Asperindo Akan Menggelar Shop Ajang Bertemunya Para Stakeholder E-commerce

S eru banget deh kayak nya kalau semua pelaku e-commerce seluruh Indonesia bertemu daalam satu tempat dan jualan bareng. Tenang, Agustus...


Seru banget deh kayak nya kalau semua pelaku e-commerce seluruh Indonesia bertemu daalam satu tempat dan jualan bareng. Tenang, Agustus mendatang Asperindo akan menggelar ShOP (Showcase of Online People) tepatnya tanggal 23-25 Agustus 2018 di Hall 3A-ICE, BSD. Tema yang akan diangkat adalah Off to Global Online Market. Tujuan diadakannya perhelatan ini adalah untuk mendukung perkembangan industri e-commerce di Indonesia.

Asperindo adalah Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia. Bapak M. Feriadi selaku ketua umum Asperindo mengatakan saat ini Asperindo memiliki 500 anggota plus perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah jaringan 40 ribu jaringan. Asperindo berdiri sejak tanggal 26 Maret 1986 dan anggota-anggotanya adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman ekspres di Indonesia dan merupakan satu-satunya asosiasi perposan atau perusahaan jasa ekspres yang memperoleh pengakuan dari Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi dan KADIN (Kamar Dagang Industri).

M. Feriadi

Saat ini lebih dari 50% penduduk Indonesia sudah terpapar internet. Teknologi yang berkembang pesat ini menjadikan bisnis online shop juga tumbuhnya luar biasa. Seiring dengan tumbuhnya online shop, jasa pengiriman barang pun banyak dibutuhkan agar proses pengiriman bisa sampai ke pelanggan. Untuk itu Asperindo hadir untuk membantu para pelaku UKM di seluruh Indonesia. Selama ini belum ada ajang yang seperti ShOP yang mengumpulkan atau menghadirkan seluruh pelaku UKM di Indonesia. Maka dari itu Asperindo dengan bantuan EO Mediatama Bina Kreasi berinisisai mengadakan ShOP.

Asperindo mendukung program ShOP sehingga semua produk yang dijual oleh para pelaku UKM bisa di distribusikan bukan hanya di tingkat nasional atau domestik tapi juga sampai ke manca negara atau internasional, dan untuk ini Asperindo membutuhkan dukungan dari pemerintah. Dari sisi pendanaan UKM pastinya sangat membutuhkan untuk membuat bisnis mereka semakin besar, tapi yang lebih penting lagi bagaimana produk-produk yang mereka jual terdistribusi dengan baik sehingga produktivitas mereka semakin baik pula di masa yang akan datang.

Rencananya ShOP akan diadakan secara rutin dan semoga saja bisa diadakan setiap tahunnya. Menurut pak M. Feriadi ini bisa menjadi bola salju yang terus bergelinding menjadi lebih besar karena jumlah UKM semakin tumbuh dan berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. 3 pilar e-commerce sebenarnya adalah market place, payment gateway atau perbankan yang mendukung untuk sistem pembayaran dan logistik atau pengiriman dimana disini adalah peran Asperindo beserta anggota-anggotanya.

Sunarna Eka Nugraha

Yang namanya bisnis pasti perlu tambahan dana agar bisnis bisa besar. Untuk itu pemerintah meminta perbankan untuk bisa memberikan dan mempermudah para pelaku UKM mendapatkan kredit atau pinjaman modal. Sunarna Eka Nugraha-Wakil Pimpinan Bisnis Usaha Kecil dari BNI mengatakan BNI sendiri mengelola pembiayaan kemitraan yang disebut KUR. BNI sudah melakukan kerjasama dengan e-commerce dan platform aplikasi untuk mendukung UMKM. Pembiayaan yang tepat pasti akan mendorong pelaku UKM, makanya BNI punya skema pembiayaan. BNI juga memangkas beberapa persyaratan yang dianggap para pelaku UKM terlalu ribet. 

