Sekarang Ada Pilihan Sambal Nusantara di HokBen

P enasaran, deg-degan, bakal ketagihan, tiga kata ini menggambarkan bagaimana perasaan saya sewaktu di undang mencoba menu barunya HokBe...


Penasaran, deg-degan, bakal ketagihan, tiga kata ini menggambarkan bagaimana perasaan saya sewaktu di undang mencoba menu barunya HokBen. Haha! Agak lebay sih, tapi ada benernya. Coba bayangin makanan Jepang diadu dengan sambal Indonesia, bikin penasaran kan? Trus yang bikin deg-degan itu apa iya bakal akur tuh menu bisa saling mengisi dan memberi nggak 'eh' maksudnya bakalan nyambung nggak rasanya. Dan kalau nyambung trus bakal bikin ketagihan siapa yang mau tanggung jawab traktirin tiap minggu (sambil lirik suami). Beneran loh, setelah mencoba menu Hoka 2 saya jadi ketagihan. Keesokan harinya saya ngajakin suami makan menu yang sama di HokBen di mall dekat rumah.


Sekilas Mengenai HokBen

Teman-teman pecinta kuliner ala Jepang pasti tahu kalau HokBen adalah pelopor makanan bergaya Jepang di Indonesia., sebelumnya lebih dikenal dengan nama Hoka Hoka Bento. Kenapa sekarang jadi HokBen ya? Mungkin teman-teman yang belum mengetahui pasti bertanya-tanya dan penasaran dengan asal-usul HokBen.

Minggu lalu saat saya mengikuti acara Kumpul Bareng Komunitas Blogger Tangerang di HokBen Tangerang saya senang sekali mendapat info yang lengkap mengenai HokBen. Ibu Kartina Mangisi-Communications Division Head PT. Eka Bogainti memaparkan asal-usul dan inovasi dari HokBen sampai sekarang. HokBen pertama kali berdiri pada tanggal 18 April 1945 di Jakarta dan berada di bawah lisensi PT. Eka Bogainti, restoran pertamanya saat itu dibuka di Kebon Kacang. Kemudian pada tahun 1990 HokBen membuka cabang di Bandung dan ini merupakan gerai pertama. Sampai saat ini ada 25 gerai yang tersebar di Jawa Barat dan yang terbaru adalah HokBen Transmart Cirebon.

Kartina Mangisi
Selanjutnya pada tahun 2005 HokBen membuka lagi gerainya di Surabaya, hingga sekarang sudah ada 10 store HokBen yang tersebar di malang dan Surabaya. HokBen terus berinovasi mengiringi perkembangan zaman, perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggannya. Pada tahun 2007 diluncurkan Call Center dan HokBen Delivery di 1-500-505. Konsumen yang ingin membeli HokBen tapi sibuk dengan pekerjaan apalagi para pegawai kantoran banyak memanfaatkan fasilitas Call Center dan HokBen Delivery ini. Jadi nggak repot keluar kantor ataupun keluar rumah dan ngantri, jadi sejak tahun 2007 HokBen sudah memahami sinyal-sinyal bagaimana kebutuhan kaum milenial yang ingin cepat dan praktis.

Tahun 2008 HokBen meluncurkan website HokBen dengan fasilitas pesan online. Semakin praktis kan ya? Apalagi zaman sekarang apa-apa serba gadget dan internet. Penggunanya semakin dibuat mudah, seperti fasilitas pesan online nya HokBen. Di tahun 2008 HokBen juga sekaligus memperkenalkan paket Kidzu Bento untuk anak-anak dan mendapatkan Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI. Jadi para penggemar HokBen nggak perlu was was lagi mengenai kehalalan menu-menu HokBen.

Kemudian pada tahun 2010 HokBen mengembangkan sayapnya dengan membuka cabang di Jawa Tengah dan Bali. Dan pada tahun 2012 HokBen meluncurkan Hocafe sebuah cafe yang menempel yang dengan HokBen yang menu-menunya juga nggak kalah variatif.  Tahun 2013 ada peremajaan dan pembaharuan dari logo HokBen yang semula Hoka Hoka Bento menjadi HokBen. Tapi maskotnya tetap sama kata bu Katarina yakni Taro dan Hanako.

Pada tahun 2017 HokBen mendapatkan World Branding Awards sebagai Brand of The Year, kemudian penghargaan Brand Asia 2017 sebagai Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia. Dan akhir September 2017 HokBen pun memperoleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari MUI.


