Melihat Potret Asli Indonesia di Telkom Craft Indonesia

" E nak ya tinggal di Jakarta bisa mengunjungi  Telkom Craft Indonesia  dan lihat langsung beraneka produk  UKM  Asli Indonesi...



"Enak ya tinggal di Jakarta bisa mengunjungi Telkom Craft Indonesia dan lihat langsung beraneka produk UKM  Asli Indonesia!" Banyak teman yang tinggal di luar kota Jakarta yang bilang seperti itu ke saya  saat saya posting di instagram story sewaktu saya sedang berada di Jakarta Convention Center (JCC) mengunjungi event Telkom Craft Indonesia 2018 yang berlangsung tanggal 22 - 25 Maret lalu. Lalu saya bilangin ke teman-teman saya "Jangan sedih gitu ah, meskipun berada di luar Jakarta kalian tetap bisa lihat dan beli produk yang ada di Telkom Craft Indonesia melalui situs maupun aplikasi BLANJA.com kok". Saya pun langsung menjelaskan panjang lebar ke teman saya via whatsapp dan obrolan saya malam itu diakhiri dengan icon smiley face dari mereka.


Salawase Bag Artinya Selamanya


Sebenarnya obrolan antara saya dan teman saya berawal saat saya posting foto sambil memegang tas di booth Salawase Bag. Mereka tertarik dengan tas kece nya Salawase. Langsung deh pada japri nanyain harga tas nya berapa, itu jualnya dimana saja sampai akhirnya bilang enak banget jadi orang Jakarta. Sepintas saya merasa teman-teman seperti berkecil hati karena nggak tinggal di kota besar, merasa selalu ketinggalan dalam berbagai hal. Saya bilang ke teman saya kalau produk-produk yang dipamerkan dan dijual di Telkom Craft Indonesia justru kebanyakan dari daerah loh seperti Salawase Bag yang boothnya saya kunjungi asalnya dari Solo.

ini dia nih tas yang ditaksir teman-teman saya :)
Salawase adalah merek tas asli Indonesia yang dikreasi dari paduan kulit asli dengan beragam kain dari seluruh Nusantara. Makanya saya tertarik dan penasaran saat melintas di booth Salawase Bag. Tas yang dijual cantik-cantik dan elegan karena kental sekali dengan budaya Indonesia. Salawase benar-benar mengeksplore kain-kain Nusantara, mulai dari kain ulos, sumba, songket, tenun badui, batik tulis dari berbagai daerah, dll. Di booth Salawase Bag saya bertemu langsung dengan sang owner, mereka adalah sepasang suami istri. 

Owner Salawase Bag: Mas Mamo dan istri




Sebenarnya saat saya samperin mereka berdua terlihat melayani pembeli, tapi begitu waktu mereka luang saya memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bertanya-tanya mengenai produk mereka. First impression yang saya dapatkan saya benar-benar senang sekali dengan sambutan mas Mamo dan istri, mereka welcome banget orangnya. Dan pertanyaan pertama saya ke mas Mamo kenapa pakai nama Salawase. Kata mas Mamo Salawase artinya selamanya. Mas Mamo dan istri berharap bisnis yang mereka jalankan ini bisa bertahan selamanya dan brand Salawase bisa hidup dalam jangka waktu yang panjang seperti itulah kira-kira. Iya sih sama seperti orangtua kita memberikan nama yang memiliki makna dan harapan tersendiri, begitu jugalah yang di harapkan dari nama Salawase.

kain batik tulis untuk bahan tas, biasanya ini buat konsumen yang pengin custom


Bisnis Salawase dimulai awal tahun 2014. Bermula dari sang istri yang gemar mengoleksi kain-kain dari seluruh Indonesia seperti ulos dari Medan, tenun dari Maumere, tenun dari Bugis, batik tulis, dll. Sejak itu mereka berinisiatif untuk membuat tas dari kain-kain Nusantara yang aroma Indonesia nya khas, dan kain yang digunakan untuk pembuatan produk Salawase adalah kain dengan kualitas baik yang benar-benar kain pilihan, karena mas Mamo sudah komitmen ingin memuaskan konsumen nya. 

