Tips Membuka Workshop Cetak Kaos

G uys, hari gini masih mikir ngelamar kerja ke perusahaan-perusahaan besar, dan duduk manis di kantor? Boleh sih ngelamar kerja kemana...


Guys, hari gini masih mikir ngelamar kerja ke perusahaan-perusahaan besar, dan duduk manis di kantor? Boleh sih ngelamar kerja kemana-mana tapi pernah kepikiran nggak untuk punya usaha sendiri. Why not? Kalau mau peka, disekitar kita sebenanrnya banyak peluang loh guys. Misalnya zaman now anak-anak muda suka gonta-ganti kaos keren dengan desain-desain unik. Nah, coba deh manfaatkan peluang untuk cetak kaos. Tapi yang paling penting perhatikan juga tempat untuk memulai workshop cetak kaos. Untuk itu di tulisan saya kali ini saya akan share tips membuka workshop cetak kaos.  

Guna menunjang kelancaran operasional bisnis cetak kaos, sebaiknya kita mempertimbangkan untuk mulai membuka jasa cetak kaos yang khusus digunakan untuk memajang jenis – jenis bahan kaos dan beberapa hasil cetakan agar konsumen lebih tertarik bekerjasama dengan kita. Kebanyakan orang yang menjalani bisnis cetak kaos hanya menyiapkan ruang berantakan di dalamnya dan terlihat semrawut campur aduk menjadi satu. Pemandangan seperti ini tentu tidak akan membuat konsumen menjadi tertarik.

Jangan harap kita bisa menaikkan target penjualan jika pelayanannya tidak diperhatikan dengan baik. Untuk itu jika teman-teman ingin menjalankan bisnis cetak kaos, bisa simak tips membuka workshop cetak kaos berikut ini ya.

1. Pisahkan Antara Workshop dengan Tempat Produksi

Agar bisnis tampak lebih rapi dan sempurna, kita wajib memperhatikan pengaturan lokasi dan tempat sesuai dengan fungsinya masing – masing. Antara gudang penyimpanan, tempat produksi dan workshop, sebaiknya tidak dicampuradukkan menjadi satu. Sediakan masing – masing tempat agar proses operasional bisa berjalan lancar.

Khusus untuk workshop kita bisa mendesainnya sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik dan rapi. Saran saya tambahkan hiasan dinding yang disesuaikan dengan workshop kita seperti pajang poster – poster dalam bingkai mengenai sejarah perusahaan dari awal hingga sekarang. Begitu pula dengan tempat produksi bisa dipajang prosedur edukatif guna mengingatkan kepada pekerja agar mengikuti prosesnya dengan baik. Sebagai tambahan kita bisa juga mengadakan open workshop dengan tujuan berbagi ilmu dan pengalaman.



2. Buatlah Tata Letak dan Desain yang Menarik

Desain antimainstream dan unik memang masih menjadi sorotan utama banyak orang. Jika teman-teman sudah memutuskan untuk membuka workshop, sebaiknya pikirkan matang – matang konsepnya seperti apa, agar konsumen menjadi tertarik untuk datang. Kadang dengan hanya sekadar datang saja sudah membuat senang kita sebagai pemiliknya. Setidaknya mereka sudah mendapatkan informasi dan di lain kesempatan saat mereka benar – benar perlu pasti akan kembali datang.

Tidak hanya desain yang menjadi perhatian. Tata letak juga akan berpengaruh pada kenyamanan. Jadi kita wajib memikirkannya baik – baik dan jangan asal meletakkan barang.

3. Buatlah Jam Kerja Operasional yang Jelas

Jika kita sudah menentukan jam kerja operasional, maka kita harus konsisten agar konsumen tidak kecewa sudah jauh – jauh datang ke workshop kita. Ketidak konsistenan jam kerja operasional akan berdampak pada berkurangnya konsumen. Kecuali ada kepentingan mendesak dan tidak bisa ditinggal, mau bagaimana lagi.

4. Buatlah Program dan Event Menarik

Saat membuka workshop, keberadaan program – program pemasaran tertentu bisa dijadikan sebagai daya tarik tersendiri untuk memikat calon pembeli. Jika teman-teman tidak pernah mengadakan program atau pun event khusus, maka tampilan workshop kita akan terasa membosankan.

Jangan berpikir untuk mengadakan program dan event itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit saja, justru ini bisa jadi pertimbangan keuntungan jangka panjangnya yang bisa anda rasakan di masa yang akan datang. Menurut penulis pribadi, membuat program atau pun event tidak perlu mewah, cukup yang sederhana saja namun unik sudah cukup membuat konsumen tertarik. Teman-teman harus pandai – pandai membuat ide, itulah kunci terbaik yang bisa dilakukan.

Itulah tips membuka workshop cetak kaos yang bisa saya share. Mudah-mudahan sedikit ulasan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi teman-teman yang ingin membuka workshop cetak kaos ya. Yang paling penting dalam menjalankan bisnis adalah kejujuran, kerja keras dan jangan lupa berdoa. Semoga sukses  buat kita semua.






You Might Also Like

0 comments