Inovasi Digital Home Credit Indonesia dengan Aplikasi “My Home Credit”

B iasanya kalau kita lagi  window shopping  ke mall atau lagi jalan ke pertokoan keinginannya suka berbelok dari pada kebutuhan. Niatn...


Biasanya kalau kita lagi window shopping ke mall atau lagi jalan ke pertokoan keinginannya suka berbelok dari pada kebutuhan. Niatnya beli kamera tipe A setelah lihat kanan kiri jadinya pengen kamera B. Kalau harga sesuai budget nggak masalah sih. Yang jadi masalah kalau harganya jauh di atas budget yang sudah ditetapkan. Kalau mau mendapatkan harga promo kadang harus bayar pakai kartu kredit, sementara kartu kredit aja nggak punya. Sebenarnya keinginannya gimana cara dapatin kamera B tapi dengan cara bayar yang ringan. Home Credit bisa jadi solusi loh.

Teman-teman pernah tau Home Credit? Atau teman-teman pernah mencoba mengajukan pembelian barang melalui Home Credit? Bisa jadi juga diantara teman-teman ada yang sudah menjadi pelanggan tetapnya Home Credit ya kan? Kali ini saya ingin membahas mengenai Home Credit dan bagaimana pelayanan dan inovasi Home Credit di era digital saat ini. Simak yuk.


Tentang Home Credit


Home Credit adalah perusahaan pembiayaan konsumen di toko untuk barang-barang seperti gadget, smartphone, furnitur, dan barang elektronik. Sebagai perusahaan pembiayaan terbesar dan terdepan Home Credit terus memposisikan diri untuk menjadi perusahaan yang memberikan pinjaman yang bertanggungjawab kepada konsumen, memberikan solusi untuk membantu masyarakat memperoleh barang-barang yang dibutuhkan. Selain itu Home Credit juga menyediakan pembiayaan multiguna FlexiFast untuk pelanggan terpilih.

Teknisnya, kita cukup datang ke toko yang bekerjasama dengan Home Credit dan memilih barang yang kita inginkan. Selanjutnya,ajukan cicilan dan dalam waktu sekitar 30 menit hasilnya akan diketahui apakah pengajuan kita disetujui atau tidak. Apabila pengajuan disetujui Home Credit akan menjelaskan kepada konsumen mengenai kontrak, biaya-biaya yang terjadi maupun aspek-aspek lain pada saat bertatap muka atau berdiskusi dengan konsumen itu sendiri. Jaminan Home Credit kepada pelanggan dimulai dengan bahasa yang mudah, praktis dan cepat. Home Credit akan menjelaskan kepada pelanggan mengenai kontrak dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak ada font-font kecil yang membuat pelanggan sulit membaca, tidak ada biaya-biaya yang ditutupi, jadi biaya yang tampil cukup transparan. Dan yang terpenting, barang yang kita inginkan bisa dibawa pulang di hari yang sama!

Home Credit berdiri sejak tahun 2013 dimulai dengan Jabodetabek dan tahun 2014 di Bandung, kemudian tahun 2015 Home Credit memperluas jangkauannya ke seluruh provinsi di Indonesia. Saat ini Home Credit sudah ada di 48 kota, dan sekitar 73 persen sudah di coverage. Tahun 2018 mendatang Home Credit akan memperluas cakupan sampai ke wilayah pedesaan. Saat ini Home Credit tidak hanya fokus di Pulau Jawa saja tapi juga sudah fokus di Kalimantan, Sulawesi, dan akan terus ditingkatkan untuk tahun-tahun mendatang.

Mr. Jaroslav Gaisler
Mr. Jaroslav Gaisler atau Jarda, CEO PT Home Credit Indonesia mengatakan kalau Home Credit telah mendapatkan award menjadi nomor 1 untuk pangsa pasar yang Home Credit biayai, yaitu barang-barang konsumsi tahan pakai dan angka pembiayaan kredit macet sesuai standar OJK yakni dibawah 0,36 persen. Sejak 4 tahun lalu Home Credit Indonesia sudah berhasil melayani lebih dari 1,1 juta pelanggan dan harapannya di tahun ini Home Credit bisa mendapatkan 2 juta pelanggan.  Produk yang banyak diminati pelanggan 76 persen masih smartphone, 14 persen elektronik seperti TV, AC, kulkas, dll, dan 10 persen furniture.

penyerahan plakat kepada OJK dan Kemenaker
Performance Home Credit Indonesia tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu dalam kategori pembiayaan meningkat tiga kali lipat, jauh diatas achievement tahun lalu. Bulan Juni 2017 Home Credit berhasil mengumpulkan 500 milyar, angka yang wow banget. Angka ini adalah angka yang sama dengan achievement yang didapatkan Home Credit Indonesia di tahun 2015 selama setahun. Bayangkan saja, dalam satu bulan di bulan Juni 2017 sama sengan total pembukuan pembiayaan Home Credit di tahun 2015. Menurut Mr. Jaroslav Gaisler angka ini bisa dicapai karena Home Credit Indonesia semakin memperbanyak titik-titik penjualan. Tiga kali lipat penambahan ini didukung dengan penambahan poin distribusi penjualan dari 2.735 menjadi 7.193. Pelanggan tetap Home Credit yang aktif sekarang sudah mencapai 800ribu pelanggan. Semua ini bisa terjadi karena Home Credit ditopang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten sehingga operasional efektif dan efisien. 

