Jangan Sampai Batuk Menjauhkan yang Dekat

S udah seminggu ini saya dan anggota keluarga yang lain batuk pilek. Awalnya saya pilek doang sih kemudian selang sehari batuknya nyusu...



Sudah seminggu ini saya dan anggota keluarga yang lain batuk pilek. Awalnya saya pilek doang sih kemudian selang sehari batuknya nyusul. Keesokan harinya suami yang batuk pilek, besoknya lagi ponakan, begitu seterusnya sampai sekeluarga pada batuk pilek. Yang namanya tissue beneran jadi benda favorit banget, kemana-mana selalu bawa tissue. Pokoknya jangan sampai kelupaan bawa tissue bakalan bikin nggak percaya diri karena hidung meler belum lagi batuk yang mengganggu.

Batuk memang menular, satu orang saja di rumah kena batuk siap-siap deh yang lain bakal kena kalau daya tahan tubuhnya lemah. Memang saat ini cuaca dingin banget. Memasuki Januari kemarin cuaca berubah jadi sering hujan dan dingin, sebelumnya panas banget. Cuaca begini nih yang dinamakan masa pancaroba. Parahnya lagi kalau sampai batuk berdahak, malu banget deh mau keluar rumah. Bunyi batuknya itu loh, kesannya jorok banget karena berdahak. Dan pastinya orang lain pasti nggak nyaman dan terganggu, khawatir menular. So, solusinya gimana?

Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat


Beberapa waktu lalu saya mengikuti Bisolvon Fimela Blogger Gathering yang berlangsung di Eighty Nine Eatery & Spirits, Kemang Jakarta Selatan dengan tema "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat". Acara ini diisi dengan talkshow untuk mengupas lebih dalam lagi tentang tips untuk tetap sehat selama masa pancaroba dengan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Amallia Sarah, KOL Family Mom kemudian Mega Valentina, Brand Manager Bisolvon dan dr. Riana Nirmala Wijaya, Sanofi Medical Expert.


Ayu Kinanti-Editor in Chief Fimela.com
Sebelum talkshow dimulai, Adisti Nirmala selaku Head of Marketing Sanofi Healthcare dan Ayu Kinanti selaku Editor in Chief Fimela.com memberikan sambutan terkait kerja sama Bisolvon dan Fimela.com. Dalam sambutannya mereka menjelaskan kalau tujuan talkshow kali ini adalah memberikan edukasi mengenai batuk yang sering terjadi pada masa pancaroba serta cara menangani dan pencegahannya. Pada kesempatan ini mbak Adisti juga mengenalkan Bisolvon sebagai obat batuk keluarga yang bisa dibeli tanpa resep dokter tetapi sudah teruji klinis dan terdaftar di BPOM.

Kenapa batuk berdahak bisa jauhkan yang dekat? Sebelumnya kita bahas dulu ya apa itu batuk berdahak dan kaitannya dengan pancaroba. Musim pancaroba mengubah temperatur udara, suhu dan komposisi udara dan ini menyebabkan virus dan kuman mudah berkembang karena lingkungannya yang sesuai. Biasanya di musim pancaroba orang mudah sekali terkena batuk. Menurut survei 1 dari 3 orang mengalami batuk berdahak selam 3 bulan terkahir. Dan kebanyakan penderita batuk biasanya akan menjauhkan diri dari sekitar karena merasa tidak nyaman dengan diri sendiri dan orang lain. Duh, jangan sampai batuk menjauhkan yang dekat.

Menurut dr. Riana, batuk berdahak memang batuk yang sangat mengganggu karena batuk disertai lendir. Bahkan kalau lendir semakin banyak bisa membuat kita susah bernafas karena lendir tertahan di tenggorokan. Oleh karena itu kalau kita mendirta batuk sebaiknya jangan dibiarkan saja, segeralah dibawa ke dokter. Apalagi kalau yang menserita batuk anak-anak. Ketika anak mengalami demam diatas 38 derajat celcius dan dahaknya sudah berwarna kehijauan dalam kondisi seperti ini pastinya anak sulit bernafas dan sudah tidak nyaman, segera dibawa ke dokter agar segera pula diberi pengobatan.


para narasumber
Pada sesi talkshow mom Amallia menceritakan pengalamannya bagaimana menjaga kesehatan keluarga. Mom Amallia sendiri kalau batuk sering bikin obat dari bahan alami seperti jeruk nipis diperas dicampur kecap 1 sendok besar sedangkan untuk si kecil Rayyan 1 sendok kecil. Batuk memang bikin khawatir apalagi kalau dialami oleh anak rasanya nggak tega banget kan lihat anak batuk. Namanya anak kecil kita sebagai orang tua suka takut kan ya memberi obat batuk sembarangan, khawatir ada efek samping. "Ternyata ada Bisolvon Kids rasa strawberry pula, Rayyan pasti suka nih," ujar mom Amallia. Makanya mulai sekarang mom Amallia mau sedia Bisolvon terus di rumah. Dan yang paling penting menurut mom Amallia nggak perlu jaga jarak dan nggak perlu pakai masker lagi, karena sudah ada Bisolvon untuk mengatasi batuk keluarga.



