Tips Mereview, Mengambil Foto dan Merekam Video di OPPO Selfie Tour 2017

B eberapa waktu lalu saya mengikuti OPPO Selfie Tour 2017 bersama tim OPPO dan teman-teman blogger dan OPPO Fans. OPPO yang menjadi pel...


Beberapa waktu lalu saya mengikuti OPPO Selfie Tour 2017 bersama tim OPPO dan teman-teman blogger dan OPPO Fans. OPPO yang menjadi pelopor ponsel dengan selfie expert nya memang sering mengadakan kegiatan bareng blogger. Ini kegiatan yang ke empat kalinya saya ikuti bersama OPPO dimana event sebelumnya yang saya ikuti yaitu  peluncuran OPPO Raisa Phone. Untuk urusan fotografi saat ini OPPO menjadi ponsel nomor 1 dengan camera phone terbaik. Apalagi sejak diluncurkannya OPPO F1s yang menjadi incerannya para penggemar fotografi dan selfie. OPPO memang layak mendapat perhatian karena sangat mumpuni untuk aktivitas harian.

di bus menuju Historia Cafe
OPPO Selfie Tour 2017 diadakan di Jakarta tepatnya tanggal 17 Januari 2017. Pagi sebelum berangkat menuju lokasi acara di Historia Cafe kawasan Kota Tua Jakarta, saya dan teman-teman blogger berkumpul di Menara Jamsostek. Saya penasaran sekali akan ada kegiatan apa saja di Selfie Tour 2017. Mas Diki, mbak paulina dan mbak Ira selaku tim OPPO yang ikut bergabung dengan para blogger dalam bus memberikan sedikit bocoran mengenai kegiatan hari itu, salah satunya belajar fotografi dan membuat video. Wah bakalan seru fikir saya, karena sebagai blogger fotografi dan video saat ini penting untuk membuat konten dalam blog tampil lebih baik.

Mas Diki menjelaskan tentang kegiatan OPPO Selfie Tour 2017 
Tiba di kawasan Kota Tua Jakarta bus yang kami tumpangi berhenti tapi tidak di Historia Cafe, karena untuk memasuki cafe tersebut kami harus berjalan kaki. Karena hari itu bukan weekend jadi kawasan Kota Tua tampak lengang, kecuali para pedagang yang setiap hari nya berdagang di kawasan Kota Tua. Saat berjalan kaki melewati kawasan ini kita akan melihat bangunan yang memiliki history dan masih dipelihara hingga sekarang.

kawasan Kota Tua - Museum Fatahilah
Sesampainya di Historia Cafe sudah ada beberapa blogger yang memang langsung menuju lokasi karena kemungkinan lokasi tempat tinggal lebih dekat dengan kawasan Kota Tua ketimbang harus berkumpul di Menara Jamsostek. Mas Aryo dan mas Angga yang dari tim OPPO juga sudah berada di lokasi acara. Cuaca memang lumayan panas saat itu, dan untungnya sambil melakukan proses registrasi kami disuguhi minuman dingin berupa parutan timun dicampur es yang menyegarkan. Oh ya namanya juga Historia Cafe ya, jadi begitu masuk cafe kesan pertama yang dirasakan jadul banget karena dekorasi dan interiornya bernuansa vintage. Keren!


nuansa vintage di Historia Cafe

Oppo dan Prestasi

Setelah proses registrasi acara langsung dibuka oleh mas Aryo Meidian Aji selaku Media Engagement OPPO Indonesia. Mas Aryo menjelaskan kalau OPPO Selfie Tour 2017 ini tidak hanya diadakan di Jakarta tapi juga keliling Indonesia. Iya sih coba aja cek hashtag #OPPOSelfieTour2017 di twitter yang beberapa kali trending topic ini, bisa kita temui sudah di kota mana saja event OPPO Selfie Tour 2017 berlangsung, diantaranya Malang, Palembang. Makasar dan Pontianak. Acara OPPO Selfie Tour diadakan dengan tujuan untuk lebih mengeksplorasi perangkat OPPO Camera Phone dari ahlinya, Yang Canggih, Kompas Tekno dan Tabloid Pulsa, biar lebih mengoptimalisasi kan camera phone nya OPPO untuk foto dan membuat video.

