Karya Kreator, Seniman, dan Kolektor Menjadi Penentu Masa Depan NFT

Penentu Masa Depan NFT B lockchain, pasti tak asing lagi bagi para pelaku digital yang antusias dengan sistem keuangan ini. Blockchain saat ...

Bitcoin
Penentu Masa Depan NFT

Blockchain, pasti tak asing lagi bagi para pelaku digital yang antusias dengan sistem keuangan ini. Blockchain saat ini terus berkembang dan banyak sekali inovasi digital yang menyasar celah potensial. Seperti dunia kreatif yang saat ini berjejalan di jalan digital. Dimana pasar dunia kreatif kini menjadi sangat masif karena dipengaruhi oleh perkembangan digital. Ditandai banyaknya platform yang memberikan kesempatan karya-karya seni yang bernilai itu dimiliki oleh siapa saja. Dan begitu banyak bertebaran karya seni yang bisa dikoleksi dari market place dalam blockchain melalui NFT atau Non-Fungible Token. Sering disebut sebagai NFT Art atau Crypto Art.


Pengertian NFT atau Non-Fungible Token

Apa itu NFT? NFT adalah token yang tidak dapat ditukarkan. Token ini bersifat unik jadi tidak bisa menggantikan antara satu dengan yang lain meskipun yang bikin sama. Ibarat kita punya paspor yang sama-sama dibuat di imigrasi tapi kita nggak bisa saling tukeran atau saling pinjam.


Seniman atau pelaku seni yang berkarya seperti lukisan, foto, musik dan lain sebagainya dapat menjual karya di market place blockchain. Sejak tahun 2014 teknologi blockchain sudah menghadirkan NFT. Lalu semakin dikenal dan meroket pada Maret 2021 sejak digital artis bernama Mike Winkleman atau dikenal dengan Beeple menjual karya NFT “Everyday: The First 5000 Days” dengan rekor penjualan termahal di balai lelang Christie’s bernilai US$ 69,3 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun. Hal inilah yang menyebabkan NFT semakin dikenal oleh para seniman untuk lebih mengetahui bagaimana NFT bisa menjadi alat dalam meminting karya mereka ke dalam digital.


Pastinya di Indonesia sendiri NFT adalah sesuatu yang masih perlu dipahami sebagai alat untuk media meminting karya seniman secara aman. Secara praktek plagiarisme di Indonesia masih terbilang sangat tinggi. NFT menjadi salah satu jawaban yang mungkin saja mampu menjadi bagian dalam sistem yang menjaga hak cipta karya para seniman agar tak mudah menjadi target plagiarisme, karena keunggulan NFT yang mencatatkan satu kepemilikan karya yang tidak bisa di duplikasi. Sehingga menambah nilai kelangkaan karya seniman tersebut. NFT juga bisa menjadi pilihan untuk para seniman dan kreator untuk tetap produktif dan memasarkan karya mereka dalam format digital meski masih dalam situasi pandemi seperti saat ini. 


NFT Marketplace
NFT (Non-Fungible Token)

Memahami digital sesungguhnya tidak selalu rumit, namun berkarya seni bisa jadi menjadi hal yang paling rumit untuk dilakukan dan dihasilkan menjadi sebuah karya. Kesadaran apresiasi terhadap karya seni semacam ini tidaklah banyak di negeri ini. Kesadaran memahami karya seni lalu menjadi nilai apresiasi tinggi masih saja memiliki kendala tersendiri bagi penduduk Indonesia. Sebab baik seniman dan kolektor masih saja terasa asing menggunakan digital sebagai medium market dan sekaligus menjaganya dari duplikasi atau plagiarisme. NFT menjadi solusi digital yang membuat karya seni hasil cipta para seniman dan kreator menjadi lebih secure, juga menambah nilai seni yang dimilikinya. 

Indonesia yang memiliki banyak sekali artis dan kreator namun juga belum terekspos secara baik secara global. NFT memberikan peluang lebih luas karya seni mereka menjadi lebih mudah mendapat apresiasi dari lokal maupun seluruh dunia. Bahkan tidak hanya karya seninya saja, para kolektor pun memiliki sudut pandang yang baik terhadap karya yang menjadi incaran koleksinya. Kreator tetap mendapat nilai royalti dari NFT meski karya telah berpindah tangan ke kolektor lain. Dan bagi kolektor rasa kepemilikan dan keaslian karya NFT dari artis yang disukai menjadi daya tarik untuk memiliki NFT.  Sebab NFT juga memungkinkan nilainya ditukarkan ke dalam bentuk fisik atau bisa menjadi investasi jangka panjang. 

So, kalian sudah paham kan tentang NFT? Masa depan NFT cukup menjanjikan bagi kreator dan seniman. Intinya kalau kalian seniman atau kreator dan menjual hasil karya kalian di marketplace khusus NFT orang lain nggak bisa mengklaim karya seniman aslinya, karena semua data di record di blockchain nggak bisa di edit tapi bisa diakses publik. Nah, jadi karya seni kalian dalam bentuk digital bisa kalian jual melalui platform NFT Marketplace salah satunya TokoMall

TokoMall Platform NFT Marketplace Untuk Menjembatani Dunia Digital dan Realita

TokoMall adalah pelopor pasar NFT di Indonesia yang memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dengan realita. Platform ini sangat mendukung merek, artis, dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi mereka ke panggung dunia. Selain sebagai koleksi, NFT yang diluncurkan di TokoMall memiliki kegunaan lain dimana NFT bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra eksklusif yang bekerjasama dengan TokoMall.


NFT Marketplace
TokoMall - NFT Marketplace
Kehadiran TokoMall diharapkan menjadi wadah teman-teman kreator lokal di Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya. Pastinya teman-teman kreator diberikan kebebasan untuk berkreasi. Yuk, terus berkreasi tanpa khawatir plagiarisme.








You Might Also Like

0 comments