Home Credit #LiveDigital

Miroslav Hlavac
Rabu, 9 Agustus 2017 bertempat di Ball Room Hotel Kempinski Jakarta, saya mengikuti peluncuran aplikasi My Home Credit. Acara dibuka dengan sambutan dari Miroslav Hlavac, selaku Chief Marketing & Strategy Officer Home Credit Indonesia. Miroslav menjelaskan bahwa aplikasi My Home Credit diluncurkan sebagai kelanjutan komitmen Home Credit dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan inklusi keuangan dan inovasi teknologi finansial (FinTech). Home Credit #LiveDigital dimulai dengan memperkenalkan e-installment atau layanan pembiayaan online, ini adalah konsep aplikasi online untuk melayani konsumen. 

Bapak Riswinandi
Home Credit berkomitmen membantu pembiayaan masyarakat mencapai aspek baru dalam kualitas hidupnya. Ini juga sebagai pemenuhan syarat OJK bahwa sebuah institusi harus mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan. Bapak Riswinandi, selaku Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang turut hadir di peluncuran aplikasi My Home Credit mengatakan OJK sendiri sepenuhnya memberikan apresiasi dan selamat kepada jajaran direksi atas diluncurkannya aplikasi My Home Credit. OJK tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak didukung oleh berbagai pihak.

Ibu Roostiawati
Ibu Roostiawati perwakilan dari Kementrian Ketenagakerjaan mengatakan Kemenaker sangat mendukung Home Credit yang merupakan era baru di Indonesia  yakni pemanfaatan era digital dimana, dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa membangun networking yang kuat dalam merekrut ketenagakerjaan di Indonesia. Era digital membuka jalur bagi kita, dimana kita dimanjakan kerja dengan gadget yang kita miliki.


Fitur-Fitur Aplikasi My Home Credit

Aplikasi My Home Credit bisa digunakan oleh siapapun dan dapat diunduh di Google Play Store, sampai saat ini ada sekitar 2.000 orang yang mendownload aplikasi My Home Credit setiap harinya. Dengan aplikasi My Home Credit, konsumen akan memperoleh kemudahan memantau dan mengelola cicilan serta memperoleh penawaran spesial. Yups  mudah, praktis dan cepat.

Di peluncuran aplikasi My Home Credit, Patricia Sefrida Nindya Karina selaku Sales Training Manager Home Credit memperkenalkan aplikasi My Home Credit lebih dekat. Dalam aplikasi My Home Credit ada informasi simulasi cicilan, lokasi toko, e-shops, dll.

 
Patricia

Kalau teman-teman sudah menginstall aplikasi ini, teman-teman bisa lihat pada halaman beranda akan muncul nomor kontrak, cicilan yang harus dibayar, dan deadline pembayaran. Dalam aplikasi ini juga akan memberikan reward kepada nasabah yang membayar cicilannya tepat waku. Menu-menu yang ada pada aplikasi My Home Credit diantaranya ada Flexifast Application Form yang memudahkan konsumen mengajukan pembiayaan multiguna, kemudian ada menu Impianku,dan sebagainya. Pastinya aplikasi ini sangat detail dan akan memudahkan pelanggan mendapatkan informasi apapun.

Keuntungan yang didapat melalui fitur-fitur My Home Credit adalah S A F ESecure; dimana data dari pelanggan terlindungi, Affordable; pembelian dapat dijangkau, Fast; cepat dan Easy; memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi atau pembelian. Home Credit yakin bahwa kedepannya pelanggan yang terlayani akan semakin banyak.


Home Credit Bagi-Bagi Smartphone Gratis!


Yup, kalian nggak salah dengar! Kalau biasanya kita mengajukan cicilan smartphone, kali ini Home Credit yang justru punya smartphone keren seperti Moto Z Play, Samsung Galaxy A3 2017, sampai Vivo V5S yang siap kamu miliki dengan mengikuti lomba blog #LiveDigital. Caranya gimana? Cukup tuliskan pendapat teman-teman tentang kemudahan hidup di era digital dalam artikel sebanyak kurang lebih 500 kata.Pastikan tulisan teman-teman juga membahas tentang kemudahan cicilannya secara digital ya, termasuk tentang My Home Credit apps. Tulisan teman-teman ditunggu sampai 31 Agustus 2017. Jangan lupa baca dulu syarat dan ketentuan selengkapnya di sini: http://bit.ly/LombaBlogLiveDigital . Yuk ikutan!


Info lengkap mengenai Home Credit Indonesia bisa cek di www.homecredit.co.id atau di FB: Home CreditTwitter: @HomeCreditID_, Instagram @homecreditid, atau YouTube Channel: Home Credit Indonesia



You Might Also Like

10 komentar

  1. Kalau ada yang bagi-bagi hadiah langsung antusias, langsung bookmark dan cari ide buat ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutan mbak lombanya, good luck yaa

      Hapus
  2. Gampangnya mau kredit barang ga perlu kartu kredit.

    BalasHapus
  3. Hidup jaman skarang yang serba digital memang membuat segala kemudahan bisa dilakukan ya mba. Apalagi dengan adanya hp

    BalasHapus
  4. Udah ramai nih promonya Home Credit Indonesia di berbagai gerai hp yang ada di Lombok. Persyaratannya emang lebih mudah sih saya lihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nggak repot survei2 lagi..setelah isi form 30 menit langsung dapat hasil di approve atau enggaknya.

      Hapus
  5. Sukses yaa, mba Tuty..
    Kalau lihat kemudahan yang didapat jaman sekarang, bikin orang memudahkan segalanya.

    Jadi kadang lupa...mana kebutuhan dan keinginan. Huuhuu~~ aku banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak..aku juga kadang masih gitu suka nggak sadar mana yang butuh dan ingin hehe

      Hapus