Ini Dia Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan

S etiap liburan akhir tahun saya selalu ingat pertemuan pertama dengan suami saat belum menikah. Saat cuti kerja di akhir tahun 2009 pa...


Setiap liburan akhir tahun saya selalu ingat pertemuan pertama dengan suami saat belum menikah. Saat cuti kerja di akhir tahun 2009 pas banget tanggal 31 Desember saya ke Jakarta, dijemput pacar di Bandara Soekarno Hatta. Tiba di Jakarta saya disambut dengan pesta kembang api dan terompet. Ini bukan pesta kejutan dari kekasih hati, tapi karena orang-orang sedang bersuka cita menyambut tahun baru dengan ceremony. Ini benar-benar pengalaman yang tak terlupakan, melihat pesta kembang saat pesawat tepat mendarat di pukul 00.05 WIB.

Makanya sekarang setiap akhir tahun saya dan suami sering mengingat awal pertemuan kami, hihi lebay! Di tahun-tahun berikutnya setiap akhir tahun kami sering merencanakan liburan berdua atau kalau budget terbatas biasanya kami staycation saja di Jakarta mencari hotel yang nyaman, makan malam di restoran favorit sekaligus bisa menikmati malam pergantian tahun. Pokoknya setiap akhir tahun selalu ada saja rencana yang sudah kami jadwalkan berdua. Menjelang liburan pun biasanya saya sudah mulai kurang fokus karena yang ada dalam pikiran cuma semangat liburan.

Ngomongin liburan akhir tahun, nggak terasa dalam hitungan hari saja kita bakal menyambut pergantian tahun. Teman-teman juga pasti sudah merencanakan liburan bareng keluarga ya kan? Seperti biasa sebelum liburan jauh-jauh hari kita harus sudah mempersiapkan apa saja yang akan dibawa selama liburan, juga perencanaan proteksi diri dan keluarga. Berikut yang sebaiknya dipersiapkan sebelum liburan.

Tiket Pesawat

Tiket pesawat harus dipersiapkan jauh-jauh hari, karena liburan akhir tahun selain banyak orang mengambil cuti untuk liburan bareng keluarga juga bertepatan dengan liburan anak sekolah. Jadi ya mesti dipahami kalau liburan akhir tahun identik dengan peak season. Harga tiket sudah pasti tinggi dan terkadang malah fully booked. Solusinya yang namanya liburan tiket pesawat harus sudah di tangan, selain menghindari beli tiket dadakan juga menghemat budget. 

Hotel

Hotel sama pentingnya dengan tiket pesawat, dan termasuk cukup padat setiap liburan akhir tahun. Nggak heran kalau hotel pun saat peak season sering penuh dan harganya juga beda dengan hari-hari biasa. Booking hotel jauh-jauh hari juga harus dipertimbangkan jangan dadakan kayak tahu bulat. Beneran deh jangan nekad juga deh begitu sampai di kota tujuan berlibur buru-buru cari hotel, karena hotel tak berbintang pun saat liburan sering penuh. Kasihan kan kalau bawa keluarga terus hotel ternyata belum di booking yang ada niat liburan malah jadi terkatung-katung.

Sewa Mobil

Liburan bareng keluarga lebih nyaman kalau selama di lokasi berlibur kita sudah menyewa atau rental mobil. Selain lebih hemat biaya juga lebih puas dan nyaman. Tinggal pilih saja mau rental mobil include driver atau mau self drive. Sama saja sih nyamannya, kalau pakai driver setidaknya kita nggak repot-repot buka map cari lokasi yang pengin dikunjungi. 

enaknya rental mobil bisa turun sebentar buat foto-foto :)

Itinerary

Buat itinerary liburan. Rencanakan pengin mengunjungi lokasi apa saja dan dimana saja. Ini yang gunanya agar kita lebih hemat waktu dan hemat biaya juga sih. Kalau sudah tahu itinerary nya pasti lebih enak, kita nggak perlu meraba-raba lagi mencari destinasi wisata apa saja yang ada di kota tujuan.

Payung dan Jas Hujan

Cuaca sedang tidak menentu, akhir-akhir ini sering hujan. Payung dan jas hujan sebaiknya dipersiapkan, just in case lagi jalan tiba-tiba hujan turun, nggak lucu kan kalau traveling nya jadi basah kuyup, kecuali memang liburannya sambil syuting film India. Dilarang ngakak!

