Karya Seniman Menjadi Penentu Masa Depan NFT

Penentu Masa Depan NFT B lockchain, pasti tak asing lagi bagi para pelaku digital yang antusias dengan sistem keuangan ini. Blockchain saat ...

Bitcoin
Penentu Masa Depan NFT

Blockchain, pasti tak asing lagi bagi para pelaku digital yang antusias dengan sistem keuangan ini. Blockchain saat ini terus berkembang dan banyak sekali inovasi digital yang menyasar celah potensial. Seperti dunia kreatif yang saat ini berjejalan di jalan digital. Dimana pasar dunia kreatif kini menjadi sangat masif karena dipengaruhi oleh perkembangan digital. Ditandai banyaknya platform yang memberikan kesempatan karya-karya seni yang bernilai itu dimiliki oleh siapa saja. Dan begitu banyak bertebaran karya seni yang bisa dikoleksi dari market place dalam blockchain melalui NFT atau Non-Fungible Token. Sering disebut sebagai NFT Art atau Crypto Art.


Pengertian NFT atau Non-Fungible Token

Apa itu NFT? NFT adalah token yang tidak dapat ditukarkan. Token ini bersifat unik jadi tidak bisa menggantikan antara satu dengan yang lain meskipun yang bikin sama. Ibarat kita punya paspor yang sama-sama dibuat di imigrasi tapi kita nggak bisa saling tukeran atau saling pinjam.


Seniman atau pelaku seni yang berkarya seperti lukisan, foto, musik dan lain sebagainya dapat menjual karya di market place blockchain. Sejak tahun 2014 teknologi blockchain sudah menghadirkan NFT. Lalu semakin dikenal dan meroket pada Maret 2021 sejak digital artis bernama Mike Winkleman atau dikenal dengan Beeple menjual karya NFT “Everyday: The First 5000 Days” dengan rekor penjualan termahal di balai lelang Christie’s bernilai US$ 69,3 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun. Hal inilah yang menyebabkan NFT semakin dikenal oleh para seniman untuk lebih mengetahui bagaimana NFT bisa menjadi alat dalam meminting karya mereka ke dalam digital.


Pastinya di Indonesia sendiri NFT adalah sesuatu yang masih perlu dipahami sebagai alat untuk media meminting karya seniman secara aman. Secara praktek plagiarisme di Indonesia masih terbilang sangat tinggi. NFT menjadi salah satu jawaban yang mungkin saja mampu menjadi bagian dalam sistem yang menjaga hak cipta karya para seniman agar tak mudah menjadi target plagiarisme, karena keunggulan NFT yang mencatatkan satu kepemilikan karya yang tidak bisa di duplikasi. Sehingga menambah nilai kelangkaan karya seniman tersebut. NFT juga bisa menjadi pilihan untuk para seniman dan kreator untuk tetap produktif dan memasarkan karya mereka dalam format digital meski masih dalam situasi pandemi seperti saat ini. 


NFT Marketplace
NFT (Non-Fungible Token)

Memahami digital sesungguhnya tidak selalu rumit, namun berkarya seni bisa jadi menjadi hal yang paling rumit untuk dilakukan dan dihasilkan menjadi sebuah karya. Kesadaran apresiasi terhadap karya seni semacam ini tidaklah banyak di negeri ini. Kesadaran memahami karya seni lalu menjadi nilai apresiasi tinggi masih saja memiliki kendala tersendiri bagi penduduk Indonesia. Sebab baik seniman dan kolektor masih saja terasa asing menggunakan digital sebagai medium market dan sekaligus menjaganya dari duplikasi atau plagiarisme. NFT menjadi solusi digital yang membuat karya seni hasil cipta para seniman dan kreator menjadi lebih secure, juga menambah nilai seni yang dimilikinya. 

Indonesia yang memiliki banyak sekali artis dan kreator namun juga belum terekspos secara baik secara global. NFT memberikan peluang lebih luas karya seni mereka menjadi lebih mudah mendapat apresiasi dari lokal maupun seluruh dunia. Bahkan tidak hanya karya seninya saja, para kolektor pun memiliki sudut pandang yang baik terhadap karya yang menjadi incaran koleksinya. Kreator tetap mendapat nilai royalti dari NFT meski karya telah berpindah tangan ke kolektor lain. Dan bagi kolektor rasa kepemilikan dan keaslian karya NFT dari artis yang disukai menjadi daya tarik untuk memiliki NFT.  Sebab NFT juga memungkinkan nilainya ditukarkan ke dalam bentuk fisik atau bisa menjadi investasi jangka panjang. 

