Tidur Nyaman dan Berkualitas Dengan Matras Serta

J ika ada yang nanya, " Apa arti kasur buat kamu?". Saya akan menjawab kasur sebagai penopang tubuh saya saat saya tidur. Kas...


Jika ada yang nanya, " Apa arti kasur buat kamu?". Saya akan menjawab kasur sebagai penopang tubuh saya saat saya tidur. Kasur adalah pulau tempat satu-satunya hayalan saya terpenuhi lewat mimpi-mimpi indah. Hihi..tapi ini bukan pulau kapuk ya! Pulau kapuk sih itu zaman saya kecil tidurnya pakai kasur atau tilam kapuk. Kalau sekarang mimpinya di pulau Serta

Teman-teman tahu Serta kan? Oke, kalau ada yang belum tahu saya infokan sedikit tentang Serta ya. Serta merupakan merek matras nomor satu di Amerika Serikat. Kasur premium dengan desain Edgy Modern ini memiliki tagline always comfortable. Dari taglinenya kita bisa mengartikan kalau Serta ini mengutamakan kenyamanan untuk customernya. Serta sendiri didirikan di Illinois, Amerika Serikat. Di tingkat international Serta menyandang predikat produsen matras terbaik di dunia. Di Indonesia Serta mulai masuk tahun 2000 dan mengadopsi semua teknologi dan inovasi yang diterapkan oleh Serta International. Serta berkali-kali mendapatkan penghargaan dan salah satunya pernah mendapatkan "The Women's Choice Award" sebagai matras pegas dan bantal terbaik  pada tahun 2014. Ini berarti Serta termasuk brand yang di rekomendasikan oleh para wanita-wanita di taraf internasional. 


Beberapa waktu lalu saya mengikuti blogger gathering  yang diadakan oleh Serta  bertempat di Living Soul Butik Plaza Indonesia. Di event gathering ini dibahas lengkap mengenai gaya hidup sehat  atau The Essential of Healthy Life yang termasuk didalamnya SMS ( Sleep, Meal and Sport), bagaimana pentingnya tidur, asupan nutrisi tubuh dan relaksasi dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing yaitu Mukti Argo-Group Brand Manager PT. Duta Abadi Primantara (DAP), Alvin Hartanto-Nutritionist, dan Diana Elsa-Yoga Expert dan Hypnotherapist.


Pernahkah Kita Memikirkan Waktu Tidur?

Berapa waktu tidur yang ideal? Duh, kalau ditanya waktu tidur ideal saya suka ingkar sebenarnya. Suka mengabaikan jam tidur. Kadang saya suka mikir kok zalim banget ya dengan tubuh sendiri. Padahal tidur itu penting banget untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran. Mendengar paparan pak Mukti Argo mengenai tidur saya merasa diingatkan kembali untuk menjalani gaya hidup sehat yang sebenarnya. 

Memang benar sih selama ini kalau tidur ya kalau lagi mau tidur saja tanpa memperhatikan waktu tidur. Dalam sehari ada 24 jam  dan waktu tidur yang baik adalah selama 8 jam, jadi 30 persen umur kita ada di posisi tidur, kata pak Mukti. Nah loh! Jujur saja saya termasuk di jejeran orang-orang yang susah tidur. Meski lagi nggak ada kegiatan di malam hari tetap saja saya sulit tidur. Tapi saya berusaha untuk mengubah pola gaya hidup yang salah demi kesehatan. 


Good Sleep On Your Good Mattress

Tidur adalah kebiasaan alami setiap orang. Berkaitan dengan tidur yang nyaman Serta ingin mengedukasi konsumennya bahwa tidur itu penting untuk kesehatan, karena sepertiga hidup manusia adalah tidur. Komponen tidur nggak cuma ruangan tapi ada komponen lain yang mendukung aktivitas tidur, seperti ambiance, lampu, matras, dsb. Matras adalah komponen langsung yang bersinggungan dengan kita. 