ngobrol santai dengan mas Mamo di depan booth Salawase Bag
Karena tas yang dibuat dipadukan dengan kulit maka mas Mamo mulai mencari-cari penjahit kulit. Sempat mengalami kesulitan mencari penjahit kulit di Solo, "susah sekali nggak semudah di Bandung", kata Mas Mamo. Akhirnya ketemu dengan orang Tasik yang bisa menjahit yang tinggalnya di Solo. Selama satu tahun berjalan mas Mamo masih menjahit dengan mengupahkan ke orang lain karena belum punya mesin jahit khusus kulit sendiri, sekarang seiring dengan bisnis yang semakin berkembang mas Mamo sudah memiliki mesin jahit dan pegawai sendiri. Dan saat ini Salawase Bag sudah mempekerjakan 15 orang karyawan.

Beberapa produk Salawase Bag yang di pamerkan di Telkom Craft Indonesia 2018
Sejak mengikuti program Rumah Kreatif BUMN mas Mamo mendapatkan program binaan dari Telkom salah satunya untuk akses networking. Mas Mamo menyadari  tidak selamanya yang namanya ikut pameran orientasi nya selalu omset, tetapi juga membangun networking, bertemu dengan orang-orang dari luar daerah, luar negeri, dan bertemu dengan siapapun yang siapa tahu menjadi faktor pendukung untuk perkembangan bisnis ke depan. Jadi salah satu harapan mas Mamo menjadi mitra binaan Telkom adalah menambah modal seperti bertambahnya networking, bertambahnya ide kreatif untuk memperlancar produksi. 

suka banget dengan tas berbahan kain tenun Pahikung Sumba

Masalah awal mas Mamo dan istri mengembangkan bisnis Salawase Bag ini adalah produksi dan pemasaran. Karena memang segmen yang dilirik mas Mamo adalah menengah ke atas. Makanya mas Mamo merasa Salawase Bag cocok banget masuk ke BLANJA.com karena pemasarannya lebih luas dan tanpa batas. “BLANJA.com benar-benar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman”, kata mas Mamo. Meskipun sekarang mas Mamo menjalani bisnis onlinenya di BLANJA.com bisnis offline tetap jalan,  karena ada juga beberapa konsumen yang pengin melihat langsung produk Salawase Bag, melihat dan merasakan kain yang digunakan. Apalagi mas Mamo juga menerima pesanan konsumen yang pengin  desain tas nya seperti apa dan kain yang digunakan jenis kain Nusantara dari daerah mana, jadi di Salawase Bag bisa custom sesuai keinginan Menurut mas Mamo biar bagaimana pun yang namanya pendekatan personal juga perlu.  


produk Salawase Bag di BLANJA.com

Oh ya saat saya tanyakan siapa nih yang mendesain tas dan memilih kain nya? Mas Mamo bilang kalau desain tas dan memilih kain biasanya wanita lebih peka apalagi sang istri selama ini paham sekali selera pasar. Sedangkan mas Mamo sendiri lebih aktif mendesain brosur, katalog, juga company profile. Salut deh dengan kolaborasi sepasang suami istri ini, harapan saya brand Salawase hidup selamanya. Perlu teman-teman ketahui juga kalau produk Salawase Bag ini sudah go international loh! Banyak konsumen mas Mamo dari Australia, Kuala Lumpur, dan negara lain yang sudah menjadi pelanggan. Sebelum pameran di Telkom Craft Indonesia 2018 Salawase Bag baru saja pameran di LOHAS Exhibition di Jeju, Korea Selatan. Salut yah! Semoga Salawase Bag menjadi inspirasi para pelaku UKM yang lain ya.

