EduCenter Salah Satu Upaya Meningkatkan Pendidikan di Zaman Now

P endidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung pendidikan yang kuat. Saya masih inga...


Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung pendidikan yang kuat. Saya masih ingat betul bagaimana kalimat ini diucapkan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Daoed Joesoef. Padahal Prof Daoed ini adalah mantan menteri di era tahun 1978-1983, tapi kata-kata beliau membangkitkan semangat saya untuk terus belajar waktu itu. Ya, berulang kali guru mata pelajaran PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) di masa saya mengatakan hal yang sama seperti yang dituturkan Prof Daoed. Bisa jadi ini karena lamanya bangsa kita dijajah. Kalau banyak anak bangsa yang memiliki pendidikan yang kuat maka bangsa kita tak akan mudah dibodohi apalagi dijajah, dan sudah pasti bangsa kita disegani bangsa lain.

Saya jadi pengin flashback bagaimana kuatnya keinginan saya untuk mengenyam pendidikan. Tamat SMP saya minta izin ke orangtua agar saya bisa sekolah keluar daerah. Ini benar-benar permintaan saya bukan keinginan orangtua. Alasan saya kenapa pengin sekolah ke kota besar karena saya ingin berkembang, bukan hanya mengembangkan diri tapi juga mendapat pendidikan yang lebih berkualitas. Mohon maaf, kualitas yang saya maksud bukan soal guru ya tapi fasilitas. Sekolah di daerah fasilitasnya nggak selengkap sekolah di kota. Padahal semangat belajar anak-anak daerah lebih tinggi loh! Bukankah pendidikan hak setiap orang? 

Mengenyam pendidikan di luar kota, jadi anak kos jauh dari orangtua membuat saya terbiasa survive, nggak manja dan nggak mudah mengeluh. Banyak hal positif yang didapatkan, saya nggak merasa jadi anak yang tertinggal dalam hal pelajaran, karena sarana yang lengkap di sekolah. Beneran loh, waktu itu kalau dibandingkan dengan pelajaran yang saya dapat dengan teman yang sekolah di daerah beda banget. Pelajaran yang saya dapatkan lebih cepat dibandingkan dengan teman saya, dalam artian saya sudah terlebih dahulu tahu mata pelajaran tersebut sedangkan teman saya belum. Tapi itu dulu, sekarang zaman semakin maju, teknologi pun berkembang pesat, semua orang bisa belajar dan mendapatkan pelajaran yang sama asal mau dan ada keinginan untuk itu.


Pendidikan Formal dan Nonformal

Pendidikan baik formal maupun nonformal sama pentingnya bagi saya. Pendidikan nonformal seperti kursus sangat mempengaruhi pendidikan formal saya di sekolah. Jujur saja saking semangatnya belajar, saya ikut kursus sana sini diluar jam sekolah, lagi-lagi dengan alasan saya tak ingin ketinggalan pelajaran dan bisa menguasai pelajaran. Memang apa yang diajarkan guru masih kurang? Bukan kurang sih, tapi kakak-kakak di tempat kursus sering mengajarkan rumus-rumus yang lebih mudah untuk diaplikasikan, hehe. Selain itu dengan ikutan kursus menambah mahir kemampuan berbahasa, karena lebih sering dipraktekkan. 

Dalam seminggu bisa dibilang hampir setiap hari ikutan kursus, tapi ya gitu lokasinya nggak disatu tempat. Saya mesti loncat ke lokasi yang satu ke lokasi kursus yang lain. Lelah nggak sih? Pasti lah, tapi namanya anak muda energinya masih strong banget, yang jadi masalah waktu saja. Kalau lokasinya nggak jauh kan bisa lebih cepat dan singkat, jadi masih bisa dipakai buat istirahat. Lagi-lagi ini cerita saya dulu ya, kalau sekarang ya sudah lebih mudah karena sudah ada tempat yang menyediakan banyak sarana pendidikan dalam satu atap, seperti EduCenter.

one stop education of excellence
sumber gambar: web EduCenter

EduCenter: Mall Edukasi Pertama di Indonesia

Kalau saya nyebut mall apa yang terlintas dalam pikiran kalian? Saya yakin kita punya pemikiran yang sama. Kalau ingat mall sudah pasti ingatnya tempat belanja atau one stop shopping. Kita bakal menemulkan banyak toko, butik, tempat makan, cafe, tempat bermain, dll. Tapi pernah nggak kepikiran kalau nongkrongnya di mall edukasi? Yes, mall edukasi. Kita bisa temukan ini di #educenter.

