Memilih Ayunan Bayi

E ntah kenapa beberapa hari ini suka sekali lihat-lihat video anak kecil terutama baby, gemes banget. Apalagi waktu lihat di sosmed vide...


Entah kenapa beberapa hari ini suka sekali lihat-lihat video anak kecil terutama baby, gemes banget. Apalagi waktu lihat di sosmed video-video viral anak-anak yang lagi dibecandain sama Ayah dan Ibu nya, duh dengar suara tawanya happy banget.  Memang salah satu quality time bareng keluarga adalah menikmati waktu bermain bersama anak. Apalagi anak lagi lucu-lucunya, main seharian juga jadi nggak terasa. Momen menyenangkan seperti ini akan selalu diingat oleh anak kita.  Sama seperti kita yang masih ingat masa-masa kecil yang menyenangnkan bersama orangtua dan keluarga.

By the way kalau ingat masa kecil biar kita tidurnya nyaman siang hari ibu sering meletakkan kita ke dalam ayunan. Kemudian di ayun pelan-pelan sambil mendendangkan lagu atau shalawat nabi. Sampai sekarangpun ibu saya kalau menidurkan cucu nya masih seperti itu, sambil di ayun sambil  berdendang. Kebiasaan mengayun anak ini sudah turun-temurun dilakukan di keluarga saya, dan biasanya ayunan yang dipakai ayunan model per. Kemana-mana per selalu dibawa meski sedang berkunjung ke rumah keluarga haha. Cuma modal bawa per dan kain sarung atau kain panjang aja.

Kalau nanya ke ibu saya fungsi ayunan ini untuk apa? Ibu jawab fungsinya menenangkan bayi yang rewel, membuat nyaman bayi, dan biar tidurnya lebih nyenyak. Hmm.. iya sih masuk akal, kalau pakai ayunan bayi merasa seperti sedang di timang-timang. Tapi memang ampuh banget loh, kalau cucu ibu nangis atau mulai tidak nyaman dengan tidurnya langsung deh di taruh di ayunan dan di ayun sama ibu, nggak butuh waktu lama dedek bayi langsung tenang dan tidur dengan lelap. Malah ibu suka ngajarin kami cara mengayun jangan terlalu kuat sekali kali diayun sekali-kali di enjot.

Sekarang model ayunan sudah mulai banyak nggak cuma model per saja. Ada yang model elektrik, model ayunan ini menggunakan elektrik dan tidak mengharuskan ibu atau yang menjaga baby selalu dekat dengan ayunan karena sudah ada mekanisme elektrik yang membuat ayunan otomatis bekerja sendiri.  Ayunan dengan model ayunan frame, ayunan model ini paling sering saya temui. Model ayunan ini ada yang manual dan ada juga yang elektrik dan ada pilihan goyang ke depan dan ke belakang juga ke samping kiri kanan. Kemudian model ayunan bayi travelling, model ayunan ini cocok untuk orangtua yang sering bepergian atau berlibur menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Ayunan ini modelnya mudah dilipat makanya mudah dibawa-bawa.

beberapa model ayunan bayi yang di jual di Mataharimall
Soal harga masing-masing model ayunan relatif sih, semua tergantung budget masing-masing dan sesuai kebutuhannya juga. Seperti ayunan bayi  murah di Mataharimall bisa jadi alternatif ibu-ibu memilih model ayunan sesuai budget. Saran saya pilih ayunan yang emang nyaman buat bayi, kemudian pilih ayunan yang kokoh minimal bisa menampung berat bayi. Pilih juga ayunan yang aman untuk bayi, misalnya dicek body ayunannnya apakah sudut-sudutnya ada yang tajam yang bisa melukai jari-jari bayi atau ada engsel yang bisa membuat jari bayi terjepit.  Kalau milih ayunan elektrik benar-benar ditanyakan apakah kecepatannya bisa di atur atau enggak. Kalau beli nya secara online manfaat fitur chat biar bisa leluasa bertanya mengenai model ayunan yang ingin dibeli.

Ayunan yang aman dan nyaman untuk bayi itu yang paling penting, kalau memang budget nya cuma bisa beli ayunan per perhatikan juga kondisi langit-langit rumah kokoh atau enggak. Semoga paparan saya mengenai model ayunan bayi dan sedikit tips memilih ayunan yang nyaman untuk bayi ini membantu para ibu yang ingin mencari ayunan untuk bayi.




You Might Also Like

2 komentar

  1. Makin kesini bentuk ayunannya makin unik ya, Teh, mulai dari desain juga beragam warnanya. Dulu waktu aku masih kecil gak seperti itu..hehe
    Cukup simpel dan buat pake kain aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama, diriku malah pake keranjang bambu yang diikat hihi

      Hapus