Sudah Saatnya Memanfaatkan Peluang Untuk Berjualan Online

S aat ini bisnis digital berkembang cukup pesat, nggak cuma pemain luar saja yang memanfaatkan dunia digital untuk berbisnis pemain lo...



Saat ini bisnis digital berkembang cukup pesat, nggak cuma pemain luar saja yang memanfaatkan dunia digital untuk berbisnis pemain lokal juga sudah pasti nggak mau ketinggalan. Kalau kita nggak beradaptasi dengan perubahan zaman kita akan tertinggal jauh. Saya juga merasakan dampaknya. Bisnis offline yang saya jalani bertahun-tahun menurun drastis semenjak adanya teknologi digital, orang-orang sudah mulai melakukan pembelian secara online, makanya saya pun harus bisa memutar haluan yang awalnya bisnis offline cuma mengandalkan penjualan dari kantor saja sekarang harus bisa jualan online untuk melayani konsumen.

Yups, sekarang orang lebih senang belanja online, dan ini juga karena menjamurnya online shopping. Belanja online dipilih karena lebih praktis dan cepat. Nggak ribet lagi menuju pusat perbelanjaan, berdesak-desakan, apalagi kalau pakai drama macet di jalan bakal sudah lelah deluan. Begitu juga dengan para pebisnis online, era digital memberikan peluang kepada banyak orang yang ingin berbisnis online. Kenapa harus jualan online? Karena kita nggak perlu repot-repot menyewa toko, mencari lokasi usaha yang strategis juga mengurus izin usaha yang bakal mengeluarkan banyak uang. Hanya bermodalkan internet kita sudah bisa berjualan dan tanpa batas waktu, kalau jualan offline biasanya sore atau sampai jam 9 malam sudah tutup, berbeda dengan jualan online yang bisa di akses selama 24 jam.

enaknya jualan online bisa diakses dimanapun dan kapanpun
Dengan berjualan online kita bisa mempromosikan produk kita ke seluruh penjuru dunia, atau lebih tepatnya pangsa pasar yang kita dapatkan lebih luas, jadi produk yang kita jual nggak cuma diketahui teman, tetangga, atau orang-orang terdekat saja. Saat ini semua orang mengakses internet karena didukung dengan aksesnya yang mudah dan biaya yang murah. Ini juga yang menyebabkan banyak orang lebih memilih belanja online ketimbang belanja offline. Apalagi kalau kita punya produk yang unik yang tak ditemukan di mall atau pusat perbelanjaan lain, pasti banyak dicari. Kita harus punya strategi pemasaran. Meskipun belum punya pengalaman dalam berbisnis online tenang saja karena banyak kok kiat-kiat sukses dan bagaimana kita harus memulai melalui kumpulan tips jualan online yang bisa dipelajari secara otodidak. Yang penting ada kemauan dan keinginan kuat untuk mulai berbisnis.

Oh ya, kita juga bisa jualan online dengan bergabung kepada marketplace yang sudah terkenal dan dipercaya banyak orang, contohnya Tokopedia. Mungkin teman-teman sudah pada tahu kalau di Tokopedia kita nggak cuma bisa jadi pembeli saja tapi juga bisa jadi penjual. Kita bisa punya buka toko di Tokopedia, keren kan. Di Tokopedia kita bisa memulai dan mengembangkan bisnis secara online. Nggak harus standby 24 jam di depan laptop seperti sedang menjaga toko tapi kita bisa berjualan dengan mendowloand aplikasi Tokopedia melalui gadget. Jadi bisa jualan online kapan pun dan dimana pun dan semuanya gratis.


Belanja online dan jualan online keduanya sama-sama membutuhkan metode pembayaran. Kita nggak perlu khawatir karena Tokopedia memberikan berbagai metode pembayaran, bisa melalui transfer bank, instant payment, ataupun kartu kredit. Soal pengiriman Tokopedia juga bekerja sama dengan berbagai agen pengiriman logistik yang bisa menjangkau calon pembeli kita dimana pun berada, tinggal pilih jasa pengiriman yang mana. Ada juga layanan pengiriman instant courier untuk pengiriman di hari yang sama. Layanan hitung ongkos kirim otomatis dari Tokopedia sangat memudahkan para penjual supaya nggak repot-repot menghitung ongkos kirim. Inilah mudahnya berjualan di Tokopedia kita bisa mengembangkan dan mengelola bisnis kita meski sedang berada dimana pun dan kapan pun. Yuk manfaatkan peluang untuk jualan online di Tokopedia.





You Might Also Like

6 comments

  1. tokopedia semua ada, beli pulsa aja ada

    ReplyDelete
  2. Semua bisa di mulai dari Tokopedia.

    ReplyDelete
  3. Era digital memudahkan semua ya berkesempatan jadi pengusaha mandiri.

    Sukses,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..harus pintar mencari peluang yaa

      Delete