EduCenter disebut sebagai mall edukasi pertama di Indonesia karena EduCenter merupakan one stop education of excellence under one roofKita bisa menemukan banyak institusi pendidikan dalam satu atap, ada lebih kurang 31 institusi pendidikan ternama di sini. Seperti Apple Tree Pre-School, Uni-SadhuGuna, Farabi Music School, Young Chefs' Academy, Shane Learning Centre, Calculus, Flamingo Studio, Wow Art Studio, dan beberapa institusi lainnya. Jadi buat ibu-ibu yang anaknya pengin kursus atau ikut kelas tambahan bisa daftarkan anak-anaknya di EduCenter. Juga buat kalian para millenials ini solusi banget buat kalian, kursus apapun bisa diambil dalam satu tempat saja, nggak perlu repot-repot pindah dari satu tempat ke tempat lain kayak zaman saya dulu., menghabiskan waktu juga energi. Mau kursus bahasa Inggris, Mandarin, kursus matematika, gambar, musik, masak. dan kursus lainnya ada di EduCenter.

sumber: web EduCenter

Selayaknya mall, EduCenter juga memiliki cafe, resto, playground, foodcourt, mini market, ATM Center, dll. Dengan konsep revolusioner terintegrasi EduCenter memberikan suasana belajar yang menyenangkan untuk para generasi muda dan menikmati pengalaman belajar yang sempurna. Selain itu bagi ibu-ibu ataupun bapak-bapak yang mengantarkan anaknya kursus juga nggak akan merasa jenuh nungguin anak sampai selesai. Karena sambil nunggu anak belajar bapak-bapaknya bisa ngopi di cafe atau icip-icip makanan di resto atau di food court, dan ibu-ibu bisa belanja dulu di minimarket. Selain anak-anak senang dan nyaman, orangtua yang ikutan nunggu juga bakal merasa nyaman, dan nggak bakal kepikiran anak-anaknya harus kursus berbeda tempat. Kalau anak belajarnya nyaman pasti bisa lebih fokus.

Mengenai lokasi, EduCenter ini terletak di lokasi yang strategis, selain terdapat 31 institusi pendidikan EduCenter juga dekat dengan empat cluster perumahan elit di BSD. Sebagai warga Tangerang saya senang banget nemu tempat pendidikan seperti ini, setidaknya keponakan-keponakan saya yang kursus nggak perlu lompat sana-sini lagi untuk ikutan kursus. Lagi pula kasian banget kalau menuju tempat kursus harus bermacet-macetan, selain menguras waktu, biaya juga energi. Yuk ah, dukung anak-anak kita untuk terus mendapatkan pendidikan baik formal maupun non formal agar mereka memiliki wawasan luas dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka agar mereka memiliki potensi diri dan bisa berpartisipasi untuk kemajuan bangsa.










You Might Also Like

52 comments

  1. wah beneran sekolah jaman now deh, konsepnya sangat menarik dan efisien. Terimaksih Informasinya kak, Lokasi dekat dari tempat tinggal ku kak.

    ReplyDelete
  2. Jadi ingin sekolah disana, Coba kalau masih sekitar di daerah Jakarta Utara. Pastinya saya daftar nih. Prof Dr Daoed Joesoef, saya mengaguminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke BSD sekarang gampang kok..lewat tol aja hehe

      Delete
  3. Wah asyik juga nih, anak-anaknya kursus, ibu2 nya bisa nongrong di food court nya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..lebih nyantai dan nyaman, apalagi kalau anaknya 3 dan dalam satu lokasi kursus, kebayangkan kalau 3 anak tempat kursusnya beda-beda hehe

      Delete
  4. Buat yang tinggal di daerah situ beruntung banget nih.
    Jadi enggak buang-buag waktu dalam bermacet-macetan. Mungkin suasana belajar juga jadi lebih fun karena bentuknya kaya mall.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku tau persis lokasinya, adem, banyak pohon,dan bukan daerah macet.

      Delete
  5. Konsep sekolah ..keren banget ya.., pasti ga ada yg malas2aan...tiap pagi selalu semangat ke sekolah..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suasananya juga lebih nyaman dan tenang :)

      Delete
  6. Keren banget ah educenter. Smg suatu saat jg ada di Banjarmasin. Ah, jadi pengen sekolah lagi. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..semoga ntar ada mall edukasi juga di Banjarmasin, siapa tau ya kan :)

      Delete
  7. Asik banget educenter kayak gini. Semoga segera menyusul di kota-kota lain juga ya, biar makin banyak yang ngerasain nyaman dan asiknya belajar

    ReplyDelete
  8. Semoga segera melebarkan sayap ke kota2 lainnya, kalo dikumpulin begini kan jadi menghemat waktu dan tenaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, waktu jadi lebih efisien yaa

      Delete
  9. Mall cara unik dan bikin pinter. Semoga buka cabang di Jakarta. BSD agak jauh

    ReplyDelete
  10. Semoga segera hadir di kawasan selatan Jakarta atau geser sekalian ke Bogor.
    Alternatif menyenangkan kali ya bisa ajak anak2 ke sana kapan2 buat belajar dll, ortunya jg jd ikutan belajar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar lebih nayaman dan menyenangkan.