Menurut pak Ikhsan Baidirus-Direktur Pos Kementrian Komunikasi dan Informatika, pemerintah sendiri sangat mengapresiasi Asperindo yang sudah berinisasi mengadakan acara ShOP. Jika bicara ekonomi digital memang sekarang ini berpengaruh dengan tumbuhnya kreativitas anak bangsa tanpa mengenal umur yang terhitung jumlahnya. Saat ini semua orang menyambut era digital sebagai kegiatan baru dan peluang baru untuk membuat bisnis online, jadi semua orang punya kesempatan untuk menjadi pengusaha baru baik itu UMKM mau pun perorangan. 

Ikhsan Baidirus
Bicara e-commerce otomatis berhubungan dengan ekonomi, apabila digital ekonomi bergelora dan 3 pilar e-commerce tumbuh bersama-sama maka kegiatan ini akan semakin besar dan maju kata pak Ikhsan. Pelaku bisnis online baik itu buyer, seller mau pun reseller semuanya berperan dan semuanya juga mendapatkan keuntungan. Kalau ekonomi tumbuh maka bangsa Indonesia juga akan mengalami keuntungan. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi kegiatan e-commerce ini semakin baik dan e-commerce semakin maju, dan bisa membantu para pelaku UKM di daerah.

Event ShOP nanti diharapkan membuat digital ekonomi kita semakin tumbuh dan berkembang. ShOP ini terbuka untuk siapa saja, bakal ada talkshow juga coaching clinic dan masih banyak lainnyaShOP akan membahas kiat menjadi eksportir sukses serta berbagai kisah suskses usaha ekspor. Kesempatan banget ini, saya udah bookmark di kalender event ShOP biar nggak kelewatan. 




You Might Also Like

24 comments

  1. Enak ya...kalau usaha saling menguntungkan..., Bahkan ke tingkat reseller..

    Semoga terwujud..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak..saling menguntungkan dan bermanfaat satu sama lain yaa

      Delete
  2. Sekarang banyak banget e-commerce ya mbak. Di era Milenial begini, benar-benar membantu dan mempermudah segala urusan

    ReplyDelete
  3. Hemmm... Ada berapa banyak ya ecommerce dan jasa kirim paket di Indonesia ? Kebayang kalau zemua pada kumpul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakal ramee ..makanya wajib hadir nih teh, untungnya event nya dekat rumah ku hehe

      Delete
  4. Paling seneng kalo dah mantengin ecommerce bergabung dan berkumpul, suka ikutan bangga apalagi mengikutsertakan para UKM Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh nchie ini sama dengan memberika kesempatan para UKM untuk berkembang dan memperluas pemasaran yaa

      Delete
  5. Waah kebayang gimana serunya event ShOP nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mbak ke Tangerang, acaranya di ICE BSD mbak

      Delete
  6. Waaah enak nih yang bisa datang ke acara ini. Pasti seru banyak hal menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak barang yang biasanya cuma dijual online aja pastinya, bakal seru karena ada event offline nya

      Delete
  7. Menarik banget pastinya acaranya nih. Para pengusaha e-commerce ngumpul pasti bikin kt byk terinspirasi. Kmrn jg ad acara begini ditempatku. Tp kecil aj sih. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini menginspirasi sekaligus jadi motivasi juga ya buat bisnis pemula

      Delete
  8. Zaman sekarang sangat dipermudah dengan e-commerce ya mbak. Kalau yg kreatif pada ngumpul pasti banyak ide yg tercipta nantinya.

    ReplyDelete
  9. E-commmerce emang kudu dipacu dan didukung pihak2 terkait supaya bisa bertahan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, harus saling mendukung

      Delete
  10. Semoga terwujud ya.. pengen ikutan event kayak gini juga...

    ReplyDelete
  11. Wow, 500 anggota, banyak juga ya perusahaan seperti itu, nggak nyangka sampai 500 jumlahnya

    ReplyDelete
  12. Zaman semakin maju ya, masyarakat jadi semakin terbantu dengan teknologi digital di era ini. Mudah-mudahan eventnya berjalan lancar

    ReplyDelete
  13. e-commerce ini termasuk penjual yang kecil-kecilan? atau semacam pemilik tokopedia, lazada, dsb?

    ReplyDelete