Inovasi HokBen Dengan Sambal Nusantara

Awal tahun 2018 ini HokBen berinovasi dengan sensasi baru yakni sambal khas Indonesia. Kenapa sambal? Karena bukan orang Indonesia namanya kalau nggak suka pedas. Secara Indonesia terkenal sekali dengan jenis-jenis sambalnya. Setiap daerah memiliki ciri khas sambal nya masing-masing, nggak lengkap memang rasanya kalau makan tanpa sambal. Melihat tingginya minat masyarakat Indonesia akan sambal, HokBen pun menghadirkan Sensasi Dahsyat memadukan makanan Jepang dan makanan khas Indonesia.

Jasata
Jasata-Brand Activation Division Head PT Eka Bogainti mengatakan sambal lah yang menyatukan kita, sambal menyatukan Sabang sampai Merauke. Tujuan HokBen mengeluarkan sambal karena HokBen ingin meningkatkan excitement atau experience. HokBen mengeluarkan sambal hijau, sambal matah dan sambal bawang. Kebayangkan sedapnya ketiga sambal ini jika dipadukan dengan menunya HokBen.
Saya ingat sekali bagaimana mas Jasata ini menggambarkan alangkah enaknya beef teriyaki dipadu kan dengan sambal hijau, kemudian chicken katsu dengan sambal matah, apalgi soup shrim dumpling dengan sambal matah. Duh bikin ngiler banget kan. Haha! Oh ya, selain memadukan rasa HokBen juga ingin memadukan menu Jepang dan menu Indonesia. Ini ada di menu Hoka Suka kaya rasa semua suka.

Hoka Suka 1 

Didalam set menu Hoka Suka 1 ini menyajikan Yakitory Grilled, Kering Kentang, Acar, Nasi dan Sambal yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan kita (Sambal Hijau, Sambal Bawang atau Sambal Matah). Harga paket IDR 49K. Yakitory Grilled ini merupakan potongan ayam tanpa lemak yang ditusuk pada sebatang lidi yang mirip banget dengan sate.


Hoka Suka 2

Didalam set menu Hoka Suka 2 ada  Ebi Furai, Kering Kentang, Acar, Nasi dan Sambal yang juga bisa dipilih sesuai dengan kesukaan. Harga paket IDR 58K. Ini menu kesukaan saya, biasanya saya suka banget mencocol Ebi Furai dengan mayonaise tapi setelah ada tambahan menu sambal nusantara saya suka cocol Ebi Furai dengan sambal bawang. Enak bangeet!


Hoka Suka 3

Set menu Hoka Suka 3 terdiri dari Chicken Katsu, Kering Kentang, Acar, Nasi dan Sambal yang juga bisa kita pilih sesuai selera. Harga paket IDR 49K. Kalau ini kesukaan suami, makannya pakai sambal matah yang asli bikin keringatan.


Tenang guys, sambal nusantara di HokBen nggak cuma khusus buat paket Hoka Suka saja, kalian bisa kok beli sambal-sambal ini terpisah, perbungkusnya cuma lima ribu rupiah saja. Murahkan? Tapi kalau acar dan kering kentang yang uenak itu cuma ada di paket Hoka Suka saja. 


HokBen Tangerang Kota

Buat teman-teman yang di Tangerang pengin nongkrong berlama-lama sambil menikmati menu HokBen sekarang sudah ada HokBen 24 jam yang buka di Tangerang, tepatnya di depan SMA Negeri I Tangerang. Lokasinya benar-benar strategis, selain berada di depan SMA Negeri I juga berdampingan dengan Polres Tangerang. Gampang banget menemukan lokasinya.

Soni Rakasiwi
Mas Soni Rakasiwi-Store Manager HokBen Tangerang Kota menjelaskan selain buka 24 jam fasilitas lainnya yang ada di HokBen Tangerang Kota antara lain memiliki kapasitas dengan 116 kursi, menyediakan birthday party room, indoor private room for meeting, juga mushala. Komplit fasilitasnya.

Jadi dengan adanya HokBen yang dibuka 24 jam di Tangerang Kota nggak ada alasan lagi dong ketinggalan nyobain inovasi barunya HokBen Sensasi Dahsyat dengan memadukan makanan Jepang dan makanan khas Indonesia. 




You Might Also Like

7 comments

  1. Asiknya sekarang HokBen punya menu pake sambal khas Nusantara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say...nampol banget deh jadinya :)

      Delete
  2. Kalo aku pasti pesen paket Hoka Suka 1 dan 3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak semua mbak hehe, tapi aku memang penggemar udang jadi kalau dikasi pilihan pasti pilihan pertama udang :)

      Delete
  3. inovatif banget ya Hokben ini, bisa menyesuaikan dengan kondisi pasar yang menuntut untuk selalu memberikan inovasi baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kreatif ya inovasinya menggabungkan makanan ala Jepang dengan sambal Indonesia.

      Delete
  4. Kreatif banget hokben ini menghadirkan sambal nusantara. Wah bkalan jadi surganya pencinta sambal nih

    ReplyDelete