Tidur diatas matras kedengarannya memang biasa saja. Tapi kadang kita lupa kalau tidur nggak hanya sekadar tidur tapi bagaimana tidur yang baik itu sebenarnya. Saat ini orang menganggap tidur adalah end of the day  tapi sadarkah kita kalau tidur itu adalah starting of the day. Yups, jadi awalnya menjalani hari itu justru dimulai dari tidur bukan sarapan. Padahal kalau kita disuguhi sarapan enak setiap pagi tapi kalau malam harinya tidur kita nggak enak tetap saja kita nggak nafsu makan saat sarapan.Maka dari itu tidur menjadi hal penting sebelum sarapan. Dengan tidur yang baik dapat dijamin aktivitas harian kita juga jadi baik. Memang benar sih, kalau malam tidur nya nggak enak pasti seharian bawaannya nggak enak alias bete, tapi kalau tidur enak dan nyenyak seharian bakal semangat terus melakukan aktivitas.

Masalah tidur yang sering timbul biasanya 48% karena kenyamanan kasur yang digunakan, posisi tidur dan temperatur. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami tidur nyenyak banget tapi bangun tidur punggung sakit dan ini biasanya karena salah posisi tidur, kadang leher juga kayak keseleo karena kaku. Kalau orangtua kita zaman old bilangnya salah bantal jadi tuh bantal langsung di jemur, masih ada nggak yang kayak gini hehe.


Tidur Nyaman

Tidur itu sebenarnya mencari posisi nyaman atau comfort zone. Ini sangat penting, makanya Serta sangat concern dengan hal ini agar orang-orang mengetahui bagaimana comfort zone yang sebenarnya. Kalau tidur tidak nyaman berdasarkan fakta bisa menyebabkan orang meninggal, kemudian orang yang tidurnya tidak nyaman akan mengalami kerugian seperti kecelakaan karena kurang konsentrasi. Jadi tidur bukan hanya sekedar relaksasi tapi tidur adalah proses.

Posisi Tidur

Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda-beda, tetapi secara umum posisi tidur terbagi tiga yaitu terlentang, tengkurap dan berbaring miring atau side sleeper. Posisi tidur seseorang akan berdampak dengan kualitas tidur dan kesehatan orang tersebut. Kalau saya sukanya sih posisi miring ke kiri, lebih nyaman rasanya.


Quality of Sleeping

Ternyata tidur itu tidak sesederhana yang kita pikirkan. Dalam proses tidur ada beberapa tahapan yang kita lalui sebelum kita benar-benar tertidur. Ada 5 tahapan, kita bahas yuk!

NREM: Non-Rapid Eyes Movement

1. Transisi dari sebelum tidur ke tidur. Misalnya saat baca buku ketiduran terus buku yang dibaca terjatuh kemudian kita terbangun dan tidur lagi.
2. Tidur riangan. Ini biasanya orang yang kalau dengar suara suka terbangun.
3. Tidur riangan ke tidur pulas. 
4. Deep Sleep atau tidur nyenyak. Pada proses ini akan terjadi fisical health restoration.

REM: Rapid Eyes Movement

5. Tahap pemulihan. Disini terjadi proses penyembuhan mental, pikiran dan fisik pun jadi segar.


Tidur Lebih Nyaman Dengan Matras Serta

Seperti yang saya tulis diatas bahwa komponen pendukung untuk tidur penting banget dan yang paling berhubungan langsung adalah matras untuk tidur. Berdasarkan suara konsumen memilih Serta karena mereka memilih matras yang comfort, inovatif, dan quality. Hotel-hotel di dunia sudah menggunakan Serta saat ini, makanya Serta juga jadi nomor 1 brand hospitality bisnis karena kekuatannya pada kenyamanan produk. 