Menurut mas Aryo, OPPO memang memfokuskan produknya pada kualitas kamera terbaik dan desain premium. OPPO hadir di pasar dunia secara bertahap dimulai dari Thailand, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Singapore, Myanmar, dan telah berkembang di 20 negara. Sekarang OPPO menjadi produsen smartphone kedua di Indonesia dan merupakan vendor smartphone global yang mengalami pertumbuhan paling pesat. OPPO pernah bekerja sama dengan majalah FHM untuk pemotretan model di China, bekerja sama denga Americas Next Top Model, juga berkerja sama dengan sejumlah fotografer. OPPO dengan Selfie Expert bukan hanya jargon semata kata mas Aryo. Awal keluar dari bluray sampai menajadi OPPO yang penuh dengan inovasi baru. OPPO sangat mumpuni untuk fotografi dan videografi dengan mengandalkan fitur-fitur canggih seperti fitur beauty, VOOC Flash Charge, Image Stabilizer, HDR Video Recording, dll. Keterlibatan OPPO dalam mengembangkan fotografi sebenarnya dimulai tahun 2013 sejak diluncurkannya OPPO N1 The First Rotating Camera Smartphone.


Aryo Meidianto Aji - Media Engagement OPPO Indonesia



Belajar Fotografi  dengan Camera Phone 

Sekarang untuk bisa mengambil objek foto dengan hasil yang bagus nggak mesti menggunakan kamera khusus seperti DSLR atau kamera poket, dengan menggunakan kamera handphone juga bisa. Mas Kristian Tjahjono selaku Managing Editor YangCanggih.com mengatakan selama ini mas Kristian mengambil fot-foto selama travelling menggunakan OPPO F1s, dan hasilnya cukup bagus baik digunakan didalam ataupun diluar ruangan. Intinya harus pintar-pintar mengambil momen yang tepat. Saya jadi ingat kalimat Man Behind The Gun, bagaimanapun kita yang mengendalikan alat yang kita pakai. Manfaatkan fitur-fitur yang ada kata mas Kristian. Misalnya fitur screen flash, fitur ini memungkinkan untuk swafoto saat kondisi rendah cahaya. OPPO lah yang pertama kali menggunakan screen flash technology

Mas Kristian menunjukkan kepada kami foto yang sudah di cetak dimana hasil-hasil fotonya tersebut menggunakan camera phone OPPO F1s. Hasilnya persis seperti menggunakan kamera DSLR loh. Padahal kata mas Kristian kalau lagi terburu-buru dia cuma menggunakan mode automatis seperti Auto White balance (AWB) dan manual Focus (MF). Bisa juga menggunakan Expert Mode dimana kita bisa mengendalikan sendiri mengatur exposur, kecepatan rana maupun ISO. Kita bisa foto makro atau foto dengan hasil RAW dengan mengaktifkan expert mode. 

Yang disuka mas Kristian kalau ambil foto dengan camera phone smartphone OPPO F1s kalau close up lebih detail hasilnya, yang penting jangan gayang daat mengambil gambar. Mas Kristian nggak pernah menggunakan tripod tapi handheld. Selfie itu meng-capture momen ujarnya, karena momen itu penting. 10 atai 20 tahun mendatang kita masih bisa melihat kenangan foto-foto kita di tahun-tahun sebelumnya. Sebagai pengguna gadget kita harus memahami fitur-fitur canggih yang ada di smartphone. Wah jadi tambah pede nih foto-foto momen penting pakai kamera ponsel, nggak mesti beli DSLR.

Christian Tjahjono - Managing Editor YangCanggih.com

How To Be Smart With Your Smartphone in 2017

Sesi selanjutnya ada mbak Fatimah Kartini Bohang yang selama ini berprofesi sebagai jurnalis Kompas Tekno. Mbak Kartini yang biasa disapa mbak Tini ini memaparkan bagaimana cara membuat video berkualitas dengan mengoptimalisasikan smartphone. Ada 3 tahap dalam pembuatan video yaitu: 

Pre Prod : What For? How? Where? When? Persiapkan apa konten yang akan dibuat, bagaimana dengan flow chart, story board dan tools nya, kemudian dimana lokasi untuk membuat video, dan yang terkahir kapan waktu yang tepat untuk membuat video. Perlu diingat juga kalau flow chart yang dibuat harus jelas mulai dari pembukaan sampai penutup. 

Prod :  Just be yourself : jadi diri sendiri saja, nggak perlu berpura-pura jadi orang lain atau terlalu jaim karena orang yang menonton video kita bisa menilai, yang penting harus pede.  Be flexible : jangan kelihatan kaku, anggap saja kalau kita sedang mengobrol dan menjelaskan ke teman tentang aktivitas yang sedang kita lakukan.  Stay classy: tunjukkan kalau video yang dibuat memang layak ditonton.

Post Prod: Edit, Share and Be Famous . Jangan lupa untuk mengedit video apabila ada yang igin ditambahkan atau dikurangi, setelah dikemas dengan baik langsung share deh di sosmed.

