Ngopi Bareng Tiket.com dan Host Sobat Jalan #AussieBanget

B eberapa waktu lalu saya ikutan #NgopiBarengTiket (Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Tiket.com ) Sobat Jalan #AussieBanget . Acara denga...


Beberapa waktu lalu saya ikutan #NgopiBarengTiket (Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Tiket.com ) Sobat Jalan #AussieBanget. Acara dengan tema " Sharing Session Video &  Image Blog Upgrade ini diadakan di 100 Eatary & Bar Hotel Atlet Century Park Senayan. Meskipun acara berlangsung sore sampai malam, nggak menyurutkan langkah untuk bisa menjadi peserta. Why? Pembicaranya keren, topiknya juga oke. Sebagai blogger acara seperti ini wajib bagi saya untuk ikutan, karena bisa menyerap ilmu dari orang yang berpengalaman.

Well, kalian pasti penasaran siapa pembicara keren yang saya maksud. Yups, Marischka Prudence yang biasa dipanggil Prue. Siapa yang nggak kenal travel blogger yang ngehits ini. Sudah melanglangbuana baik dalam negeri maupun internasional, itu semua karena berkah ngeblog. Masih nggak percaya berkah dari ngeblog? Selama dijalani dengan konsisten, yakin deh rezeki akan mengikuti. So, apa hubungannya ya Prue dengan tiket.com?

Menurut Gaery Undarsa, Co Founder & Chief Communication Officer Tiket.com sejak tahun lalu tiket.com mengadakan campaign Sobat Jalan Lombok melalui video dan sosial media. Pemenang yang terpilih mendapat kesempatan jalan-jalan gratis ke Lombok. Nah tahun ini campaignnya Sobat Jalan #AussieBanget berkat kerjasama dengan kedubes Australia. Dan pemenangnya jalan-jalan bareng Prue mengeksplorasi keindahan Perth dan Brisbane. Beruntung sekali ya yang menjadi pemenang. Program Sobat Jalan menghasilkan engagement, video, dan content launch yang sangat baik papar Gaery. Prue nya juga ternyata senang karena doi belum pernah travelling ke Aussie, Aussie itu salah satu bucket list nya Prue ternyata, dan dipinang oleh tiket.com itu reward yang luar biasa bagi Prue.


Obrolan santai malam itu nggak cuma sharing pengalaman Prue selama travelling, tapi juga tips dan trik bagaimana caranya membuat catatan perjalanan, foto, dan video yang menarik. Meskipun kadang waktu perjalan cukup singkat, bukan berarti kita nggak bisa buat video dengan hasil yang bagus kata Prue. Yang penting nikmati travelling nya, jangan sampai hanya karena memikirkan hasil foto dan video kita nggak menikmati perjalanan. Mengenai video, kalau memang waktu perjalanan cukup singkat kita bisa membuat video pendek saja. Tentukan tema, target, dan fokus. Berikut tips dari Prue bagaimana agar kita bisa menghasilkan foto dan video yang menarik selama travelling.





Selama travelling tentu saja kita sering bertemu dengan orang-orang yang juga sedang melakukan perjalanan atau liburan. Kalau kita ingin mengambil foto orang lain untuk meng-capture momen sebaiknya buat suasana mencair terlebih dahulu, bisa dengan ngajak ngobrol agar lebih nyaman. Karena kalau mood orang yang ingin kita foto bagus, maka hasil foto nya juga akan bagus.


Kalau mau merencanankan perjalanan sebaiknya jauh-jauh hari mencari tahu di bulan itu biasanya cuacanya bagaimana, hujan atau tidak, dan kalau ke luar negeri bulan-bulan apa saja biasanya pergantian musim. Meskipun keadaan cuaca nggak sepenuhnya bisa kita prediksi tetapi ada baiknya kita mencari tahu ramalan cuaca. Nggak seru kan kalau ternyata selama travelling hujan-hujanan yang akhirnya kita nggak bisa mengambil foto dan menangkap momen-momen yang bagus.

Kalau mengambil foto jangan pelit-pelit kata Prue, ambil foto sebanyak-banyaknya dan jangan kebanyakan mikir. Karena bisa saja foto yang kita ambil blur atau pencahayaannya kurang bagus, jadi kalau foto yang diambil banyak bisa di sortir mana yang hasilnya bagus dan bisa di edit dan mana yang harus di delete.
Jangan ambil foto ikut-ikutan orang yang pernah berlibur di tempat yang sama. Kalau bisa ambil angle berbeda meski lokasi sama kita bisa cari angle berbeda, karena setiap lokasi punya keunikan pemandangan tersendiri. Ya kalau ngambil fotonya harus manjat ke tempat yang lebih tinggi sebaiknya berusaha manjat, harus ada effort. Yakinlah dibalik hasil foto yang bagus selalu ada pengorbanan dibalik itu. Semakin sering kita belajar mengambil foto dengan angle berbeda maka kita akan terlatih, harus terus belajar jangan pernah merasa puas.