Kamera

Hari gini liburan nggak bawa kamera rasanya rugi banget. Jangan sampai momen-momen penting dan momen-momen lucu nggak didokumentasikan. Biasanya suami kalau mau liburan kamera dan perintilannya sudah disiapkan dalam tas khusus. Mulai dari lensa tambahan, baterai cadangan, memori, charger, dll.

Laptop

Mempersiapkan laptop untuk dibawa liburan sebenarnya optional sih. Nggak wajib-wajib banget, tapi karena pekerjaan saya dan suami suka dadakan ada tugas maka laptop termasuk barang yang wajib dibawa, maklum lah mobile worker, hehe. 


Asuransi Perjalanan

Nah ini dia yang paling penting dan seharusnya berada di urutan pertama yang harus dipersiapkan. Yups, asuransi perjalanan. Biar bagaimanapun yang namanya liburan bisa saja terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Nggak bisa dipastikan selama liburan semuanya berjalan lancar, bisa saja salah satu anggota keluarga kita terpeleset atau terjatuh saat traveling, bisa jadi bagasi hilang saat di bandara, atau terjadi hal-hal lain yang tak diinginkan. Makanya asuransi perjalanan itu perlu, biar perjalanan tetap happy karena sudah di proteksi. Banyak kok asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan dan manfaat untuk kita selama traveling. Seperti asuransi happyTrip produk asuransi dari happyOne.id.

Perlindungan perjalanan yang diberikan oleh happyTrip adalah perlindungan perjalanan domestik atau internasional. happyTrip Domestik memberikan perlindungan atas risiko sebelum dan selama perjalanan di dalam negeri. Dimana keunggulannya antara lain berupa perlindungan pembatalan perjalanan, perlindungan terhadap bagasi dan barang pribadi, biaya medis akibat kecelakaan, perlindungan keterlambatan penerbangan, dan evakuasi medis darurat dan repatriasi.

Sedangkan happyTrip Internasional memberikan keamanan dan perlindungan atas risiko sebelum dan selama perjalanan luar negeri, dengan keuntungan perlindungan pembatalan perjalanan, perlindungan terhadap bagasi dan barang pribadi, biaya medis akibat kecelakaan dan sakit, dan memberikan perlindungan keterlambatan penerbangan. Mau tahu gimana cara beli asuransi perjalanan happyTrip? Klik disini ya.

#BeTheHappyOne




You Might Also Like

25 comments

  1. Membuat persiapan sebelum liburan juga penting buat saya. Bukan tipe yang suka pergi mendadak. Apalagi saat anak-anak masih kecil. Salah satu persiapannya termasuk untuk asuransi perjalanan

    ReplyDelete
  2. Soal payung/jas hujan itu belum semua orang ngeh untuk bawa. Kelewat mungkin ya ngelist-nya. Laptop juga kayaknya jadi penting sekarang buat yg ngeblog hahaha. Harus matang memang bikin persiapan agar realita yg seringkali nggak sesuai ekspektasi bisa disiasati dan liburan tetep bikin bahagia.

    ReplyDelete
  3. Keterlambatan penerbangan bikin kesel dan keki.

    Mau makan mahal di bandara, walaupun terkadang dapat makan dari penerbangan sambil menunggu pesawat.

    Keterlambatan penerbangan suka bikin cranky saat datang ke kota tujuan.

    ReplyDelete
  4. betul mbak, kudu siap payung sama jas hujan, baru aja kemaren aku ke tempat wisata, eh pas nyampe pas hujan

    ReplyDelete
  5. Itinerary memang penting bangeet, apalagi bawa pasukan banyak Dan rempong. Ah jadi pengen liburan :)

    ReplyDelete
  6. Mba Tuty, aku lihat kacamatanya jadi berasa pengen liburan. Hahhaa. Btw memag sebelum liburan harus persiapkan banyak hal nih, mba. Paling pertama aku cek tuh memang tiket pesawatnya tersedia atau nggak :) . Makasih ya mba tulisannya sebagai pengingat

    ReplyDelete
  7. Aku juga selalu bawa perlengkapan yang serupa kalau traveling mba, apalagi dengan keluarga. Well, asuransi perjalanan memang bikin tenang ya

    ReplyDelete
  8. Waj matang banget mba persiapanya, jujur saya tidak terfikirkan untuk membawa payung dan jas ujan

    ReplyDelete
  9. Aku sekarang traveling tetep bawa laptop yang mini. Enak buat ngeblog dan ngedit video ato foto.