So, kalian sudah paham kan tentang NFT? Masa depan NFT cukup menjanjikan bagi kreator dan seniman. Intinya kalau kalian seniman atau kreator dan menjual hasil karya kalian di marketplace khusus NFT orang lain nggak bisa mengklaim karya seniman aslinya, karena semua data di record di blockchain nggak bisa di edit tapi bisa diakses publik. Nah, jadi karya seni kalian dalam bentuk digital bisa kalian jual melalui platform NFT Marketplace salah satunya TokoMall

TokoMall Platform NFT Marketplace Untuk Menjembatani Dunia Digital dan Realita

TokoMall adalah pelopor pasar NFT di Indonesia yang memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dengan realita. Platform ini sangat mendukung merek, artis, dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi mereka ke panggung dunia. Selain sebagai koleksi, NFT yang diluncurkan di TokoMall memiliki kegunaan lain dimana NFT bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra eksklusif yang bekerjasama dengan TokoMall.


NFT Marketplace
TokoMall - NFT Marketplace
Kehadiran TokoMall diharapkan menjadi wadah teman-teman kreator lokal di Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya. Pastinya teman-teman kreator diberikan kebebasan untuk berkreasi. Yuk, terus berkreasi tanpa khawatir plagiarisme.








You Might Also Like

23 comments

  1. JAdi teringat temenku yang seorang seniman, melukis adalah hobbynya dan untuk membunuhh waktu yang menghasilkan, karena ikutan bergabung dan menjual karya di market place blockchain. Apalagi sekarang adanya TokoMAll, semoga saja makin pada kreatif dan wadah buat mereka kreator lokal di Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya. Aku infoin ahh ke temenku.

    ReplyDelete
  2. Sering banget dengar tentang NFT belakangan ini. Kemarin-kemarin tuh bertanya-tanya, NFT apaan ya? soalnya teman-teman saya pada semangat bahas dan lagi senang-senangnya berkarya. Jadi sedikit tercerahkan deh setelah baca postingannya.

    ReplyDelete
  3. Bagus sekali kehadiran Toko Mall ini menjembatani dunia digital dengan realita :) Para seniman dan kreator dapat nilai senin yang dimiliki, lebih merasa aman dan nyaman juga dengan adaya NFT :) Jadi hasil karya ga bisa diduplikat ya, tingkat keamanannya tinggi sekali. Memasarkan karya bisa melalui platform ini sehingga memudahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkreasi tanpa khawatir plagiarisme pasti jadi impian para kreator ya. Keberadaan TokoMall yang menjembatani dunia digital dan realita tentu jadi solusi bagi semua. Enggak lagi khawatir, kreator dibajak hasil karyanya

      Delete
  4. Seriusan aku baru ngerti tentang NFT ini, malah ada NFT marketplace segala ya. Kayaknya cocok buat adik iparku nih, dia seniman lukis tapi masih bingung buat ekspos karyanya.

    ReplyDelete
  5. Makin di apresiasi karya yang mereka buat masuk ke toko mall. Bukan masalah yang tapi masalah pengakuan sebuah pemikiran yang harus di hargai

    ReplyDelete
  6. Keren sekali sih dengan adanya Toko Mall teman2 seniman punya wadah yang aman dan nyaman untuk memasarkan karyanya. Hari gini semuanya sudah serba digital, sudah waktunya para seniman go digital juga yah melalui Toko Mall

    ReplyDelete
  7. Jadi mulai sedikit paham tentang blockchain dan NFT ini.
    Menarik sekali, karya seni bisa dijual di market place blockchain ini ya.
    Barusan langsung intip2 TokoMall karena penasaran hahaha, unik-unik juga karya seni dari teman-teman kreator lokal di Indonesia yang dipamerkan di sana.