Telkom Craft Indonesia: Local Heroes To Global Champions


Saat ini pemerintah sangat concern dengan produk-produk UKM, yang sedang digalakkan adalah produk-produk kreatif yang dipasarkan secara global.  Masalahnya produk- produk UKM Indonesia Asli biasanya adanya di pelosok-pelosok dan nggak terjangkau pasar. Oleh karena itu disinilah peranan Rumah Kreatif BUMN untuk membantu pelaku UKM di daerah-daerah secara real. Wadah nyata nya adalah Telkom Craft Indonesia dan wajah secara maya atau onlinenya adalah BLANJA.com



Telkom Craft Indonesia adalah pameran tahunan produk-produk khas Nusantara yang diadakan oleh Telkom Indonesia. Sebagai salah satu BUMN Indonesia yang telah lama melayani masyarakat Indonesia, Telkom menyadari tingginya potensial Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Nusantara. Telkom Craft Indonesia adalah bentuk wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri dalam upaya memaksimalkan kemajuan ekonomi, sosial, dan bentuk kepedulian kepada para pelaku UKM lokal  sehingga dapat menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan. Event ini merupakan offline event dari program Rumah Kreatif BUMN dan pertama kali diadakan tahun 2017.


batik banyak diburu di Telkom Craft Indonesia 2018

Ketika saya mengunjungi Telkom Craft Indonesia 2018 tanggal 24 Maret lalu ada rasa bangga sekaligus haru. Begitu menjejakkan kaki di event ini saya disambut dengan berbagai craft yang terpampang disetiap sudut ruangan, seperti wanita Badui yang sedang membuat kerajinan tenun Badui, aneka kain batik tulis dari berbagai daerah, kerajinan perak, ukiran, beraneka fashion juga food, dan masih banyak lagi. 

wanita Badui yang sedang menenun
Mengelilingi semua booth yang ada di Telkom Craft Indonesia 2018 kemarin saya seperti sedang mengunjungi seluruh pelosok Nusantara. Semua produk punya ciri khas dan keunikan masing-masing. Saya kagum sekaligus bangga jadi orang Indonesia, karena saat event ini nggak cuma orang Indonesia saja loh yang membeli, tapi juga orang-orang dari negara lain juga punya minat yang cukup besar. Ini terlihat dari beberapa pengunjung yang berasal dari berbagai negara. Senang banget kan kalau produk asli Indonesia dilirik dan diminati oleh negara luar. Sesuai dengan tema yang diusung  yakni Local Heroes to Global Champions, event yang memamerkan beragam produk kreatif lebih dari 400 UKM binaan ini diharapkan selain meningkatkan kesejahteraan UKM Tanah Air juga bisa maju ke pasar global.



BLANJA.com: Belanja Tanpa Batas


Meskipun Telkom Craft Indonesia ini berlangsung di Jakarta, bukan berarti teman-teman yang berada di daerah tidak bisa membeli produk UKM yang diinginkan, seperti yang saya jelaskan ke teman saya sebelumnya. Karena produk-produk UKM yang beragam ini bisa dibeli di BLANJA.com. Jadi semua orang yang ingin membeli, meski berada di lokasi terjauh sekalipun bisa membelinya secara online, dengan BLANJA.com benar-benar bikin semua orang bisa belanja tanpa batas.

bisa bayar cash atau belanja di BLANJA.com dapat diskon lagi :)

Era digital saat ini semua orang dengan mudah mengakses internet. Nggak cuma pelaku usaha atau bisnis saja yang bisa memasarkan produknya secara luas melalui online, tapi pembeli juga bisa leluasa mencari dan memilih produk yang dibutuhkan dan diinginkan via online. Yups, seperti yang dikatakan Pak Aulia Ersyah Marinto-CEO BLANJA.com di sela-sela talkshow yang merupakan salah satu kegiatan yang diadakan Telkom Craft Indonesia 2018 bahwa salah satu cara untuk menjangkau  pasar yang lebih luas, target market yang lebih luas, juga promosi yang efisien dan efektif adalah secara digital. Digital inilah yang menjadikan kehadiran BLANJA.com menjadi signifikan. Tapi dalam prakteknya UKM itu sendiri harus terlibat lebih dalam.