      Delete
  11. Waaw kece banget deh ada Educentre bisa menjadi wisata alternatif sekaligus edukasi buat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengin ngajak ponakan kursus disini aja :)

      Delete
  12. Semoga educneter segera buka cabang dimana mana ya mba biar makin banyak masyarakat Indonesia yang termudahkan dalam mengenyam pendidikan non formal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kasian ya kalau anak-anak kursusnya jauh dan di banyak tempat, waktu banyak habis di jalan dan kasian kalau kecapean.

      Delete
  13. Kayaknya lebih ke anak-anak ya mbak? Bagus juga nih kalau punya anak lebih dari 1 dan lesnya berbeda, bisa ditempat yang sama, jadi mamahnya bisa sekali antar dan jemput, nggak perlu drop di satu tempat trus antar yang satunya ke tempat yang lain lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, emak nya drop ke satu lokasi aja jadinya

      Delete
  14. Seru bgt ya ada mall edukasi gini. Mampir blogku juga yuk Mbak. Salam kenal 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbaak..terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  15. Bisa jadi referensi nih. Selain deket jaraknya juga fasilitasnya lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumplit..yang pasti bikin anak nyaman dan senang begitu juga dengan emaknya :)

      Delete
  16. Bagus ya EduCenter sangat membantu orang tua ya

    ReplyDelete
  17. Wah di EduCenter memiliki cafe, resto, playground, foodcourt, mini market, dan ATM Center? Benar-benar konsep revolusioner banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak keren ya..belajar jadi tambah seru dan menyenangkan

      Delete
  18. Nah! Mulai terlihat ya pendidikan yang menyenangkan. Semoga di zaman anak2 kita nanti bisa ter-set pandangan bahwa belajar itu sangat menyenangkan, tentunya sesuai dengan passion masing2 anaknya. Keren..

    ReplyDelete
  19. Hebat ya. Sekolah saat ini keren-keren dan kurikulum sesui kebutuhan di lapangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak pun bisa memilih pendidikan sesuai minatnya.

      Delete
  20. Kalau denger kata mall, langsung yang ada dipikiran saya mah tempat jalan-jalan atau nongkrong. Ini malah ada mall buat tempat kursus anak-anak? Konsepnya out of the box beneran, mbak. Selain hemat waktu, kita juga bakal dimanjakan dengan beragam fasilitas yang ada di educenter. Goodluck buat lombanya...semoga bisa jadi juara mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih keren banget konsep EduCenter ini.

      Btw thanks doanya :)

      Delete
  21. Beruntung kid jaman now bisa belajar menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes..semoga pendidikan yang mereka dapatkan kedepannya berguna untuk mereka juga kemajuan bangsa.

      Delete
  22. Konsepnya mengikuti kemajuan jaman dan teknologi yaa, mba..
    One stop education.

    Andaikan yang les gak hanya anaknya yaa...tapi mama nya jugaa...
    ((aku termasuk yang masih suka les ini dan itu...hiihi...))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya aku juga masih suka kursus, kenapa enggak ya kita juga sekalian kursus seru kali.

      Delete
  23. Mba Tuty dr SMO dh ngekos keten euy,, untungnya sekarang ada kyk edu learning center y konsepnya menarik dn bikin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..dari SMA udah ngekos sampe kerja hehe

      Delete
  24. Semoga mall macem ini bakal banyak ada di daerah lain. Seru kan anak bawaannya juga senang buat belajar

    ReplyDelete
  25. Semoga yg seperti ini bisa hadir juga di seluruh provinsi di Indonesia, terutama kota" kecil seperti tempat tinggalku.. Hikz

    ReplyDelete
  26. Adakah tempat seperti ini di Surabaya dengan biaya terjangkau? :") Menarik sekali, bikin pengen belajar lagi. Jangankan EduCenter, perpustakaan kece badai aja di sini belum ada.

    ReplyDelete
  27. Oh jadi sekomplek punya banyak kursus. Asik juga ya. Sayang cuma ada di BSD.

    ReplyDelete
  28. Konsep sekolah sekarang makin hari makin keren aja ya mbak. Semoga bikin yang belajar pada betah.

    ReplyDelete