Viu Pitching Forum Wadah Bagi Para Cineas Untuk Berkreasi

G uys , zaman now nonton film semudah genggaman. Banyak aplikasi untuk menonton video salah satunya aplikasi premium VIU . Pernah denga...



Guys, zaman now nonton film semudah genggaman. Banyak aplikasi untuk menonton video salah satunya aplikasi premium VIU. Pernah dengar VIU kan? Melalui VIU kita bisa nonton apa saja sesuai keinginan dan film apa saja yang kita suka. Nontonnya juga bisa melalui berbagai perangkat, melalui tablet, desktop atau pun ponsel. Gampang banget kan. Iya, sampai-sampai DVD di rumah jarang kepake sejak ada VIU hehe. Soalnya VIU ini layanan streaming legal dan berbayar, jadi samalah kayak nonton di bioskop atau nonton TV kabel di rumah. Eh tapi apa benar kebanyakan film korea nya? Enggak juga sih ada film dan sinetron Indonesia nya juga.

VIU hadir di Indonesia Mei 2016. VIU memiliki komitmen untuk menghadirkan konten-konten terbaik untuk Indonesia. Karena itu VIU berinisiatif membuat semacam festival, seperti tahun lalu VIU mengadakan VIU Female Story Festival dan sukses dengan output original VIU yang pertama yakni drama seri Switch. Dan tahun ini VIU mengadakan VIU Pitching Forum. 


Latar Belakang VIU Pitching Forum

Latar belakang diadakannya VIU Pitching Forum berawal dari komitmen VIU kepada Indonesia. Myra Suraryo -Head of Marketing and Ad Sales Viu Indonesia pada Press Conference VIU Pitching Forum dan Media Screaning Film "Kenapa Harus Bule" Kamis 15 Maret 2018 di XXI Plaza Indonesia menjelaskan bahwa VIU akan terus menghadirkan konten-konten terbaik bagi pemirsa di indonesia dan juga menjadi suatu wadah bagi anak bangsa untuk berkreasi dalam dunia video production. Dari sini tercetuslah sebuah inisiatif bersama Nia Dinata yang pertama kali sudah hadir bersama dengan sejak VIU hadir di Indonesia Mei 2016. VIU akan membawa hasil karya anak bangsa yang berhasil terpilih melalui VIU Pitching Forum di dunia perfilman Indonesia ke dunia Internasional melalui wadah platform dari VIU yang saat ini sudah hadir di 17 negara dia Asia dan Middle East. 

Kesuksesan original VIU yang pertama "Switch" melalui VIU Female Story Festival tahun lalu bekerjasama dengan Nia Dinata dan Lucky Kuswandi adalah produksi yang pertama. Berdasarkan kesuksesan tersebut VIU semakin menyempurnaan format dari VIU Female Story Festival, idenya adalah membangun sebuah wadah yang inline dengan global movement yakni VIU Pitching Forum.

Myra Suraryo (kiri)

Apa Itu VIU Pitching Forum?

VIU Pitching Forum adalah event tahunan yang diinisiasi oleh VIU Indonesia bersama dengan teman-teman dari dunia perfilman Indonesia yang memeberikan kesempatan kepada talenta muda di Indonesia untuk mengangkat project mereka dan akan di commision oleh VIU dan diproduksi menjadi VIU Original. Sebuah video production project nggak begitu saja bisa di commision kata mbak Myra, tapi harus melalui tahapan-tahapan. Untuk itulah makanya mereka harus dilatih diajari oleh para mentor melalui VIU Pitching Forum agar project mereka dilirik oleh executive producer dalam hal ini adalah VIU Indonesia untuk kemudian di commision menjadi VIU Original Indonesia.

Mengikuti VIU Pitching Forum keuntungannya adalah akan ada kekuatan di script writing, directing, video editing, yang akan diajari oleh para mentor. Para peserta yang lolos akan diajarkan bagaimana menyiapkan sebuah proposal video production yang sesuai dengan ide cerita. Ide mereka nantinya akan disempurnakan sehingga akan eligible untuk masuk di Pitching Forum dan selanjutnya akan bertemu dengan para juri. Hasil dari Pitching Forum tersebut akan dipilih beberapa proposal yang kemudian di produksi selanjutnya menjadi VIU Original. Jadi sumbit saja sebanyak-banyaknya.

Cara Ikutan VIU Pitching Forum

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara ikutan VIU Pitching Forum saya mau menginfokan kalau VIU Indonesia akan melakukan roadshow ke beberapa kota di Inodnesia diantaranya Jakarta, Tangerang, Makassar, bali, Bandung dan Jogja. Tujuan diadakannya roadshow adalah untuk dilakukan dialog bagaimana menyiapkan dan men-submit proposal. Dan pada tanggal 10 April akan diumumkan 10 orang yang terpilih dan berhak mengikuti workshop bersama dengan para mentor.

para juri dan mentor VIU Pitching Forum
Teman-teman bisa mendaftar melalui www.dramabanget.com atau cek sosmed nya VIU Indonesia ya, disitu ada tahap-tahap untuk bisa ikutan VIU Pitching Forum. Yang penting idenya harus original, dan bisa menginternasionalisasikan Indonesia. Contohnya Kenapa Harus Bule karya Andri Cung yang ceritanya Indonesia banget.




You Might Also Like

2 comments

  1. wah keren juga nich forumnya, bisa belajar banyak ilmu yang bermanfaat pastinya disini

    ReplyDelete
  2. Kreativitas anak muda jadi makin terfasilitasi ya? :)

    ReplyDelete