kiri-kanan: Aulia Ersyah Marinto (CEO Balnja.com) - Mamo (owner Salawase Bag) - Yukka (owner Brodo) - MC
Menurut pak Aulia yang menjadi tantangan UKM masuk ke ranah digital ini ada tiga, yakni pengetahuan yang cukup, kemandirian digital dimana di BLANJA.com UKM diajarkan hal-hal yang relevan dengan digital seperti foto, deskripsi, harus selalu me maintance toko, dan yang terakhir adalah berinovasi agar produk-produk nya semakin dikenal, misal awalnya hanya memamerkan 3 model produk ditingkatkan lagi menjadi 5 model. Kalau sudah mulai meningkat berarti proses di belakangnya juga harus siap, misalnya produksinya harus siap.

talkshow Local Heroes To Global Champions dibuka dengan tarian daerah oleh adik-adik yang masih sekolah di kelas 3 SMP. Ini termasuk dalam program Telkom Peduli Budaya Nusantara

BLANJA.com juga mengajak para UKM yang bagus penjualannya secara offline untuk menjual produk mereka juga secara online agar semakin dikenal. Tapi ini nggak seperti kisah Sangkuriang juga sih yang bisa bangun candi sehari semalam, begitu jual barang langsung transaksi melonjak karena semua butuh proses. Telkom Craft Indonesia mengkombinasikan event offline dengan online di BLANJA.com. 

pemberian plakat sebagai penghargaan kepada para narasumber dari Telkom Craft Indonesia
BLANJA.com adalah e-commerce terbaik bahkan terlengkap di Tanah Air. E-commerce yang satu ini hadir sejak 8 Desember 2014 lalu, dan atas dukungan besar PT. Telkom Indonesia, Tbk. BLANJA.com juga mendapatkan dukungan dari e-Bay pada tahun 2016 yang selama ini kita ketahui sebagai e-commerce marketplace kelas dunia.

Beli cincin dan bros perak asli di booth Queen Silver lagi diskon 50 persen, belanjanya pakai akun BLANJA.com dapat diskon lagi 20 persen  happy banget. Kalau bayarnya pakai TCash dapat diskon khusus juga loh!
Dari awal BLANJA.com didirikan berkomitmen bagaimana membawa produk Indonesia secara special, memperlakukan produk-produk lokal Indonesia dengan sebuah campaign dengan nama Asli Indonesia. Jadi kalau teman-teman masuk ke BLANJA.com ada corner Asli Indonesia, itu mempresentasikan komitmen BLANJA.com untuk membawa produk lokal bukan hanya pedagang lokal. BLANJA.com hadir mengusung tema Asli Indonesia sebagai campaign yang secara continue dengan memanfaatkan teknologi digital guna mengangkat karya-karya terbaik UKM kreatif dan terbaik ke kancah global.

Memang sudah saatnya kita mewujudkan aksi cinta produk dalam negeri dengan mendukung UKM Tanah Air. Salut dengan PT. Telkom Indonesia yang sudah menjadi pionir pendukung tumbuh dan berkembangnya industri kreatif di Indonesia. Siapa lagi yang akan menjaga kearifan lokal negeri ini kalau bukan kita. Yuk, kita apresiasi karya-karya lokal anak bangsa.


klik Asli Indonesia di sudut kiri atas saat membuka web BLANJA.com, teman-teman akan menemukan berbagai karya UKM Asli Indonesia
Sebenarnya pengin banget menuliskan produk-produk UKM Asli Indonesia yang ada di Telkom Craft Indonesia 2018 yang semuanya berkualitas dan pastinya bikin teman-teman semua gemas pengin punya dan pengin belanja, tapi bakal panjaang banget..saya bakal buat tulisan terpisah ya. Download saja dulu aplikasi BLANJA.com nya atau buka web nya deh, intip tuh di kiri atas ada tulisan Asli Indonesia pilih-pilih deh trus belanja. Masa Iya Gak Blanja?










