Menjadi Investor dengan Modal Kecil Melalui KoinWorks

D unia digital saat ini telah memberi dampak besar pada proses inklusi dan literasi keuangan masyarakat. Semua hal dapat dilakukan den...


Dunia digital saat ini telah memberi dampak besar pada proses inklusi dan literasi keuangan masyarakat. Semua hal dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memainkan jari. Kemudahan tersebut juga menyentuh persoalan pinjam meminjam antar masyarakat. Adanya platform yang menyediakan pinjaman melalui cara online. Ada yang berupa website dan juga aplikasi yang dapat di unduh.
Berbagai inovasi keuangan bertumbuh dan lebih spesifik menjawab kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keuangannya. Salah satunya adalah produk peer to peer lending (P2P Lending). Produk yang saat ini mulai menjadi produk idola bagi kebutuhan akan pinjaman yang dapat dilakukan dengan proses yang sangat mudah dan cepat.
Meski kemudahan dan sangat cepatnya proses pinjaman meminjamkan ini melalui peer to peer lending tetaplah memiliki aturan dan mekanisme yang terikat agar dapat melindungi semua pihak baik si peminjam, pendana dan platform itu sendiri. Regulasi tersebut juga tak luput dari perhatian dan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk memberikan kesempatan seluasnya bagi perkembangan inovasi produk keuangan dan dapat mengisi gap yang ada antar finansial konvensional yang telah ada dan masyarakat yang memiliki kesulitan mengakses bank.
Platform berkembang dan bertumbuh mengikuti ekosistem yang ada. Beberapa segmen masyarakat yang memiliki hambatan besar mengakses permodalan. Peer to peer lending menjawab persoalan tersebut, menambah pertumbuhan inklusi dan literasi keuangan yang sudah ada. Sebab hakikatnya sebuah inovasi adalah sebagai upaya untuk lebih mampu menjawab persoalan yang ada di masyarakat.
Saat ini kita tahu semangat enterpreneurship masyarakat kita terus tumbuh. Disamping pergeseran pola dan dinamika gaya hidup masyarakat. Hampir di setiap sudut dengan cap milenial lebih memilih sesuatu yang ringkas, cepat dan mudah. Begitupun akan kebutuhan permodalannya. Banyak sekali kisah yang menceritakan bagaimana sulitnya persyaratan untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank konvensional. Disinilah letak ruang kosong yang terisi oleh peer to peer lending melalui platform yang kadung dikenal sebagai financial technologi atau fintech.  Seperti KoinWorks pionir P2P Lending Indonesia.

Mengenal KoinWorks

Mungkin teman-teman sudah  ada yang pernah dengar tentang KoinWorks. Yups, memang banyak sih produk P2P Lending. Saya sendiri juga baru beberapa bulan ini mengenal KoinWorks. Apa itu KoinWorks? KoinWorks adalah platform P2P Lending yang berperan sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan. Dengan adanya platform ini seluruh kegiatan pinjam-meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online dan mudah dijangkau siapapun.
Pernah kan dengar berita kurang enak tentang produk P2P Lending? Saya sendiri pernah mengalami kejadian nggak enak. Tiba-tiba ditelpon kolektor, dikirimin WhatsApp yang isinya tagihan pembayaran kredit. Lah, yang lucunya tagihan ini bukan atas nama saya tapi atas nama teman saya. Aneh kan? Yang pinjam duit siapa yang ditagih siapa. Makanya kita sebagai peminjam harus jeli memilih perusahaan dan produk P2P Lending, karena bisa jadi itu perusahaan ilegal.
Bagaimana dengan KoinWorks sendiri? Cara kerja KoinWorks berbeda dengan fintech bodong yang bukan fokus untuk meminjamkan uang untuk kebutuhan konsumsi tapi untuk pengembangan usaha. Bagaimanapun kalau sudah pinjam ya wajib bayar. Makanya KoinWorks sendiri ya tetap melakukan penagihan kepada Peminjam. Malah kalau Peminjam ada itikad baik mau bayar KoinWorks bisa memberikan keringanan berupa Restrukturisasi Pinjaman dengan cicilan yang lebih ringan. Cara penagihannya juga nggak sampai mempermalukan Peminjam dengan menghubungi data kontak yang ada di handphone Peminjam. Cara penagihan masih wajar dengan menghubungi Peminjam lewat telpon atau mendatangi tempat tinggal Peminjam.

