Pesona Taman Simalem "Pearl Of Lake Toba"

D anau Toba yang berada di Parapat Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata favor...

Taman Simalem Resort

Danau Toba yang berada di Parapat Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Danau Toba yang terbentuk akibat letusan gunung Toba ratusan tahun lalu ini, menjadi letusan gunung terdahsyat sepanjang sejarah, dan merupakan danau kawah terbesar dan terdalam di dunia. Saya yakin kalau teman-teman berkunjung kesini bakalan berdecak kagum dan terpesona, karena sejauh mata memandang danau ini memang sangat luas. Dan uniknya lagi ada pulau di tengah-tengah Danau Toba, yaitu Pulau Samosir. Memerlukan perjalanan dengan kapal kecil untuk menyebrang menuju Pulau Samosir. Tapi kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengunjungi suatu tempat yang merupakan destinasi wisata yang super keren dan nggak jauh dari Danau Toba, yakni Taman Simalem.


Taman Simalem Resort
ampitheatre
Kalau dengar namanya seperti terdengar taman semalem, jangan salah sebut ya. Taman Simalem artinya nyaman dan sejuk. Memang cocok sih diartikan sebagai taman yang nyaman dan sejuk, karena letaknya yang jauh dari pusat kota dan karena berada di dekat pegunungan, udaranya sangat sejuk. Taman Simalem terletak di perbukitan sebelah barat Danau Toba. Jarak tempuh 45 menit dari kota wisata Berastagi dan kurang lebih 3 jam melalui perjalanan darat dari Medan, ibukota provinsi Sumatra Utara. Jadi kalau teman-teman melakukan perjalanan darat dari Medan, bisa melewati tempat wisata Berastagi juga. Sewaktu saya ke Taman Simalem Resort, saya dan teman-teman saya terlebih dahulu mampir ke Berastagi, kemudian ke Taman Simalem baru deh keesokan harinya ke Pulau Samosir. Kalau teman-teman melancong ke Medan wajib banget mengunjungi 3 lokasi ini, karena kalian bakal nyesal. Suer!


Taman Simalem Resort
Pearl Of Lake Toba
Seandainya di sekitar Danau Toba dibangun bandara, saya yakin akan banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Karena untuk wisatawan yang khusus ingin berkunjung ke Danau Toba nggak perlu beli tiket pesawat tujuan Medan lagi, tapi bisa langsung ke Danau Toba  tanpa harus berlama-lama melewati jalur darat dari bandara Kuala Namu, Medan. Ya, meskipun begitu ke Medan banyak kok flight dan maskapai yang terbang kesini. Misalnya Citilink, Batik Air, Garuda, Lion Air dan Sriwijaya, yang mana masing-masing maskapai memiliki schedule terbang ke Medan lebih dari sekali.


Taman Simalem Resort
Taman Simalem Resort
perbukitan
Sebenarnya Taman Simalem atau lebih lengkapnya Taman Simalem Resort ini nggak cuma objek wisata pemandangan Danau Toba saja loh, tapi juga pegunungan. Ini merupakan kawasan ekowisata yang menggabungkan daerah tujuan wisata dengan konsep pertanian. Banyak tanaman buah-buahan khas Sumatera Utara disini. Jadi buat teman-teman yang merokok, puasa dulu ya merokoknya karena disini kawasan bebas asap rokok. Tentu saja karena udaranya sejuk, sayang kalau tercemar dengan asap rokok, kasihan juga dengan pengunjung lain yang benar-benar ingin refreshing dan mencari udara segar. Saya senang berada disini, benar-benar tempat wisata yang bebas polusi.


Taman Simalem Resort







Banyak jenis tanaman dan pepohonan disini. Begitu masuk ke kawasan Taman Simalem Resort saja kita sudah disambut dengan pohon-pohon kayu manis di kiri kanan jalan, aroma rempah nya sangat terasa. Semua tanaman dan pepohonan sangat dirawat dengan baik oleh pengelola lokasi ekowisata ini.
Kita juga bisa melihat langsung tempat pembibitan bunga dan berbagai jenis tanaman seperti markisa, jeruk, jambu biji, teh, kopi, dan tanaman lain di Taman Simalem ini. Semua tanaman ditanam secara organik disini, tanpa pupuk kimia dan obat-obat kimia lain. Bahkan sampai makanan dan minuman yang disediakan semuanya serba organik alias tanpa bahan pengawet dan penyedap. 