Tips Tetap Sehat di Masa Pancaroba

Tentunya kita ingin selalu sehat meskipun musim berganti dan memasuki masa pancaroba. Nggak enak banget kan kalau sakit.  Untuk itu dr. Riana berbagi tips agar tetap sehat di masa pancaroba.

1. Jaga Kebugaran Tubuh
Tetap olah raga secara rutin dan konsumsi vitamin agar badan tetap sehat dan bugar.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran
Pola makan harus dijaga, perbanyak konsumsi buah dan sayuran dan kurangi konsumsi makanan siap saji.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.

4. Persiapkan Diri Menghadapi Perubahan Cuaca
Harus lebih prepare lagi dengan perubahan cuaca, selalu bawa payung dan jas hujan.

5. Gunakan Masker 
Masker berguna untuk melindungi diri kita dari penyebaran virus.

6. Menjaga Kerbersihan Diri dan Lingkungan
Meskipun cuaca dingin karena hujan terus menerus bukan berarti kita jadi mager alias malas gerak dan malas mandi. Kebersihan diri dan mebersihkan lingkungan harus lebih ditingkatkan lagi karena perubahan cuaca seperti saat ini penyakit lain pun bisa mengancam.

Bisolvon Kalahkan Batuk Berdahak

Menurut mbak Mega, Bisolvon selama ini sudah kalahkan batuk berdahak di Indonesia selama lebih dari 45 tahun. Bisolvon juga memiliki varian lengkap mulai dari anak hingga dewasa. Biasanya kan kalau minum obat batuk setelah makan bagi sebagian orang menyebabkan asam lambung naik bukan? Tapi beda denga Bisolvon, karena bisa dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan jadi nggak ada efek samping.

Bisolvon memiliki rangkaian produk yang lengkap untuk kalahkan batuk berdahak, yaitu:
Bisolvon Extra

Bisolvon Extra dengan 2 aksi kalahkan batuk: dengan Bromhexine yang mengencerkan dahak dan Guafenasin untuk pengeluaran dahak. Dapat digunakan mulai dari umur 2 tahun dan tidak menyebabkan kantuk.



Bisolvon Kids: merupakan sediaan Bisolvon dengan rasa strawberry cocok untuk anak-anak sejak usia 2 tahun. Tersedia dalam kemasan 60 ml.

Bisolvon Tablet: merupakan sediaan praktis Bisolvon untuk batuk berdahak. Tersedia dalam kemasan 4s dan 10s.

Bisolvon Solution: sediaan Bisolvon yang bebas gula, cocok untuk pasien Diabetes dan anak-anak. Tersedia dalam kemasan 50ml.


Saran dari mbak Mega sebaiknya obat batuk yang sudah dikonsumsi dan setelah sembuh dari batuk masih bersisa sebaiknya tidak dikonsumsi lagi karena untuk menghindari perubahan kandungan obat karena udara disekitar dan tempat penyimpanan. Oke, ini noted banget. Karena yang namanya kemasan sudah dibuka kemudian disimpan kita nggak tahu apakah kandungan di dalamnya masih bagus atau sudah rusak. Apalagi disimpan di dalam kulkas, sangat tidak disarankan ya moms. Sebaiknya baca petunjuk cara penggunaan obat.

Saya happy banget dapat informasi dan edukasi dari talkshow di event blogger gathering ini. Setidaknya saya bisa antisipasi dan nggak panik kalau mengalami batuk berdahak, karena ada Bisolvon yang akan kalahkan batuk berdahak. Pastinya saya nggak khawatir lagi menghadapi masa pancaroba. Thanks to Bisolvon dan Fimela.com. 















You Might Also Like

28 comments

  1. Harus selalu jaga kesehatann lah, kalo sudah terjadi ini solusi yang tepat banget, informasinya bermanfaat sekali, terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  2. Musim pancaroba seperti ini kayaknya daya tahan tubuh menurun dan kita jadi mudah kena flu dan batuk yah mbak.

    Beneran harus menjaga kesehatan nih dan nyetok Bisolvon juga buat anak2 di rumah untuk persediaan.

    ReplyDelete
  3. Rame jika salah satu keluarga batuk maka kemungkinan akan tertular juga.

    Inilah yang akan membuat kita harus menutup jika batuk dan cuci tangan.

    Bisolvon memang bagus buat pengencer dahak

    ReplyDelete
  4. Menjaga badan tetap fit sebenarnya caranya sederhana ya. Namun ternyata cukup susah membiasakannya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mba..tips kesehatannya ok nih..pas diterapkan di musim pancaroba begini.

    ReplyDelete
  6. Bisolvon ini bagus yaa untuk batuk berdahak, kebetulan anak saya sedang batuk berdahak coba pakai Bisolvon ini deh. Musim pancaroba gini memang harus bisa menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  7. Iyayaa...jangan jauhkan yang dekat.
    Harusnya kaya flosofi handphone.

    "Mendekatkan yang jauh."

    Bisolvon bisa jadi solusi keluarga cerdas.