Cara Kerja KoinWorks untuk Peminjam

Berikut cara kerja KoinWorks:
· Peminjam mengajukan pinjaman secara online
· KoinWorks menganalisa seluruh data dan memberikan skor kredit A1-E5
· Pinjaman diterbitkan ke dalam platform
· Ratusan hingga ribuan Pendana bahu-membahu memenuhinya
· Pinjaman dicairkan
· Peminjam memanfaatkannya dan membayar cicilan bulanan
· Sistem KoinWorks secara otomatis menyalurkan pengembalian ke Pendana berdasarkan porsi pendanaan masing-masing Pendana (Pokok+Bunga)
Peminjam KoinWorks memungkinkan untuk mendapatkan modal usaha, pinjaman pendidikan, atau kesehatan secara online tanpa perlu mendatangi kantor KoinWorks, lebih mudah dan terjangkau bagi siapa saja.  Nggak cuma sebagai peminjam saja loh, kita juga bisa menjadi Pendana. KoinWorks bisa menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang.
Di KoinWorks mulai dari Rp 100.000 kita sudah bisa menjadi Pendana. Nilai ini sama dengan nilai kita memulai investasi. Jadi berinvestasi nggak mesti dengan nilai besar langsung, mulai dari yang kecil juga bisa seperti menjadi Pendana di KoinWorks. Ini merupakan menabung dengan cara cerdas di era modern.  Dengan nominal kecil bisa mendapatkan keuntungan tinggi dan berkelanjutan.

Cara Kerja KoinWorks untuk Pendana

       ·  Setiap Pendana berhak menentukan sendiri kepada siapa ia hendak mengalokasikan dananya
· Pendana memiliki kendali penuh dalam mengalokasikan dananya ke produk mana pun tanpa intervensi siapapun mulai dari Rp 100.000 dan kelipatannya
· Pendana dapat menganalisa fact sheet peminjam yang telah disediakan (seperti prospektus pada Reksa Dana)
· Pendana bisa memilih pinjaman berdasarkan grade/tingkat keuntungan dan risiko, tenor, tujuan peminjaman, dan metode pengembalian pinjaman (bulanan/lump sum)
· Selain memilih sendiri pengalokasian dana secara manual, Pendana juga bisa memanfaatkan fitur Auto Purchase dan RoboLending dimana setiap prosesnya berjalan secara otomatis
· Pada produk tertentu, Pendana bisa menyimulasikan pendanaannya dengan kalkulator simulasi
· Mendanai semudah berbelanja online



Pas banget saya pengen investasi dengan modal kecil, langsung deh tertarik jadi Pendana di KoinWorks. Nah, buat teman-teman yang ingin jadi Pendana lumayan nih pakai kode promo KOINWORKS150, atau melalui link https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 agar kode promo otomatis terisi di formulir pendaftaran. Lebih lengkapnya informasi mengenai KoinWorks bisa dilihat disini.



You Might Also Like

4 comments

  1. Bisa nih aku coba ya mbak, belajar berinvestasi, nggak ribet pula caranya, kayak belanja online..

    ReplyDelete
  2. Investasi mulai Rp100.000 itu beneran ada lho! :D
    Aku udah coba daftar, modalnya masih dikit sih. Semoga bisa nambah pelan-pelan. :)

    ReplyDelete
  3. Koinworks ini diawasi ojk ya, jd aman dan enggak akan ada kejadian nagih hutang dgn cara yg ilegal... Jd kita sebagai investor jg merasa nyaman...

    ReplyDelete
  4. Aku suka sistemnya KoinWorks. Dia emang menyelesaikan masalah banyak pihak, baik dari si peminjam maupun yang memberikan pinjaman atau pun investor.
    Asiknya, hampir semua orang bisa jadi investor ya, modalnya cukup 100 ribu rupiah aja. Aku pun nyoba lho.

    ReplyDelete

Canva Magic Write