Taman Simalem Resort
Pangambatan Valley 
Taman Simalem Resort menjadi tempat pertanian Loquat terbesar di Indonesia juga perkebunan buah Markisa terbesar di Sumatera Utara. Kalau teman-teman liburan di Taman Simalem, teman-teman juga akan melihat banyak orang yang melakukan riset disini. Selain resort mewah, ada juga perkemahan, pondok penginapan dengan pemandangan Danau Toba juga ada pondok penginapan di dalam hutan.

Taman Simalem Resort
Camping Zone

Perbukitan, pegunungan, pepohonan semuanya tampak alami, begitu juga dengan sungainya. Batu-batuan sungai yang besar, air yang mengalir dari pegunungan begitu jernih. Kita bisa menikmati deru air sungai di area Riverside Place dengan menyewa gazebo atau tikar. Dijamin bikin ngantuk dan bisa terlelap.

Taman Simalem Resort
Riverside Place

Bagi yang suka sepedaan, tersedia juga sepeda yang disewakan disini. Puas banget kan, kita bisa mengitari area-area Taman Simalem ini dengan bersepada sambil menghirup sejuknya udara pegunungan, teman-teman pasti betah.


Taman Simalem Resort
Jangan sampai terlewatkan juga merasakan serunya wall climbing, berjalan diatas jembatan tali, dan kegiatan outbound lainnya yang pastinya menguji nyali.


Taman Simalem Resort

Banyak fasilitas yang ada  di Taman Simalem Resort, seperti Handicraft Centre, Kodon Kodon Cafe, Toba cafe, Tea House, 9 Hole Gorat Ni Padang Golf Course, Agro Mart & Cafe, Pearl Of Lake Toba, Buddhist Temple, Labyrinth, Ampitheater yang dapat menampung hingga 1500 pengunjung dengan Danau Toba sebagai latar belakangnya, Tongging Point Hotel & Tongging Point Lodge, Waterfall Lodge, Karo Agrotourism Farm. Dan belum semuanya berhasil saya dokumentasikan karena kurang panjang waktu liburnya dan kekurangan memory card hehe. Oh ya, jangan khawatir kaki pegal untuk menuju ke lokasi yang diinginkan, karena menuju ke beberapa fasilitas disediakan golf car.

Taman Simalem Resort
Agro Mart and Cafe
Taman Simalem Resort
semua sayur dan buah 100 persen organik

Agro Mart seperti mini market yang ada di lokasi Taman Simalem Resort. Disini kita bisa melihat banyak macam buah dan sayuran yang 100 persen organik. Selain buah dan sayuran disini juga menjual minuman segar di cafenya seperti jus, teh dan kopi yang bisa langsung diminum. Semua produk yang ada di Agro Mart ini adalah hasil tanam di kebun Taman Simalem. Kita juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau untuk di konsumsi sendiri. Teh organik dan kopi organik juga enak loh.

Taman Simalem Resort
Buddhist Temple (belum jadi saat saya kesana)






Saran saya kalau mau liburan dan melakukan perjalanan darat jangan pas weekend, dijamin macet. Karena sama seperti jalurnya puncak di Bogor kalau lagi weekend macet banget. Usahakan ambil waktu liburan pas weekday saja, jadi nggak terlalu padat. Trus, jangan lupa bawa kamera, power bankcharger, memory card dan perlengkapan lain untuk hunting foto. Kenapa? Pemandangannya bagus banget, banyak spot-spot bagus disini. Jangan seperti pengalaman saya yang kelupaan bawa tambahan memori, padahal saya dan suami beda kamera dan menggunakan memory card masing-masing, tapi tetap saja masih kurang. 


Taman Simalem Resort
ampitheatre
Menikmati liburan di Taman Simalem ini asyiknya dengan orang-orang terdekat, baik sahabat, keluarga, bahkan pujaan hati. Lebih baik booking tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan untuk liburan ke Taman Simalem. Lumayankan kalau dapat tiket yang rada murah, syukur-syukur dapat harga tiket dan hotel yang lagi ada program promo, tinggal nabung buat pengeluaran lainnya selama liburan terutama oleh-oleh. 






