Asyiknya Berolahraga dengan Program Allianz Sweat Challenge

M enumbuhkan kebiasaan baik untuk diri sendiri memang gampang-gampang susah. Tantangan untuk rutin berolahraga minimal seminggu 3 kali ...

Allianz Ecopark Ancol

Menumbuhkan kebiasaan baik untuk diri sendiri memang gampang-gampang susah. Tantangan untuk rutin berolahraga minimal seminggu 3 kali saja suka bablas, dalam seminggu malah pernah nggak ada olahraganya sama sekali. Saya yakin lemak di dalam tubuh lagi berpesta pora. Saya kadang suka mikir sendiri gimana ya caranya biar saya bisa kecanduan olahraga. Setidaknya menantang diri sendiri meskipun nanti hasilnya perubahan fisik tak terlihat ya nggak apa-apa lah yang penting sehat. Mau ikut nge-gym belum apa-apa udah mikirin baju, mikirin sepatu, kok kayaknya banyak biaya haha! 

Akhirnya jalan kaki di pagi hari tanpa alas kaki adalah satu-satu nya pilihan olahraga yang murah meriah. Biasanya jalan kaki setelah Subuh sekitar 30 menitan di sekitar komplek rumah. Kenapa cuma sebentar? Karena menjelang pagi kendaraan baik motor maupun mobil sudah mulai hilir mudik, nggak nyaman kalau olahraga tapi terpapar asap kendaraan. Penginnya bisa olahraga di area  yang lingkungannya nyaman dan sejuk, seperti di Allianz Ecopark Ancol. Emang pernah olahraga disana? Pernah tapi baru sekali hehe.
Allianz Ecopark Ancol
bersama teman-teman blogger
Jadi minggu lalu saya dan empat teman blogger lainnya mendapat kesempatan mengikuti dan merasakan bagaimana Allianz Sweat Challenge yang diadakan setiap 2 minggu sekali di Allianz Ecopark Ancol. Pas banget tanggal 10 Maret itu jadwalnya workshop beginner runner. Oh ya sebelum saya berbagi pengalaman selama beberapa jam mengikuti Allianz Sweat Challenge, saya mau informasikan terlebih dahulu apa itu Allianz Sweat Challenge.


Allianz Sweat Challenge 

Allianz Sweat Challenge merupakan kegiatan yang diadakan oleh Allianz Indonesia sebagai asuransi keluarga Indonesia. Menurut Karin Zulkarnaen selaku Head of Market Management Allianz Life Indonesia, Allianz Sweat Challenge ini tujuannya untuk mendorong masyarakat agar mau menjalani gaya hidup sehat. Setiap 2 minggu sekali nasabah maupun non nasabah Allianz Indonesia yang ingin memulai gaya hidup sehat bisa mengikuti kegiatan reguler setiap minggu kedua dan keempat setiap bulan juga mengikuti program tematik setiap 2 bulan yang berhubungan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser atau pertunjukan. Sampai dengan akhir Desember 2018 nanti Allianz sudah memiliki jadwal kegiatan Allianz Sweat Challenge. Jadi sejak November 2017 sudah dimulai loh, ada yang belum tau ya? Tenang masih banyak kegiatannya sampai akhir tahun.


Allianz Sweat Challenge bisa diikuti oleh siapa saja nggak harus nasabah Allianz saja non nasabah dan nggak pake bayar alias free. Saya sarankan kalau kesini sekalian ajak keluarga, lokasinya enak banget, nyaman, sejuk, ditambah lagi lokasinya yang luas dan banyak spot-spot menarik yang pasti disukai anak-anak seperti, Learning Farm, Fauna Land, Paint Ball. Saya saja betah disana, adem banget seandainya boleh nginap sekalian hihi. Eh iya kalau masuk ke lokasi permainan dan sewa aneka permainan nggak free ya.

Allianz Ecopark Ancol
warming up - workshop beginner runner
Okey, kembali ke tema Allianz Sweat Challenge yang saya ikuti Sabtu lalu adalah runner. Allianz memasukkan tema ini karena rencananya setiap tahunnya Allianz bakal mengadakan Allianz World Run yang dibuka mulai April 2018. Jadi setiap peserta bisa lari dimana saja dan kapan saja, hitungan per kilometernya menggunakan aplikasi GPS Tracking khusus untuk olahraga lari. Pemenang dari kompetisi ini dapat mengikuti Maybank Bali Marathon 2018. Ayoo pada ikutan challenge nya guys! 


Workshop Beginner Runner Bareng Opa Paul

Saat mengikuti salah satu program Allianz Sweat Challenge Sabtu lalu saya senang banget karena banyak dapat ilmu dari Opa Paul yang menjadi coach di workshop beginner runner. Disini Opa Paul menjelaskan pentingnya olahraga. Menurut Opa Paul olahraga itu dibutuhkan untuk tubuh tapi dengan cara yang aman. Semua cabang olahraga baik tapi melakukannya harus berstruktur, sistematis dan beradaptasi, jadi ada urutannya kata Opa.


Allianz Ecopark Ancol
Opa Paul menjelaskan manfaat olahraga dan tahapan melakukan gerakan olahraga lari
Allianz Ecopark Ancol
warming up
Opa Paul juga menyarankan sebelum olahraga lari sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti lari-lari kecil, tujuannya agar-agar otot lentur nggak kram. Yang sering terjadi saat olahraga adalah cedera karena over excercise dan teknik yang salah.

Allianz Ecopark Ancol
ini masih pemanasan guys
Menurut Opa Paul jogging  dan sprinting itu berbeda. Kalau jogging low impact sedangkan sprinting high impact. Jogging disebut juga slow sprinting. Lakukan jogging setiap hari bisa awet muda kata Opa. Jogging minimal 40 menit sehari tanpa break membuat jantung kita jadi lebih kuat dan memompa darah dengan baik. Olahraga membuat tubuh sehat jiwa juga sehat.

Allianz Ecopark Ancol
Saya dan Opa Paul
Saya baru tahu kalau jam-jam istirahat juga ada manfaatnya. Jadi Opa Paul bilang tidur yang baik adalah 8 jam sehari, dimana jam 22.00 sampai jam 02.00 itu saatnya memulihkan fisik, dan jam 02.00-05.00 saatnya memulihkan psikis. Orang yang tidurnya di jam seperti yang Opa Paul sebutkan dijamin fisik dan psikisnya sehat. Dan tubuh siap melakukan aktivitas antara jam 08.00-12.00.  Huhu pantesan badan saya suka sakit-sakitan, olahraganya kurang, begadangnya banyak.


Allianz Ecopark Ancol
Peserta Allianz Runner

Benar-benar happy bisa main ke Allianz Ecopark Ancol dan ikutan program Allianz Sweat Challenge, dapat ilmu dari Opa Paul, senang juga karena merasakan udara yang sejuk pokoknya back to nature banget. Setelah ikutan workshop beginner runner saya dan teman-teman nggak langsung pulang tapi keliling Allianz Ecopark Ancol, nongkrong, foto-foto, puas banget. Next bakal kesini lagi bawa keluarga. Tanggal 24 Maret bakal ada lagi Allianz Sweat Challenge dengan tema running juga. Buat kakian tang pengin ikutan bisa daftar di http://www.allianz.co.id/sweatchallenge. Buruan ya..ajak teman dan keluarga.


You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write