Perfect Spine by Serta, dengan fitur pocket coil memberikan topangan maksimal pada tubuh
Semua produk Serta sudah melalui proses atau finished produk. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan berkualitas terutama material nya seperti kain, spring, juga latex.  Dengan kain yang berkualitas tubuh kita akan merasa dingin saat tidur jadi akan merasa adem terus. Matras Serta dirancang khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh manusia, pada bagian atas matras dibuat senyaman mungkin. Serta menyadari bagian atas matras lah yang bersentuhan langsung dengan tubuh manusia makanya kenyamana yang optimal itu penting. Termasuk juga men-support titik berat tubuh sehingga setiap orang yang tidur merasa nyaman. Saat ini Serta sudah mengeluarkan beberap koleksi matras nya antara lain: Naturel, Ipedic Collection, Perfect Spine Collection dan Celestial Collection.


Serta JR

Pentingnya Tidur Yang Baik Menurut Alvin Hartanto

Alvin Hartanto seorang nutritionis dan penulis buku diet menjelaskan bahwa Sleeping, Meals dan Sport berfungsi untuk menjaga pola hidup sehat. Menurut Alvin tidur itu penting untuk:
1. Istirahat otak dan meningkatkan kreativitas 
2. Mengurangi stress
3. Istirahat fisik (otot, sendi, tulang)
4. Istirahat organ (detox)
5. Meningkatkan hormon di tubuh
6. Meremajakan sel-sel di tubuh
7. Memberikan efek "self healing"

Beda usia beda pula waktu tidur yang dibutuhkan. Menurut National Sleep Foundation (NSF), lama waktu tidur pada setiap usia itu berbeda-beda. Berikut adalah waktu ideal untuk tidur berdasarkan usia: bayi baru lahir ( 0-11 bulan) membutuhkan 14-17 jam, balita (1-2 tahun) 11-14 jam, usia prasekolah (3-5 tahun) 10-13 jam, usia sekolah (6-13 tahun) 9-11 jam, remaja (14-17) 8-10jam, dewasa muda (18-64) 7-9 jam  perharinya.

kiri-kanan: Mukti Argo - Diana Elsa - Alvin Hartanto
Alvin juga menjelaskan kalau tidur kita baik maka akan menghasilkan metabolisme tubuh yang baik pula. Tidur berkualitas itu bisa dilakukan dengan 3 hal sederhana yaitu: Good Bed, Healthy Meal dan Body Stretching.  Jadi kita harus mengonsumsi makanan yang natural, olahraga minimal 2-3 jam per minggu, tidur teratur, dan semuanya ini kita biasakan agar menjadi rutinitas. Noted! Ini pe er banget buat saya.


Gerakan Ringan Sebelum Tidur

Sebelum tidur sebaiknya lakukan gerakan-gerakan ringan terlebih dahulu. Menurut mbak Diana ini dilakukan agar kita terbebas dari cemas dan fikiran-fikiran yang mengganggu. Nah, ini dia masalah tidur yang sering terjadi pada saya. Sebelum tidur suka cemas dan fikiran entah kemana-mana jadinya gelisah dan susah tidur. Makanya saya senang banget ketika mbak Diana menjelaskan bagaimana solusinya agar semua kecemasan itu hilang. 


Biasakan sebelum tidur mengatur napas terlebih dahulu, kata mbak Diana. Seperti saat kita melakukan pendinginan setelah berolahraga. Yaitu dengan tarik napas perlahan kemudian hembuskan perlahan juga suhingga kita lebih rileks, dan ini bisa dilakukan berulang kali. Kemudian bisa juga dengan cara hypnoterapi yang dilakukan pada diri sendiri. 

Proses hypnoterapi dicontohkan mbak Diana dengan menggunakan pendulum. Saya baru kali ini mencoba memakai pendulum dan baru lihat juga sih hehe, selama ini kurang paham. Pendulum ini sebagai alat terapi, yang paling penting adalah rileksasi bagaimana kita mampu membebaskan pikiran. Penggunaan pendulum ini intinya bagaimana kita bisa fokus pada diri kita sendiri dan alat ini bergerak atas perintah kita sendiri dan muncul dari energi-energi yang tidak biasa dari sekitar kita.


