Oryza Graze Minyak Goreng Sehat dari Bekatul

M oms , kalau dengar kata dedak pasti buibu langsung ingat pakan hewan ternak ya kan? Iya, saya juga begitu. Dulu sewaktu kecil nenek su...


Moms, kalau dengar kata dedak pasti buibu langsung ingat pakan hewan ternak ya kan? Iya, saya juga begitu. Dulu sewaktu kecil nenek suka pelihara bebek dan ayam dan dedak adalah pakan wajib di stok untuk makanan ternak di rumah nenek. Tapi kalau ayam yang udah gede doyannya jagung bulat sih, hehe. Jangankan ayam, kalau jagung ya saya juga doyan. Kalau dedak gimana? Saya pernah dengar kalau dedak juga bisa dikonsumsi manusia karena dianggap menyehatkan. Yups, tau kan artis Olga Lidya yang juga pernah konsumsi dedak untuk sarapan, menurutnya dedak memiliki gizi yang cukup tinggi.

Karena dianggap memiliki manfaat, sekarang banyak orang yang mengonsumsi dedak dalam bentuk minyak. Dedak diolah menjadi minyak dedak atau Rice Bran Oil. Minyak dedak adalah minyak nabati yang terbuat dari kulit halus yang melapisi kulit beras dalam biji padi dan diproses dengan ekstraksi biji padi. Hasil dari ekstraksi dipisahkan menggunakan pelarut melalui penguapan. Selanjutnya minyak dedak yang sudah di ekstrak akan dimurnikan untuk menghilangkan senyawa lilin, pewarna, juga bau agar minyak siap digunakan. Meski lebih mahal dari minyak sawit, minyak dedak ini lebih murah dari minyak zaitun.

Oryza Grace Rice Bran Oil
Rice Bran Oil (RBO) termasuk deretan minyak goreng sehat. Jadi jangan khawatir makan gorengan ntar bikin gemuk, khawatir kolesterol atau jantung. Selama konsumsinya nggak berlebihan saya yakin kesehatan tetap terjaga. Saya beneran baru tau kalau ada Rice Bran Oil, selama ini taunya cuma minyak zaitun, minyak jagung, juga canola oil. Minyak yang berasal dari bekatul padi ini banyak kandungannya, diantaranya:

  • Mengandung lemak tidak jenuh, ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 37% Lemak Tak Jenuh Tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda dan 30% Lemak Jenuh.
  • Mengandung Gamma Oryzanol, yaitu antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Aman bagi penderita kolesterol dan jantung.
  • Mengandung berbagai vitamin termasuk vitamin E
  • Memiliki titik asap paling tinggi dibanding minyak goreng lain

Titik asap dari minyak  mencapai 245 derajat celcius, jadi kalau digunakan untuk menggoreng relatif aman, apalgi kalau cuma untuk menumis atau dressing salad. Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Bila minyak goreng memiliki titik asap rendah (dibawah panasnya suhu wajan), maka pada saat proses penggorengan minyak akan terlihat berasap, menandakan bahwa saat itu terjadi dua peristiwa, yakni:

  1. Rusaknya ikatan rangkap pada semua kandungan Lemak Tak Jenuh dalam minyak, berubah total menjadi Lemak Jenuh yang menimbulkan risiko peningkatan kolesterol LDL dalam darah.
  2. Terbentuknya zat akrolein (zat cair yang tidak berwarna seperti aldehid) dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, diantaranya menyebabkan batuk.
Selama ini saya memang nggak terlalu perhatian dalam pemakaian minyak goreng, terutama minyak dengan masing-masing titik asap yang berbeda ternyata. Malah minyak yang bekas pakai atau minyak jelantah beberapa kali dipakai lagi karena dianggap masih bagus dan warnanya nggak berubah. Padahal saat memasak bisa jadi minyak tersebut sudah rusak karena nggak tahan panas. Pantesan terkadang sehabis mengonsumsi gorengan saya suka batuk-batuk, ternyata minyak yang digunakan untuk gorengan bisa jadi melewati titik asap.

