Peran Martha Tilaar Innovation Center (MITC) yang Selalu Mengembangkan Produk dengan Riset dan Teknologi

H aloo para perempuan hebat dan cantik! Sudah dandan belum hari ini? Kenapa saya panggil perempuan itu hebat? Yups , karena menurut saya...


Haloo para perempuan hebat dan cantik! Sudah dandan belum hari ini? Kenapa saya panggil perempuan itu hebat? Yups, karena menurut saya semua perempuan itu selain dianugerahi Yang Maha Kuasa kehebatan sebagai seorang istri, ibu yang bisa melahirkan dan membesarkan anak bahkan banyak juga perempuan cerdas yang terjun sebagai wanita karir. Semua bisa dilakoni sesuai situasi dan kondisi. Gimana nggak hebat coba?

Apapun peran perempuan di muka bumi ini, perempuan tetaplah perempuan. Mereka tetap ingin terlihat cantik untuk menjaga pesonanya. Terlebih perempuan dewasa ya. Pokoknya perempuan itu nggak jauh- jauh dari dandan dan make up meskipun ada yang lebih suka berpenampilan apa adanya atau natural looks. Tapi setidaknya yang namanya bedak dan lipstik itu pasti punya.

Ngomongin make up sudah pasti kita mengenal berbagai produk kecantikan termasuk brand yang lumayan banyak saat ini, baik lokal maupun internasional. Sekarang banyak banget kan berbagai merk produk kecantikan yang berjejer di pasaran. Produk-produk itu semuanya bikin kita mupeng apalagi kalau lihat iklannya. Lihat iklan yang satu langsung deh pengin beli, lihat iklan yang lain lagi pengin nyobain juga, haha! Cewek banget. Eits, tapi hati-hati juga ya soalnya produk abal-abal banyak juga loh yang beredar bebas di pasaran. Jadi gimana dong cara mendapatkan produk kecantikan yang aman dan berkualitas? Menurut saya sih pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi iklim di negara kita sendiri. Apalagi produk tersebut telah teruji klinis dan sudah lama eksis di pasaran. Seperti produk kecantikan dari Martha Tilaar.

Mendengar kata Martha Tilaar tentu sudah tidak asing lagi kan ya? Pasti pada setuju! Dari zamannya ibu saya masih produktif produk yang dipakai ya Martha Tilaar, seingat saya ibu tuh pakai produk Sariayu mulai dari pelembap, alas bedak, sampai bedak tabur nya. Makanya saya pun udah tau dengan produk ini sedari sekolah. Malah zaman SMP ganjen banget pakai alas bedak nya ibu, haha! Maklum yah saat itu masih remaja, dan mulai puber. Zaman kerja malah produk makeup saya PAC semua, suer! Mulai dari lipstick, bedak tabur, bedak padat, blush on, eye shadow, pokoknya PAC semua. Cinta banget sama PAC. Sampai sekarang beberapa produk PAC masih tetap saya pakai.


produk Martha Tilaar yang masih setia menemani
Beberapa waktu lalu saya mengikuti Afternoon Tea Gathering di Por Que No Resaturant yang beralamat di Jln. HOS Cokroaminoto Menteng, Jakarta. Event ini sekaligus memperingati 20 tahun MITC dengan tema Bikin Indonesia Bangga, dan dihadiri langsung oleh Kilala Tilaar, Corporate Creative and Innovative Director PT Martina Berto Tbk, dan DR. Intan R. Mutiaz, M. Ds, Dosen ITB.

Martha Tilaar hampir 50 tahun  mempercantik Indonesia. Berawal dari mimpi pendiri Martha Tilaar Group yaitu Dr. (H.C) Martha Tilaar untuk selalu mempercantik perempuan Indonesia dan dunia. Dengan tidak hanya menghasilkan produk-produk kecantikan yang berkualitas tapi juga memberikan pendidikan kecantikan, serta pelatihan keterampilan untuk para perempuan. Hebat banget deh ibu Martha Tilaar. Meskipun produk lokal, produk- produk Martha Tilaar tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini tidak lepas dari peran Martha Tilaar Innovation Center (MITC). MTIC terdiri dari para scientist dan inovator yang mengembangkan produk dengan riset dan teknologi.



