hayat atau istilah yang lagi tr...


Nggak ada istilah telat belajar karena umur berapa pun masih bisa belajar. Yups, belajar itu sepanjang hayat atau istilah yang lagi trend sekarang lifelong learning. Karena latar belakang banyaknya orang yang masih ingin terus belajar, makanya HarukaEDU baru-baru ini meluncurkan Pintaria (www.pintaria.com) dengan tujuan untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia.

Banyak yang mengatakan kalau masalah orang-orang Indonesia adalah talent. Ini dikatakan CEO HarukaEDU  Novistiar Rustandi SE, MBA, S.SIT saat peluncuran Pintaria di Ocha & Bella Morissey Hotel, Jakarta tanggal 24 Juli 2018 lalu. Novistiar Rustandi memaparkan mengenai data yang didapat soal talent yang masih banyak dibutuhkan di perusahaan ataupun industri saat ini. Menurut Pak Novi Bank Dunia pernah melakukan survei ke industri dan mereka menemukan 84% industri atau perusahaan mengatakan kalau susah sekali menemukan posisi-posisi manajer atau supervisor di perusahaan mereka. Kemudian 69% dari mereka mengatakan susah sekali mencari pegawai dengan keahlian yang dibutuhkan. Dari data-data ini terlihat jelas bahwa ternyata memang susah cari talent bukan hanya di Indonesia saja.

Kiri-Kanan : Kemal Mochtar (Moderator) - CEO HarukaEDU  Novistiar Rustandi
Kalau kita lihat statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2017 di Indonesia ada 115 juta orang yang sudah bekerja. Dari 115 juta orang yang sudah bekerja ini ternyata baru 9,5 juta atau 8% nya yang memiliki gelar sarjana. Ada 34 juta dari 115juta orang ini yang masih lulusan SMA atau SMK. Nah, itulah yang menjadi masalah mengapa susah mencari pekerja sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.

Apalagi sekarang sudah ada industri automation 4.0. Industri dimana banyak pekerjaan-pekerjaan dengan bantuan automasi seperti bantuan komputer. Misalnya keluar masuk tol pakai sistem tap, makanya pekerja-pekerja yang biasa bekerja melayani karcis tol akan berkurang dan tentu saja mereka harus mencari pekerjaan baru. Disinilah mereka membutuhkan keahlian baru lagi dan harus belajar lagi. Itulah makanya ada istilah lifelong learning.


Apa Itu Pintaria?

Pintaria adalah online platform untuk pendidikan dan pelatihan yang fungsinya membantu teman-teman yang sudah bekerja yang ingin mendapatkan pendidikan dan juga ingin memiliki keahlian yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan yang juga lebih baik. Pintaria fokusnya adalah program kuliah blended learning.

Target dari Pintaria adalah orang-orang yang sudah bekerja tapi belum memiliki gelar sarjana dan ingin meningkatkan pendidikan mereka, ataupun anak-anak lulusan SMA atau SMK yang ingin kuliah sambil bekerja. Umumnya kebanyakan generasi milenial dengan umur 20-34 tahun dan kebanyakan masih single, mereka yang masih bekerja di bidang administratif dan masih memiliki semi skill, dan tinggal di Jakarta.

CEO HarukaEDU dan tim 
Jadi kalau ada teman, saudara, ataupun tetangga yang baru lulus SMA dan nggak tahu mau melanjutkan kuliah dimana, bisa sarankan membuka portal www.pintaria.com terlebih dahulu. Di Pintaria mereka bisa mempelajari berbagai macam profesi yang sedang dibutuhkan oleh industri, lengkap dengan deskripsi pekerjaan dan standar gaji, pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan, lowongan pekerjaan yang tersedia, dan berbagai program kuliah serta training yang dapat memberikan pendidikan dan keahlian yang relevan.


Program Kuliah Blended Learning di Pintaria

Salah satu program kuliah yang tersedia di Pintaria adalah program blended learning. Jadi program kuliah ini bukan cuma online saja tapi merupakan metode campuran online dan offline (tatap muka). program kuliah blended learning menawarkan jadwal kuliah yang lebih fleksibel sehingga mahasiswa bisa tetap meraih gelar sarjana di sela-sela kesibukan kerja. Selain itu program blended learning ini kelebihannya setiap mahasiswa berkesempatan berinteraksi langsung dengan dosen pada saat kuliah tatap muka. 

Pintaria menawarkan berbagai macam program kulaih blended learning yang diselenggarakan di 10 perguruan tinggi swasta ternama di jakarta dan bandung dengan akreditasi studi A dan B. Beberapa perguruan tinggi ini juga memberikan kemudahan pembayaran biaya kuliah dengan cara dicicil mulai dari Rp 700 ribuan per bulan.

Berikut perguruan tinggi swasta yang menjadi mitra Pintaria yang menyelenggarakan program kuliah blended learning: Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), PPM Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI), Sekolah Tinggi Manajemen (STM) Labora, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Universitas MH Thamrin (UMHT), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), dan Universitas Sahid (USAHID).


Yuk teman-teman yang mau melanjutkan kuliah dan ingin mendapatkan gelar sarjana, metode kuliah blended learning ini bisa jadi solusi cerdas nih, nggak cuma kemudahan dari sisi biaya tapi juga kemudahan dari sisi waktu dan jarak. So, #UpgradeDrimuSekarang ya! Untuk informasi lebih detail bisa lihat web dan sosial media Pintaria dibawah.


Website: www.pintaria.com
Instagram: @pintariaid
Twitter: @pintariaid
Facebook: @pintaria





You Might Also Like

1 comments

  1. ibu rumah tangga kayak saya kalau mau kuliah lagi juga bisa ikut Pintaria ini kayaknya :)

    ReplyDelete

Canva Magic Write