Persiapan Mudik Lebaran

S ebentar lagi lebaraaan . Yeay! Berpuasa di bulan Ramadhan dan Lebaran adalah momen yang paling saya tunggu setiap tahunnya. Apalagi m...


Sebentar lagi lebaraaan. Yeay! Berpuasa di bulan Ramadhan dan Lebaran adalah momen yang paling saya tunggu setiap tahunnya. Apalagi mendekati lebaran, isi kepala penuh dengan rencana mudik dan kebahagiaan berkumpul bersama orangtua dan keluarga di kampung halaman. Duh, rindu ini sudah menumpuk, pantesan aja kata Dilan rindu itu berat!

Mumpung rentang waktu menuju lebaran masih ada beberapa bulan lagi saya sudah mulai prepare dengan apa saja yang harus saya persiapkan. Setiap tahun saya mudik ke Medan bareng suami. Karena orangtua dan sebagian keluarga stay disana. Sebenarnya rumah orang tua persisnya di Pangkalan Berandan sekitar 2 jam lagi dari Medan. Yups, Pangkalan Berandan inilah tempat lahir saya, tempat main saya sewaktu kecil, menginjak usia 11 tahun saya ikut orangtua pindah kerja ke kota lain. Oh ya, kalau ke Medan kalian wajib mengunjungi berbagai tempat wisata di Medan. Banyak lokasi wisata dan kuliner di Medan yang bakal bikin nagih dan setelahnya bikin kangen pengin balik lagi, beneran deh. Beberapa teman yang sudah ke Medan pada kangen dengan kulinernya. Saya pun udah nggak sabar pengin cepat-cepat mudik ke Medan. Apa saja yang harus disiapkan?


1. Tiket Mudik

Tiket mudik ini urutan pertama, karena mudiknya ke luar kota mau nggak mau tiket pesawat harus di tangan dan disiapkan jauh-jauh hari biar nggak mahal. Peringatan lebaran atau hari raya keagamaan apapun juga liburan adalah masa-masa peak season. Harga tiket bakal melambung tinggi, makanya beberapa bulan sebelum lebaran orang-orang sudah berburu tiket mudik, apalagi tiket kereta api cepat banget habisnya. Tiket pesawat juga sama sih tapi nggak secepat tiket kereta api yang laris manis tanjung kempol hihi. Kalau beli tiket pesawat untuk mudik sekitar 3-4 bulan sebelum berangkat masih terjangkaulah untuk dibeli, tapi kalau dadakan bisa berlipat-lipat harganya, sayangkan duitnya bisa beli oleh-oleh untuk keluarga.


2. Stamina Harus Fit

Sehat menjelang mudik wajib banget, makanya stamina harus tetap dijaga. Jangan sampai pas mudik sakit huhu bisa gagal terbang. Vitamin dan obat-obatan selalu saya siapkan dan selalu dibawa kalau bepergian. Yang namanya jaga stamina nggak mesti disaat-saat mau bepergian saja, setiap hari juga menjaga kesehatan harus, salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Olahraga, konsumsi buah, makan makanan sehat dan terjamin kebersihannya adalah beberapa cara yang mulai saya terapkan untuk hidup sehat.


3. Busana Muslim

Padahal pake hijab bukannya sehari-hari pakaiannya busana muslim? Iya sih, tapi kan lebaran pengin tampil beda. Biasanya kalau lebaran pertama saya, ibu dan adik cewek suka pake baju kembaran dan dipakai juga saat shalat Ied. Jadi tambah berasa suasana lebarannya. Model baju busana muslim nya disepakati dulu mau model yang kayak mana. Apalagi sekarang banyak banget model baju atasan wanita yang kece-kece. Selama ibu dan adik saya cocok, langsung deh dibeli sesuai ukuran badan masing-masing.


4. Mukena

Mudik jangan lupa bawa  mukena. Biasanya saya mudik seminggu lagi menjelang lebaran, jadi harus bawa beberapa mukena untuk shalat Tarawih dan untuk shalat Ied. Alhamdulillah tahun ini saya bisa membelikan ibu dan mertua saya mukena buat lebaran, semoga kedua ibu saya suka dengan hadiah lebaran dari saya.

mukena untuk lebaran 


5. Laptop

Sebelum mudik laptop yang dibawa dipastikan dulu kondisinya, just in case kalau tiba-tiba nge-blank bisa gawat, soalnya di daerah saya agak sulit cari tempat service laptop. Meski lebaran laptop wajib dibawa, karena laptop adalah senjata buat saya bekerja. Selain itu selama mudik apa saja cerita dan pengalaman yang saya dapatkan bisa langsung saya tuliskan di blog. Apalagi kalau ceritanya seru-seru kan bisa bermanfaaat buat pembaca setia saya.

laptop kesayangan juga ikutan mudik


6. Kuota Internet

Nah, ini jangan sampai kelupaan buat disiapkan. Di daerah saya nggak semua operator jaringan bagus untuk internet, sinyal suka hilang timbul. Cuma satu operator saja yang sinyalnya nya bagus jadi meski siapin kuota internet lebih banyak biar nggak mati gaya, kan ntar mau posting sosmed dan blog jadi internet harus lancar.


Itu dia beberapa item yang benar-benar wajib dipersiapkan untuk dibawa saat mudik lebaran nanti. Di catat dari sekarang biar nggak kelupaan, dan biar tambah semangat mudiknya. Kalau mau di catat satu-satu masih banyak sih yang pengin dibawa tapi ini yang benar-benar wajib dibawa nggak boleh enggak hehe. Yuk ah semangat berburu tiket mudik nya.







You Might Also Like

4 comments

  1. Bener semua Mbaaa, yang laptop sama kuota internet juga sama, nggak pernah ketinggalan.

    Aku insyaAllah tahun ini mudik, setelah tahun kemarin enggak. Maklum tinggalnya beda pulau gini, seklalinya mudik uang langsung ludessss. Tapi terbayar semua dengan rindu yang tertuntaskan sama keluarga *tsaaahh.
    Semoga Allah menyampaikan umur dan rejeki kita sampai Ramadhan dan lebaran ya, Mba Tuty. Amiinnn.

    ReplyDelete
  2. Klo persiapan lebaran aku skrg beda dari tahun sebelumnya mbak. Biasanya sibuk cari baju yang kekinian dan perlengkapan ibadah yang baru. Kalau skrg lebih ke keperluan anak hehehe.

    ReplyDelete
  3. Mbak, baca postingan ini jadi mikir, dalam hitungan bulan udah mau puasa aja. Ngga terasa berjalannya waktu karena disibukkan dengan aktivitas. Kalau mbak udah mulai persiapan mudik, aku udah liat-liat tiket buat liburan lebaran, hehehe.

    ReplyDelete
  4. Hihihi, dulu kalau mau mudik lebaran urusan tiket malah hampir 9 bulan sebelum udah mencari. Mahal banget soalnya kalau mepet2

    ReplyDelete

Canva Magic Write