Dengan Miao Mi Bisa Nonton Sambil Belajar

B ahasa kedua didunia setelah Bahasa Inggris adalah Bahasa Mandarin. Seperti kita ketahui sa...


Bahasa kedua didunia setelah Bahasa Inggris adalah Bahasa Mandarin. Seperti kita ketahui saat ini Cina menguasai pasar perdagangan dunia bahkan mendominasi, apalagi dengan dimulainya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ditahun ini. Untuk itu sangat diperlukan mempelajari Bahasa Mandarin kalau kita ingin melakukan hubungan bisnis dengan Cina, karena mereka lebih menyukai pekerja yang bisa berbahasa Mandarin. Bagaimana cara mengatasinya bagi kita para orang tua agar kedepannya anak-anak kita bisa menguasai bahasa Mandarin? Sebaiknya mulai sekarang anak sudah dikenalkan dengan bahasa Mandarin agar mereka terbiasa mendengar bahasa ini. Solusinya yaitu dengan menonton, yups anak sangat suka menonton kartun apa saja di televisi, tapi apa mungkin ada chanel televisi berbahasa Mandarin untuk anak di Indonesia? 
Sekarang para orang tua terutama ibu sudah bisa mengenalkan bahasa Mandarin kepada anak melalui chanel televisi berbahasa Mandarin bernama Miao Mi. Peluncuran Miao Mi di Indonesia diadakan pada tanggal 28 Januari 2016 di Lollipop's Playland Lt.4, Lotte Shopping Avenue Mall. Yudha Wibawa, selaku Deputy CEO & Managing Director, PT. MNC Skyvision, Tbk berharap dengan kehadiran Miao Mi anak-anak dapat menikmati konten Mandarin terbaik yang mendidik dan menghibur, juga melalui saluran ini  anak-anak Indonesia dapat belajar Bahasa Mandarin dengan cara menyenangkan dan menghibur. Miao Mi dalam bahasa Mandarin artinya wonderful, dan icon dari Miao Mi sendiri adalah kucing. Saluran anak ini juga mendorong anak-anak untuk belajar Mandarin melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan Bahasa Indonesia dan juga program khusus Miao Mi Classroom.

Miao Mi ini didesain untuk anak-anak usia tiga hingga enam tahun. Program utama dari Miao Mi adalah Miao Mi Classroom, dimana tayangan ini muncul setiap 20 menit sekali, jadi anak-anak tidak menyadari kalau sambil menonton mereka mempelajari kata-kata baru bahasa Mandarin. Beberapa program yang tayang perdana dan eksklusif adalah Star Babies, serial animasi pemenang penghargaan mengenai sekelompok balita yang terinspirasi dari ikon film China seperti Bruce Lee dan Monkey King, para pelajar balita di Sekolah Star Dream belajar untuk memupuk kebaikan dan nilai sosial, serta berpikir kreatif untuk mengatasi kesulitan dan kekurangan masing-masing.

Saluran Miao Mi juga sepenuhnya disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia, namun para orang tua juga memiliki pilihan untuk mengganti ke Bahasa Mandarin untuk meningkatkan pengalaman belajar Bahasa Mandarin anak-anak mereka. Oh ya, khusus untuk program Miao Mi Classroom hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin yang menampilkan lagu-lagu dan cerita sederhana untuk pelajaran bahasa.  

Pada peluncuran saluran Miao Mi hadir juga Melisa Karim yang sangat senang menyambut ada nya chanel Miao Mi ini karena selain nonton film anak juga bisa mendapat pengajaran. Melisa sendiri tidak mempunyai baby sitter di rumah, jadi kalau dia bekerja anaknya dititip kepada orang tuanya. Tapi Melisa tetap meminta sang ibu agar anaknya  setiap menonton televisi harus dikontrol yaitu saluran televisi khusus untuk anak.  Ia sangat mengkhawatirkan kalau anak menonton tanpa didampingi, karena sebagian program televisi belum tentu acaranya layak ditonton oleh anak-anak. Dengan adanya Miao Mi saluran televisi anak-anak berbahasa Mandarin Melisa sangat berharap agar anaknya bisa bahasa Mandarin kelak.



You Might Also Like

9 komentar

  1. Habis dateng ke acara ini, aku jadi mempertimbangkan untuk langganan tivi Mak. Habis sayang banget ya kalau dilewatin. Kita juga bisa ikut belajar kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak...secara kita emak2 juga pengen bisa bahasa mandarin ya :D

      Hapus
  2. satu lagi bahasa yang wajib kita pelajari selain bahasa inggris yaitu bahasa mandarin :) dan Miao mi memenuhi kebutuhan belajar itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak..biar di masa mendatang anak kita tidak ketinggalan :-)

      Hapus
  3. Sebetulnya Babam udh nonton sblm peluncuran, cuma aku gak ngeh klo Miao Mi penuh dgn edukasi dan tayangan baru, jd sekarang lebih byk nyetel Miao Mi dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pastinya Babam bakal menguasai 2 bahasa yaitu Inggris dan Mandarin...love Babam :-)

      Hapus
    2. Aamiin
      berarti emaknya juga wajib belajar keduanya.. hehe

      Hapus
  4. Bahasa mandarin boleh juga tuh,,, barangkali ada tempat kursus bahasa mandarin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sdh mulai banyak ya tempat kursus bahasa mandarin:D

      Hapus