nasi goreng kesukaan suami
Mulai sekarang wajib banget konsumsi healthy oil minyak dedak. Saya sudah coba Oryza Grace Rice Bran Oil. Ya, karena sehat itu mahal jadi wajib dijaga apalagi demi keluarga tercinta. Soal harga untuk 1 liter nya Oryza Grace seharga Rp 79.900, ada juga ukuran 5 liter dengan harga Rp 377.900. Untuk ukuran kantong saya termasuk lebih hemat sih dibanding minyak zaitun. By the way Rice Bran Oil nggak cuma digunakan untuk memasak saja loh, tetapi juga digunakan sebagai kandungan bahan alami dalam kosmetik dan kecantikan.







 

You Might Also Like

29 comments

  1. Harganya lumayan mahal juga ya ternyata. Tapi aku penasaran deh sama minyak yang terbuat dari bekatul ini. Aku pun punya banyak bekatul karena pelihara 4 ekor bebek di belakang rumah emakku.

    ReplyDelete
  2. Harganya lumayan mahal juga ya ternyata. Tapi aku penasaran deh sama minyak yang terbuat dari bekatul ini. Aku pun punya banyak bekatul karena pelihara 4 ekor bebek di belakang rumah emakku.

    ReplyDelete
  3. Ada harga ada rupa ya mestinya Mbak Tuty. Buat keluarga yang penting terus berikan yang terbaik, termasuk menyajikan makanan sehat ya Mbak. That's why, minyak goreng ini bagus banget menurut aku.

    ReplyDelete
  4. Aku tau banget bekatul ini kata orang dulu emang bagus banget khasiatnya. Teknologi makin keren ya bisa bikin jadi minyak dan bisa dikonsumsi harian untuk pengolahan makanan kita. Jadi pengen nyoba nih belajar hidup sehat dengan Oryza Grace

    ReplyDelete
  5. Nah iyaa! Akupun ingetnya pakan hewan, makanya agak kaget juga bacanya.
    Ternyata oke ya ini minyaknya. Harganya yang seliter lumayan juga. Cocok nih buat tumis2an

    ReplyDelete
  6. harganya lumayan berat ya mba 5 liter sampe 377ribu ehehhe aku ya pengen cobain ini agar hidup lebih sehat xixixi

    ReplyDelete
  7. Oh, padahal kalo berasap itu biasanya kalau pas panas tinggi atau alias gosong ya wajannya. Emang iya sih, aku sering batuk kalau pas makan kerupuk. Dan kerupuk itu seringnya aku menggoreng dengan minyak panas banget bahkan sering keluar asapnya.

    ReplyDelete
  8. Aku harus selektif nih kalau milih minyak goreng, secara suka banget makan gorengan, alhamdulillah ada oryzae minyak healthy, ah mau ganti minyak ��

    ReplyDelete
  9. Saya juga lagi pakai minyak ini. Tenang mengkonsumsinya karena termausk minyak goreng sehat. Udah gitu bisa sekalian saya pakai untuk skincare

    ReplyDelete
  10. Minyak goreng yang sehat nih. Dengan bahan dari bekatul, kita bisa hidup lebih sehat ya, Mbak. Eh, harganya juga ramah di kantong hehehe

    ReplyDelete
  11. Selama ini aku pakai minyak canola atau jagung, ntar aku coba beli Oryza Grace. Untuk kesehatan sih nggak mahal, dari pada sakit. Suami sempat kena serangan jantung, jadi sekarang pakai minyak yang aman untuk masakan serumah

    ReplyDelete
  12. Asyik kalo bs pake minyak gireng dari bekatul ini meski makan gorengan ttp sehat. Sayang harganya kurang ekonomis kalau utk sehari hari hihi

    ReplyDelete
  13. Kalau nasi goreng kesukaan aku mana mbak? :-D Pake oryza lebih menyehatkan ya, tapi memang sh ada baiknya buat tumis2 atau bikin nasi goreng jadi gak cepet habis minyaknya heheheh ngirit

    ReplyDelete
  14. Mbak. Aku nyari minyak ini di sini kok belum ada katanya ya. Padahal pengen pake minyak ini banget. Minyak sehat

    ReplyDelete
  15. Wah, banyak wara-wiri di TL, dan banyak temen-temen yang nyoba, aku jadi penasaran sama Oryza Graze ini. Kudu nyoba sendiri nih kayaknya. Nyari aaaah....

