Donor Darah Ke 100 BCA Pecahkan Rekor MURI

B lood donors . Saya baru satu kali ngerasain darah saya di ambil buat di donorkan. Berkali-kali registrasi setiap ada kegiatan donor da...


Blood donors. Saya baru satu kali ngerasain darah saya di ambil buat di donorkan. Berkali-kali registrasi setiap ada kegiatan donor darah selalu gagal karena hemoglobin saya rendah. Padahal kepingin banget donor darah, pengen seperti Ayah yang sudah 50 kali mendonorkan darahnya. Yups, menyumbangkan darah memang harus mengikuti prosedur, terutama syarat-syarat untuk bisa mendonorkan darah seperti usia, berat badan, juga tekanan darah, kadar hemoglobin dan jarak mendonorkan darah lebih kurang 3 bulan. Misal bulan ini kita sudah ikut mendonorkan darah maka untuk bisa mendonorkan lagi jaraknya 3 bulan berikutnya.

Proses Registrasi
Mengisi Formulir
Kenapa kita harus mendonorkan darah? Tentunya kita semua pernah mendapatkan info berupa sms, broadcast, atau telfon langsung dari orang-orang yang sedang membutuhkan golongan darah tertentu untuk teman atau keluarganya. Darah sangat diperlukan untuk orang-orang yang sedang mengalami kekurangan darah karena kecelakaan, operasi besar, dll, yang pasti untuk menyelamatkan jiwa mereka yang membutuhkan.

Cek Darah
Para pendonor yang lulus seleksi
Di sisi lain bagi yang ingin mendonor jangan khawatir kalau kita akan kehabisan  atau kekurangan darah karena dengan mendonorkan darah justru kita semakin sehat. Menurut info yang saya baca dari mediskusdotcom bahwa orang-orang yang rajin mendonorkan darahnya bisa mengurangi risiko sakit jantung, risiko kanker, memperbaharu sel-sel darah merah, juga bisa membakar kalori. Jadi baik recipient maupun pendonor sama-sama memdapat manfaatnya.

Snack buat para pendonor darah Bakti BCA di Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski

Donor Darah Bakti BCA

Ngomongin donor darah, baru-baru ini saya mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan oleh BCA. Kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Kerjasama dengan PMI sendiri sudah terjalin sejak tahun 1991 dimana kegiatan ini rutin diadakan 3 sampai 4 kali dalam setahun, tidak hanya di Jakarta saja tapi di seluruh cabang BCA di Indonesia.

Lianawaty Suwono
Seperti yang dikatakan oleh Direktur BCA Lianawaty Suwono saat memberikan sambutannya bu Liana memaparkan bahwa fokus Bakti BCA dibidang kesehatan adalah menyediakan layanan, akses dan sarana kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan sosial ini tidak hanya melibatkan karyawan BCA saja tapi juga para nasabah dan para warga yang berada disekitar kantor BCA.

Menurut bu Liana, manfaat dari kegiatan donor darah nggak cuma bagi penerima darah saja tapi juga bagi pendonor. Untuk itu BCA secara rutin melakukan kegiatan donor darah ini dan selalu mensosialisasikannya kepada seluruh keluarga besar BCA dan masyarakat sekitar. Harapannya dengan diadakannya kegiatan donor darah yang rutin di gelar ini para calon pendonor lebih aware lagi untuk mendonorkan darahnya untuk kelangsungan hidup orang-orang yang membutuhkan darah.

dr. Salimar Salim
Kepala UTD PMI DKI Jakarta dr. Salimar Salim yang turut hadir juga mengapresiasi kerjasama yang sudah terjalin dengan BCA selama 26 tahun. PMI adalah organisasi kemanusiaan yang selama ini memberikan layanan berkualitas melalui kerjasama dengan masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah. Dan salah satu misi PMI adalah meningkatkan kemandirian organisasi PMI melalui kemitraan strategis yang berkesinambungan dengan pemerintah ataupun swasta, seperti kerjasama antara PMI dengan Bank BCA. 

Penyerahan 1 unit mobil dari BCA kepada PMI secara simbolis
Pada kesempatan yang sama BCA juga memberikan sumbangan berupa 1 unit mobil kepada PMI untuk kebutuhan operasional yang digunakan untuk pengambilan darah oleh UTD PMI. Ini adalah bentuk dukungan BCA kepada PMI dan harapannya kerjasama antar BCA dengan PMI tetap terjalin dengan baik. Bu Liana berharap dengan adanya mobil ini bisa memperlancar kegiatan operasional tim PMI sehingga banyak darah yang bisa dikumpulkan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan.

Rekor MURI dan Reward Kepada Para Blood Angel

Kegiatan donor darah yang diadakan di Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski 3 November 2017 lalu merupakan kegiatan donor darah yang ke 100 kalinya yang diadakan BCA. Karena sudab berlangsung 100 kali BCA dianugerahi Rekor MURI sebagai Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Doroh Darah ke 100. Rekor MURI diserahkan langsung oleh CEO MURI Jaya Suprana kepada Direktur BCA Lianawaty Suwono. Jaya Suprana mengatakan penganugerahan Rekor MURI yang diberikan kepada BCA ini adalah Rekor MURI Dunia dan BCA memang layak mendapatkannya.

Penganugerahan Rekor MURI kepada BCA
Selain penganugerahan Rekor MURI, BCA juga memberikan reward kepada para Blood Angel yakni para karyawan BCA yang sudah lebih 50 kali mendonorkan darahnya pada setiap kegiatan donor darah BCA. Bahkan beberapa diantarnya ada yang sudah mendonorkan darahnya sebanyak 73 kali dan yang terbanyak sampai 88 kali. Wow! Salut banget. Saya yakin para Blood Angel ini rutin mendonorkan darahnya sejak mereka muda. Untuk itu kesemua Blood Angel mendapatkan penghargaan berupa uang tunai senilai 1juta sampai dengan 3juta rupiah.

Penghargaan kepada para Blood Angel
Semoga BCA bisa menularkan kegiatan positif ini kepada perusahaan-perusahaan lain juga terus berkontribusi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat mebutuhkan.




You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write