Keren tips nya mbak Tini, hampir sama sih dengan tips yang saya pakai untuk mengemas konten blog, bedanya ini berhubungan dengan audio dan visual. Mbak Tini biasanya menggunakan editor stop motion pada OPPO F1s untuk vlog-nya. Ilmunya langsung di praktekin ah biar tambah lancar ngevlog-nya. 

Fatimah Kartini Bohang - Jurnalis Kompas Tekno

Tips Mereview Sebuah Produk Smartphone

Sesi terakhir mas Ahmad Sanusi, Managing Editor Tabloid Pulsa membagikan tips cara mereview produk smartphone yang baik. Ternyata untuk mereview sebuah produk smartphone harus bisa dipertanggung jawabkan, dan perlu ketelitian. Diulas secara detail mulai dari desainnya sampai ke hardware untuk mendapatkan kesimpulan. Dalam mereview produk smartphone harus subjektif, harus benar-benar mencoba smartphone yang di review, bagaimana kemampuan kamera depan dan kamera belakangnya, hasil fotonya, juga kemampuan audio dan visual.

Tentang penulisan review produk smartphone selama ini meskipun kadang sedikit diluar pakem, tapi tetap menggunakan bahasa yang bertutur tapi tidak keluar dari EYD. Mas Ahmad mengatakan sebagian besar wartawan bukan lulusan jurnalistik, bukan teknik tulisan yang membuat mereka diterima bergabung di Tabloid Pulsa, tapi justru karena keingintahuan tentang sebuah produk yang membawa mereka untuk berusaha menyampaikan informasi tersebut ke dalam tulisan yang enak dibaca. Yang penting passion first, teknik menulis dapat diasah kemudian, dan informasi tersampaikan. Itulah mengapa sampai sekarang Tabloid Pulsa masih bertahan hingga kini, karena masih banyak pembaca yang mempercayai Tabloid Pulsa sebagai referensi untuk pertimbangan membeli sebuah smartphone. 

Kesimpulannya dalam mereview produk smartphone tampilkan tulisan yang independen, sedapat mungkin data yang ditulis adalah data real dari mencoba ponsel itu langsung bukan hanya sekadar pendapat pribadi. 


Ahmad Sanusi - Managing Editor Tabloid Pulsa

Food Fotografi dan Videogram dengan OPPO F1s 

Setelah mendapat tips dari para narasumber, hari itu kami langsung mendapatkan kesempatan untuk menggunakan langsung F1s yang telah disediakan tim OPPO untuk memoto makanan dan membuat videogram dengan objek kawasan Kota Tua. Para blogger dan OPPO Fans dibagi menjadi 2 kelompok, dimana masing-masing kelompok ada yang mencoba memoto makanan dan kelompok satunya membuat videogram. Masing-masing peserta dipinjamkam smartphone OPPO F1s. Wow! Senang banget karena baru kali ini nyobain OPPO F1s.

lansung nyobain kamera depannya OPPO F1s

para blogger dan OPPO Fans antusias mencoba kamera OPPO F1s
membuat videogram dengan lokasi kawasan Kota Tua - Museum Fatahilah

hasil food fotografi saya
Meskipun saat mengambil foto dan merekam video sempat gerimis nggak menyurutkan semangat para blogger dan OPPO Fans untuk terus berusaha memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan untuk mencoba kemampuan kamera dan video OPPO F1s. Kapan lagi ya kan bisa megang OPPO F1s hehe, saya pun langsung norak nyobain kamera depannya, nggak peru editing hasilnya sudah jernih. Apalagi kamera belakangnya bisa lihat sendiri hasil foto saya, semuanya tanpa proses editing. Suka sekali dengan hasil fotonya terlihat natural. Puas deh seharian ikutan OPPO Selfi Tour 2017 Jakarta, nambah ilmu dan nambah pengalaman menggunakan OPPO F1s.





You Might Also Like

8 komentar

  1. Asiiik banget tour bersama OPPO. Bunda mah belum mahir moto pake handphone, merek apa aja...Kalo moto yaa, klik, lagsung liat hasilnya, hehe... Pernah belajar sih sekali, tapi gak pernah dipraktekkin yang bener. Udah lupa tuh practise makes perfect....LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. salut deh sama bunda, semangat belajarnya nggak pernah pudar hehe

      Hapus
  2. asyik ya bisa ikutan , banyak ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak..pulang-pulang langsung praktek :)

      Hapus
  3. Cafenya pintej yaa mba, sukaa..
    Ikannya ituu mauuu.. Aku penasaran food photography dgn camera oppo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren banget hasilnya, sempat nyobain selfie hasilnya detail banget :)

      Hapus
  4. saya masih belum pede di depan camera mba Tuty kwkwkw
    jadi kalo bkin video ngumpet hahaha

    BalasHapus
  5. wii tips nya keren. fotonya bagus. jadi laper :D

    BalasHapus