You Might Also Like

34 comments

  1. iya lho lucu2 banget aksesorisnya ya... gemes dan gatel dompet jadinya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren-keren semua loh mbaaak...sampe rumah aku masih buka-buka BLANJA.com lagi saking gemesnya pengen cari-cari produk UKM daerah :)

      Delete
  2. Aku kepo sama tas salawase itu. Lumayan unik dan bagus menurutku. Kulihat semua tasnya ada khas indonesia gitu. Sukaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang semua yang ada di Telkom Craft Indonesia itu kreasi anak bangsa mbak

      Delete
  3. Cantik-cantik bgt warna2 tasnya.. eh salfok...tp suka

    ReplyDelete
  4. Wah kebetulan teman saya ada yg lagi koleksi pernak pernik dari perak. Bisa merekomendasikan juga nih kalau gitu...

    ReplyDelete
  5. Kreasi tangan anak bangsa kian mempesona, ya, Mba? Salut deh dengan kreativitas dan keuletan mereka. Semoga kian mampu menarik minat penduduk negeri ini untuk mencintai produk negeri sendiri, ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, ayo kita cintai produk dalam negeri yaa :)

      Delete
  6. Tas salawase cakep. Indonesia banget mba, jadi pengen :D

    ReplyDelete
  7. Aku ngeceng tasnya Maak, keren banget, btw acaranya juga keren nih, memperkenalkan produk dalam negeri yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibeli di BLANJA.com mak, klik Asli Indonesia cari deh Salawase Bag.

      Delete
  8. Mbak aku jadi pengen banget sama tas nya. Unyu" banget ih dan Indonesia punya banget ya..

    ReplyDelete
  9. Unik jg nama nerk tasnya, Salawase, klo dlm bahasa jawa itu artinya selamanya. :D

    ReplyDelete
  10. Gak perlu jauh lagi kalau mau belanja dengan sentuhan tradisional tapi kualitas bagus

    ReplyDelete
  11. Aku bahagia banget saat ke Telkom Craft kemarin, Mbak. Udah ga inget meluk dompet erat-erat deh. Tapi enggak beli tasnya, aku lebih tertarik kain-kain Nusantara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kain-kain Nusantara cakep banget yaaa...huhu aku juga pengen

      Delete
  12. Wahh,, bagus - bagus ya produk nya. Kualitas nya pasti nggak kalah dengan produk luar lain ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus banget mbaak, yang pasti bikin kita bangga dengan produk dalam negeri :)

      Delete
  13. Tas nya cakep. Jadi pengen beli..

    ReplyDelete
  14. Aku juga mau bilang, enak ya Mbak tinggal di Jakarta bisa main dan belanja di Telkom Craft. Serius haha. Aku envy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...itu cuma event offline aja mbak, kalau mau lihat barang-barang di Telkom Craft ada juga di BLANJA.com :)

      Delete
  15. saya punya usaha bikin asesoris kecil-kecilan, pengen memasarkan yang lebih serius, boleh juga tuh masuk kategoru UKM di blanja.ckm. padahal aku belum pernah belanja di blanja.com lho

    ReplyDelete
  16. Kalau kata org Jawa "salawase" itu artinya bisa "selamanya" hehe. Bagus2 ya hasil kerajinan tangannya :D
    Seneng kalau BUMN memfasilitasi UKM kyk gini, moga sukses semuanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita turut bangga ya kalau produk Indonesia semakin dikenal

      Delete
  17. Suka banget liat pameran dengan produk-produk yang keren kayak gini. Apalagi dapat diskon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dapat diskon mbaak, pas beli perak hehe

      Delete