    ReplyDelete
  10. Jas hujan penting tapi sering kelupaan, pernah udah beli yg tipis buat sekali pakai, eh tetap aja lupa kebawa, duuh.. Kalau laptop masih sering males bawa karena berat, harus ganti yg lebih ringan dulu kayanya biar gak males hehehe.

    ReplyDelete
  11. Wah aku pernah liburan bawa laptop, beberapa kali sih tepatnya. Pernah optimal, bisa nyambi nulis karena ada job. Tapi pernah juga cuma nganggur laptopnya, karena banyak kegiatan outdoor selama liburan

    ReplyDelete
  12. kalau aku biasanya siap semua , terutama itu kamera hahaha
    sepenting2nya kamera yang disiapin
    lebih penting lagi menyiapkan asuransi perjalanan ya
    aku ga kepikiran
    terimakasih tips tips nya kak

    ReplyDelete
  13. Nah..aku blm pernah nih pakai asuransi perjalanan . Apakah sistemnya utk tiap kali perjalanan atau dalam periode pertanggungan tertentu misal per tahun?

    ReplyDelete
  14. Hihihi, sama Mbaak.... Aku juga tipe yang nggembol (bawa) laptop kemana-mana. Mau liburan pun bawa laptop. Hehehe.... Walaupun bisa nulis via handphone tapi entah kenapa lebih tenang aja kalau bawa laptop buat jaga-jaga.

    ReplyDelete
  15. Wah asuransi perjalanan memang perlu ya biat jaga2...Saya selama ini ga pkai aiy..tp.memang hrs diperrimbangkan nih..

    ReplyDelete
  16. Wuduuu, lepi kudu bawa juga itu ya. Btw kok aku gagal fokus sama kacamata, mengilap eh mengkilap kali ya haha.
    Kalo asuransi mah sebaiknya punya ya, apalagi kalo di jalan, kan kita gak tau gimana :D

    ReplyDelete
  17. Oh, jadi kalau pakai happytrip, misal jadwalnya cancel atau delay karena kesalahan dari pihak maskapai, kita akan dapat penggantian kerugian, gitu kah Mbak?

    ReplyDelete
  18. All in one pokoknya perlundungan perjalanannya ya mbak gak cuma dicover biaya keterlambatan ternyata ya tapi ada juga kesehatannya

    ReplyDelete
  19. Aku kalo ergi2 ga bisa bawa leptop mba. Karena bekal saja sudah berat wkwkwk. Nganu, asuransi perjalanan ak juga blm punya. Ini padahal penting banget ya

    ReplyDelete
  20. Persiapin tempat di mana aja kita akan berkunjung penting banget nih. Pnh skli dlu traveling gk merencanakan mw ke mana aja, eh sampe nya di sana jd bengong sendiri. Btw ntuk asuransi perjalanan boleh juga nih mba mengingat mngkin ada hal2 yg tak inginkan bsa saja terjadi

    ReplyDelete
  21. Laptopnya cantik banget sih. Aku jg liburan kemarin bawa laptop eh tapi koq gak kepake ya karena sibuk rekreasi hehe

    ReplyDelete
  22. Kirain Mas Ono tiup2 terompet xixixixi.
    Sekarang yang namanya liburan tu kayaknya suatu kebutuhan ya mbak, makanya kudu disiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satunya asuransi perjalanan, supaya tenang meninggalkan keluarga.

    ReplyDelete
  23. Walaahhh iya mba, yang sering terlupakan tuh justru asuransi perjalanan ya. Padahal saat kita sudah memiliki proteksi ini, bepergian pun jadi nyaman dan enggak was-was ya.

    ReplyDelete
  24. Liburan memang membutuhkan banyak perencanaan ya Mba Tuty, tapi tetep dong ya kita enjoy plesiran apalagi bisa sewa mobil juga perjalanan semakin lancar. Ada perlindungna asuransi juga, happyone memang bisa jadi andalan banget

    ReplyDelete
  25. Waah...kaya sinetron yaa, mba...
    Dijemput pacar lalu ada pesta kembang api.

    Hiihii...
    Tapi peak season memang bisa jadi pilihan untuk berlibur.
    Karena bisa menikmati cuti lebih lama.
    Yeeay~

    ReplyDelete

Canva Magic Write