5 Pesona Destinasi Alam Terbaik di India

I ndia merupakan negara di Asia yang disorot sebagai salah satu negara dengan penduduk terbesar dan terpadat di dunia. Budayanya yang ...


India merupakan negara di Asia yang disorot sebagai salah satu negara dengan penduduk terbesar dan terpadat di dunia. Budayanya yang eksotik membuat india sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Terkenal dengan makanan karinya dan penuh dengan bahan rerempahan juga menjadi nilai tersendiri bagi negeri Bollywood ini. Selain itu negara yang dikelilingi pegunungan Himalaya dan Samudra Hindia ini memiliki luas wilayah yang cukup besar dan pemandangan alam yang sangat memukau. Oleh karena itu banyak destinasi-destinasi di India yang menyajikan pesona alamnya yang sangat menakjubkan.

Dalam artikel ini saya akan menuliskan lima pesona destinasi alam terbaik di India yang akan memanjakan indera penglihatan kita. Setelah memesan tiket ke India, jangan lupa ya untuk segera cek status penerbangan, agar perjalanan semakin mudah dan nyaman.  

Kepulauan Andaman

Negara India yang berdekatan dengan Samudera Hindia, menjadikan kawasan pantai dan pulau di sekitarnya memiliki daya tarik keindahan alamnya yang memukau. Seperti halnya Kepualau Andaman yang pantainya memiliki panorama laut yang memukau nan megah bak samudera lepas. Warna air lautnya yang biru jernih dan bersih seakan mengundang kita yang melihat untuk bersantai dan merasakan kesegarannya. Selain bisa menikmati keindahan yang disajikan di tempat ini, kita juga bisa melakukan kegiatan diving atau snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang tidak kalah indahnya. Aih, impian banget ini!

Valley of Flower National Park

Salah satu destinasi alam populer di India yang terletak di Himalaya Barat ialah Valley of Flower National Park. Taman nasional ini terkenal dengan hamparan padang rumput yang begitu memukau. Selain dipenuhi oleh hamaparan luas padang rumput hijau, lembah nan megah ini juga dipenuhi dengan hewan-hewan langka serta berbagai bunga cantik seperti bunga Alpine. Selain kecantikannya, daya tarik tempat ini juga dari cerita mitosnya. Konon taman nasional milik India ini dipercaya sebagai tempat Hanuman mengumpulkan Sanjeevani Buti untuk menyembuhkan Laksamana.

sumber: tourmyindia.com

Gulmarg

Selain sebagai destinasi alam terbaik di India, Gulmarg menjadi destinasi yang populer untuk bermain ski. Saat musim dingin, tempat ini akan ramai dikunjungi para wisatawan. Karena salju yang menyelimuti kawasan dengan kondisi wilayahnya yang berbukit ini dirasa sangat tepat untuk diselingi dengan kegiatan olahraga ski. Bagi kalian yang belum terbiasa dengan olahraga ski, Anda juga bisa menikmati destinasi memukau ini dengan menaiki gondola. Dengan begitu teman-teman tetap bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh pemandangan Gulmarg dari ketinggian.

Tunganath Temple

Di ketinggian 3600 M tepatnya di pegunungan dan lembah sungai Mandakini terdapat Candi Hindu yang sangat terkenal di India. Bagaimana tidak, Tunganath yang secara harafiah berarti raja puncak tertinggi merupakan Candi Hindu tertinggi di dunia. Warisan yang dimiliki India ini merupakan kuil yang diperuntukkan pada Dewa Siwa. Keindahan pun terpancar dari candi ini yang berada di tengah-tengah lembah pegunungan yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi, membuat kita serasa sedang berdiri di puncak dunia dan alam raya nan luas.

sumber: tourmyindia.com

Pangong Tso

Sesuai dengan namanya, Pangong Tso yang dalam bahasa Ladkhi kata “Tso” memiliki arti danau, Pangong Tso merupakan salah satu danau yang tertinggi di India. Keindahan danau ini sukses menjadikannya lokasi syuting film Bollywood yang berjudul Jab Tak Hai Jaan.  Danau ini terbilang unik karena lokasinya yang berada di perbatasan dua negara yaitu India dan Tibet-Cina, maka hampir 60% wilayah danau eksotik ini dimiliki oleh Tibet-Cina. Meskipun begitu, danau ini sukses menjadi destinasi alam memukau yang wajib dikujungi saat sedang berlibur di India. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah pada saat musim panas, karena udara yang cerah dan cahaya sinar mata hari yang memayungi danau ini membantu kita untuk melihat dengan jelas keindahan yang disajikan. Selain itu karena danau ini berada di dataran Pegunungan Himalaya, sehingga pada saat musim dingin air di danau ini membeku dan tidak bisa dikunjungi.

sumber: india.com
Nah, itu dia lima destinasi alam terbaik yang ada di India. Pengin banget kan traveling ke India, makanya cari tiket pesawat ke India jauh-jauh hari biar dapat murah, dan sering-sering cek harga tiket juga siapa tau lagi ada promo. Traveling bareng teman seru nih!