You Might Also Like

42 komentar

  1. Kakak, foto sinar matahari yang menembus pepohonan itu epic bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil foto suami say, masih banyak lagi say foto-foto epic lainnya hihi *sokpamer

      Hapus
  2. wuaaaa, pemandangannya asyik bangeettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin betah mbak May, 3 hari nggak cukup :D

      Hapus
  3. Danau Toba dan Taman Simalem memang cantiknya luar biasa! Bangga rasanya jadi orang Medan. Hehehe. Foto-fotonya bagus banget, Tuty... sukaaa! Ada mampir ke one tree hill nya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak..bangga jadi orang Medan, sempat ke one tree hill tapi foto-fotonya hilang karena memory card nggak cukup huhuhu sedih

      Hapus
  4. Wah, cakep banget ya tempatnya. Selama ini yang banyak dibahas Danau Tobanya. Taman Simalemnya belom banyak tahu. TFS, mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini termasuk destinasi wisata baru..keren banget

      Hapus
  5. Aku blom prnh ke sini mak.. Besok2 dah kalu mudik ke sini sejuk ya kayknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib mak, sekalian pindahan aja soalnya dijamin males pulang haha

      Hapus
  6. pasti sejuk banget ya disana? :D
    bukitnya cantikk sayuranya juga seger seger banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sejuk banget, serba natural dan organik disini :)

      Hapus
  7. Tempatnyaa keliatan nyaman dan sejuk banget mbaa Tuty ;)

    BalasHapus
  8. Keren bgt danau toba skrg ya kak. Aku dulu kesini 2007 masih biasa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini disebelah barat Danau Toba nya mbak, Taman Simalem Resort namanya :)

      Hapus
  9. Postingan ini mengingatkanku pada masa-masa indah saat tinggal di Medan. Setiap tahun perusahaan di mana aku bekerja tuh suka ngajakin seluruh karyawan tamasya dan nginep di danau toba. Dan... it's a very wonderful moments!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesona Danau Toba membuat selalu ingin kembali mengunjungi ya mbak

      Hapus
  10. aaah toba, semua sisinya indah untuk di eksplore ya mba. pingin ke sana lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Ophie, sesekali berkunjung ke Taman Simalem nya sejuk bangeet

      Hapus
  11. Udah lama pengin ke Danau Toba, katanya indah banget ya, dan betul lihat foto ini ok rasanya memang benar indah ya. Ada taman semalem yang belum kutahu. Tahunya samosir aja. Kapan ya bisa ke sana. Makasih ceritanya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa berkunjung kesini ya... Oh ya btw namanya Taman Simalem , bukan taman semalem hehe

      Hapus
  12. Gini nih kalau main ke blognya Mba Tuty, galau pengen jalan-jalan. Huwaaaa...
    Wishlist bangeeet bisa jalan2 ke Danau Toba Mba. Ini juga masuk daftar, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn...semoga terkabul ya mbak bisa liburan ke Taman Simalem :)

      Hapus
  13. Melihat foto2nya seolah diajakin ke sana sama Mbak Tuti. Baru tau soal Taman Simalem jg. Bisa sekalian jalan ke Danau Toba TFS Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mak, sekali jalan harus melewati semuanya sekalian, Berastagi, Danau Toba dan Taman Simalem :D

      Hapus
  14. wah..postingan yang begini nih yang bikin emak2 di rumah galau sedunia. Mupeeng sangaaat,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...ayo mak liburan ke Taman Simalem :D

      Hapus
  15. Jadi danau toba itu jauh ya mba dari Medan, baru tau aku ..

    BalasHapus
  16. Tulisan menarik. Terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz yah :)

    BalasHapus
  17. bbrapa bulan yg lalu sy jalan2 jg k sni... Danau toba memang salah satu destinasi yg rekomended lah...
    btw salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai,salam kenal...iya nih recomended banget :)

      Hapus
  18. Mba Tuty ini memang bener-benar Indah banget, harus kesana aku, semoga bisa terkabul keinginan ini amiin2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin...semoga terkabul ya salman :)

      Hapus
  19. aaaaaaa. wishlist aku :)
    makasih mbakkkkkkkkkkkkkkk.....
    aku sampe menulis di list destinasi aku :3

    BalasHapus