Warna Budaya Indonesia Satu Menjadi Tema UZone Stop Motion Competition 2017

M enyambut Hari Kebangkitan Nasional, uzone.id kembali menggelar program tahunan Stop Motion Competition. Setiap tahunnya selalu mengusung...

Menyambut Hari Kebangkitan Nasional, uzone.id kembali menggelar program tahunan Stop Motion Competition. Setiap tahunnya selalu mengusung tema yang berbeda. Dan untuk tahun ini kompetisi membuat video stop motion mengusung tema Warna Budaya, Untuk IndonesiaUZone Stop Motion 2017 adalah promosi kearifan lokal budaya Indonesia yang masing-masing daerah memiliki banyak keunikan. Walau berbeda, namun mempunyai nilai kebijaksanaan tinggi untuk dijadikan alat pemersatu bangsa.

Mungkin ada diantara teman-teman yang belum begitu paham apa itu kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan salah satu jati diri dari suatu daerah yang biasanya tidak dimiliki daerah lainnya. Dan dibalik keunkan tersebut tersimpan nilai kebijaksanaan yang sangat tinggi sebagai alat pemersatu bangsa. Misalnya Subak di Bali adalah daerah yang memiliki satu keraifan lokal yang sudah dikenal luas. Teknologi tradisional pemakaian air secara efisien dalam pertanian oleh masayarakat Bali ini sudah berusia ratusan tahun dan sampai sekarang masih terus digunakan.

Contoh lainnya prosesi adat Seren Taun masyarakat Banten. Seren Taun adalah menyimpan padi hasil panen ke dalam lumbung sebagai persiapan menghadapi masa sulit. Padi ini nantinya bisa digunakan oleh masyarakat jika datang masa kesulitan pangan, sehingga mereka akan terhindar dari kelaparan. Ya, Indonesia terdiri banyak suku yang bermukim di 13.466 pulau. Tentu banyak beragam budaya, ras, bahasa, suku dan agama. Dan masing-masing daerah memiliki kearifan lokalnya masing-masing.

Dari beberapa contoh mengenai kearifan lokal di atas, teman-teman pasti sudah punya ide kan? Kira-kira kearifan lokal apa yang akan diangkat dan dibuat kedalam video stop motion. Caranya mudah, hanya dengan 4 langkah saja teman-teman bisa menjadi peserta Uzone Stop Motion Competition 2017 (USMC 2017). Berikut cara ikutannya: 


Jangan lupa juga untuk memperhatikan syarat dan ketentuannya

      1.     Peserta terbuka untuk umum
2.   Video bertema "Warna Budaya Indonesia Satu" dengan durasi maksimal 60 detik untuk konten (diluar starting leader, color bar, logo, program ID, counting leader).
3.   Peserta boleh menggunakan segala jenis media perekam audio visual. Hasil audio visual harus memenuhi standar broadcast (Minimal HD 720p).
4.  Video yang dilombakan dibuat menggunakan teknik stop motion dan merupakan karya orisinil bukan hasil jiplakan/mengambil sebagian hak cipta orang lain (termasuk gambar dan audio) dan belum pernah memenangkan lomba lain dan belum dikomersialkan.
5.  Jika terdapat konten berupa video/musik/hasil karya apapun yang merupakan hak cipta milik orang lain maka peserta wajib melampirkan surat persetujuan penggunaan karya.
6.  Apabila pada kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut.
7. Bahasa digunakan di dalam keseluruhan video adalah Bahasa Indonesia/Bahasa Asing/Bahasa daerah.
8.  Jika menggunakan Bahasa asing ataupun daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam Bahasa Indonesia.
9.   Peserta boleh mengirim lebih dari 1 video.
10. Video stop motion tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; Kesusilaan, Moral, dan SARA, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
11.  Materi film yang diikutkan lomba diunggah ke laman yang ada di Uzone.id dengan format minimal HD 720p dengan format nama [Judul Film - #UZoneSMC2017]
12. Materi video stop motion dibuka pada 29 Maret 2017 dan diterima panitia paling lambat pada 31 Mei 2017 dengan mengunggah video di halaman yang disediakan uzone.id.
13. Penyelenggara berhak mempublikasikan video yg dinyatakan sebagai pemenang untuk keperluan non komersial & sosialisasi, dengan hak cipta melekat pada peserta.
14. Keputusan dewan juri dan panitia dalam melakukan seleksi dan membuat kebijaksanaan adalah absolut dan tidak dapat diganggu gugat.
15. Dengan mengirimkan karya, peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia.
16. Panitia berhak mendiskualifikasi karya peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
17.  Pemenang lomba diumumkan di website dan akun media sosial uzone.id


Nantinya akan ada 3 orang juri yang aan menilai video peserta  Uzone Stop Motion Competition 2017 (USMC 2017) yaitu: 

Hadiahnya keren banget loh, dan dijamin bikin kalian buru-buru pengen ikutan lombanya. Mau tau apa aja hadiahnya?  Ini dia:

Juara 1

10 Juta + GoPro Hero5

Juara 2

5 Juta + Xiaomi Yi 4K

Juara 3

3 Juta + Xiaomi Yi 4K

Hadiah Hiburan



5 Action Camera
Yuk, buruan ikutan ... Informasi lebih lengkap mengenai Uzone Stop Motion Competition 2017 (USMC 2017) kunjungi website Uzone disini yaaa 

https://expose.uzone.id/




You Might Also Like

8 comments

  1. Keren banget hadiahnya...euuuh mupeng Mbak Tuty...Tapi belajar videonya baru pemula...whualaaah...

    ReplyDelete
  2. Info yang menarik nih mba, sepertinya belum bisa ikut karena waktu. Tapi lah dikasihtahukan teman-teman, siapa tahu mau ikut, lumayan kalau rezekinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bdtul, hadiahnya cetaar..info teman-temannya ya mas

      Delete
  3. Sedaaaaap hadiahnya. Tp saya blm jago bikin video hal beginian hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu mbak..sedaap banget hadiahnya

      Delete