You Might Also Like

25 comments

  1. Pangong Tso nya keren bangeeeet... Duh jadi pengen juga ke India ..

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, pemandangan yang di pangong tso keren banget mbk. Bisa kayak cermij gitu ya. Nggak nyangka, India punya pemandangan2 sekece ini. Makasih lo mbk udah share, aku jadi tau nih.

    ReplyDelete
  3. Pas banget ya, zaman now lagi viral tiket pesawat dosmetik lebih mahal ketimbang pesawat luar negeri.
    banyak yang milih traveling ke luar negeri aja.

    India ternyata keren juga ya.
    Semoga bisa ke India juga deh, aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Masya Allah indah banget panhong tso. Kebayang duduk cantik sambil menikmati indahnya danau di depan mata

    ReplyDelete
  5. Bangunan Tunganath Templenya unik. Sari tumpukan batu bata tapi hitam abu-abu gitu ya warnanya. Pintu yang dilengkapi dengan lukisan-lukisan mengikuti bentuk pintu. Keren. Itu putih2 pasir kah, Mbak?

    ReplyDelete
  6. Tempatnta anti mainstream ya Mbak... Kecee niih.
    Etapii, kenapa film India gak jadikan tempat2 itu sebagai lokasi syuting mereka ya? Kan pasti lebih kereen tuh.
    Sekarang asyik yaah, udah bisa cek flight status lewat aplikasi gitu jadi gak perlu was2 lagi yaah.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah.. india indah yaa.. spt halnya di Indonesia bagian timur

    ReplyDelete
  8. Waah bagus yaaa..sebelumnya yang terbayang-bayang tentang negara ini adalah hiruk pikuknya hehe

    ReplyDelete
  9. Tunganath temple 😍😍
    Cantiknya negara India ini, sebelumnya hanya bisa membayangkan negara padat penduduk yang berkembang ini sungguh sangat berantakan 😂

    ReplyDelete
  10. Aku pernah kepengen backpackeran ke India sendirian mba, salah satunya karena keindahan destinasi di atas. Tapi sekarang2 ini malah takut gegara baca2 isu di sana ��

    ReplyDelete
  11. Jadi inget film anak Shiva. Saya mah kalau yang Indianya kayak gitu, seperti beberapa destinasi yang ada di tulisan ini, penasaran pengen tahu juga. Kayaknya tempatnya kok asyik, tenang gitu...

    ReplyDelete
  12. Itu yang di pongong tso salju ya? Aku baru tau di india ada daerah bersalju hehe

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen juga ke India selain tpt di atas saya jg pengen ke Taj Mahal...

    ReplyDelete
  14. Yang disebutin diatas b lum Pernah kesana euy smoga dalam.waktu dekat bisa yakk,, pemandangan nya indah bngt

    ReplyDelete
  15. Keren-keren ya pilihan destinasi wisata Indianya mba Tuty, nanti kl udah dapet tiket murahnya aku diajak ya mbak

    ReplyDelete
  16. Masya Allah ternyata India tidak hanya memiliki Taj Mahal yang mempesona. Namun alamnya pun tak kalah cantik, seperti berada di kahyangan

    ReplyDelete
  17. Selama ini yang keinget kuil atau taj mahl atau kotanya, gak pernah kepikiran ttg wisata alam di India, ternyata cukup banyak dan menarik ya mbak tempat2nya :D

    ReplyDelete
  18. Super banget ya India emang mempesona jadi pengen berkunjung ke India dengan segudang pesonanya

    ReplyDelete
  19. Ah aku gak berani ah ke temple yang dikelilingi tebing, takut runtuh hehe.
    Tujuannya yang lainnya boleh deh :)

    ReplyDelete
  20. India ini termasuk salah satu negera yang pengen aku kunjungi karena tertarik dengan kebudayaannya plus aku suka baca sejarah india yang dewa-dewa

    ReplyDelete
  21. Wuaaa, India aku suka banget sama budayanya, penasaran.
    Banyak hari keagamaan ya, negara kuno pasti banyak yang unik

    ReplyDelete
  22. sebagai penggemar film india, Valley of Flower National Park ini sepertinya saya sering lihat kalo nonton film india deh, saat mereka sedang menyanyi, hehehe :)

    ReplyDelete
  23. Cantik bangeeet.. aku jadi mupeng berat mba! Perlu waktu lumayan panjang untuk explore India

    ReplyDelete
  24. Cantik bangeet ya mba.. aku pengen ke sini dan mampir ke semua tempat. Perlu waktu lama untuk explore India

    ReplyDelete
  25. MasyaAllah indah banget alam india itu ya Mba..pastes mas suami suka nonton film india karena sering ada cuplikan pemandangan alamnya

    ReplyDelete

Canva Magic Write