    ReplyDelete
  8. Indonesia memang terkenal sebagai negara yang banyak warganya jadi plagiator. Jangankan karya seni untuk tulisan di blog pun banyak yang plagiat. Semoga dengan kehadiran nft ini bisa melindungi para seniman dan karyanya. Dengan begitu mereka akan semakin terpacu melahirkan karya-karya bermutu tanpa harus ketakutan akan dipelajari oleh orang yang tak bertanggung jawab

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu nih tentang NFT. Para seniman tak perlu takut lagi kalau karyanya Anna ditiru. Semua record sudah jelas. Pasti akan malu sendiri kalau melakukan plagiat. Enka juga nih kalau ke tokomall, bisa dapat berbagai karya seni tanpa harus mondar+mandir hehe

    ReplyDelete
  10. Para seniman dan kreator punya satu wadah yang asik. Semoga aja NFT semakin menambah semangat untuk berkarya. Pastinya karya yang dijual di marketplace ini berkualitas, ya

    ReplyDelete
  11. Aku pikir ini semacam saham, tapi bukan ya. Sempet lihat tadi hasil karya di TokoMall nya, karya-karyanya unik dan bagus-bagus, sesuai juga sama harganya.

    ReplyDelete
  12. Platform yang unik nih...akukira buat blnja kayak marketplace gitu..ternyata bukan ya..hehe..Smoga makin banyak yang nemanfaatkan ini termasuk para konten kreator ya..karena kayaknya asik nih platformnya

    ReplyDelete
  13. Wah, ini unik banget. Aku baru tau tentang NFT. Selama ini penikmat lukisan saja. Semoga dengan dengan adanya platform ini makin banyak yang tahu.

    ReplyDelete
  14. Unik namanya ya Toko mall dan bagus juga terkait NFT yang baru pertama kali aku ketahui. Jadi nambah ilmu nih mba

    ReplyDelete
  15. Emang kalau kena plagiat itu ngeselin yaa
    Para kreator kudu hati2 menjual karyanya, cari platform terbaik, untung ada NFT ini ya mbak
    Apalagi di Indonesia banyak org kreatof, cuma blm banyak yg terkenal aja hehe
    Ini kesempatan utk menunjukkan karya2nya ya

    ReplyDelete
  16. Dengan optimasi karya menggunakan TokoMall, semoga semua karya seniman bisa dinikmati dan dihargai oleh lebih masyarakat luas.

    ReplyDelete
  17. wah jujur, aku baru tahu tentang NFT ini mbak
    dengan ini bisa semakin mendorong para seniman untuk terus berkreasi ya mbak

    ReplyDelete
  18. Jadi ingat cerita-cerita desain grafis yang jasanya diambil gratisan atau sok-sok harga teman dan lainnya. Padahal mereka juga seniman dan karyanya wajib dihargai. NFT bagus juga ya dan buka peluang untuk seniman

    ReplyDelete
  19. Wah insight baru nih, aku gak tau NFT sebelumnya mbak. Keren juga nih ada TokoMall gini, jadi para seniman dan konten kreator nggak perlu bingung lagi pamerin karya ke mana ya, udah ada platformnya.

    ReplyDelete
  20. Menarik yaa karya seniman dalam bentuk digital sangat rawan diduplikasi. Dengan NFT ini jadinya keaslian bisa dideteksi. Walau aku belum kebayang gimana, apakah seperti keunikan QR Code atau apa yah

    ReplyDelete
  21. Plagiarisme ini memang musuh utama para seniman maupun konten kreator ya. Dan sayangnya, tingkat plagiarisme di negara kita ini masih sangat tinggi. Kehadiran tokomall dengan NFT nya bisa jadi harapan bagi seniman untuk terus berkarya tanpa takut pada plagiasi hasil karyanya

    ReplyDelete
  22. Beberapa kali baca caption tentang NFT tapi belum paham betul apa maksudnya. Jadi ngerti deh dari postingan ini. Dengan begini seniman tetap mendapatkan penghargaan dari hasil karyanya ya. Selain itu juga jangkauan pemasaran dan penikmat seni jadi makin luas karena sudah ada yang fokus memamerkan.

    ReplyDelete

Canva Magic Write