Kuliah Online? Kenapa Enggak?

S eiring dengan kemajuan teknologi, urusan pendidikan juga sudah pasti mengikuti, terutama dala...



Seiring dengan kemajuan teknologi, urusan pendidikan juga sudah pasti mengikuti, terutama dalam hal menimba ilmu. Tau nggak kalau ternyata sekarang kuliah itu nggak harus ke kampus. Di era digital seperti sekarang ini, kuliah bisa dilakukan secara online. Mau tau kan kuliah online itu apa sih? Nah, kuliah online itu pada dasarnya sama sih dengan kuliah pada umumnya, kita tetap belajar menimba ilmu, mendapatkan materi dari dosen, juga berdiskusi. Hanya bedanya kita melakukan semuanya cukup melalui internet, yups cukup online saja. Kesibukan yang cukup padat kadang sering sekali menghambat waktu kuliah alias kita tidak bisa membagi waktu. Terkadang pulang dari kantor saja udah malam, belum lagi kalau terjebak macet, alhasil waktu yang sudah dibagi dan direncanakan untuk kuliah bisa berantakan. Nggak ada salahnya kita mencari solusi dengan kuliah online, kita nggak perlu repot lagi memikirkan datang ke kampus apalagi kalau kampus kita jauh lokasinya.

Tetapi meskipun kita ingin secepatnya mendapat solusi untuk kuliah online, tetap harus mempertimbangkan kualitas kampus yang akan kita ikuti kuliah online nya. Pastinya universitas yang kita pilih harus jelas dan dapat dipercaya penyelenggaranya. Belum banyak universitas yang bisa menyelenggarakan kuliah online. Kualitas kuliah online yang diadakan oleh universitas yang menyelenggarakan tersebut haruslah mencakup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut. Nih, untuk teman-teman yang ingin kulaih online saya mau kasi informasi kalau sekarang sudah ada Binus Online Learning yang hadir untuk memberikan kemudahan kepada kita yang ingin menjalankan kuliah online. Sistem Binus Online Learning ini sangat fleksibel. Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian. 

Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan di Binus Online Learning ini, karena ini bertujuan untuk mendapatkan serta meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat. Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online Learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.


Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya, sama kayak kita belajar di kampus. Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS. Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi.

Yang lebih menarik  lagi dengan BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian atau pun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dengan progam EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Tentunya dengan metode pembelajaran secara Online, kita dapat #MajuTanpaBatas karena sistem seperti ini kita dapat kuliah kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk siapa saja yang ingin kuliah, sekarang kita dapat menjalankan kuliah online meskipun kita sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan saat liburan travelling ke luar negeri kuliah bisa tetap jalan. Mudah kan? Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?


You Might Also Like

8 komentar

  1. Solusi yang bagus nih kuliah online.

    BalasHapus
  2. Kuliah online jadi pilihan buat yg sibuk

    BalasHapus
  3. Buat yang terkendala waktu dan tempat 😊

    BalasHapus
  4. Kuliah online memang lebih menguntungkan ...
    Karena tidak terikat oleh waktu dan tempat ya mbak :)

    BalasHapus
  5. alternatif yang sangat baik mbak...namun awas jangan sampe kebablasan di depan laptop nanti malah bisa ansos. hahahah

    BalasHapus
  6. sekarang semua serba online..aku mah setuju banget ini

    BalasHapus