    ReplyDelete
  8. Paling sedih kalau anak udah kena batuk. Pengen ngedekin anak, tapi juga khawatir ketularan. Harus segera minum Bisolvon

    ReplyDelete
  9. Batuk memang ngga asik banget, beneran bikin kita jauh dari orang tersayang ya.. awal tahun 2019 aku batuk juga dan itu ngga enak banget, ngga bisa kemana-mana, mau dirumah aja.. dan aktifitas sama anak-anak juga jadi terbatas.. takut mereka tertular hiks.. sekarang memang harus sedia obat batuk dirumah, jadi kalo ada anggota keluarga yang batuk, langsung deh kalahkan batuknya

    ReplyDelete
  10. Duh, kalo udah kena batuk berdahak itu menderita banget deh. Jangan kan anak-anak, kita yang dewasa aja gak tahan. Kasian kalo anak-anak yang kena :'(

    ReplyDelete
  11. Paling gak enak emang batuk berdahak, ya mbak. Kayak aku tuh paling susah mengeluarkan dahak. Jadi harus pintar mencari obat batuk yang diperuntukkan bagi penderita batuh berdahak. Di rumah makanya aku selalu simpan Bisolvon, tapi kalo masih sisa dan udah kadaluarsa ya udah dibuang aja

    ReplyDelete
  12. Wah, varian Bisolvon ternyata lengkap ya mba. Bahkan ada yg buat penderita diabetes. Dan alu kyknya perlu beli yg Bisolvon Kids buat anakku nih. Soalnya dia kalau batuk susah disuruh minum obat. Moga aja dia suka rasanya.

    ReplyDelete
  13. Biasanya klo si adek batuk, saya kasi parutan kencur. Soalnya waktu itu umurnya belum 2 tahun. Kalau sudah 2 tahun sudah ada alternatif obat lain ya kalau home treatment belum berhasil.

    ReplyDelete
  14. Di musim pancatoba ini kudu lebih hati-hati ya soale gampang banget terserang penyakit apalagi anak-anak. Semoga aja ya kita sekeluarga sehat selalu dan jauh-jauh dari penyakit terutama flu dan batuk soale mengganggu tidur banget deh.

    ReplyDelete
  15. Wah sama nih di rumah pun ada yg sedang sakit..saya dana anak kedua, mau coba pke obat ini ah..

    ReplyDelete
  16. Iy nih msim pancaroba mesti hati2 mnjg kesehatan untugny ada bisolvon y utk mngusir batuk

    ReplyDelete
  17. Klo batuk itu emang ganggu banget ya Mbak. Udahlah yg leher gatal, plus klo berlendir harus dibuang kan biar gak nambah virus. Hmm, harus selalu sedia Bisolvon nih ya mulai sekarang. :)

    ReplyDelete
  18. taglinenya øke nih mba..jangan sampai menjauhkan yang dekat yaaa.. semoga kita bisa selalu sehat di musim yang pancaroba ini

    ReplyDelete
  19. Suka banget dengan judulnya 😍 memang sedang memasuki musim pencaroba, kudu menjaga kesehatan yah

    ReplyDelete
  20. Lagi musim hujan gini kelembaban tinggi ya mbak. Banyak mikroba yg tumbuh subur. Badan harua fit. Sedia Bisolvon nih di kotak obat.

    ReplyDelete
  21. Musim pancaroba emang bikin keki. Suka mengundang penyakit, khususnya batuk ya mbak. Betul sebaiknya jaga kebugara tubuh supaya gak gampang kena penyakit.

    ReplyDelete
  22. aku juga punya stok bisolvon mbak. banyak yang cocok ya, jaga kesehatan ya musim kaya gini.

    ReplyDelete
  23. Dulu dulu aku selalu minum bisolvon sirup kalau batuk, cocok sih. Tapi semenjak tau ada bisolvon tablet, lebih suka beli yg tablet karena praktis biat disimpan dan dibawa kemana2 :)

    ReplyDelete
  24. Lebih praktis memang obat dalam bentuk tablet ya mbak, gak khawatir juga tumpah kalau dalam perjalanan. Aku baru tau nih skr kenapa musim pancaroba identik dengan penyakit

    ReplyDelete
  25. Sudah umum terjadi, kalau ada yang lagi batuk suka buru-buru dijauhi. Takut ketularan hihihi..
    Jadi sebisa mungkin, tidak ada anggota keluarga yang terkena flu, harus disiplin menjalankan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  26. Batuk berdahak memang ngeselin ya mba, apalagi kalau yang kena anak kecil. Kesiaaan deh, mau ngeluarin dahak aja dia kesusahan. Orang dewasa aja sebel ya kalau terkena batuk berdahak.
    Perlu banget sediain obat batuk berdahak yang recomended seperti Bisolvon ini di rumah.

    ReplyDelete
  27. Sekeluarga harus sehat ya, karena kalo udah batuk tuh pasti menular. kalo ada yang kena batuk, harus segera dikasih Bisolvon.

    ReplyDelete
  28. Bisolvon jadi andalan banget ini kalo batuk beradahak menyerang mba tuty, apalagi di musim pancaroba beginian wajib ada di kotak kesehatan di rumah

    ReplyDelete