Latar belakang yang mendasari dibangunnya MTIC adalah karena kegelisahan dan idealisme Dr. (H.C) Martha Tilaar melihat bagaimana produk lokal selalu dipandang sebelah mata dan dianggap tidak berkualitas karena tidak ada riset yang mendukung.  Berkat kerja keras Dr. (H.C) Martha Tilaar dan MTIC, produk Martha Tilaar Group seperti Sariayu, PAC, Biokos, Dewi Sri Spa, Solusi dan lainnya yang berada di bawah naungan PT Martina Berto.Tbk, kini diakui manfaatnya secara scientific.



Kita tentu tau negara kita Indonesia sangat kaya akan hasil alamnya ya. Inilah yang menjadi fokus Dr. (H.C) Martha Tilaar. Beliau melihat banyak bahan bahan eksotis Indonesia yang ada tidak dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal, baik oleh masyarakat Indonesia maupun pemerintah, tapi justru malah dimanfaatkan dan diklaim oleh negara lain. Duh, sayang bangetkan! MTIC yang dilengkapi laboratorium dan peralatan berteknologi canggih tidak hanya aktif dalam memproduksi produk-produk kecantikan atau kesehatan, penelitian tanaman Indonesia, tapi juga aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak baik di dalam ataupun di luar negeri. Sustainable Innovation melalui kolaborasi menjadi salah satu motivasi dan mimpi besar dari MTIC.

Dibawah tim riset dan pengembangan yang berkompetensi tinggi, produk-produk kecantikan diciptakan dengan menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang ramah lingkungan. MTIC bekerjasama dengan Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan Kemenristekdikti-MTIC Award yang dimulai pada tahun 2007 untuk membantu innovator muda berkontribusi dan juga menjembatani dengan dunia usaha. Dengan Award ini berusaha menjaring inovator yang memiliki ide, riset dan penemuan bahan bahan alami Indonesia untuk bisa dikembangkan dan berguna bagi dunia industri. Salah satu contohnya adalah inovasi dari pemenang yaitu makroalgae spirullina yang telah dikembangkan dan digunakan dalam salah satu produk dari Martha Tilaar Group. 

Kilala Tilaar
Menurut Kilala produk-produk dari Martha Tilaar Group adalah brand kecantikan Indonesia pertama yang mampu mengalahkan dominasi produk internasional di Indonesia. Teknik marketingnya sendiri dengan mengkampanyekan konsep clean beauty dengan 3 filosofi, yaitu: 
1.    Clean ingredients ( no toxic dan tanpa bahan- bahan kontroversial yang berbahaya)
2.    Clean environment ( prosesnya ramah lingkungan dan no animal testing, 100% halal)
3.    Clean skin (aman dan tidak iritasi di kulit) 


DR. Intan R. Mutiaz
Dr. (H.C) Martha Tilaar berpesan Indonesia harus bangkit lewat inovasi, paling tidak salah satu bahan alam asli Indonesia harus mendunia. Kilala juga menuturkan bahwa setiap inovasi yang lahir dari MTIC akan selalu membawa nama harum bagi Indonesia karena ini murni hasil anak bangsa. MTIC akan terus membuka pintu kerja sama kepada semua pihak baik pemerintah, perguruan tinggi, para peneliti baik lokal ataupun internasional yang ingin sama-sama menciptakan kebaikan baru melalui inovasi.

Saya salut banget dengan inovasi-inovasi nya Martha  Tilaar Group. Yang pastinya selalu bikin Indonesia bangga karena produk lokal nya. Honestly saya tersentuh banget sewaktu mas Kilala bialng jangan bangga pakai produk luar karena meski katanya halal tapi kita nggak tau proses pembuatannya apalagi produk yang dibuat di luar itu kan belum tentu cocok dengan kita yang punya iklim tropis. Thanks to Martha Tilaar yang selalu menginspirasi.





You Might Also Like

0 comments