Pendulum ini hanya tools kata mbak Diana, jadi tanpa pendulum pun kita bisa mempraktekkan dan memotivasi diri kita sendiri dengan afirmasi atau kata-kata positif. Yang perlu ditanyakan pada diri kita sendiri kenapa kita susah tidur sebenarnya akar masalah. Kita gali dulu sumbernya apa, selama ini yang menyebabkan kita tidur susah karena apa. Ketika kita sudah tau sumber dan akar masalahnya maka butuh mindset untuk memotivasi diri kita sendiri untuk merubah polanya. Tanpa kita merubah pola maka akan susah sekali, tentukan prioritasnya misalnya begadang karena nonton film sebaiknya di eliminasi. Pelan-pelan rubahlah dari segi habit.



Ritual sebelum tidur seperti yang dikatakan mbak Diana tarik nafis dan keluarkan perlahan harus benar-benar dinikmati. Kita tahu bahwa nafas pertama adalah pemberi kehidupan, sadari nafas yang keluar masuk dari hidung kita. Jangan lupa bersyukur karena masih diberi kesempatan bernafas, dengan seperti ini akan membawa oksigen yang tambah banyak mengalir dalam tubuh dan memberikan healing yang perlahan-lahan. Ingat loh ya kuatkan mindset kita bahwa tidur itu wajib.

Komplit banget ilmu yang saya dapatkan dari semua narasumber, mulai dari matras Serta yang berkualitas memberikan comfort dan support untuk tubuh manusia, sampai pentingnya tidur dan solusi mengatasi gangguan tidur. Thanks a lot to Serta for the gathering!



You Might Also Like

24 comments

  1. Bisa dicoba tipsnya nih agar tidur berkualitas. Belakangan sulit tidur gara2 kebanyakan khayalan. Eh. Haha. Menarik nih kayaknya nyoba matras serta. Kayaknya bagus juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..hayoo menghayal apa tuuh :)

      Delete
  2. Pendulum mpo ingatnya buat hipnosis kalau lagi nonton sulap. Tarik napas dan hembuskan dengan pelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pendulum buat hipnosis bener mpok

      Delete
  3. Itu kalung kok samaan. Dikasih satu-satu ya? *aku galfok haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini pendulum mbak dibagiin satu-satu ke peserta

      Delete
  4. Aku selalu melakukan terapi healing begitu Mak, soale agak susah tdur, tapi ga pake pendulum, cuma dengan mengatur nafas perut aja sambil sugesti..
    Ahh jadi pengen bobo nyenyak di setra matras ituuh, ikot..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga teh, kadang pakai cara atur nafas..kadang langsung ketiduran karena udah ngantuk berat :D

      Delete
  5. Jangan-jangan selama ini saya susah tidur karena matrasnya kurang enak? :'D

    ReplyDelete
  6. waaah kayaknya nyaman tapi pasti mahal :(

    ReplyDelete
  7. Sore-sore lihat ini. Jadi kangen matras.

    ReplyDelete
  8. Pas banget artikelnya mbaa...
    Sedang mau pindahan dan mengisi rumah. Salah satu yang perlu ditambah adalah tempat tidur.

    Lucu yang sapi itu yaa...anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget ..berarti langsung beli Serta nih :D

      Delete
  9. Salfok sama sarung bantal dan bed cover atau selimut biru muda bunga itu, suka

    ReplyDelete
  10. aku kira tadi mau dihipnotis mba, pake pendulum bareng-bareng, aku blm pernah coba nih aktifitas gitu sebelum tidur. Tapi liat matras serta ini, bawaannya jdi ngantuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama..aku juga belum hipnosis pakai pendulum gini baru nyobain pas di acara ini :)

      Delete
  11. Kalau tidur di kasur biasa aja udah nyaman, gimana kalau di Matras Serta ya. Pengennya gegoleran mulu nih kayanya.

    ReplyDelete
  12. Wah aku suka banget : Tidur bukan end of the day, tapi starting the day. Bener juga nih mbak. Karena tidur memberikan energy baru untuk beraktivitas besok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mbak, jadi mengawali hari dengan tidur yang berkualitas di malam hari :)

      Delete