Cara Membuat Blog untuk Pemula

S ejak fokus menjadi blogger banyak teman-teman yang bertanya kepada saya bagaimana caranya membuat blog ? Apakah buat blog harus bayar?...


Sejak fokus menjadi blogger banyak teman-teman yang bertanya kepada saya bagaimana caranya membuat blog? Apakah buat blog harus bayar? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerap saya terima saat saya bertemu teman lama ataupun saudara yang sering lihat aktivitas saya di sosial media. Ya, timeline sosial media saya bisa dibilang berisi info kegiatan blogging. Mulai dari menghadiri event, share kegiatan selama event berlangsung dan share hasil tulisan yang dituangkan kedalam blog. Kegiatan saya sehari-hari seperti ini dianggap kegiatan yang seru dan mengasikkan sehingga menginspirasi orang lain ingin membuat blog.

Blog bagi saya awalnya hanyalah berisikan curhatan saja, mendapatkan job dari ngeblog itu merupakan bonus. Semuanya harus berproses, nggak bisa instan. Kenapa brand tertarik dengan tulisan blogger? Karena tulisan tersebut berkualitas dan berkuantitas sehingga bisa mewakili brand tertentu. Jadi ngeblog itu buka asal menulis, tapi ada pakemnya kalau pengin serius dan ingin menjadikannya sebagai profesi. 

blog tutyqueen.com

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. -Wikipedia-

Sebenarnya kalau membuat blog saja mudah sih, tapi supaya blognya sukses dan menghasilkan uang ada tips dan trik nya. Oke, buat kalian yang pengin memulai menulis blog dan sukses dengan blognya berikut tipsnya:


Membuat Blog


1. Punya Akun Gmail

Disini saya menuliskan cara membuat blog dengan blogspot. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Ya, karena blogspot merupakan platform gratis yang dijalankan oleh google. 

2. Login ke Blogger.com

Login menggunakan akun gmail dan password yang sudah dibuat. Setelah login kita akan diarahkan ke halaman blog.


3. Klik Blog Baru 

Tentukan blog yang dibuat kira-kira bakal diisi dengan tulisan apa. Bisa disesuaikan dengan hobi atau passion. Misalnya hobi masak dan doyan kulineran  buat blog dengan tema berbagai jenis masakan, tempat makan yang enak, resep masakan, dll.

4. Masukkan Nama Blog

Nama blog sebaiknya sudah dipertimbangkan apa kira-kira yang cocok yang menggambarkan diri kita atau tulisan kita. Karena nama blog yang kita pilih nantinya itulah yang menjadi branding dan memudahkan orang untuk mengingat blog kita.

5. Pilih Alamat Blog atau URL

Alamat blog disini masih menggunakan blogspot.com karena masih gratisan. Untuk blog profesional nantinya kita bisa membeli domain dan membeli cloud hosting dengan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .id, atau yang lain. Contoh blog saya dengan domain .com menjadi www.tutyqueen.com.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. -Wikipedia-

6. Pilih Template

Template adalah tampilan blog, ini ibarat kita menghias rumah. Jadi memilih template itu tergantung selera masing-masing. Usahakan menarik perhatian orang untuk bertamu atau berkunjung dan pemilihan warna yang natural atau warna dasar putih saja, ini biar enak dilihat nggak bikin sakit mata orang yang berkunjung ke blog kita. Sayang kan kalau sebenarnya orang pengin melihat isi blog kita tapi karena tampilannya kurang menarik orang yang berkunjung mengurungkan niatnya karena belum apa-apa sudah membuat orang tidak nyaman.

7. Klik Posting Baru

Nah, disini kita sudah mulai bisa deh membuat postingan terbaru. Tinggal mengeksplor apa yang ingin ditulis, mau curhatan soal anak, soal rumah, atau informasi daerah wisata, informasi acara unik dekat rumah, apapun bisa ditulis selama itu informatif. Karena yang namanya blog bukan untuk dibaca sendiri saja tapi juga orang lain. Ketika kita menulis blog anggap saja seolah-olah kita sedang mengobrol dengan teman atau orang lain, jadi tulisan yang kita buat seperti obrolan nggak kaku.

Ok, itu tips sederhana dan cara sederhana membuat blog baru untuk pemula ala saya. Menulislah karena kalian ingin menulis bukan karena ingin mengejar sesuatu, tulisan yang baik akan dicari  dan banyak dibaca orang. Nikmati saja dahulu proses menulisnya ya!








You Might Also Like

2 comments

  1. Suka templatenya mbak, rapi dan sederhana.. beneran gak bikin sakit mata :)

    ReplyDelete

Canva Magic Write