Oh ya, Prue juga membagikan tips cara mem-branding diri kepada para blogger yang hadir. Menurut Prue untuk menciptakan personal branding itu kuncinya harus menjadi diri sendiri, nggak perlu menjadi orang lain. Dan yang paling penting harus terus konsisten dengan apa yang sudah dijalani. Selain itu sering kirim tulisan ke media, tukaran link dengan teman blogger, banyak-banyak share foto di sosial media, juga  merupakan cara untuk membranding diri.




Tiket.com adalah satu-satunya startup di Indonesia yang modalnya 100 persen milik anak Indonesia. Awal mula tiket.com muncul, saya tahu nya ini adalah portal untuk beli tiket pesawat saja. Ternyata tiket.com nggak cuma jual tiket pesawat, tapi juga tiket kereta, sewa mobil, hotel, dan tiket event. Bahkan Gaery mengatakan kalau saat ini untuk penjualan tiket kereta api tiket.com yang paling banyak melakukan penjualan dibanding dengan pesaingnya. Tiket.com nggak bersaing masalah harga, harga tiket yang ditampilkan di pembelian online adalah harga transparan. Menurut Gaery nggak perlu promo besar-besaran sampai harus banting harga, tiket.com lebih concern kepada value added dan point yang diberikan kepada customer.

Gaery Undarsa, Marischka Prudence, Nuniek Tirta

Ngomong-ngomong point yang didapatkan dari hasil kita membeli di tiket.com bisa kita tukarkan lagi dengan tiket pesawat, hotel, juga dengan undian. Sebelumnya tiket.com pernah membuat undian yang hadiahnya Nissan Xtrail. Jadi customer bisa menukar point yang ditentukan jumlahnya dengan nomor undian.

Sejak Desember tahun 2016 lalu setiap customer yang melakukan transaksi di tiket.com juga bisa mendapatkan makanan dan minuman gratis di Maxx Coffee. Promo ini berlangsung sampai dengan 25 Juli 2017. Caranya cukup menunjukkan sms kode pembelian tiket ataupun menunjukkan tiket fisik ke Maxx Coffee sebagai bukti. Tapi harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Promo ini bisa teman-teman lihat disini.


Cari hotel dadakan sekarang lebih mudah. Nggak perlu repot-repot telfon ke hotel satu persatu. Karena di tiket.com sekarang kita bisa cari hotel last minute dan langsung dapat diskon di aplikasi android maupun iOS. Kita bisa cari hotel untuk hari, besok, atau lusa.  Nggak tanggung-tanggung, untuk last minute deal tiket.com memberikan diskon sampai 50 persen loh. Lumayan banget kan. Eh, ada lagi nih promo nya, kalau kita beli tiket return baik domestik atau internasional ada promo Roundtrip Deal juga, cukup lumayan untuk menghemat uang. Nah, menjelang lebaran pastinya sudah mulai berburu tiket pesawat kan ya, nggak perlu repot lagi karena tiket.com ada dalam genggaman.





You Might Also Like

15 comments

  1. Belakangan ini aku selalu pakai Tiket.com untuk pesan tiket pesawat dan hotel. Praktis dan langkah2nya mudah banget. Soal nyari angle foto berbeda ini masih peer juga buat aku, Tuty. Kalo pas buru-buru ya jepret aja sekenanya gitu. Hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama kak molly, kadang susah banget cari angle yang pas udah itu suka kepedan ngambil fotonya sedikit yang ada nyesal hasilnya nggak bagus haha

      Delete
  2. Zaman sekarang enak, ambil foto bisa sebanyak-banyaknya. Nanti tinggal disortir. Kalau zaman dulu harus hati-hati, ya. Ngabisin roll film rasanya mahal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kalau pakai kamera jaman dulu ya mbak

      Delete
  3. Iya nih, keren banget kalo pake aplikasi Tiket.com. Besok mau mudik nggak usah galau lagi nih selama ada aplikasi Tiket.com dalam genggaman ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dapet tiket mudik berarti nih mbak Aira :)

      Delete
  4. tuty Q. penulis handal ini.
    terimakasih ilmunya mbk.. :)

    ReplyDelete
  5. Trims tips nya mb tuty. Maklum bligger newbie seperti saya butuh banyak tips & trik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga masih suka nyimak tips & trik dari senior

      Delete
  6. kadang kalau pas jalan ga sempat ambil foto banyak-banyak karena sibuk sama anak-anak...sampai dirumah nyesel karena hasilnya jelek jelek hiks...emang harus disempatin ya...tfs mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kadang saya juga gitu keasyikan sendiri sampe lupa foto :)

      Delete
  7. keren ulasannya, jadi enak baca artikelnya

    ReplyDelete