    ReplyDelete
  16. Penting bngt yak memperhatikan yg dikonsumsi keluarga aplg yg di goreng .. Blum Pernah sih coba produknya mba,,

    ReplyDelete
  17. Dari bekatul? OMG keren banget penemuannya ya mba. AKu makin penasaran kayak apa bedanya dengan minyak yang biasa. Soalnya harganya juga lumayan ya hehehe ... Semoga di tempatku ada biar mau cobain.

    ReplyDelete
  18. titik asapnya paling tinggi ya mba...aku pernah pakai dulu untuk tumis menumis. But that's like long time a go

    ReplyDelete
  19. Mengingat harga nya yang lumayan, sepertinya aku cuma akan rela pake minyak ini untuk numis numis, hehe untuk deep fry sepertinya belum rela šŸ¤£ tapi boleh sih stok dirumah buat menyeimbangi minyak biasa

    ReplyDelete
  20. Aku dari kemarin baca testimoni teman-teman jadi pengen coba deh, mba. karena buatku masak dengan yang sehat-sehat itu penting banget ya

    ReplyDelete
  21. Harganya lumayan ya mba, tp sebanding lah klo mengingat sehatnyaaa.

    ReplyDelete
  22. Innovative sekali ini, ada minyak goreng dari bekatul. Aku oenasaran gmn cara bikinnya yaa

    ReplyDelete
  23. Bagi penggemar gorengan yang tetap ingin sehat, Oryza Graze ini bisa jadi pilihan ya. Titik asapnya paling tinggi ternyata ya. Minyak kelapa biasa ada di 175, rice bran oil ini bisa sampai 254 dercel. Nggak cepet rusak ya minyaknya.

    ReplyDelete
  24. Sebenernya denger kata dedak dimakan manusia tuh agak gimana gitu ya. Tapi aku juga pernah baca manfaatnya memang besar untuk kesehatan. Nah kalau dijadikan minyak goreng gini sih lebh praktis ya kak

    ReplyDelete
  25. Harganya lumayan ya Mba, dibanding minyak goreng biasa. Tapi mengingat kandungan dan manfaatnya, kayaknya worth to try nih.

    Btw tentang dedak, jaman kecil aku suka makan. Dikukus gitu sama eyang, makannya sama lauk biasa atau pake parutan kelapa. Enak, tapi kalau sekarang kayaknya nggak mau coba lagi, wkwkwk.

    ReplyDelete
  26. Harganya lumayan sekali. Tapi seimbang ya dengan manfaatnya untuk kesehatan.
    Aku adanya ricebran oil tapi untuk skincare hehe.

    ReplyDelete
  27. Betul sekali. Dedak sangat bagus sebenarnya nilai gizinya untuk manusia. Tapi entah mengapa manusia lebih sayang sama ayam dan bebek ya hingga diberikan ke mereka. Suka banget sama produk rice bran oil karena memang lebih dari minyak kelapa.

    ReplyDelete
  28. Menarik yaa..mba mengenai titik asap yang tinggi ini.
    Selama ini sering mengabaikan tanda-tanda minyak berasap bila dipanaskan suhu tinggi, karena ketidaktahuan.

    Bermanfaat sekali, mba.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  29. Berarti harga minyaknya cukup terjangkau juga ya mba dan aman untuk kesehatan juga ya. Aku soalnya cukup sering goreng2 di rumah nih. Thank you infonya mba.

    ReplyDelete